Sedang memuat Cara Alami Ini Mampu Membuatmu Bebas Dari Ketergantungan Obat Anti Depresan

Cara Alami Ini Mampu Membuatmu Bebas Dari Ketergantungan Obat Anti Depresan

Agar Sehat Dan Selalu Bersemangat

Stres Sebuah kata yang tak asing lagi di zaman modern ini. stress bisa muncul karena berbagai macam sebab. Ada orang merasa stres karena tekanan pekerjaan. Sebagian orang yang lain stres karena punya banyak kebutuhan sementara uang tidak memadahi. Bagi anak remaja, stres bisa muncul karena banyaknya beban belajar yang di berikan oleh guru. Berkali kali di tolak oleh gebetan juga merupakan masalah serius bagi para jomblowan jomblowati yang bisa menyeret mereka ke masalah stres akut. Tak jarang untuk mengurangi stres yang sudah pada stadium parah, orang orang mengkonsumsi obat tertentu yang disebut dengan antidepresan. Tiap kali kepala mereka terasa berat akibat didera stres mereka buru buru mengkonsumsi obat anti depresan tersebut.

Cara Alami Ini Mampu Membuatmu Bebas Dari Ketergantungan Obat Anti Depresan
Cara Alami Ini Mampu Membuatmu Bebas Dari Ketergantungan Obat Anti Depresan. image [source]

Sebenarnya apa sih stres itu menurut pandangan ilmiah? Para ahli telah melakukan berbagai penelitian terkait dengan stres yang terjadi pada banyak orang ini. ternyata biang kerok dari munculnya stres atau depresi ini adalah rendahnya kadar serotonin dalam tubuh manusia. Serotonin? Makanan apalagi itu ya? Di mana serotonin bisa di beli? Serotonin merupakan salah satu neurotransmitter dalam sistem saraf. Secara sederhana serotonin ini adalah zat kimia yang memperlancar transfer informasi dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya hingga diterima oleh otak. Jika kadar serotonin dalam tubuh kita rendah, maka kita akan mengalami depresi. Penyebabnya karena, serotonin ini mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Beberapa aspek yang dipengaruhi oleh serotonin itu antara lain: nafsu makan,kerja sistem pencernaan, gairah seksual, kualitas tidur, memori serta mood. Jadi kalau pacarmu sedang uring-uringan, ngak doyan makan, dan mood nya jelek kemungkinan serotonin di tubuhnya sedang rendah. Kemungkinan besar ia sedang stres. Kadar serotonin dalam tubuhnya harus dinaikan. Untungnya kita tidak perlu membeli serotonin yang sangat diperlukan tubuh ini. tubuh kita sudah dibekali kemampuan untuk memproduksi sendiri serotonin. Cuma kadang produksinya banyak dan kadang sedikit. Berikut ini ada cara alami untuk menaga supaya serotonin dalam tubuh kita tetap tinggi. Supaya kita tidak mengalami stres. Mau tahu banget? Berikut ini cara alami supaya tubuh kita memproduksi serotonin dalam kadar tinggi.

1. Konsumsi Makanan Makanan Yang Banyak Mengandung Triptofan.

Apa itu triptofan. Triptofan merupakan asam amino penting yang didapat dari pemecahan protein. Triptofan ini merupakan bahan yang dipakai untuk pembentukan serotonin. Jika dalam tubuh kita mengandung triptofan dalam jumlah yang memadai, maka pembentukan serotonin pun akan lancar. Serotonin di produksi di dua tempat dalam tubuh manusia. Tempat tersebut adalah di otak dan di usus. Serotonin yang diproduksi di otak di pakai untuk sel sel saraf otak saja. Sedangkan yang diproduksi oleh usus di pakai oleh sel saraf di bagian tubuh lainnya.

Konsumsi Makanan Makanan Yang Banyak Mengandung Triptofan.
Konsumsi Makanan Makanan Yang Banyak Mengandung Triptofan. image [source]

Lalu makanan apa saja ya yang mengandung banyak triptofan ini? triptofan banyak terkandung di dalam makanan makanan tinggi protein. Daging, telur dan makanan hasil ilahan susu merupakan sumber utama dari triptofan ini. banyak banyak memakan daging susu dan telur membantu tubuh terjaga ketersediaan triptofan ini. lalu bagaimana kalau kamu seorang vegetarian? Tak usah khawatir, jika kamu seorang vegetarian, kamu bisa memperoleh triptofan dari biji bijian. Kacang, kedelai dan biji bijian lain merupakan makanan yang kaya akan protein nabati. Protein nabati ini juga mengandung cukup triptofan yang kamu butuhkan agar tidak stres.

2. Pijat Mampu Meningkatkan Produksi Serotonin.

Pijat diyakini oleh banyak orang mampu mengembalikan tubuh yang loyo menjadi segar bugar. Ternyata anggapan banyak orang ini diamini oleh para peneliti. Mereka melakukan pengukuran pada kadar hormon tubuh beberapa saat setelah orang di pijat. Hasilnya kadar hormon kortisol turun sedangkan kadar hormon serotonin naik. Kortisol ini merupakan senyawa dalam tubuh yang memicu stres dalam tubuh manusia. Dengan dipijat hormon pemicu stres berkurang dan hormon pereda stres meningkat. Efeknya mood seseorang menjadi berlipat ganda sehabis menjalani terapi pijat.

Pijat Mampu Meningkatkan Produksi Serotonin.
Pijat Mampu Meningkatkan Produksi Serotonin. image [source]

Tentu saja kita perlu pijat pada orang yang benar benar ahli, berpengalaman dan tahu ilmunya. Jika kita meminta orang yang salah untuk memijat tubuh kita, hasilnya bisa jadi malah tambah sakit tubuh kita. dengan dipijat tersebut, sensor rasa sakit di kulit kita mendapatkan tekanan. Untuk kemudian tekanan tersebut dikirim ke otak. Otak kemudian meningkatkan produksi serotonin ini untuk mengantisipasi munculnya rasa sakit akibat pijatan dan tekanan tersebut. Serotonin ini jugalah yang akhirnya menurunkan produksi kortisol dalam tubuh. Hasil akhirnya tubuh kita merasa bugar.

3. Keluar Dan Sapa Sinar Mentari.

Sinar matahari ternyata memicu otak kita untuk memproduksi serotonin. Itulah makanya mengapa ketika kita berada di ruang terbuka dan terkena sinar matahari kita menjadi bersemangat. Tubuh kita seolah bertenaga, kuat siap melakukan aktivitas apa saja. Sebaliknya jika kita pas liburan, banyak menghabiskan waktu seharian tidur di dalam rumah, kita menjadi lemas dan tidak bersemangat. Penyebabnya adalah karena , ketika kita sedikit mendapatkan sinar matahari kadar serotonin dalam tubuh kita menurun.

Keluar Dan Sapa Sinar Mentari.
Keluar Dan Sapa Sinar Mentari. image [source]

Jadi ketika kamu merasa suntuk, stres dengan banyak tumpukan kerjaan kantor di dalam ruangan, coba keluar sebentar dan rasakan kehangatan sinar matahari. Bahkan meskipun cuaca sedang mendung, efek positif dari sinar matahari dalam meningkatkan produksi serotonin ini masih ada. tidak masalah apakah cuaca sedang cerah atau sedang mendung, jika mood mu mulai buruk dan kamu mulai depresi dengan banyaknya beban masalah, keluar rumahlah dan berjemur. Mood dan kebugaran tubuhmu nanti pasti akan membaik dengan seketika. Sering sering berjemur saja ya untuk menjaga mood ini, mumpung sinar matahari masih gratis.

4. Perbanyak Olahraga Dan Aktivitas Fisik

Tiap kali tubuh kita terkena beban, maka tubuh kita akan memproduksi serotonin. Olah raga seringkali memberikan beban fisik kepada tubuh. Karena itu tubuh juga akan meningkatkan produksi serotonin. Jika kita rajin berolahraga, maka produksi serotonin pun akan konstan berada di level tinggi. Lalu olahraga apa saja ya yang bisa meningkatkan kadar serotonin ini? olah raga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh tidak harus yang berat berat. Bisa bersepeda, joging atapun fitnes. Usahakan agar olah raga yang kamu lakukan tersebut didasari atas perasaan suka rela. Jika kamu memaksakan untuk melakukan olahraga dalam intensitas yang berlebihan, efeknya justru malah buruk bagi kesehatan tubuhmu.

Perbanyak Olahraga Dan Aktivitas Fisik
Perbanyak Olahraga Dan Aktivitas Fisik. image [source]

Untuk membentuk kebiasaan gemar berolahraga ini, kamu perlu melakukannya secara bertahap. Mulai dari aktivitas ringan ringan dulu. Berjalan keliling komplek, lari lari kecil di halaman rumah dan ataupun ikut fitnes sekuatnya. Nanti lambat laun tubuhmu akan terbiasa dan mulai menganggap bahwa olahraga adalah kebutuhan. Rasa malas untuk berolahraga juga bisa disebabkan karena kadar serotonin yang terlanjur rendah. Maka itu untuk memulainya, usahakan agar tubuhmu banyak gerak. Beres beres rumah, mengangkat jemuran dan berjalan menuju pusat perbelanjaan juga sudah cukup untuk mengawali hobi olah raga ini. jika tubuh sudah terbiasa dengan beban fisik, batu kita tambah intensitas olahraganya.

Sederhana bukan cara meningkatkan kadar serotonin di atas. Jika kita mau rutin menerapkan tips sederhana tersebut, maka kita pun akan terhindar dari stres dengan cara alami. Tidak perlu mengkonsumsi obat anti depresan, karena tubuh kita sudah memproduksi obat anti stress secara alami yaitu serotonin. Biarkan tubuh kita menyembuhkan stres secara alami. Tanpa ketergantungan obat kimia, kita pun akan lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *