Sedang memuat Hanya Di Indonesia, 7 Mitos Unik Biar Enteng Jodoh!

Hanya Di Indonesia, 7 Mitos Unik Biar Enteng Jodoh!

Jodoh tak kunjung datang? Kelamaan melajang? Kondisi dan situasi seperti itu memang kerap bikin galau sampai-sampai hilang akal sehat. Bahkan ada juga yang sampai stres karena memikirkan jodoh yang tak kunjung datang.

Di Indonesia sendiri, ada banyak mitos yang berhubungan soal jodoh. Tak terkecuali sejumlah mitos atau ritual tertentu yang katanya bikin enteng jodoh. Bahkan mitos-mitos enteng jodoh ini tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. Hm, mungkin kamu pernah juga mendengarnya. Atau bahkan di daerah tempat tinggalmu ada mitos soal enteng jodoh tertentu atau yang mirip dengan yang ada di artikel ini? Yuk, coba cek deh.

1. Ritual Mandi Air Siraman Bekas Pengantin

Ritual mandi yang dimaksud di sini bukan mandi biasa di dalam kamar mandi dengan air pancuran. Tapi dengan menggunakan air bekas siraman pengantin. Jadi mitosnya agar enteng jodoh, yang perlu dilakukan adalah membasuh wajah dengan air siraman bekas pengantin. Tak perlu mengguyur seluruh tubuh, cukup wajahnya saja.

siraman
Ritual Mandi Air Siraman Bekas Pengantin [ Image Source ]

Tapi ini cuma mitos belaka. Kebenarannya jelas masih diragukan. Hanya saja kalau dilihat dari sisi positifnya jelas wajah akan terlihat lebih bersih dan berseri kalau sudah dibasuh dengan air. Yang lantas kemudian membuat kita terlihat makin menarik. Kalau sudah begini, jodoh jadi gampang mendekat, ya nggak sih?

2. Mencuri Melati di Sanggul Pengantin Wanita

Pernah dengar nggak katanya kalau mencuri bunga melati di sanggul pengantin wanita, kamu bakal enteng jodoh? Sementara kalau wanita ingin enteng jodoh yang harus ia lakukan adalah mencuri bunga melati di keris pengantin pria. Well, mitos ini memang umumnya ada di Jawa. Jadi kalau adat pernikahannya bukan adat Jawa, kayaknya memang susah, ya.

RONCE3
Mencuri Melati di Sanggul Pengantin Wanita [ Image Source ]

Nggak heran kalau biasanya banyak tamu yang semangat minta foto bersama karena punya niat diam-diam ingin mencuri bunga melati mempelai. Kamu pernah coba? Eh, tapi agak bikin ketar-ketir ya karena kalau tak hati-hati, sanggul atau keris bisa copot kalau kita terlalu semangat mencuri bunga melatinya.

3. Meminum Air yang Keluar dari Mata Air Gua Gunung Putri, Cililin Bandung Barat

Konon katanya kalau meminum air yang keluar dari mata air Gunung Putri yang berlokasi di Cililin, Bandung Barat, kamu bakal enteng jodoh. Di kalangan masyarakat sendiri, mitos ini sangat populer. Kalau memang tak mau meminumnya, mebasuh wajah dengan air dari mata airnya saja katanya sudah cukup membuatmu bisa cepat dapat jodoh.

img_20140823135856_53f83bb03009a
Meminum Air yang Keluar dari Mata Air Gua Gunung Putri, Cililin Bandung Barat [ Image Source ]

Selain mitos tersebut, ada juga kisah yang sangat melegenda di sana. Yaitu kisah seorang pangeran bernama Pangeran Asep Roke yang batal melamar seorang putri jelita hanya karena ia kesiangan. Padahal saat itu semua persiapan sudah rampung termasuk mahar atau mas kawin dan seserahan. Pangeran pun menanggung malu dan dipermalukan di depan warga.

4. Memegang Belut Raksasa di Kolam Mata Air Negeri Waai

Di kalangan masyarakat Ambon, Maluku Tengah ada mitos yang menyebutkan bahwa barang siap yang berhasil memegang belut raksasa di kolam mata air Negeri Waai maka ia akan enteng jodoh. Belut raksasa ini memang berukuran di luar batas normal atau wajar seperti yang sering kita lihat. Ukurannya saja bisa sebesar paha anak-anak. Butuh perjuangan nih kalau ingin memegangnya.

100_3542
Memegang Belut Raksasa di Kolam Mata Air Negeri Waai [ Image Source ]

Sementara itu warga sekitar sudah terbiasa dengan kehadiran belut-belut raksasan ini. Mereka pun memanfaatkan air jernihnya untuk berbagai keperluan seperti untuk mandi dan mencuci. Belut air tawar raksasa yang dijuluki Morea oleh warga setempat ini meski cukup agresif tapi masih tergolong jinak. Para wisatawan yang ingin memegang Morea biasanya akan dibantu oleh seorang pawang tua yang secara khusus mengundang belut untuk keluar dari sela-sela bebatuan kolam.

5. Cari Kenalan di Pohon Cinta, Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya Bogor, ada pohon yang legendaris. Masyarakat menjulukinya sebagai pohon jodoh atau pohon cinta. Jadi konon nih katanya kalau kamu berhasil kenalan atau duduk di dekat pohon tersebut dengan lawan jenis, kamu akan berjodoh dengannya. Bahkan bisa sampai ke jenjang pernikahan.

092112_jodoh
Cari Kenalan di Pohon Cinta, Kebun Raya Bogor [ Image Source ]

Pohon cinta yang dimaksud merupakan dua pohon yang terlihat mirip satu sama lain. Lokasinya tak jauh dari jembatan gantung. Meskipun penampakan kedua pohon tersebut hampir sama tapi sebenarnya keduanya berasal dari jenis pohon yang berbeda. Pohon yang lebih gelap merupakan pohon kenari. Sementara yang di sebelahnya adalah pohon beringin putih. Orang-orang menganggap kedua pohon ini seperti sepasang pengantin. Dan menurut cerita banyak juga pasangan yang bertemu di sana akhirnya berjodoh.

6. Mandi di Air Terjun Sekar Langit, Magelang

Ada waktu untuk jalan-jalan ke Magelang? Coba mampir ke Air Terjun Sekar Langit. Masyarakat setempat sangat mensakralkan air terjun ini terkait dengan dongeng klasik Joko Tarub. Selain itu, warga juga percaya air yang berasal dari mata air di puncak Gunung Telomoyo ini ini punya banyak khasiat, seperti menyembuhkan penyakti gatal-gatal. Selain itu, ada ritual enteng jodoh juga di sini.

mitos-tempat-tempat-yang-bisa-mendatangkan-jodoh-di-indonesia-20160215-5
Mandi di Air Terjun Sekar Langit, Magelang [ Image Source ]

Menurut cerita, kalau bermeditasi pada malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon sambil membakar dupa di sebuah batu berdiameter sekitar lima meter yang letaknya di sebelah selatan air terjun, maka kamu akan enteng jodoh. Batu yang jadi lokasi meditasi diyakini sebagai lokasi yang sakral karena konon di situlah dulu Joko Tarub mengintip para bidadari yang sedang mandi.

7. Loncat dari Atas Jembatan Cinta, Pulau Tidung

Pulau cantik yang terletak di Kepulauan Seribu ini memang sangat memikat. Selain pemandangannya yang indah, ada juga mitos yang beredar. Katanya kalau berani loncat dari atas jembatan cinta samabil menyebutkan nama orang yang disuka, maka ia akan jadi jodoh kita. Wah, tapi kalau nggak hati-hati bisa fatal juga nih akibatnya.

mitos-jembatan-cinta-pulau-tidung_20150809_174503
Loncat dari Atas Jembatan Cinta, Pulau Tidung [ Image Source ]

Nah, itulah tujuh mitos enteng jodoh yang ada di Indonesia. Namanya juga mitos jadi kebenarannya masih diragukan, ya. Meski begitu, seru juga bisa mengetahui sejumlah mitos terkait enteng jodoh di Indonesia. Kalau di lokasi tempat tinggalmu ada nggak mitos-mitos enteng jodoh mirip seperti yang disebutkan di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *