Sedang memuat 5 Ikon Masakan Khas Indonesia Sebagai Pilihan Menu Buka Puasa Sehat.

5 Ikon Masakan Khas Indonesia Sebagai Pilihan Menu Buka Puasa Sehat.

Enak Dan Bergizi Ikon Kuliner Indonesia Berikut ini

Indonesia itu tidak Cuma jakarta saja. kalau kemarin kemarin banyak energi rakyat indonesia yang habis karena ribut ribut masalah penistaan agama di jakarta, darangnya bulan puasa ini bisa jadi momen tepat untuk menenangkan diri dan mengalihkan perhatian ke bagian bagian indonesia yang lain. seperti yang kita tahu, indonesia itu terdiri atas banyak pulau, banyak suku bangsa. Masing masing daerah tersebut punya ciri khas sendiri sendiri termasuk makanannya.

5 Ikon Masakan Khas Indonesia Sebagai Pilihan Menu Buka Puasa Sehat.
5 Ikon Masakan Khas Indonesia Sebagai Pilihan Menu Buka Puasa Sehat. image [source]

Saat puasa tentu kita tak bisa lepas dari persoalan tentang makanan. karena puasa bagi banyak orang merupakan momen spesial, maka menu makanan buka puasa pun seringkali dibuat spesial. Kalau di hari hari biasa kita makannya hanya nasi padang dan nasi kucing saja setiap hari, maka di bulan puasa ini kita bisa memanfaatkan momen buka puasa untuk mengenalkan menu makanan khas dari berbagai daerah di indonesia. saking banyaknya keanekaragaman menu makanan khas indonesia itu, kata orang bule, tiap hari dalam setahun ganti ganti pun, menu makanan khas indonesia ngak bakal habis. Makanan indonesia ini juga sehat sehat karena diracik dari berbagai macam bahan. Apa saja makanan khas indonesia yang cocok masuk dalam menu buka puasa sehat itu? Ini 5 diantaranya.

1. Menu Buka Puasa Nasi Goreng Kampung.

Yang tidak kenal nasi goreng berarti belum pernah tinggal diindonesia. Hampir semua wilayah indonesia kenal dengan kuliner nasi goreng. Nasakan yang satu ini telah ditetapkan oleh menperakraf sebagai salah satu ikon nusantara. Nasi goreng sendiri variannya ada banyak namun yang paling populer tentu saja nasi goreng kampung. Tak jauh berbeda dengan nasi goreng umumnya, nasi goreng kampung ini di masak lengkap dengan lauk pauk. Oleh karena itu nasi goreng kampung ini tidak polos hanya tediri dari nasi saja. di dalamnya ada beberapa campuran seperti daging ayam, teri, berbagai jenis seafood ataupun daging sapi. Dengan kompisisi bahan yang komplit ini, kebutuhan nutrisi saat puasa bisa kita dapatkan dalam nasi goreng kampung. Oleh karena itu ikon nusantara yang satu ini cocok masuk sebagai menu buka puasa sehat.

Menu Buka Puasa Nasi Goreng Kampung.
Menu Buka Puasa Nasi Goreng Kampung. image [source]

2. Menu Buka Puasa Gado Gado Jakarta.

Bagi kamu kamu yang suka sayuran ikon kuliner asal jakarta yang satu ini juga pas untuk buka puasa. Pasalnya dalam satu menu saja campuran nya macem macem. Ada kentang rebus, labu, kangkung, bayam, taoge, kol, kacang panjang, timun, jagung, tahu goreng, tempe goreng, dan telur rebus. Sebagai syarat utama agar akrab di perut orang indonesia gado gado ini memakai lontong yang di potong potong. Kebutuhan karbihidrat didapat dari kentang dan lontong. Sementara kebutuhan vitamin, protein, lemak dan serat di peroleh dari sayuran serta telur yang ada di dalamnya. Gado gado jakarta ini makin terasa nikmat dilidah karena memakai saus kacang sebagai bumbu siramnya. Sensasi Manis gurih, segar, serta kriuk pun dapat kita nikmati dari satu menu nusantara ini. ngak salah kan kalau gado gado juga kita jadikan alternatif menu buka puasa di ramadan tahu ini.

Menu Buka Puasa Gado Gado Jakarta.
Menu Buka Puasa Gado Gado Jakarta. image [source]

3. Menu Buka Puasa Ayam Panggang Bumbu Rujak.

Makan lauk ayam mungkin sudah sering kamu lakukan. Kalau di tanya tanya boleh jadi hampir bosan karena setiap hari ketemu dan ketemu lagi dengan ayam. Bosan karena cara masak biasanya hanya digoreng atau diungkep saja. berbeda dengan lauk ayam yang biasanya, di bulan puasa ini sepertinya kamu perlu mencoba menu ayam panggang bumbu ruhak. Ikon kuliner nusantara yang satu ini asalnya dari surabaya. Karena saking enaknya bisa jadi ia telah tersebar ke daerah daerah lain termasuk yogyakarta. ayam bumbu rujak ini cara masaknya, ayam yang sudah direbus lumuri dengan bumbu kumplit plus cabe dan kecap. Kemudian ayam tersebut di panggang sampai matang. Dengan cara masak seperti ini ayam menjadi terasa manis gurih dan sekaligus pedas. Tinggal di tambah dengan nasi dan lalapan, kebutuhan karbohidrat, protein dan vitamin selama puasa pun bisa tercukupi dari menu buka puasa sehat yang satu ini.

Menu Buka Puasa Ayam Panggang Bumbu Rujak
Menu Buka Puasa Ayam Panggang Bumbu Rujak. image [source]

4. Menu Buka Puasa Urap Sayuran Yogyakarta.

Satu lagi menu buka puasa sehat bagi mereka yang sangat gemar sayudan dan sedang berusaha mengurangi konsumsi daging. Makanan yang satu ini dikenal dengan sebutan Urab. Ada juga yang menyebutnya dengan urab urab. Di buat dari komposisi, bayam, taoge dan buncis. Untuk memanjakan lidah di berilah bumbu berupa parutan kelapa yang dicampur dengan rempah rempah gurih. Urab urab ini biasanya ada di gidangan nasi tumpeng yang sering di pakai dalam syukuran. Jadi buka puasa dengan urab serasa menikmati hidangan syukuran kan. Masakan ini berasal dari yogyakarta. pasti banyak yang tiba tiba galau ingat masa masa hidup didesa kalai buka puasa dengan menu yang satu ini.

Menu Buka Puasa Urap Sayuran Yogyakarta.
Menu Buka Puasa Urap Sayuran Yogyakarta. image [source]

5. Buka Puasa Dengan Sate Maranggi Purwakarta.

Lidah orang indonesia pasti ngak akan nolak menu makanan yang satu ini. sate memang lezar, bahkan orang luar negri pun sudah mengakuinya. Kalu biasanya sate di panggang dan disajikan dengan bumbu kacang, sate Maranggi dari purwakarta ini sedikit berbeda. Sate Maranggi terbat dari daging sapi atau daging kambing. Daging kambing tersebut di bumbui dengan bumbu kecap, sambal cabai hijau dan cuka. Diatasnya di taburi daun kecombrang yang mirip seperti mint. Hasilnya sate dengan sensai semriwing pun cocok untuk menyegarkan nafas kamu yang biasanya bau ketika puasa. Dimakan dengan nasi putih, ikon kuliner ini juga cocok jadi menu buka puasa sehat untuk kamu nikmati.

Buka Puasa Dengan Sate Maranggi Purwakarta.
Buka Puasa Dengan Sate Maranggi Purwakarta. image [source]

Banyak banget kan ternyata pilihan menu buka puasa sehat itu. Kalau makanan asli indonesia yang murah murah dan mudah didapat saja sehat, ngapain harus susah susah buka puasa pakai makanan fastfood import. Buka puasa sehat ala indonesia? siapa takut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *