Sedang memuat Mulai Dari Pengintaian, Sabotase Persenjatan Musuh Hingga Melumpuhkan Teroris, Ini Jajaran Pasukan Elit TNI Yang Akan Membuat Tentara Musuh Putar Balik.

Mulai Dari Pengintaian, Sabotase Persenjatan Musuh Hingga Melumpuhkan Teroris, Ini Jajaran Pasukan Elit TNI Yang Akan Membuat Tentara Musuh Putar Balik.

Kelihatan Sangar Semua Ya

Rumput di halaman tetangga selalu kelihatan lebih hijau. Pepatah ini mungkin cocok untuk menggambarkan pandangan awam orang terhadap kekuatan militer yang dimiliki Indonesia. di tambah lagi berbagai film Hollywood yang berisi propaganda kehebatan bangsa barat sering di putar di televisi serta bioskop. Berbagai film propaganda yang diproduksi oleh Hollywood tersebut seringkali menyebabkan kita beranggapan bahwa militer yang dimiliki amerika serikat itu hebat hebat. Akibat film film tersebut kita jadi berpendapat bahwa militer Indonesia itu tidak ada apa apanya dibandingkan dengan Navy Seal dari Amerika serta SAS dari Inggris.

Mulai Dari Pengintaian, Sabotase Persenjatan Musuh Hingga Melumpuhkan Teroris, Ini Jajaran Pasukan Elit Tni Yang Akan Membuat Tentara Musuh Putar Balik.
Mulai Dari Pengintaian, Sabotase Persenjatan Musuh Hingga Melumpuhkan Teroris, Ini Jajaran Pasukan Elit Tni Yang Akan Membuat Tentara Musuh Putar Balik. image [source]

Faktanya Indonesia juga punya pasukan elit yang kemampuannya tidak kalah dari pasukan elit yang dimiliki Amerika. Pasukan elit yang dimiliki tentara Indonesia tersebut memang tak perlu membuat propaganda dalam bentuk film film action untuk menunjukkan kehebatan. Aksi aksi hebat mereka boleh saja tidak banyak diliput media. Mereka bekerja dalam senyap, menorehkan banyak prestasi internasional dan membuat bangga bangsa Indonesia. apa saja sih jajaran pasukan elit tentara Indonesia yang tak banyak diekspose tapi punya banyak prestasi internasional tersebut? Penasaran kan dengan keberadaan jajaran tentara elit membuat Indonesia diperhitungkan oleh bangsa lain tersebut? Berikut ini info lengkapnya.

1. Pasukan Elit Den Bravo 90.

Pasukan Elit Den Bravo 90.
Pasukan Elit Den Bravo 90.image [source]

Pasukan elit yang satu ini merupakan yang paling muda dari jajaran pasukan elit yang dimiliki tentara Indonesia lainnya. di bentuk pada tahun 1990, tugas dari Detasemen Bravo 90 ini adalah mengintai, mensabotase atau melumpuhkan alutsista tentara musuh. Kalau ada teror pembajakan pesawat di udara denbravo ini juga punya kemampuan untuk menanggulanginya. Para anggota Den Bravo ini disiapkan untuk bisa bertugas baik dalam kelompok ataupun sendiri. mereka juga punya kemampuan tempur lanjut seperti kemampua jatuh bebeas, kemampuan scuba diving, terjun dengan parasut terbuka di ketinggian atas dan terjun dengan parasut terbuka di ketingian rendah. Mereka mampu bertempur di tiga medan sekaligus yaitu darat laut dan udara. Untuk tugas pengintaian, mereka juga harus mahir dalam mengoprasikan sarana komunilasi multimedia. Kemampuannya setara dengan ethan hunt dalam mission imposible lah pokoknya.

2. Pasukan Elit Kopassus.

 Pasukan Elit Kopassus.
Pasukan Elit Kopassus.image [source]

Nama Kopassus Ini Merupakan Singkatan Dari Komando Pasukan Khusus. Anggota dari Kopassus ini di tuntut untuk bisa bergerak cepat di setiap medan, melakukan pengintaian dan mampu menembak dengan tepat. Ketika terjadi perang, mereka juga dibekali dengan kemampuan melakukan serangan langsung terhadap logistik musuh, melakukan penyelamatan tentara yang terluka dalam perang serta menjalankan operasi intelijen khusus. Prestasi Kopassus ini bejibun antara lain penumpasan teroris DI/TII, penumpasan permesta, penumpasan G30SPKI, pembebasan sandra oleh perompak simalia, operasi dwi kora dan masih banyak perasi intelijen lainnya yang bersifat rahasia. Latihan pasukan elit Kopassus ini tergolong ekstrim. Salah satunya berenang menyeberang pulau hingga merangkak didalam lumpur semantara tentara lain melakukan tembakan terbuka disekitarnya. Khusus latihan yang disebut terakhir videonya sempat viral dan menjadi kontroversi di media internasional.

3. Pasukan Elit Komandoi Pasukan Katak (Kopaska)

Pasukan Elit Komandoi Pasukan Katak (Kopaska)
Pasukan Elit Komandoi Pasukan Katak (Kopaska) image [source]

Pasukan elit yang satu ini cukup istimewa karena dibentuk oleh Presiden Sukarno secara langsung untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya pada tajun 1962. Tugas koapaska ini cukup berat. Mereka harus mampu menyerbu pada kapal serta pangkalan musuh. Disamping itu mereka juga harus bisa menghancurkan instalasi bawah air milik musuh, penyiapan perebutan pantai serta operasi pendaratan kekuatan amfibi. Saat tak bertugas, kemampuan mereka dimanfatkan untuk tugas pengawalan presiden serta wakil presiden Indonesia.

4. Pasukan Elit YonTaifib.

Pasukan Elit YonTaifib.
Pasukan Elit YonTaifib.image [source]

YonTaifib ini merupakan pasukan elit dari korp marinir. Untuk bisa gabung ke pasukan khusus in syaratnya panjang dan berat.misalnya fisik serta mentalnya harus sehat memenuhi standar tertentu. Di samping itu dia juga harus sudah berdinas di marinir selama 2 tahun. Yang lolos dari seleksi tahap pertama ini masih diseleksi lagi. Mereka harus mampu membuktikan diri bisa berenang dalam keadaan tangan kaki terikat sejauh 3 kilometer. Latihannya saja berat apalagi saat bertugas beneran.

5. Pasukan Elit Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)

Pasukan Elit Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)
Pasukan Elit Denjaka (Detasemen Jala Mangkara) image [source]

Nah kalau yang satu ini paling elit dari yang elit elit di atas. Denjaka merupakan pasukan yang anggotanya diambil dari personel Kopaska dan YonTaifib. Para personil terbaik dari kedua pasukan elit tersebut dipilih dan disatukan dalam Detasemen Jala Mankara ini. para personel pasukan elit pilihan tadi masih dilatih lagi selama 6 bulan. Mereka menjalani Pendidikan Anti Teror Aspek Laut. Ketika sudah lulus pelatihan, tugas utama dari Denjaka ini adalah menanggulangi teror teror yang terjadi di laut. Jika ada tentara musuh yang menyusup dan mau melakukan sabotase di wilayah laut kita, maka Denjaka inilah yang akan menangkal serangan tersebut.

Dalam berbagai kompetisi internasional para anggoka pasukan elit tersebut juga sering menang lho. Misalnya saja, tentara kita berjasil menang 8 kali kompetisi tembak di australia, menuadi juara pada kompetisi tembak di brunai. Juara kompetisi tahunan AARM di viernam, membantu memperbaiki jalan di afrika hingga berhasil menyisir peledak seberat 6 ton di affrika juga. Sudah 30 kali juga tentara kita diminta PBB untuk membantu dalam menjalankan misi perdamaian di berbagai negara korban perang. Dengan berbagai prestasi ini malu dong kalau masih menganggap bahwa tentara kita itu inferior di banding tentara negara lain. dukung terus TNI ya semiga makin bersinar di kancah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *