Sedang memuat Buktikan Sendiri, Ini 5 Manfaat Besar Dari Mendaftar Setiap Pengeluaran Dalam Sebulan.

Buktikan Sendiri, Ini 5 Manfaat Besar Dari Mendaftar Setiap Pengeluaran Dalam Sebulan.

Tindakan Kecil Yang Bermanfaat Besar Bagi keuangan Kita

Uang memang bukan segalanya, namun jika tidak dikelola dengan benar seberapa pun besarnya pendapatan seseorang, uang tidak akan pernah cukup. Masalah uang jika disepelekan juga dapat memicu berbagai masalah serius di dalam kehidupan rumah tangga. Pertengkaran, cekcok, terbelit utang hingga dikejar kejar dept colektor kartu kredit siap menghadang siapa pun yang menganggap remeh pengelolaan uang dalam rumah tangga ini.

Buktikan Sendiri, Ini 5 Manfaat Besar Dari Mendaftar Setiap Pengeluaran Dalam Sebulan.
Buktikan Sendiri, Ini 5 Manfaat Besar Dari Mendaftar Setiap Pengeluaran Dalam Sebulan. image [source]

Ketika ditanya berapa pemasukan yang kamu dapat dalam satu bulan, maka kebanyakan orang akan dapat menjawabnya dalam hitungan detik. Kalau tidak dari gaji ya berarti dari hadiah, pemberian orang lain atau keuntungan jual beli. Biasanya sebagian besar orang dapat menyebutkan dengan pasti jumlah pemasukanya mereka. Yang tidak disadari oleh sebagian besar orang adalah berapa pengeluaran mereka setiap bulannya dan untuk apa saja semua pengeluaran tersebut dibayarkan. Ketidak-tahuan akan pengeluaran bulanan yang harus dikeluarkan inilah yang seringkali memicu masalah finansial. Sebuah perusahaan konsultan keuangan yang bernama Tillermoney mengadakan sebuah survei. 100 orang ikut serta dalam survei ini. ke seratus orang yang ikut survei dari Tillermoney ini merupakan mereka mereka yang sudah terbiasa rutin setiap bulan mencatat pengeluaran bulanan. Mereka ditanya tentang manfaat dibuatnya daftar pengeluaran bulanan. Dari hasil survey tersebut berikut ini 5 keuntungan yang didapat oleh seseorang dari mendaftar setiap pengeluaran yang ia bayar dalam 1 bulan. Baca dengan seksama ya, siapa tahu informasi ini dapat mengurangi masalah keuanganmu.

1. Daftar Pengeluaran Bisa Memberi Tahu Kebiasaanmu Dalam Membelanjakan Uang.

Kamu pernah kan, merasa tidak beli apa apa tapi dompet hampir kosong di pertengahan bulan. Kemudian kamu bertanya tanya dalam hati, “ kemana saja ya uangku?”. Saat ini toko online sudah merebak. Membeli sesuatu semudah melakukan klak klik dengan jari tangan. Saking mudahnya membeli sesuatu kadang tidak didahului dengan pertimbangan yang matang. Lihat aksesoris handpon bagus, langsung klik beli. Lihat lipstik dengan promo diskon murah, langsung klik beli. Tanpa sadar dalam sebulan kita menghabiskan banyak uang untuk barang barang yang tidak penting. Tak hanya disebabkan oleh toko online, kebiasaan jalan juga bisa membuat kita tanpa sadar mengeluarkan uang. Misalnya saja, saat jalan bersama teman, tiba tiba melihat makanan kesukaan di pinggir jalan. Spontan kita pun membeli makanan kesukaan tersebut dalam jumlah cukup banyak untuk dimakan ramai ramai dengan teman. Atau bisa juga pas jalan jalan dengan keluarga di lokasi wisata, anak kita meminta untuk naik wahana ini itu yang tiap naik harus membayar sebesar jumlah uang tertentu. Gaya hidup modern memang membuka celah bagi kita untuk melakukan pengeluaran tanpa disadari. Tahu tahu di akhir bulan uang kita tidak cukup.

Daftar Pengeluaran Bisa Memberi Tahu Kebiasaanmu Dalam Membelanjakan Uang.
Daftar Pengeluaran Bisa Memberi Tahu Kebiasaanmu Dalam Membelanjakan Uang. image [source]

Agar kita selalu tahu kemana saja uang kita lari setiap bulannya, maka kita perlu membuat catatan pengeluaran. Tidak perlu serapi para akuntan tentunya. Yang perlu kita lakukan hanyalah meluangkan waktu beberapa menit tiap hari untuk mendaftar pengeluaran apa saja yang telah kita buat dalam sehari tersebut. Catatan pengeluaran harian tersebut kemudian bisa kita satukan di akhir bulan. Dengan membuat catatan setiap pengeluaran kita bisa tahu kebiasaan belanja kita. kita bisa tahu apakah kita itu termasuk orang yang boros, orang dengan perilaku konsumtif, orang hemat atau orang yang suka berinvestasi. Dengan melakukan mendaftar semua pengeluaran maka kita akan tahu, mana mana pengeluaran tidak penting yang bisa dikurangi sehingga dalam sebulan kita bisa lebih hemat.

2. Catatan Pengeluaran Dapat Memperbaiki Hubungan Kita Dengan Pasangan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh suntrustbank pada februari 2015 menghasilkan informsi yang mengejutkan. Pepatah yang mengatakan bahwa uang bukanlah segalanya ternyata hanya isapan jempol belaka. Di dalam survei tersebut ternyata didapat kan data bahwa uang merupakan masalah utama penyebab keretakan hubungan rumah tangga. Uang adalah biang kerok pertengkaran dan bukan anak atau pembagian pekerjaan rumah tangga. Kok bisa ya uang menjadi penyebab pertengkaran dalam rumah tangga? Apakah ini berarti bahwa uang telah mengalahkan rasa cinta yang telah mereka bina sebelum bersatu?

Catatan Pengeluaran Dapat Memperbaiki Hubungan Kita Dengan Pasangan.
Catatan Pengeluaran Dapat Memperbaiki Hubungan Kita Dengan Pasangan. image [source]

Ternyata penyebab pertengkaran antar pasangan terkait masalah uang ini diakibatkan karena masing masing orang punya pandangan dan cara yang berbeda dalam mengelola keuangan. Antara si suami dan si istri ada perbedaan pendapat tentang jumlah uang yang harus ditabung, jumlah uang yang perlu di belanjakan dan untuk apa saja uang itu di belanjakan. Sebagian lagi pertengkaran antara suami dan istri juga dipicu oleh gaji suami yang kurang di mata istrinya. Agar pertengkaran terkait masalah keuangan di dalam rumah tangga ini tidak muncul, sebaiknya suami dan istri bersama sama duduk mendaftar semua pengeluaran bulanan. Setelah tahu semua pengeluaran bulanan pasangan tersebut kemudian mendiskusikan pengelolaan uang dalam rumah tangga. Mereka sebaiknya membuat kesepakatan, berapa uang yang disimpan, berapa yang bisa dibelanjakan dan kebutuhan apa saja yang harus di penuhi terlebih dahulu. Dengan membuat kesepakatan pengelolaan uang ini pertengkaran dalam rumah tangga dapat diminimalkan.

3. Daftar Pengeluaran Dapat Mencegah Kebiasaan Belanja Secara Serampangan.

Coba sebutkan berapa aksesoris gadgat yang telah kamu beli namun jarang di pakai? Atau untuk para wanita berapa pasang sepatu yang kamu bayar dengan harga mahal namun tak pernah kamu pakai? Ya kita semua memang memiliki kecenderungan untuk boros. Melihat barang bagus sedikit kita segera tergoda untuk membelinya. Kecenderungan untuk boros dan belanja tanpa pertimbangan ini di manfaatkan oleh para penjual dengan mengadakan even even belanja khusus. Seperti hari belanja nasional, cuci gudang, promo belanja pas gajian dan even even marketing lainnya. Ketika sebuah situs belanja online mengadakan promo diskon besar besaran misalnya, kita akan mudah terpancing untuk membeli sebuah barang yang dilabeli diskon besar. Begitu ada label diskon 50 persen kita langsung klik beli tanpa mengecek harga barang tersebut di waktu waktu normal. Padahal harga barang tersebut bisa saja sama dihari hari biasa. Parahnya lagi, kita belum tentu membutuhkan barang barang tersebut.

 Daftar Pengeluaran Dapat Mencegah Kebiasaan Belanja Secara Serampangan.
Daftar Pengeluaran Dapat Mencegah Kebiasaan Belanja Secara Serampangan. image [source]

Ketika kita sudah membuat daftar pengeluaran, biasanya kita jadi mengerti batas batas uang yang bisa kita belanjakan dalam sebulan. Kita jadi sadar harus selektif dalam menentukan barang barang yang akan kita beli. Alasannya kita sudah tahu terlebih dahulu bahwa uang kita tidak akan cukup untuk hidup sebulan jika membeli barang barang tidak penting. Berkat sadar akan jumlah uang yang dimiliki dan sadar akan jumlah uang yang bisa dibelanjakan tersebut kita jadi terhindar dari perilaku boros.

4. Mengetahui Daftar Pengeluaran Membuat Kita Percaya Diri Dalam Mencapai Tujuan Finansial Di Masa Depan.

Siapa sih yang hidupnya mau begini-begini saja tanpa kemajuan? Setiap orang pasti punya rencana ke depan. Pada segi finansial target seseorang bisa berupa memiliki rumah sendiri, memiliki mobil baru atau mendirikan usaha sendiri. untuk bisa menggapai target finansial tersebut seseorang perlu menabung, mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Agar bisa menyisihkan uang tiap bulannya untuk tujuan finansial di masa depan ini orang harus mengetahui semua pengeluaranya dalam sebulan.

Mengetahui Daftar Pengeluaran Membuat Kita Percaya Diri Dalam Mencapai Tujuan Finansial Di Masa Depan.
Mengetahui Daftar Pengeluaran Membuat Kita Percaya Diri Dalam Mencapai Tujuan Finansial Di Masa Depan. image [source]
Dengan mencatat semua pengeluaran bulanan, orang tersebut bisa tahu persih berapa pendapatannya, berapa yang akan habis dibelanjakan dan berapa yang bisa disimpan untuk tujuan finansial di masa depan. Setelah tahu berapa jumlah yang bisa disimpan, orang tersebut bisa mengira-ira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan target finansial di masa depannya tersebut. Dengan mengetahui setiap pengeluaran dalam sebulan kita bisa tahu bahwa target keuangan kita bisa dicapai atau tidak.

5. Mengetahui Daftar Pengeluaran Bulanan Bisa Mengurangi Kecemasan Kita Tentang Masalah Keuangan.

Memikirkan masalah keuangan di masa depan terkadang membuat orang merasa stres. misalnya saja, adanya tagihan jatuh tempo yang harus di bayar, biaya anak yang mau masuk ke sekolah baru atau bisa juga memikirkan biaya istri yang mau melahirkan, semua hal tersebut bisa membuat stres. Bagi yang belu punya rumah, memikirkan rumah yang mau habis masa kontraknya juga bisa membuat mereka pusing. Belum lagi memikirkan anak yang dari 5 bulan yang lalu sudah merengek rengek minta sepeda baru.membicarakan masalah keuangan membuat orang merasa tidak nyaman. Karena tidak nyaman tersebut orang orang jadi menghindar ketika topik pembicaraan mulai masuk ke masalah keuangan.Karena jarang dibicarakan masalah keuangan tersebut menjadi semakin parah. Penyebabnya uang mengalir begitu saja tanpa rencana.

Mengetahui Daftar Pengeluaran Bulanan Bisa Mengurangi Kecemasan Kita Tentang Masalah Keuangan.
Mengetahui Daftar Pengeluaran Bulanan Bisa Mengurangi Kecemasan Kita Tentang Masalah Keuangan. image [source]

Akibat tidak pernah dipikirkan dan di bicarakan tersebut orang menjadi cemas ketika sewaktu waktu harus bersinggungan dengan masalah keuangan. Untuk mengatasi masalah tersebut tak ada cara lain kecuali menghapi rasa cemas tersebut. Caranya yaitu tadi, setiap hari luangkan waktu beberapa menit untuk mendaftar semua pengeluaran alam sehari tersebut. Dengan melakukan hal tersebut kita jadi tahu mana mana pengeluaran yang positif dan mana yang negatif. Di hari berikutnya kita bisa terhindar dari melakukan pengeluaran yang bersifat negatif. Dengan mendaftar setiap pengeluaran dalam sehari, kondisi keuangan kita pun akan terpetakan. Kita benar benar tahu kondisi keuangan kita apakah cukup atau tidak. Kita juga tahu tindakan apa saja yang perlu diambil supaya keuangan kita cukup dalam bulan tersebut. Setelah tahu bahwa kita punya cukup uang, masalah keuangan pun tidak lagi membuat kita cemas.

Dengan banyaknya manfaat dari mendaftar setiap pengeluaran tersebut ada baiknya bagi kita untuk menerapkan dalam kehidupan sehari hari kita. meluangkan beberapa menit setiap hari untuk mendaftar pengeluaran bukanlah hal yang sulit bukan. bertahan berjam jam di depan sosial media saja kita bisa, masak bertahan beberapa menit untuk sesuatu yang akan memberikan dampak positif dalam hidup kita ogah. Yuk kita mulai mendaftar pengeluaran kita tiap hari, siapa tahu dengan cara tersebut kita bisa lebih hemat dan pandai dalam mengelola uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *