Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kuliah Jenjang D3, D4 dan S1

Kamu mungkin merupakan siswa yang baru lulus SMA/SMK/sederajat dan sekarang lagi bingung nyari kuliah? Kamu pasti akan bingung tujuh keliling karena ada begitu banyak pilihan kampus dan prodinya. Yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan memilih prodi yang sesuai dengan passion dan bakatmu. Sementara untuk memilih kampus, carilah yang memang memiliki akreditasi yang baik.

Diantara semua kebingunganmu memilih kampus dan prodi, tentu kamu juga akan bingung dengan gelar yang akan kamu ambil. Ada beberapa gelar yaitu d3,d4 atau bisa kita kenal s1. Kamu pasti juga belum terlalu mengerti perbedaan jenjang-jenjang pendidikan itu tadi. Berikut ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai jenjang d3,d4 dan s1. Seperti apa? Yuk di simak.

1. D3 atau Diploma 3

Diploma adalah sebuah sertifikat atau akta yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan, seperti universitas, yang menerangkan bahwa penerima telah menyelesaikan program studi tertentu, atau menganugerahkan suatu gelar akademik dengan jangka waktu dan bobot yang lebih pendek dari Sarjana. D3 (Diploma-3) masa kuliahnya 3 Tahun, untuk mendapatkan gelar studinya maka harus menyelesaikan karya ilmiah yang disebut Tugas Akhir sebagai persyaratannya.

Diploma 3 [ Image Source ]
Diploma 3 [ Image Source ]

Mata kuliahnya memberikan skill, lebih banyak membekali praktek daripada teori. Dan akan melahirkan tenaga terampil berkualitas pendidikan tinggi formal ke dunia usaha atau dunia industri. Setelah menyelesaikan tugas akhirnya, Diploma 3 akan memperoleh gelar Ahli Madya/A.Md.

2. D4 atau Diploma 4

Jika disandingkan dengan ‘saudaranya’ di jalur akademik, Diploma 4 setara dengan S1. Maka dari itu banyak yang menyebut diploma 4 sebagai sarjana terapan. Apa bedanya? Jika S1 memiliki orientasi kurikulum yang menekankan teori dan diharapkan bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang ia geluti sesuai bidangnya.

Diploma 4 [ Image Source ]
Diploma 4 [ Image Source ]

Namun berbeda dengan D4 yang berada di jalur vokasi dan memiliki orientasi kurikulum yang menekankan praktek, diharapkan bisa memiliki kemampuan praktis dan wawasan tentang kerja lapangan yang lebih mantap sehingga sangat mudah untuk masuk dunia kerja. Setara tapi tidak sama. Sederat tapi memiliki arah yang berbeda.

3. S1 atau Strata 1

Menurut Bahasa, Strata 1 atau biasa kita sebut sarjana berasal (dari bahasa Sansekerta, dalam bahasa Inggris bachelor) adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan strata (S1) atau undergraduate. Untuk mendapatkan gelar sarjana secara normatif dibutuhkan waktu selama empat sampai enam tahun, tapi ada juga yang menyelesaikannya dalam dua tahun ataupun lebih dari enam tahun.

Strata 1 [ Image Source ]
Strata 1 [ Image Source ]

Hal tersebut tergantung dari kebijakan dari perguruan tinggi yang ditetapkan. Karya ilmiah yang diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana dinamakan dengan skripsi. Masa studinya lebih lama dari diploma 3, sekitar 3.5 tahun – lebih dari 6 tahun. Banyak mendapatkan teori daripada praktek. Setelah menyelesaikan skripsinya, Strata 1 akan bergelar sarjana.

Semua jenjang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang pasti kamu sudah mendapatkan pandangan tentang jenjang pendidikan yang banyak ragamnya. Tidak usah ragu memilih, pilihlah yang sesuai kemampuanmu.

Well guys, itu tadi penjabaran tentang pengenalan jenjang pendidikan diploma 3, diploma 4 dan strata 1. Semoga bisa bermanfaat buat adik-adik semua yang sekarang lagi bingung akan memilih jenjang yang mana. Semoga sukses yaa kuliahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *