Yang Pernah Patah Hati Pasti Tahu 5 Pelajaran Berharga Ini

Sakit sih, Tapi Pasti Ada Hikmah Yang Bisa Diambil

Jatuh cinta berjuta rasanya. Mungkin pernyataan tersebut bukanlah sekedar hoax. Pasalnya ketika orang sedang jatuh cinta, maka banyak perasaan akan campur aduk jadi satu di dalam hati dan pikiran orang yang sedang jatuh cinta itu. Beberapa rasa yang campur aduk menjadi satu tersebut antara lain: rasa kangen, rasa takut apa bila pihak lain tidak membalas cintanya, rasa cemas, jika gebetannya tersebut keburu di tembak oleh orang lain, hingga rasa minder bahwa ia tidak cukup baik untuk menjadi pendamping orang yang di cintainya tersebut. orang yang jatuh cinta, pikirannya tidak bisa lepas dari sosok orang yang sangat disukainya tersebut.

Yang Pernah Patah Hati Pasti Tahu 5 Pelajaran Berharga Ini
Yang Pernah Patah Hati Pasti Tahu 5 Pelajaran Berharga Ini. image [source]

Setelah hubungan percintaan terjali, maka pasangan tersebut akan semakin dekat satu sama lain. mereka saling mengenal. Dan celakanya sifat sifat asli masing masing mulai muncul. Jika awal awal pacaran si cowok rajin mandi, tak pernah telat jemput, selalu ada ketika dibutuhkan, setelah beberapa lama sifat sifat baik itu berubah. So cowok jadi jarang mandi, selalu telat jika janjian dan lebih banyak menghaviskan waktu untuk nge game daripada pergi bersama sang pacar. Berbagai perbedaan pendapat punmulai muncul. Cekcok tidak bisa di hindarkan lagi dan akhirnya mereka berdua harus putus. Saat saat putus ini memang menyedihkan bagi banyak orang. ada yang uring uringan, ada yang mengurung diri bahkan tak jarang ada yang mengakhiri hidupnya sendiri akibat putus dengan sang pacar. Bagi banyak orang momen putus memang momen yang paling menyakitkan. Selain menyakitkan ternyata patah hati juga bisa mengajarkan banyak hal lho kepada kita? pengen tahu apa saja pelajaran yang bisa di dapat dari patah hati akibat putus tersebut? berikut ini informasinya.

1. Patah Hati Mengajarkanmu Bahwa Cinta Saja Tidak Cukup.

Banyak pasangan yang baru jadian menganggap bahwa cinta saja sudah cukup untuk menyatukan mereka. Hasrat cinta yang mengebu-gebu membuat mereka terlalu bersemangat hingga mereka tidak bisa berpikir logis. Merela tidak mempertimbangkan bahwa ada faktor faktor lain yang menentukan langgeng tidaknya hubungan antara keduanya. Misalnya saja, masalah keuangan. Uang memang bukan hal yang utama, tapi jika si cewek ketika pacaran terlalu boros, maka si cowok akan pikir pikir lagi untuk meneruskan hubungan.

Patah Hati Mengajarkanmu Bahwa Cinta Saja Tidak Cukup.
Patah Hati Mengajarkanmu Bahwa Cinta Saja Tidak Cukup. image [source]

Selain rasa cinta, salah satu hal yang penting bagi kelanggengan suatu hubungan adalah adanya saling pengertian. Terkadang ada salah satu pihak yang ingin selalu dimengerti namun ia tak pernah mau mengerti keinginan pasangannya. perbedaan pandangan juga kadang bisa membuat kelansungan suatu hubungan terancam. . pada awalnya berbagai masalah tersebut memang tidak kelihatan, karena kedua nya masih terbuai dengan rasa cinta. Namun ketika rasa cinta sudah kembali ke lebel biasa, maka berbagai masalah mulai kelihatan. Jatuh cinta memang lebih mudah dari pada mempertahankannya.

2. Kita Jadi Tahu Bahwa Patah Hati Itu Sakitnya Beneran.

Istilah patah hati ternyata bukan hanya perumpamaan saja. Efek dari patah hati ternyata memang nyata pada tubuh fisik kita. ketika merasa patah hati, otak akan berpikir bahwa ada luka fisik yang kita derita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa, ketika kita patah hati, hormon hormon pemicu stress membanjiri peredaran darah kita. hasil akhirnya, kita benar benar merasa depresi.

Kita Jadi Tahu Bahwa Patah Hati Itu Sakitnya Beneran.
Kita Jadi Tahu Bahwa Patah Hati Itu Sakitnya Beneran. image [source]

Selain itu ketika patah hati, metabolisme kita juga berubah. Ada 2 kemungkinan yang akan terjadi ketika kita jatuh cinta. Kemungkinan pertama, kita jadi kegemukan, atau kemungkinan kedua kita jadi terlalu kurus. Ini karena untuk menghindari depresi akibat patah hati beberapa orang akan banyak makan, sementara sebagian yang lain justru tidak doyan makan. Denga beberapa fakta ini ternyata patah hati itu sakitnya nyata dan bukan sekedar istilah saja. Maka itu orang yang pernah patah hati tak akan mengolok olok orang lain yang sedang patah hati.

3. Orang Jadi Tahu Bahwa Terlalu Percaya Dengan Perasaan Itu Tidak Baik.

Perasaan sedih, gembira, bersemangat, badmood dan sebagainya sebenarnya Cuma sesuatu yang di pengaruhi oleh hormon. Serotonon, asetil kolin, endorfin dan andrenalin adalah horbon hormon yang bertanggung jawab terhadap munculnya perasaan perasaan tersebut. bahagia, sedih, gembira adalah sesuatu yang kita pelajari. Saat kita bersama dengan seseorang, kemudian orang tersebut tamah serta bail, maka kita akan merasa bagahia bersamanya. ketika bahagia tersebut hormon serotonon akan di produksi oleh otak. Tiap kali bertemu dengan orang yang sama kejadian terulang.

Orang Jadi Tahu Bahwa Terlalu Percaya Dengan Perasaan Itu Tidak Baik.
Orang Jadi Tahu Bahwa Terlalu Percaya Dengan Perasaan Itu Tidak Baik. image [source]

Akhirnya, otak terbiasa memptosuksi hormon kegembiraan tiap kali orang yang kita sukai itu hadir. Tanpa sebab apapun asal kita melihat dia, kita menjadi senang. Karena sudah terlanjur merasa nyaman dengan seseorang, akal kita jadi buta. kita jadi melihat orang yang kita sukai tersebut adalah orang yang sempurna. Tak punya cacat, tak punya keburukan dan tak punya dosa. Akibatnya ketika pasangan kita tersebut berbuat salah, kita masih percaya bahwa dia orang yang sempurna. Sampai suatu ketika kesalahannya menumpuk dan kita baru sadar bahwa ia memang punya watak yang buruk. Setelah putus kita jadi tahu bahwa perasaan kita sendiri telah mencegah otak berpikir logis. Di hubungan yang selanjutnya kita akan jadi lebih rasional dan tidak di dominasi perasaan.

4. Belajar Untuk Melepaskan Seseorang Dan Menutup Diri Darinya.

Saat awal awal jatuh cinta, kita pasti merasa bahwa orang yang kita cintai itu sangat penting. Ia adalah segala galanya bagi kita. seolah olah kita tak akan bisa hidup tanpa dia. Terbiasa setiap hari kita telfon telfonan, sms smsan, saling mengingatkan untuk makan dan tak lupa beribadah. Tiap minggu janjian pergi ke tampat tempat asing untuk menghabiskan waktu berdua. Pokoknya, membayangkan hidup tanpa dia, seperti melihat bumi itu gelap gulita.

Belajar Untuk Melepaskan Seseorang Dan Menutup Diri Darinya.
Belajar Untuk Melepaskan Seseorang Dan Menutup Diri Darinya. image [source]

Karena beranggapan bahwa pasanganmu itu segalanya, kamu jadi takut kehilangan. Kamu memaafkan baik kesalahan kecil maupun kesalahan besar yang ia perbuat. Meskipun tersiksa dalam menjalin hubungan, kamu tetap bersikukuh mempertahankannya. Semuanya kamu lakukan karena semata mata takut kehilangan. Kamu tak ingin ia pergi dari kehidupanmu. Namun setelah putus, perlahan lahan kamu akan belajar, bahwa ternyata tanpa dia, tumbuhan tidak layu. Tanpa dia mataharipun masih bersinar. Tanpa dia kamu masih bisa menjalani hidup dengan normal. Setelah putus kamu akan belajar melupakan seseorang yang bukan bagian dari masa depanmu.

5. Orang Jadi Belajar Bahwa Cinta Dan Benci Itu Mirip Muka Koin Mata Uang.

Benci tapi sekaligus masih cinta. Itulah salah satu dilema orang yang batu patah hati. Mereka tidak percaya bahwa orang yang mereka cintai bisa berbuat sesuatu yang menyakiti nya. Ketika terlanjur putus, kenangan kenangan indah ketika bersama biasanya akan teringat kembali. Bagaimana dulu mereka bertemu, bagaimana momen momen bahagia ketika piknik berdua, serta bagaimana bahagianya ketika merayakan hari jadian di tahun tahun sebelumnya. Berbagai kenangan tersebut membangkitkan lagi rasa cinta yang sudah tertanam dalam.

Orang Jadi Belajar Bahwa Cinta Dan Benci Itu Mirip Muka Koin Mata Uang.
Orang Jadi Belajar Bahwa Cinta Dan Benci Itu Mirip Muka Koin Mata Uang. image [source]

Namun kemudian ketika mengingat perbuatan buruk dari pasangan yang membuat ia sakit, rasa benci kembali muncul. Ia jadi kesal kenapa ia bisa mencintai tapi sekaligus membenci satu orang. ia kemudian akan belajar bahwa orang baik dan orang jahat itu bagai kepingan uang logam. Keduanya bisa berada pada 1 orang. artinya setiap orang punya sisi baik dan sisi buruk. Dia jadi sadar bahwa pasangannya bukanlah orang yang sempurna. Pada hubungan selanjutnya, orang yang patah hati tidak akan mencari kesempurnaan dari pasangannya, namun ia akan belajar menerima kekurangan yang ada pada orang yang dicintainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *