Sedang memuat Yang Masih Mau Tinggal Di Bumi, Baca Ini Agar Tau Parahnya Global Warming

Yang Masih Mau Tinggal Di Bumi, Baca Ini Agar Tau Parahnya Global Warming

Global warming adalah salah satu masalah paling parah yang terjadi di bumi ini. Jika keadaan ini tak juga diatasi, maka bumi akan mengalami masalah perubahan iklim yang sangat parah. Suhu udara naik signifikan hingga akhirnya es-es di daerah kutub mencair. Oh ya, tahukah anda jika salah satu penyebab dinosaurus mati di masa lalu juga karena adanya kenaikan permukaan air laut.

Jika hal-hal semacam ini terus saja diabaikan. Tak ada negara yang peduli dan lebih banyak acuh dengan lingkungannya. Bumi akan hancur dalam waktu yang cepat. Bahkan tak perlu menunggu kiamat besar yang mungkin akan datang di masa depan. Inilah parahnya global warming yang wajib kamu tahu.

1. Awan Semakin Sedikit Mengandung Air

Disadari atau pun tidak, awan-awan yang ada di langit sudah mulai banyak mengandung es. Partikel air yang nantinya jatuh ke bumi semakin sedikit. Padahal, partikel air inilah yang mampu menahan panasnya sinar matahari yang masuk ke dalam bumi. Jadi bisa dibayangkan seperti apa jadinya jika panas dari matahari yang terik langsung menembus dan mengenai bumi secara terus-menerus.

Awan-di-langit
Awan di langit [image source]

Faktor yang diduga menyebabkan hal ini adalah emisi karbon yang ada di udara. Emisi ini secara tidak langsung mepengaruhi iklim meski geraknya sangat lambat. Meski demikian, jika hal ini tak juga diatasi, bisa jadi dalam beberapa puluh tahun lagi, bumi akan semakin panas dan tidak begitu cocok untuk dihidupi makhluk hidup. Kepunahan manusia dan makhluk lainnya bisa terjadi dengan cepat.

2. Suhu Bumi Meningkat dengan Sangat Tajam

Mungkin anda akan berpendapat jika kenaikan barang 1-2 derajat Celcius saja tak akan membuat bumi ini berakhir. Namun, perbedaan meski sekecil apa pun itu akan memberikan dampak yang teramat besar. Bahkan es-es yang berada di kutub akan mencari dengan perlahan-lahan. Apalagi ditunjang dengan emisi karbon di bumi yang dari hari ke hari semakin tak terkontrol.

Es-di-kutup-mencair
Es di kutup mencair [image source]

Jika manusia masih menghasilkan banyak sekali asap di bumi, suhu permukaan akan semakin meningkat. Itulah mengapa banyak negara sudah mulai membahas perkara emisi karbon. Karena jika tidak, dalam jangka waktu 80-100 tahun lagi, bumi ini bisa mengalami masalah yang besar. Suhu permukaan akan meningkat tajam sementara permukaan air naik hingga menyebabkan bencana di daratan.

3. Banyak Makhluk Laut Menjadi Punah

Saat es-es jadi mencair, permukaan laut secara otomatis akan naik dengan sangat signifikan. Akibatnya, oksigen di dalam air akan menurun dengan sangat tajam. Akibat hal ini, hewan-hewan di dalam lautan yang butuh banyak oksigen untuk hidup akan mati. Kejadian ini pernah terjadi di akhir zaman Jurassic sekitar 200 juta tahun yang lalu. Selain akibat meteorid, makhluk hidup di zaman itu punah karena adanya perubahan tingkat oksigen di dalam air laut.

hewan-laut
hewan laut [image source]
Setelah permukaan air laut naik, dan oksigen menipis, suhu air pun akan meningkat dengan tajam. Hewan laut yang butuh dinginnya air harus menghadapi bencana yang sangat parah. Jika hal ini tak segara ditanggulangi, kemungkinan besar hewan-hewan di lautan akan punah. Manusia pun akan terkena dampaknya secara langsung akibat menurunnya spesies hewan laut yang sangat bermanfaat itu.

4. Kesehatan Manusia Akan Menjadi Korban

Saat suhu udara di permukaan bumi meningkat, masalah kesehatan yang sangat pelik bisa muncul dan menyebabkan semua orang jadi kesusahan. Penyakit kulit akan banyak diderita karena sinar ultraviolet bisa masuk ke permukaan bumi  dengan sangat cepat. Selanjutnya masalah malaria dan demam berdarah yang kemungkinan akan meningkat. Naiknya suhu permukaan akan membuat banyak sekali nyamuk berkembang biak dengan pesat.

Gelombang-panas-India
Gelombang panas India [image source]
Selanjutnya masalah over heating yang menyebabkan kematian massal. Selain itu gangguan kejiwaan seperti stres juga diprediksi akan datang. Saat bumi mulai carut marut, banyak hal di bidang kesehatan menjadi kacau. Belum lagi masalah kebersihan, dan makanan yang sehat pasti akan mengalami penurunan yang drastis.

Inilah beberapa bukti jika pemanasan global yang terjadi di bumi sudahlah parah. Jika manusia tak segera menanggulanginya. Kiamat pun bisa datang dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *