Sedang memuat Move On! Daripada Berdebat Mending Bersatu Agar Indonesia Semakin Maju

Move On! Daripada Berdebat Mending Bersatu Agar Indonesia Semakin Maju

Sesuai dengan semboyan negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu dan yang mempunyai makna walaupun kita berbeda agama, ras, suku dan lain-lain tetapi kita tetap satu yaitu satu Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa kita sudah merdeka, tapi bisakah kita menyebut diri kita merdeka jika untuk bersatu menjadi satu kesatuan saja kita masih ragu untuk melakukannya.

Mungkin ada banyak pertanyaan mengapa bangsa Indonesia yang mengaku sudah merdeka ini sangat susah untuk maju? Ada yang menjawab bangsa ini salah urus, ada juga yang mengatakan kita begini karena kehilangan karakter, ada juga yang bilang bangsa kita belum bisa berdemokrasi secara elegan, juga ada sikap toleransi kita semakin rapuh dan lain-lain. Lalu sebenarnya maukah kita move on dan mencoba bersatu agar Indonesia semakin maju? Coba kita lakukan hal-hal berikut.

1. Berhenti menuding etnis cina non pribumi

Etnis Cina diidentikkan dengan non Muslim, kemudia masyarakat umum yang mayoritas adalah islam malah memarginal mereka, meminggirkan mereka bahkan tidak menganggap mereka padahal jelas-jelas ini adalah perlakuan yang sarat melanggar Hak Asasi Manusia. Banyak dari keturunan mereka merasa di angap dengan orang pribumi seperti ingin kuliah di PTN tapi malu, ingin menjadi PNS, TNI atau Polri seakan dipastikan tidak akan lolos. Ini merupakan perlakuan rasis yang keterlaluan dari yang katanya seorang pribumi.

Stop rasisme [ Image Source ]
Stop rasisme [ Image Source ]

Istilah rasis non pribumi menyempitkan gerakan mereka, baik soal social maupun ekonomi, sehingga pribumi harus bekerja lebih keras untuk merengkuh kesuksesan, sehingga banyak sector bisnis dikuasai oleh non pribumi, lalu kita sebagai pribumi iri? Seharusnya kita merasa malu karena kebencian itu, munculnya rasisme itu yang menanamkan adalah orang pribumi itu sendiri. Jadi sebaiknya hentikan segala bentuk kebencian berbasiskan rasis, agar negara kita bisa semakin maju.

2. Tidak perlu berdebat tentang agama siapa yang paling benar

Kenapa kita selalu berdebat mengenai masalah agama siapa diantara kita yang paling benar. Padahal intinya adalah semua agama mengajarkan kebaikan, kerukunan dan kedamaian. Dalam konteks hubungan sesama makhluk tidak ada agama yang mengajarkan untuk menebar kebencian dan permusuhan. Keyakinan akan kebenaran agama tidak harus menebar kebencian dan permusuhan kepada pemeluk agama lain.

Stop berdebat agama yg paling benar [ Image Source ]
Stop berdebat agama yg paling benar [ Image Source ]

Gagasan dan pikiran kita tentang kebenaran agama harus disampaikkan dengan cara yang arif dan bijaksana. Namun perdamaian antar pemeluk agama juga tidak boleh berdasar pada konsep pluralism yang membenarkan semua agama, namun harus dari pijakan yang kokoh yaitu iman dan taqwa.

3. Semua suku di Indonesia sama saja, sama hebatnya

Bersyukurlah kita karena bisa hidup di Indonesia yang memiliki banyak suku. Bhineka Tunggal Ika. Berbeda-beda tetapi tetap satu. Perbedaan dan pemersatu negeri ini. Negara kepulauan yang membentang dari sabang sampai merauke. Bukan hanya kaya akan wisata, kuliner, tradisi tetapi juga kaya akan suku bangsa. Dan setiap suku bangsa memiliki sejarah yang panjang dan patut untuk dibanggakan. Jangan pernah beranggapan kalau suka A lebih baik dari suku B, suku B jauh lebih baik dari suku C, dan begitu seterusnya. Ketahuilah bahwa, semua suku yang ada di Indonesia semuanya baik.

Semua suku di indonesia sama hebatnya [ Image Source ]
Semua suku di indonesia sama hebatnya [ Image Source ]

Tentu, dalam setiap suku ada sisi negatifnya tapi bisakah kita membayangkan seberapa banyak sisi positifnya. Berhentilah untuk membeda-bedakan tiap suku tersebut, karena ketahuilah sesuai dengan semboyan negara kita, semua sama dan semua satu. Walaupun berbeda tetapi tetap satu.

4. Pilpres sudah lama berlalu, masih mau protes Jokowi vs Prabowo?

Jelas kita semua tahu bahwa pemilihan presiden sudah lama berlalu, dengan begitu mengapa masih ada saja yang protes tentang mereka. Kita sudah mengetahui pemenangnya siapa, entah kita mendukung Jokowi atau mendukung Prabowo itu adalah pilihan tiap masyarakat Indonesia. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah dengan mendukung program-program yang dijalankan oleh mereka berdua baik itu sebagai Presiden RI atau Pejabat Partai.

Jokowi vs prabowo [ Image Source ]
Jokowi vs prabowo [ Image Source ]

Bayangkan saja, jika tetap kita protes pun, kiat tidak akan digubris oleh mereka dan keputusan tidak akan di ganggu gugat bahkan dengan protes terus-menerus akan menghabiskan tenaga kita sendiri.

Membesarkan masalah sepele hanya akan membuat negerimu hancur berantakan dan tidak akan maju. Jadi, sebaiknya hentikan segala bentuk rasisme, berdebat tentang agama yang paling benar, suku mana yang paling bagus hingga protes tetang pemilihan presiden yang sudah lewat.

So guys.. please jauhkan diri kalian dari perbuatan-perbuatan itu tadi kalau kalian ingin bangsa ini tidak pecah dan semakin maju. Semoga bisa bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *