Sedang memuat Tips Untuk Kamu Yang Baru Jadi Orang Tua

Tips Untuk Kamu Yang Baru Jadi Orang Tua

Menjadi orang tua tentu menjadi hal baru yang sangat menyenangkan. Saat pertama kali memiliki bayi tentu saja bisa menjadi maslah tersendiri untuk sebagaian orang tua baru. Sering kali anda akan merasa gugup atau bingung dengan apa yang harus anda lakukan kepada anak anda yang notabene masih kecil dan baru satu.

Kehidupan anda pun tentu akan berubah anatar sebelum menjadi orang tua dan sesudah menjadi orang tua. Tidak perlu khawatir akan hal itu, anda hanya perlu mempersiapkan diri untuk bisa menyesuaikan kehidupan anda bersama sang buah hati dan menikmati menjadi rang tua baru. Berikut ada tips penting bagi anda yang baru menjadi orang tua. Check it out!

1. Ikuti pola tidur Anak Anda

Minggu-minggu awal setelah melahirkan atau menjadi orang tua baru, rutinitas anda dan pasangan pasti akan mulai berubah. Anda harus siap sedia atas apapun yang dibutuhkan anak anda. Hal ini tentu akan berpengaruh pada pola tidur anda yang menjadi tidak teratur.

Ikuti pola tidur anak [ Image Source ]
Ikuti pola tidur anak [ Image Source ]

Tapi anda juga harus menggunakan waktu sebaik mungkin mengingat akan berpengaruh kepada kesehatan anda. Cara yang paling baik adalah dengan mengikuti pola tidur anak anda. Jadi, tidurlah selagi ada kesempatan yaitu saat anak anda juga sedang tertidur.

2. Jadilah orang tua yang aktif

Kebanyakan ibu merasa sedikit malas untuk berolahraga pasca melahirkan. Padahal olahraga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan sekaligus cara cepat untuk mengembalikan ukuran tubuh Anda seperti sedia kala.

Orang tua yang aktif [ Image Source ]
Orang tua yang aktif [ Image Source ]

Jadi usahakan untuk tetap aktif pasca melahirkan dengan melakukan olahraga rutin untuk meningkatkan energi Anda. Cukup dengan melakukan olahraga-olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah atau bisa juga dengan mengajak anak Anda jalan-jalan setiap hari.

3. Berteman dengan orang tua baru lainnya

Anda bisa mencoba mencari komuitas orangn tua baru atau ibu-ibu baru yang mana mereka memiliki kasus yang sama dengan Anda yaitu baru saja menjadi orang tua. Tentu saja dengan berkumpul bersama mereka yang senasib dengan Anda akan memberikan kenyaman tersendiri.

Berteman dengan orang tua lainnya [ Image Source ]
Berteman dengan orang tua lainnya [ Image Source ]

Anda bisa saling berbagi mengenai masalah mengurusi anak yang sedang Anda alami atau saling berbagi tips mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perawatan anak.

4. Belajar dari yang sudah berpengalaman

Anda bisa menanyakan berbagai hal kepada orang tua Anda jika Anda ketika menghadapi kesulitan selama merawat anak. Orang tua Anda tentu saja sudah memiliki pengalaman lebih banyak sehingga mereka merupakan orang tepat untuk dijadikan tempat bertanya. Cobalah untuk mendengarkan dan melihat cara-cara atau tips-tips yang mereka ajarkan dengan baik.

Blajar dengan yang berpengalaman [ Image Source ]
Blajar dengan yang berpengalaman [ Image Source ]

5. Menerima tamu dan hadiah

Setelah melahirkan biasanya teman-teman, keluarga ataupun orang-orang yang mengenal Anda akan mampir untuk mengunjungi Anda dan anak Anda. Menariknya, kebanyakan dari mereka yang berkunjung akan memberikan berbagai pernak pernik bayi mulai dari pakaian, perlengkapan bayi, susu dan sebagainya. Terimalah pemberian mereka dengan senang hati karena hadiah-hadiah tersebut tentu saja akan berguna bagi Anda.

Menerima hadiah [ Image Source ]
Menerima hadiah [ Image Source ]

Well, itulah tadi tips parenting bagi anda yang baru aja jadi orang tua baru. Kalau ada yang mengalaminya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat yaa.. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *