Sedang memuat Menu Buka Puasa Sehat, Ini 3 Tips Sederhana Dalam Menyusunnya

Menu Buka Puasa Sehat, Ini 3 Tips Sederhana Dalam Menyusunnya

Sehat Tidak Harus Mewah

Yang di tunggu tunggu akhirnya datang juga. Bulan puasa di mana kesempatan untuk mendapatkan pahala terbuka luas. Di samping itu bagi mereka mereka yang ingin bertobat, peluang diampuni oleh allah di bulan puasa ini pun lebih besar di banding waktu waktu biasanya. jadi bulan puasa itu bukan hanya seperti anggapan banyak orang, hanya menahan lapar dan haus dari pagi sampai petang. Pada bulan puasa ini ada satu hal yang paling di tunggu tunggu oleh hampir semua orang yang berpuasa. Yang di tunggu tunggu itu tentu saja buka puasa. Waktu dimana adzan magrib di kumandangkan dan kita boleh makan minum lagi.

Menu Buka Puasa Sehat, Ini 3 Tips Sederhana Dalam Menyusunnya
Menu Buka Puasa Sehat, Ini 3 Tips Sederhana Dalam Menyusunnya. image [source]

Tapi ingat, yang diperbolehkan setelah tiba waktu buka puasa adakah makan dan minum lagi, bukan berbuat maksiat lagi. Kebiasaan kita ketika waktu buka puasa tiba adalah langsung kalap ingin melahap semua jenis makanan yang bisa di temui. Setelah seharian dilanda lapar dan dahaga, nafsu makan kita menjadi besar, Rasanya semua jenis makanan bisa masuk kedalam perut dalam sekali telan. Tentu saja kebiasaan kita maruk saat buka puasa tersebut bukanlah kebiasaan yang tepat. Jika cara buka puasa kita seperti ini setiap hari, boleh jadi puasa justru mendatangkan penyakit. Agar puasa dapat bermanfaat bagi kesehatanmu kamu perlu cara dan menu buka puasa yang sehat. Penasaran dengan cara dan menu buka puasa sehat itu seperti apa? simak informasinya di bawah ini.

1. Buka Puasa Sehat Dimulai Dengan Yang Ringan Ringan Dahulu.

Kalau kerja pengen yang ringan ringan dulu, tapi kalau maka langsung pengen yang berat, situ sehat? Hampir mirip seperti pekerja, perut kita juga butuh untuk di perlakukan secara manusiawi. Setelah seharian puasa, asupan nutrisi kita itu terbatas. Energi yang tersimpan di dalam tubuh sedikit. Wajar kalau otot perut pun masih ogah ogahan dalam bekerja. Otot perut masih lemas. Bisa dibayangkan kalau kondisi perut yang lemas tersebut langsung disuruh mencerna nasi sebakul, satu potongan paha kambing utuh atau bongkahan besar daging panggang setengah matang. Tentu saja kerja otot perut dalam mencerna makanan menjadi tidak sempurna. Perut jadi kembung. Maka itu masukkan makanan makanan ringan seperti puding, jeli, kue kue arau camilan dalam menu buka puasa sehatmu di daftar paling pertama

Buka Puasa Sehat Dimulai Dengan Yang Ringan Ringan Dulu.
Buka Puasa Sehat Dimulai Dengan Yang Ringan Ringan Dulu. image [source]

2. Pilih Yang Manis Dan Mudah Di Cerna Untuk Membatalkan Puasa.

Setelah seharian puasa, energi dalam tubuh kita itu benar benar tipis. Kalau diibaratkan mungkin seperti orang hampir pingsan. Untuk menolong orang yang hampir pingsan ini tentu saja butuh sesuatu yang cepat. Butuh makanan yang bisa langsung siap sruput. Bisa membayangkan kan menolong orang pingsan dengan cara memberinya uang dan menyuruh beli makan sendiri. bisa bisa kolap di tengah jalan orang tersebut. untuk menolong tubuh kita dari kekurangan energi ini pun cara nya juga sama. Tubuh kita perlu makanan yang mudah dicerna dan langsung dapat diserap oleh tubuh. Makanan yang mudah diserap itu yang banyak kandungan gulanya. Jad teh manis hangat, serta buah kurma itu bisa menjadi pilihan terbaik sebagai menu buka puasa sehat.

Pilih Yang Manis Dan Mudah Di Cerna Untuk Membatalkan Puasa.
Pilih Yang Manis Dan Mudah Di Cerna Untuk Membatalkan Puasa. image [source]

3. Makan Secukupnya Dan Jangan Tunggu Perutmu Penuh.

Yang umumnya dilakukan oleh orang orang, beberapa saat sebelum adzan bergema, mereka sudah duduk manis di depan meja makan dengan menyanding sebungkus nasi padang porsi besar, kolak, es pisang hijau, kue kue, serta camilan. Suara adzan bagi mereka mirip seperti aba aba wasit yang menyatakan bahwa lomba sudah dimulai. Lomba apa? ya lomba makan. Tangan kanan dan tangan kiri saling berebut mencoba memasukkan berbagai jenis makanan ke dalam mulut. Aktivitas tersebut baru terhenti ketika perut kita sudah terlalu penuh. Kebiasaan ini tentu saja tidak baik. selain mengaburkan tujuan utama puasa, kita juga perlu menjaga agar sepertiga perut kita tetap kosong. Tujua puasa kan salah satunya merasakan kondisi orang miskin. orang miskin mana yang bisa pesta hingga perut penuh di sore hari. Selain itu makan terlalu banyak di waktu buka puasa juga menyebabkan kamu bisa kelebihan berat badan. ingat kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu datangnya berbagai macam penyakit salah satunya gagal jantung. Kelebihan berat badan juga memicu penyakit mental yang disebabkan karena kurang pede. Hayo, siapa yang puasa tapi badannya makah justru tambah membengkak? oleh karena itu buka puasa dengan ayam panggang, steak, bakso, pecel maupun makanan lain itu boleh. Tapi ingat, porsinya tidak boleh berlebihan.

Makan Secukupnya Dan Jangan Tunggu Perutmu Penuh.
Makan Secukupnya Dan Jangan Tunggu Perutmu Penuh. image [source]

Nah setelah membaca ketiga point diatas, kamu tentunya sudah punya gambaran kan menyusun menu buka puasa sehat itu makanannya apa saja. dengan 3 pedoman tersebut, kamu tak perlu bingung lagi pilih piih makanan dan memutuskan apa yang harus di makan duluan. Kamu tak perlu terpaku pada jenis makanan tertentu. Tinggal kombinasikan, asal sesuai dengan 3 point diatas, berarti menu buka puasa mu itu termasuk sehat. Sekian, semoga puasamu penuh makna dan bukan penuh makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *