Sedang memuat 5 Oleh-oleh Khas Medan Yang Bisa Dibawa Pasca Mudik Lebaran

5 Oleh-oleh Khas Medan Yang Bisa Dibawa Pasca Mudik Lebaran

Medan memang masih kalah tenar kalau dibandingkan dengan Bali yang memiliki segudang hiburan dan Yogyakarta yang memiliki keunikan budaya dan sejarah. Meski demikian, Medan diam-diam menyimpan banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan. Medan memiliki banyak air terjun yang indah, penangkaran buaya yang akan menguji adrenalin, dan yang paling penting, Medan adalah gudangnya kuliner enak!

palagi saat lebaran tiba, ada banyak sekali kuliner yang disediakan khusus untuk menyambut keluarga yang datang dari jauh. Nah nggak ada salahnya kan membawa pulang beberapa makanan tersebut pasca mudik sebagai oleh-oleh? Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan di Medan? Berikut ini ulasannya.

1. Bolu Meranti

Kalau Palembang memiliki kuliner legenda empek-empek, Medan punya Bolu Meranti yang tidak ada duanya. Bolu lembut yang memiliki berbagai varian rasa ini adalah makanan dan oleh-oleh wajib yang harus kamu coba ketika berada di Medan. Tekstur lembut bolu dengan krim yang beragam jenis itu akan membuatmu jadi ketagihan dan tidak bosan-bosan untuk melahapnya hingga tandas.

Bolu Meranti  [image source]
Bolu Meranti [image source]
Bolu Meranti adalah kue coba-coba yang dibuat oleh Ny. Ai Ling berpuluh tahun yang lalu. Rasanya yang nikmat dan tekstur yang empuk membuat bolu ini jadi incaran banyak orang. Saat ini Bolu meranti sudah memiliki dua toko di Jl. Sisingamangaraja No. 19B dan Jl. Kruing 2K, Medan. Kalau kamu sedang ke Medan, jangan sekali-kali melupakan bolu yang melegenda ini ya!

2. Pancake Durian

Kamu mungkin akan berujar: ah, pancake durian mah di Jakarta juga banyak! Eits, tapi tunggu dulu. Pancake durian yang dibuat di Medan memiliki kedalaman rasa yang dahsyat. Pancake durian yang kamu makan itu mungkin menggunakan durian yang sudah frozen, di Medan durian yang dipakai masih fresh diambil dari atas pohon.

Pancake Durian  [image source]
Pancake Durian [image source]
Kamu bisa mendapatkan pancake durian yang super yummy dengan tekstur durian lembut, legit, dan bakalan bikin kamu ketagihan. Kalau kamu sedang menjelajahi Medan dan sekitarnya, jangan lupa untuk berburu pencake durian untuk dinikmati di tempat atau dibungkus untuk oleh-oleh orang di rumah.

3. Sirop Markisa

Sirop markisa adalah kuliner selanjutnya yang wajib kamu coba ketika berada di Medan. Sirop yang terbuat dari markisa asli Berastagi ini memiliki rasa manis dan asam yang akan membuat ketagihan karena kesegarannya. Sirop markisa akan menjadi penawar dahaga yang cocok di konsumsi di siang hari Kota Medan yang panas.

Sirop Markisa  [image source]
Sirop Markisa [image source]
Sirop markisa yang ada di Medan adalah produk unggulan. Sirop ini selalu diminati oleh banyak pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Belilah beberapa botol sirop markisa asli Berastagi dan nikmati kesegarannya ketika di Medan atau di bawa pulang untuk penawar dahaga ketiga udara panas semakin menggila.

4.  Bika Ambon

Kuliner selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Bika Ambon. Wait, Ambon? Bukannya lagi bahas Medan? Ya, memang sih tapi nama makanan dengan tekstur berserat tapi legit dan nikmat ini memang Bika Ambon. Kamu bisa mendapatkannya di semua toko oleh-oleh yang ada di Kota Medan setiap harinya.

Bika Ambon [image source]
Bika Ambon [image source]
Makanan yang masuk dalam kategori kue ini terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, telur, dan air nira kelapa. Secara sekilas kue ini mirip dengan kue karamel yang berwarna coklat kehitaman. Namun, rasanya jangan ditanya. Yummy banget! Coba sendiri deh beli Bika Ambon langsung dari pembuatnya di Medan sana.

5. Teri Medan

All hail Teri Medan! Kalau belum beli Teri Medan yang nikmat bikin kamu menghabiskan satu bakul nasi artinya kamu belum ke Medan. Teri yang bisa kamu beli kering mentah atau dalam bentuk olahan ini adalah kuliner wajib yang tidak bisa dilewatkan. Meski ukurannya sangat kecil, Teri Medan selalu sold out hingga kadang kamu harus berebut saat akan membelinya.

Teri Medan [image source]
Teri Medan [image source]
Teri Medan memiliki harga yang bervariasi. Semakin unggul teri yang dijual, maka harganya bisa mengalahkan harga daging sapi, lho! Meski mahal, kenikmatan Teri Medan yang tiada tara akan membuatmu ketagihan dan enggan untuk berhenti makan. Buktikan sendiri kalau kamu tidak percaya!

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas medan yang bisa dibawa pulang setelah mudik. Selain membawa oleh-oleh, pastikan agar kamu mempersiapkan diri menghadapi perjalanan arus balik yang pastinya nggak kalah menyita tenaga. Semoga perjalanan balikmu semenyenangkan saat berangkat mudik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *