Puas Menjelajah Jogjakarta Selama 3 Hari 2 Malam

Jogjakarta itu banyak banget tempat keren buat berwisata. Mulai dari wisata alam, sampai wisata candi, keraton, hingga wisata belanja. Tapi, kadang waktu untuk berlibur ternyata cukup terbatas. Nggak mungkin juga kamu bisa mengelilingi semua tempat wisata tersebut dalam waktu singkat.

Biar liburanmu puas, rencanakan semuanya dari awal. Mulai dari waktu beli tiket, hingga mau ngapain aja di Jogjakarta. Dalam kondisi seperti inilah bikin itinerary itu bisa membantu banget rencana liburanmu. Kalau kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik, 3 hari 2 malam sudah cukup bisa bikin kamu menikmati ragam wisata di kota tersebut.

Hari Pertama di Jogjakarta Tuh Asyiknya Liburan Santai di Candi-candi

Biar liburanmu puas, pastikan kamu sampai di Jogjakarta saat masih pagi. Jadi kamu punya banyak waktu buat istirahat dan mulai jalan-jalan pada siang harinya. Biar praktis dan tetep hemat langsung aja pesan tiket pakai aplikasi Indonesia Flight. Kamu bisa pilih penerbangan paling pagi dan harganya juga jauh lebih murah.

Candi Sambisari https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e3/Sambisari_01.jpg
Candi Sambisari [via]

Dengan pesawat paling awal, setidaknya kamu bisa sampai di Jogja sekitar pukul 8 pagi. Begitu sampai, kamu bisa langsung ke hotel dan istirahat dulu selama beberapa jam. Nah, jam 10 kamu sudah mulai bisa memulai petualanganmu ke Candi Sambisari. Namanya emang nggak terlalu familiar, tapi nggak kalah cantik dari candi lain. Karena cenderung lebih sepi, kamu bisa puas-puasin deh foto-foto dulu.

Puas berfoto ria, lanjut deh makan siang dulu. Nggak usah jauh-jauh karena di dekat Sambisari ada sebuah warung soto yang cukup terkenal bernama Saoto Bathok Mbah Karto. Di warung ini, kamu bisa menikmati soto dengan duduk lesehan di gazebo atau memilih duduk di bangku sambil menikmati pemandangan sawah yang asri.

Matahari terbenam di Prambanan https://sukatours.files.wordpress.com/2011/08/prambanan-sunset-3.jpg
Matahari terbenam di Prambanan [via]

Selesai makan siang, lanjut deh main ke candi Prambanan. Di sini kamu bisa lihat-lihat pemandangan yang keren dan menjelajah kompleks candi tersebut. Waktu terbaik untuk menikmati Prambanan adalah saat mendekati matahari terbenam karena pemandangannya saat itu benar-benar luar biasa dan sayang banget buat kamu lewatkan. Atau opsi lainnya, kamu bisa beli tiket terusan Candi Prambanan dan Ratu Boko. Sehingga, kamu bisa menikmati momen sunset di Ratu Boko yang nggak kalah keren dari Prambanan.

Puas seharian bermain-main dari candi ke candi, lanjut deh balik ke hotel lalu mandi dan istirahat dulu. Menjelajah candi seharian pasti capek, kan? Jadi, untuk makan malamnya kamu nggak perlu nyari yang jauh-jauh, cukup ke angkringan Jogja yang banyak banget buka di pinggir-pinggir jalan. Selesai makan, bisa langsung pulang dan istirahat di hotel deh.

Hari Kedua Adalah Waktunya Main di Kota dan Belanja!

Lanjut di hari kedua, persiapkan diri dari pagi dan langsung aja sarapan di hotel. Jadi nggak perlu repot nyari makan dulu. Dengan perut kenyang, kamu bisa memulai petualanganmu hari kedua di Jogjakarta. Kali ini, petualangan bisa dimulai dengan menjelajah Keraton Jogja sekaligus mengunjungi museumnya yang penuh dengan segala informasi tentang kebudayaan Jawa. Nah, alasan kenapa kamu mesti nyampe pagi di sini adalah karena Keraton biasanya mengadakan pertunjukan budaya pada pukul 9 atau 10 pagi.

Taman Sari https://gateofjava.files.wordpress.com/2013/09/taman-sari-water-castle.jpg
Taman Sari [via]

Puas menjelajah Keraton, jangan lupa buat mampir dulu ke Taman Sari. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan keren bangunan dan kolam kuno yang dulunya bekas taman milik keraton ini. Jangan lupa buat berfoto ria di tempat cantik ini, ya. Lalu untuk makan siangnya, kamu bisa nyari rumah makan di sekitar Taman Sari deh. Pasalnya di sekitar tempat wisata ini, ada banyak banget rumah makan lezat yang patut dicoba seperti Water Castle Cafe, Pendopo Ndalem Resto, Ndalem Ngabean, dan banyak lagi.

Selesai makan siang, lanjut jalan-jalan ke Malioboro sambil belanja-belanja. Ada banyak macam barang khas Jogja yang dijual di sini mulai dari blangkon, barang-barang motif batik, sandal, tas, dan banyak lagi. Selain Malioboro, kamu juga bisa belanja di pasar Beringharjo yang buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore. Di Malioboro, kamu akan banyak ketemu turis lain baik dalam maupun mancanegara yang jalan-jalan di sore di sini. Atau jika kamu beruntung, biasanya akan ada pengamen khas yang menyanyi dengan iringan gamelan. Keren!

Malioboro http://4.bp.blogspot.com/-i7fzmB6-KzY/VkrRSCxt9VI/AAAAAAAAAhk/zxmYr-wvr5o/s1600/malioboro.jpg
Malioboro [via]

Puas belanja, lanjutkan saja perjalananmu main ke alun-alun utara Jogja. Kamu nggak hanya bisa menikmati pemandangan cantik dan suasana sore yang seru di sini. Pasalnya, waktu malam tiba, di sini akan ada pasar malam Sekaten yang sayang banget buat dilewatkan. Siapa tahu kamu bisa menemukan barang-barang unik yang nggak kamu temukan di Malioboro atau pasar Beringharjo. Nah, makan malamnya bisa lanjut sekalian di daerah ini. Jadi selesainya kamu bisa langsung pulang ke hotel dan istirahat.

Hari Terakhir di Jogja, Waktunya Berpisah dengan Jogja

Nah, hari terakhir di Jogja paling asik buat bersantai di kafe karena kamu juga perlu bersiap untuk segera naik pesawat buat pulang. Jadi, untuk relaksasi terakhir Tempo Gelato bisa jadi tempat yang asik buat nongkrong. Interiornya yang kece juga keren banget buat berfoto ria.

Tempo Gelato http://3.bp.blogspot.com/-mDHXsCzPzBY/VT9kdqZuG6I/AAAAAAAAOuo/vk1T5dszUaI/s1600/SAM_0743.JPG
Tempo Gelato [via]

Nggak cuma tempatnya saja yang keren, di kafe ini juga punya banyak varian gelato dan kopi yang lezat banget buat kamu penikmat kuliner. Ada macam-macam rasa gelato yang bisa dicoba mulai dari vanila, stroberi, red dragon, nutela, green tea, dan banyak lagi.

Selesai menikmati es krim dan kopi di kafe, lanjut deh balik ke hotel buat check out. Selanjutnya tinggal berangkat ke bandara dan bersiap buat pulang kembali ke rumah. Seru kan? Jadi, kapan mau berangkat ke Jogja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *