Sedang memuat Jika 4 Rekayasa Genetik Ini Berhasil, Kelahiran Manusia Mutan Berkekuatan Super, Bukanlah Sekedar Angan Angan.

Jika 4 Rekayasa Genetik Ini Berhasil, Kelahiran Manusia Mutan Berkekuatan Super, Bukanlah Sekedar Angan Angan.

Selain Penyebab Kanker, Ternyata Mutasi Gen Juga Bisa Menguntungkan

Semua manusia tumbuh dari bayi yang kecil mungil. Awalnya kita hanya mempunyai kemampuan yang terbatas, yaitu menangis dan mengenyot susu untuk mendapatkan makanan. secara perlahan, seiring berjalannya waktu, kita pun belajar sedikit demi sedikit. Tubuh kita pun tumbuh menjadi manusia manusia unik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang gemuk, ada yang kurus, ada yang berambut pirang ada yang mempunyai warna mata hitam dan ada pula yang biru. Sejak awal tubuh manusia memang sudah diciptakan sempurna. Arah perkembangan serta seperangkat sifat sifat yang akan dikembangkan sudah di tanamkan sejak kita masih berbentuk embrio di rahim sang ibu. Seperangkat alat yang mengatur sifat sifat fisik maupun non fisik perkembangan manusia itu di sebut kromosom. Di dalam satu set kromosom tersebut terdapat gen, terdapat DNA. DNA inilah yang akan mengendalikan semua proses yang terjadi di tubuh manusia. Dari lahir hingga matinya, DNA ini seperti otak yang mengendalikan semuanya. DNA berwujud rangkaian molekul protein dan gula. Seperti kita tahu, protein sangat mudah rusak jika terkena panas, radiasi atau pun zat zat kimia berbahaya. Sebagai bukti, coba kamu perhatikan telur ayam. Awalnya berwujud cairan agak bening. Namun ketika terkena panas sedikit saja, cairan tersebut berupa menjadi gumpalan padat putih kan. Itu terjadi karena struktur protein sudah berubah.

Jika 4 Rekayasa Genetik Ini Berhasil, Kelahiran Manusia Mutan Berkekuatan Super, Bukanlah Sekedar Angan Angan.
Manusia Dengan Kemampuan Di Atas Rata rata. image [source]

DNA pada sel sel tubuh manusia ini juga mudah berubah jika terkena panas, zat kimia atau radiasi dari luar. Perubahan pada DNA manusia ini disebut mutasi DNA. Orang yang mengalami perubahan pada DNA nya disebut mutan. Perubahan pada DNA manusia akibat terkena pengaruh zat zat kimia ini jugalah yang menyebabkan seseorang terserang penyakit kanker atau tumor. Namun selain mengakibatkan efek negatif, baru baru ini di temukan bahwa mutasi DNA juga bisa memunculkan efek positif lho. Banyak kasus di berbagai belahan dunia, mutasi DNA justru membuat orang yang mengalaminya memiliki sifat sifat unggul. Beberapa sifat tersebut antara lain, tulang yang super keras, otot yang tumbuh super kuat, kemampuan berlari cepat dan beberapa sifat lain yang selama ini hanya dimiliki oleh superhero-superhero mutan di film X-man. Penasaran dengan mutasi DNA apa saja yang bisa membuat seseorang memiliki kemampuan super tersebut? Pengen tau orang orang di belahan bumi mana saja yang diketahui telah memiliki kemampuan kelampuan super tersebut? Simak informasinya di bawah ini ya.

1. Mutasi Gen Yang Membuat Orang Punya Tulang Super Keras.

Otot kawat balung wesi, itulah ungkapan yang biasa digunakan untuk menggambarkan kekuatan Gatot Kaca. Balung wesi dalam ungkapan di atas berarti tulang besi. Tulang memang struktur tubuh manusia yang paling keras. Tulang ini kebanyakan fungsinya untuk melindungi organ organ penting namun lunak. Organ organ vital manusia yang dilindungi tulang ini antara lain: otak yang dilindungi oleh tulang tengkorak, jantung dan paru paru yang dilindungi oleh tulang dada. Selain sebagai pelindung tulang juga menjadi tempat melekatnya otot otot. Tanpa tulang sekuat apapun otot tak akan bisa menggerakkan sesuatu karena tidak punya tumpuan. Meskipun tulang adalah struktur paling keras, nyatanya tulang ini sering patah. Saat terjadi tabrakan antar kendaraan bermotor, saat terjatuh dari ketinggian atau pun saat mengalami kecelakaan olah raga, banyak ditemui kasus kasus patah tulang.

Mutasi Gen Yang Membuat Orang Punya Tulang Super Keras.
Mutasi Gen Yang Membuat Orang Punya Tulang Super Keras. image [source]

Ada juga sebuah penyakit yang dinamakan dengan osteoporosis. Pada orang dengan penyakit ini, tulang mereka menjadi rapuh karena keropos. Di dunia kedokteran, dikenal gen yang mengatur keras tidaknya struktur tulang manusia. Gen tersebut adalah gen LRPS. Orang orang yang memiliki penyakit osteoporosis diketahui memiliki gen LRPS yang telah mengalami perubahan. Namun untuk kasus orang orang yang tinggal di Connecticut india, mutasi yang terjadi pada gen LRPS ini justru membuat mereka memiliki struktur tulang yang super keras. Gen LRPS yang telah mengalami mutasi di tubuh satu keluarga ini membuat otak mereka terus memacu pembentukan sel sel tulang. Akibatnya tulang mereka pun lebih padar daripada tulang manusia pada umumnya. Berkat temuan ini, para ilmuwan tertantang untuk melakukan mutasi pada gen LRPS secara terkendali. Harapannya di masa depan mereka dapat mengubah gen LRPS seseorang dan membuat tulangnya sekuat tulang gatot kaca.

2. Gen Yang Membuat Orang Mampu Berlari Cepat Seperti The Flash Telah Ditemukan.

Kenal Barry Allen kan? Itu lho manusia tercepat yang ada di dunia dan memakai kostum the Flash. Selain the flash ada juga Quick silver, anak Magneto dalam film mutan X-men yang sampai sekarang belum diakui. Ia bisa berlari lebih cepat dari ledakan bom hingga bisa menyelamatkan anak didik Professor xavier saat sekolah mereka diledakkan. Pahlawan pahlawan dengan kemampuan berlari cepat, sudah lama menjadi idola bagi banyak orang. di dunia nyata, ada Usain Bolt, pelari sprint tercepat d idunia yang sampai saat ini rekornya belum terpecahkan. Usain Bolt ini mampu berlari sejaun 100 meter dengan kecepatan hanya 9.8 detik. Atau tiap satu detiknya ia berlari lebih dari 10 meter.

Gen Yang Membuat Orang Mampu Berlari Cepat Seperti The Flash Telah Ditmukan.
Gen Yang Membuat Orang Mampu Berlari Cepat Seperti The Flash Telah Ditmukan. image [source]

Sebagian besar orang punya kemampuan yang sangat bagus dalam hal lari dari tanggung jawab, namun hanya sedikit yang sanggup berlari cepat di bidang olahraga. Salah satunya ya Usain Bolt tersebut. Ternyata kemampuan berlari cepat ini dikendalikan oleh gen. Gen tersebut menghasilkan doping alami bagi otot yang tersusun atas protein yang dinamakan sebagai Alpha Acitin 3 atau disingkat menjadi ACTN3. Kehadiran ACTN3 ini akan membuat kemampuan kontraksi otot meningkat dan efeknya, orang tersebut memiliki tenaga yang ngak habis habis. Pada pelari-pelari dengan kemampuan fenomenal, ternyata ditemukan gen gen ACTN3 ini yang telah mengalami mutasi. Mutasi tersebutlah yang menjadi penyebab mereka bisa berlari lebih cepat daripada pelari lainnya. Ilmuwan juga sedang meneliti lebih dalam terkait keberadaan gen ACTN3 yang telah mengalami mutasi menguntungkan ini. Di masa depan jika para ilmuwan bisa merekayasa perubahannya, maka kemampuan lari seseorang dapat ditingkatkan di laboratorium.

3. Mutasi Gen Yang Menyebabkan Orang Tersebut Kebal Racun.

Berkat kasus kopi vietnam yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso, serta serial drama sidangnya yang disiarkan secara live oleh stasiun televisi, racun arsenic menjadi sangat terkenal. Arsenic pulalah yang dicurigai membunuh tokoh HAM Munir, ketika sedang berada di sebuah pesawat yang terbang menuju Belanda. Arsenik memang merupakan salah satu racun paling mematikan di dunia. Tak heran banyak orang orang penting yang dihabisi dengan cara diracun pakai arsenik ini.

Mutasi Gen Yang Menyebabkan Orang Tersebut Kebal Racun.
Mutasi Gen Yang Menyebabkan Orang Tersebut Kebal Racun. image [source]

Rata rata tubuh manusia akan keracunan hanya dengan memakan beberapa miligram dosis arsenik ini saja. Namun tidak demikian dengan orang orang dari suku Millenia ini. mereka adalah orang orang yang tinggal di wilayah San Antonio de los Cobres Argentina. Mereka minum air yang berasal dari mata air pegunungan. Di ketahui, air tersebut memiliki kandungan arsenik 80 kali lebih banyak dari batas aman. Orang biasa akan langsung tewas terkapar begitu minum air dari sumber tersebut. Namun anehnya penduduk Milennia baik baik saja. Rupanya dalam tubuh mereka terdapat gen yang oleh para peneliti disebut dengan AS3MT. Dengan adanya Gen AS3MT ini, penduduk lokal mampu mencerna arsenik dan membuangnya keluar tubuh dengan cara yang aman. Pada orang normal arsenik ini tidak akan bisa dicerna dan ikut kemana-mana sepanjang aliran darah. Karena arsenik ini mudah mengikat dan melepaskan elektron, maka kerja saraf yang tergantung pada impuls listrik pun akan terganggu. Saraf terganggu maka jantung paru paru dan semua organ lainnya akan gagal berfungsi sehingga orang tersebut mati dengan cepat. Jika para ilmuwan bisa menerapkan mutasi pada gen AS3MT ini pada semua orang, maka ngopi-ngopi dengan Jesica Kumala Wongso bukan lagi sebuah hal yang menakutkan.

4. Mutasi Gen Yang Menyebabkan Orang Menjadi Kebal Sengatan Listrik.

Sekarang ini hidup kita tak bisa lepas dari yang namanya listrik. Mulai dari menyetrika, mencuci, masak nasi hingga mengisi baterai handphone, kita menggunakan listrik. Meskipun listrik adalah sahabat setia yang selalu ada dimana mana, sejatinya listrik adalah musuh dalam selimut. Ketika kita lengah, listrik ini bisa mencelakai kita kapan saja. Serangannya sangat bervariasi mulai dari seperti kesemutan, seperti di tendang orang, hingga serangan langsung gosong juga tegangan listriknya cukup tinggi. Kulit kita memang konduktor alur listrik yang baik. kulit kita mengandung banyak cairan sehingga arus listrik akan langsung mengalir begitu bersentuhan langsung dengan kulit.

Mutasi Gen Yang Menyebabkan Orang Menjadi Kebal Sengatan Listrik.
Mutasi Gen Yang Menyebabkan Orang Menjadi Kebal Sengatan Listrik. image [source]

Slavisa Pajkic adalah seorang warga negara Serbia. Ia menderita kelainan genetik yang menyebabkan di dalam kulitnya tidak ada kelenjar keringat atau kelenjar minyak. Kondisi langka seperti itu menyebabkan kulitnya sangat kering. Saking keringnya arus listrik pun tidak mampu lewat menembus dan melukai jaringan tubuh di bagian dalam kulitnya. Ia di Serbia ia mendapat julukan sebagai manusia baterai. Ia bisa memegang kabel terkelupas di tangan kiri dan menyalakan lampu di tangan kanan tanpa ia sendiri mengalami luka akibat sengatan arus listrik. Pajkic ini sudah tampil di berbagai acara televisi. Ia kebal terhadap sengatan arus listrik. Bayangkan jika ilmuwan dapat mengembangkan gen seperti yang ada pada tubuh Pajkic ini, isolasi serta pembungkus kabel kemungkinan tidak akan diperlukan lagi. Namun sebagai konskuensinya, pabrik hand and body lotion akan laku keras karena kulitmu akan sekering gurun Sahara. Perlu di olas-oles dengan lotion secara rutin.

Ilmu pengetahuan dan teknologi tak jarang memberikan kita kejutan. Apa yang dianggap mustahil sekarang ini mungkin bisa berubah menjadi masuk akal beberapa tahun kedepan. Lihat saja keberadaan drone, hover board dan layar yang bisa dilipat. Bukan tidak mungkin gen gen hasil mutasi yang punyai dampak positif bagi kemampuan manusia tersebut akan bisa dibuat oleh para ilmuwan. Bila itu terjadi tentu kehidupan manusia akan semakin mudah. Namun ingat efek samping akan selalu ada. jadi kita perlu selalu selektif dalam menerima teknologi baru. Yang banyak manfaatnya kita ambil. Sebaliknya teknologi yang banyak menimbulkan kerugian kita tinggalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *