Lihat Berbagai Macam Organ Tubuh Palsu Yang Di Pakai Orang-Orang Pada Jaman Kuno Ini

Ternyata Sejak Dulu Sudah Ada Organ Tubuh Tiruan

Organ tubuh manusia sangat penting fungsinya untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Namun tak jarang entah disebabkan karena mengalami kecelakaan atau karena serangan penyakit tertentu, beberapa anggota tubuh manusia harus di potong. Pemotongan bagian tubuh manusia yang sering dilakukan antara lain bagian kaki, tangan lengan, tungkai dan masih banyak lagi. Setiap orang tentu tidak ingin kehilangan bagian tubuh yang penting untuk aktifitas sehari hari tersebut. Namun jika pilihan yang tersisa adalah di potong atau kehilangan nyawa, tentu pemotongan organ tubuh adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Organ Tubuh Palsu Orang Jaman Dahulu
Organ Tubuh Palsu Orang Jaman Dahulu. image [source]

Di jaman yang sudah modern ini, ketika salah satu organ tubuh anggota gerak manusia di amputasi, maka bagian tubuh seperti kaki dan tangan tersebut bisa diganti denga tangan dan kaki buatan. Sering juga disebut dengan tangan dann kaki palsu. Ketiga gigi seseorang tanggal pun bisa juga diganti dengan gigi palsu. Pemasangan berbagai organ palsu buatan tersebut tentu saja sangat membantu orang yang kehilangan organ tubuh. Minimal kekurangan pada tubuh mereka dapat tersamarkan dan tidak banyak mengundang perhatian banyak orang. ternyata penggunaan organ tubuh palsu ini sudah dilakukan manusia sejak lama. Organ palsu ternyata bukanlah penemuan di jaman modern saja. Orang-orang di jaman romawi, yunani dan peradaban kuno lainnya ternyata sudah memakai organ tubuh palsu ini untuk mengganti anggota tubuh yang hilang akibat perang. Mau tahu organ tubuh palsu apa saja yang sudah di pakai sejak jaman dahulu? Inilah penemuan penemuan tersebut.

1. Jempol Kaki Palsu Kairo.

Organ tubuh palsu tertua kemungkinan di pakai manusia pada tahun 950 hingga 710 sebelum masehi. Jempol kaki palsu ini di temukan di Luxor Kairo. Ketika ditemukan oleh para arkeolog, jempol kaki tersebut menempel di mumi seorang wanita. meskipun bangsa mesir kuno sering ditemukan menyatakan beberapa bagian tubuh palsu manusia saat prosesi pemakaman, namun jempol kaki palsu ini berbeda dari organ tubuh palsu biasanya. jempol kaki palsu ini berfungsi dengan baik dan mempermudah pemakainya saat berjalan.

Jempol Kaki Palsu Kairo.
Jempol Kaki Palsu Kairo. image [source]

Jempol kaki tersebut terbuat dari gabungan material kayu, kulit dan benang. Pemakaian jempol kaki palsu ini mirip ketika kita pakai sendal selop sekarang. Namun jempol kaki palsu hanya menempel ada bagian jempol yang hilang. Selain jempol kaki palsu dari kayu dan kulit tersebut, ditemukan juga jempol kaki palsu yang umurnya lebih muda. Jempol kaki yang lebih muda ini dibuat dari campuran kertas dan serbuk semen. Kalau jaman sekarang mungkin mirip kertas karton. Jenis jempol palsu yang satu ini diketahui berasal dari tahun 600 SM. Di ketahui juga bahwa jempol kaki palsu dari kertas ini kurang bisa berfungsi dengan sempurna. Kaku dan tidak bisa ditekuk. Tampaknya fungsi dari jempol kaki palsu dari kertas ini hanya untuk mempercantik tampilan saja.

2. Mata Palsu

Di perbatasan Iran-Afganistan, tepatnya di daerah Shahr-i-Sokhta, sebuah mata palsu ditemukan menempel pada kerangka yang baru ditemukan oleh para arkeolog. Penemuan tersebut terjadi pada tahun 1998. Mata palsu tersebut berbentuk setengah bola. Dibuat dari campuran aspal. Pasta aspal yang telah mengeras tersebut di pahat dengan cara yang cukup rumit, kemudian di rendam dalam cairan emas. Hasilnya mata palsu tersebut memendarkan cahaya keemasan. Diketahui mata palsu ini di pakai orang yang hidup pada tahun 2900 SM.

Mata Palsu
Mata Palsu. image [source]
Orang yang memakai mata palsu ini merupakan seorang wanita dengan tinggi 183 sentimeter. Umur wanita tersebut antara 25 hingga 30 tahun. Ada yang memperkirakan bahwa mata palsu ini di pasang beberapa saat setelah si wanita meninggal. Namun bukti bukti mikroskopik memperlihatkan bahwa mata palsu tersebut sudah di pakai si wanita ketika ia masih hidup. Ternyata 5000 tahun yang lalu peradapan orang sudah cukup maju juga ya sehingga mampu menciptakan mata palsu seperti ini.

3. Lengan Besi Robin Hood Asal Jerman.

Pada tahun 1504 di jerman ada seorang kesatria yang menebar teror. Kesatria yang satu ini rutin merampok para pedagang kaya yang melewati wilayah pedesaan di jerman. Reputasinya yang menakutkan didukung oleh penampilannya yang menggunakan lengan besi. Nama dari lesatria penebar teror tersebut adalah Gottfried Von Bertlichingen atau biasa di panggil dengan Gotz saja. Ketika perang Landshut, ia terkena tembakan meriam. Meskipun berhasil selamat, Gotz ini harus rela kehilangan lengannya. Tak ingin menyerah setelah kehilangan lengannya tersebut gotz pun membuat baju perang yang dilengkapi lengan besi.

Lengan Besi Robin Hood Asal Jerman.
Lengan Besi Robin Hood Asal Jerman. image [source]

Lengan besi buatan tersebut dilengkapi dengan gir gir untuk mengontrol pergerakan jari jari. Meskipun hanya lengan buatan, namun si Gotz mampu memegang pedang. Dengan lengan besinya tersebut ia sukses menteror orang-orang kaya serakah yang ada di jerman selama 40 tahun lebih. Sebenarnya Gotz ini merupakan prajurit suci roma. Namun umurnya ia habiskan untuk merompak pedagang pedagang kaya yang serakah tadi. Harta hasil rampasan sebagian ia bagikan kepada rakyat miskin di pedesaan jerman. Oleh karena itulah sampai saat ini Gotz dikenang sebagai sosok yang mirip robinhood di jerman. Lengan palsunya juga dibanggakan sebagai simbol kejeniusan orang jerman di masa lalu.

4. Hidung Perak Tycho Brahe

Yang suka dengan dunia astronomi pasti familier dengan nama Tycho Brahe ini. ya dia adalah seorang astronom yang bisa dengan sangat tepat melakukan pengukuran pada planet-planet tanpa bantuan teleskop. Dia jugalah yang berhasil membuktikan bahwa komet melintas di luar batas atmosfer bumi. Sayangnya ketika sedang adu argumen dengan Mandarup Parsberg tentang suatu rumus matematika Tycho Brahe ini harus kehilangan hidungnya. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 1566. Sejak saat itulah ia kemudian memakai hidung palsu yang dipercaya terbuat dari perak.

Hidung Perak Tycho Brahe
Hidung Perak Tycho Brahe. image [source]

Untuk suatu keperluan, pada tahun 2010 para ilmuwan menggali lagi makan dari Tycho Brahe ini. setelah dilakukan penggalian ternyata ada bekas jejak kehijauan tembaga di lubang hidung Tycho Brahe. Para peneliti pun kemuian meyimpulkan bahwa hidung palsu dari Tycho Brahe tersebut terbuat dari tembaga dan bukan dari perak seperti yang sudah lama diyakini.

5. Kaki Palsu Lord Of Uxbridge Yang Fleksibel Dan Bisa Ditekuk.

Bahkan di zaman sekarang ini, kaki palsu yang umumnya dibuat biasanya memiliki bentuk kaku dan susah di tekuk. Namun kaki palsu yang dibuat khusus untuk bangsawan inggris yang bernama Henry Paget pada era perang Waterloo benar benar mengagumkan. Saat itu Sir Henry Paget yang lebih dikenal dengan Lord of Uxbridge ini sedang memimpin pasukan inggris di perang waterloo pada juni 1815. Ttanpa diduga, ia terkena ledakan meriam. Ia selamat namun harus diamputasi salah satu kakinya di atas lutut. Kala itu belum ada metode pembiusan dalam dunia kedokteran . saat kakinya dipotong, ia mengeluarkan komentar singkat bahwa pisau yang digunakan kurang tajam.

5.Kaki Palsu Lord Of Uxbridge Yang Fleksibel Dan Bisa Ditekuk.
Kaki Palsu Lord Of Uxbridge Yang Fleksibel Dan Bisa Ditekuk. image [source]

Setelah proses amputasi selesai, James Potts mendesain kaki palsu bagi Lord of Uxbridge tersebut. Hasil desain kaki palsu yang dilakukan oleh James Pott ini sungguh mengagumkan. Dibuat dari kayu pohon maple, kaki palsu yang dilengkapi dengan persendian tersebut mampu di tekuk dan diregangkan. Meniru persendian dan otot yang ada di kaki kangguru, kaki palsu milik Lord Uxbridge mampu menggerakkan lulut, pergelangan kaki dan jari jari kaki. Dengan desain kaki palsu yang nyaris sempurna tersebut, Sir Henry Paget pun dapat terus memimpin pasukannya dalam perang.

6. Gigi Palsu Tertua.

Ketika para arkeolog sedang melakukan penggalian di sebuah biara kuno di san fransisco, mereka menemukan gigi palsu tertua yang pernah di pakai manusia. Gigi palsu tersebut berumur sekitar 400 tahunan. Dibuat dari gigi asli manusia yang disatukan dengan lempeng emas tipis. Dalam proses pembuatannya, akar gigi dihilangkan, kemudian gigi disusun hingga serata mungkin. Setelah rata, kemudian gigi gigi tersebut disatukan dengan lempengan emas.

Gigi Palsu Tertua.
Gigi Palsu Tertua. image [source]

Penggunaan gigii palsu di masa peradapan kuno memang sudah banyak diketahui para arkeolog dari berbagai tulisan. Namun penemuan gigi palsu barulah terjadi sekali. Gigi palsu tersebut ditemukan di sebuah makam kuno milik bangsawan. Dalam satu komplek makan ada 100 kerangka manusia. Ketika para ilmuwan mencoba mencocokkan serankai gigi tersebut dengan rahang ke 100 mayat, mereka tidak berhasil menemukan yang cocok. Pemilik asli dari gigi palsu tersebut pun belum bisa di ketahul. Namun para ilmuwan berhasil menyimpulkan bahwa gigi palsu tersebut telah di pakai dalam jangka waktu yang lama. Terbukti dengan mulai terbentuknya plak dan endapan kalsium di berbagai bagian.

Itulah beberapa organ tubuh manusia buatan yang sudah ada sejak jaman dahulu. tidak heran jika organ tiruan tersebut sekarang sudah canggih dan hampir seperti organ tubuh manusia sungguhan. semoga dimasa depan penelitian untuk membuat organ tubuh tiruan ini makin di kembangkan sehingga para penyandang cacat bisa terbantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *