Sedang memuat Keren! Inilah 5 Hal Mengagumkan Yang Dialami Otak Saat Kamu Tidur

Keren! Inilah 5 Hal Mengagumkan Yang Dialami Otak Saat Kamu Tidur

Otak Ternyata Justru Super Aktif

Tidur bagi orang sibuk seringkali dianggap sebagai sesuatu yang kurang produktif. Pekerjaan mereka sangat banyak, sementara deadline mengejar tanpa kenal ampun. Apalagi jika mereka bekerja, tiap jamnya bisa menghasilkan uang banyak. akibatnya orang orang sibuk ini sangat sangat benci sekali dengan tidur dan membatasi waktu tidur mereka sesedikit mungkin.

5 Hal Luar Biasa Ini Terjadi Pada Otak Saat Kita Tertidur
5 Hal Luar Biasa Ini Terjadi Pada Otak Saat Kita Tertidur. image [source]

Meskipun terdengar kurang produktif, sebenarnya tidur sangat penting lho bagi tubuh kita. Tidur merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa digantikan dengan minum kopi atau suplemen penambah stamina lainnya. Mau minum kopi sebanyak apapun, mau minum suplemen penambah energi sebanyak apapun jika kurang tidur, akibatnya justru bisa fatal.ketika tidur tubuh kita melakukan regenerasi terhadap sel sel yang rusak. Otot yang lelah karena banyak menimbum asam laktat dipulihkan ketika tidur. Begitu pula organ tubuh yang kerjanya terlalu diforsir akan disegarkan ulang. Selain berpengaruh pada otot dan organ gerak, ternyata tidur ini juga mempunyai manfaat besar bagi otak kita. dengan tidur otak kita bisa tumbuh, berkembang dan bisa bekerja dengan lebih baik. wah jadi penasaran ini, apa saja ya yang dialami oleh otak kita selama tidur tersebut? Berikut ini informasinya

1. Memproses Memori Dan Menyiapkan Untuk Membuat Keputusan Ketika Kita Sadar Nanti.

Sebuah artikel yang dimuat di Jurnal biologi mengungkapkan bahwa saat kita tidur otak kita sedang meyiapkan memori agar kita bisa efektif membuat keputusan ketika bangun nanti. Artikel tersebut memuat hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Dalam penelitian tersebut, peneliti melibatkan beberapa orang sukarelawan. Mereka di tempatkan diruang gelap dan dipersilahkan untuk berbaring. Sambil berbaring mereka diperdengarkan dengan daftar kata yang lumayan banyak. di masing masing tangan kanan dan kiri mereka terdapat tombol. Para sukarelawan ini diminta untuk mengelompokkan kata kata yang diperdengarkan menjadi kelompok hewan atau kelompok benda. Jika kata yang di dengar termasuk hewan maka, tombol kiri dipencet. Jika kata yang didengar termasuk benda maka, tombol kanan yang di pencet. Mereka diijinkan tidur jika merasa mengantuk. Selama proses tersebut aktivitas otak mereka direkam.

Memproses Memori Dan Menyiapkan Untuk Membuat Keputusan Ketika Kita Sadar Nanti.
Memproses Memori Dan Menyiapkan Untuk Membuat Keputusan Ketika Kita Sadar Nanti. image [source]

Ketika para sekarelawan dalam penelitian tersebut mulai tertidur, diperdengarkanlah daftar kata kata baru. Ternyata meskipun tertidur, otak para sukarelawan ini masih memproses daftar kata kata yang di perdengarkan tersebut. Aktivitas otak yang terekam sama aktifnya seperti ketika mereka sedang memencet tombol lanan dan kiri sesuai kategori tadi. Dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa, ketika tidur, otak kita mengolah informasi informasi yag telah diperolah. Informasi tersebut di kelompok kelompokkan sehingga ketika bagun, kita lebih mudah dalam membuat suatu keputusan. Jika benar begitu, maka ketika kamu pusing memikirkan suatu masalah, lebih baik tidur dulu. Bangun tidur pasti otakmu lebih fresh dan bisa membuat keputusan dengan lebih efisien.

2. Otak Membuat Memori Baru Dan Mengikatnya Kuat Di Ingatan.

Ketika bangun dan menjalani aktivitas, pasti banyak kejadian yang kita alami. Saat saat berharga penuh kenangan dengan orang yang kita sayangi, momen momen menyebalkan, kejadian kejadian sedih juga sesuatu yang membuat kita bahagia. Sesaat setelah kejadian biasanya memori tentang kejadian tersebut masing menggantung di ingatan jangka pendek. Memori jangka pendek mudah kita lupakan. Agar memori tersebut permanen, maka otak perlu memindahkannya ke memori jangka panjang.

Otak Membuat Memori Baru Dan Mengikatnya Kuat Di Ingatan.
Otak Membuat Memori Baru Dan Mengikatnya Kuat Di Ingatan. image [source]

Memilah-milah memori yang kita dapat saat terjaga dan memindahkannya dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Itulah yang dilakukan oleh otak kita saat tertidur. Seperti cara kerja sistem penyimpanan lainnya. Yang kita simpan biasanya memori memori yang berharga. Selama beraktivitas tentu banyak kan kejadian yang kita alami. Misalnya saja mulai dari bertabrakan dengan lalat, digigit semut hingga ketemu dengan artis cantik korea. Tidak semua kejadian tersebut kita simpan dalam ingatan jangka panjang. Oleh karena itulah pentingnya aktivitas memilah-milah memori ini oleh otak saat kita tidur. Ketika kita kurang tidur, pemrosesan memori menjadi tidak sempurna. Akibatnya kita menjadi orang yang mudah lupa. Tidak mau kan karena kurang tidur kita jadi lupa daftar belanjaan titipan istri yang harus di beli sore ini sepulang kerja. kalau sampai terlewat satu item saja, bisa terjadi perang dunia. Minimal jatah romantis romantisan bersama istri bisa di tunda hingga bulan berikutnya sampai kemarahan istri mereda. Jadi masih berpikir bahwa tidur itu tidak penting?

3.Ketika Tidur Sel Sel Otak Membuat Jalur Hubungan Baru Antara Satu Dengan Sel Otak Yang Lain.

Pernah tidak kamu mempunyai masalah yang cukup rumit. Sudah berpikir berjam jam mencari solusi namun ketemu jalan buntu lagi dan lagi. Kemudian karena saking pusingnya kamu tidur. Bangun tidur, jreng jreng, kamu menemukan solusi dari masalah rumitmu tersebut. Ternyata solusi dari masalahmu tersebut cukup sederhana. Dengan rasa heran kamu berbisik dalam hati,” kenapa tidak terpikirkan dari tadi”. Ya, tidur memang membangkitkan kreativitas seseorang. Pusing menghadapi masalah bukan berarti kita tidak punya solusi dari masalah tersebut. Terkadang otak kita hanya gagal menghubungkan satu ide dengan ide yang lainnya.

Ketika Tidur Sel Sel Otak Membuat Jalur Hubungan Baru Antara Satu Dengan Sel Otak Yang Lain.
Ketika Tidur Sel Sel Otak Membuat Jalur Hubungan Baru Antara Satu Dengan Sel Otak Yang Lain. image [source]

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, hubungan antara satu bagian otak dengan bagian lain terbentuk. Seperti kita tahu, otak mempunyai area area pusat berpikir tersendiri. Misalnya saja, pusat bahasa ada di bagian depan, pusat berpikir logis ada di sebelah kiri. Sedangkan kreativitas ada di otak kanan. Dengan tidur, hubungan antara berbagai bagian otak ini terbentuk. Efeknya, otak kita mampu berpikir lebih kreatif tidak kaku hanya berpaku pada logika saja. Oleh karena itulah tidak mengherankan, banyak orang menemukan solusi masalah sehabis mereka bangun tidur. Lagi lagi ini memberi kita sebuah petunjuk, saat ide ide kita buntu, tidur merupakan sebuah solusi yang paling masuk akal.

4. Ketika Tidur, Otak Kita Sedang Bersih Bersih.

Metabolisme merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sel sel tubuh kita. melalui metabolisme ini zat zat nutrisi di pecah sehingga menghasilkan energi, zat zat yang dibutuhkan tubuh serta zat zat sisa metabolisme. Tidak hanya terjadi pada sel sel otot kita, sel sel otak ternyata jiga melakukan metabolisme. Jika sel sel otot zat sisa metabolisme berupa asam laktat yang membuat kita merasa lelah, maka sisa metabolisme dari sel sel otak berupa zat zat tertentu yang memperlambat kerja otak. Sel sel otak ini hidup di tengah tengah cairan. Jika zat zat sisa metabolisme tersebut menumpuk, maka efeknya seperti ikan yang hidup di air yang tercemar. Atau bisa juga diibaratkan dengan kamu yang tinggal di ruangan penuh asap. Jangankan bisa bekerja dengan normal, bernafas saja susah.

Ketika Tidur, Otak Kita Sedang Bersih Bersih.
Ketika Tidur, Otak Kita Sedang Bersih Bersih. image [source]

Otak pun juga begitu. Jika zat zat sisa metabolisme ini menumpuk, kerja mereka dalam meyalurkan informasi akan terganggu. Zat zat sisa metabolisme tersebut juga bisa memicu munculnya penyakit seperti alzhaimer dan parkinson. Mau tidak mau zat zat sisa metabolisme ini harus dibuang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, ruang ruang antara sel otak yang satu dengan sel otak lain menjadi lebar. Dengan semakin lebarnya ruang antar sel ini maka proses pembuangan zat sisa oleh darah menjadi lebih mudah dilakukan. Ketika kurang tidur maka, zat zat sisa metabolisme otak ini akan menumpuk. Lama lama efeknya akan tampak ketika kita sudah tua. Kita menjadi mudah pikun, beresiko terserang parkinson dan Alzhaimer. Untuk itu selagi masih muda pastikan waktu tidurmu cukup ya, supaya tidak pikun di usia dini.

5. Saat Tidur Otak Mempertinggi Kemampuan Kita Dalam Melakukan Gerakan Gerakan Motorik.

Ketika kita lahir, gerakan yang bisa kita lakukan hanyalah terbatas. Jalan, memegang benda bahkan tengkurap pun belum bisa. Seiring waktu berjalan dan umur kita bertambah hari demi hari, gerakan gerakan baru kita pelajari. Gerakan memegang sendok, menyeimbangkan pijakan kaki, hingga akhirnya keseimbangan koordinasi saat berlari. Semua itu perlu proses belajar. Semua aktivitas mempelajari gerakan itu melibatkan ingatan.

Saat Tidur Otak Mempertinggi Kemampuan Kita Dalam Melakukan Gerakan Gerakan Motorik.
Saat Tidur Otak Mempertinggi Kemampuan Kita Dalam Melakukan Gerakan Gerakan Motorik. image [source]

ketika kita mempelajari gerakan gerakan motorik tertentu, memori yang terkait dengannya tersimpan di lobus frontal bagian otak. Agar kita bisa mengingat dalam jangka waktu yang lama dan bisa melakukan gerakan gerakan baru tersebut secara otomatis, maka ingatan perlu dipindah ke memori jangka panjang. Proses pemindahan ingatan gerak dari lobus frontal ke memori jangka panjang ini terjadi ketika tidur. Itulah sebabnya kenapa bayi perlu banyak tidur. Bayi mempelajari gerakan gerakan baru tiap harinya. Agar memori belajar gerak tersebut tersimpan mereka perlu tidur lama. Berkat proses pemindahan memori ketika tidur itulah saat ini kita bisa bersepeda tanpa perlu banyak mikir, mengemudikan mobil, mengetik dengan 10 jari tanpa lirik lirik dan berbagai kemampuan lain. maka itu jika kamu sedang mempelajari gerakan gerakan tertentu baik dalam tari, joget maupun pencak silat, pastikan kamu menyempatkan diri untuk cukup tidur ya. Tujuannya agar gerakan gerakan tersebut bisa lebih cepat kamu kuasai.

Jika tidur mempunyai banyak manfaat positif bagi otak, maka jangan pernah menyesal ya jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk tidur. Pekerjaan boleh saja banyak, tapi pekerjaan tersebut bisa menunggu. Mungkin juga setelah kita tidur kita bisa bekerja dengan lebih cepat dan lebih fokus. Dengan lebih fokus dan lebih cepat tersebut, hasil kerja kita akan lebih memuaskan. Jika itu yang terjadi, maka waktu yang terbuang akibat tidur tidak sia sia bukan? jika dengan tidur otak kita bisa bekerja dengan lebih baik, memperpanjang waktu tidur di malam hari? Siapa takut! Tentu saja setelah melakukan semua kewajiban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *