Sedang memuat Lima Kasus Penculikan Anak Oleh Pedofil

Lima Kasus Penculikan Anak Oleh Pedofil

Masih Berani Melepas Anak Pergi Sendirian

Anak-anak sepertinya adalah pihak yang paling rentan. Di manapun mereka berada bahaya selalu mengintai. Berada di rumah pun tak jarang bahaya tersebut masih mengintai mereka. Ironisnya bahaya yang mengincar anak ini berasal dari keluarga mereka sendiri yang seharusnya melindungi dan memberikan tempat yang nyaman bagi pertumbuhan anak tersebut. Sering membaca kan kisah anak-anak yang dianiaya oleh pembantu, orang tua tiri atau bahkan oleh ibu mereka sendiri. Di sosial media, cerita-cerita semacam itu banyak sekali beredar.

Pamflet Anak Hilang
Pamflet Anak Hilang. image [source]

Di luar rumah bahaya yang mengancam anak-anak tersebut makin besar lagi. Maraknya prostitusi ilegal, eksploitasi seksual terhadap anak yang dilakukan secara online, serta jual beli organ membuat anak-anak rawan untuk menjadi korban penculikan. Selain di eksploitasi anak-anak yang diculik juga terkadang di perjual belikan atau dimanfaatkan untuk jadi pengemis. Sebagai gambaran bahwa posisi anak selalu rentan  menjadi korban, berikut ini daftar kasus hilangnya anak kecil ketika mereka di luar rumah. Setelah mengetahui informasi tersebut diharapkan para orang tua selalu waspada dan tidak pernah lengah dalam mengawasi anak-anaknya. Kasus anak-anak hilang ini memang sering terjadi. Bahkan di amerika saja yang nyata-nyata negara maju, dalam setahun ada 400 ribu lebih kasus anak hilang yang dilaporkan. Beberapa diantaranya berakhir dengan tak pernah ditemukannya si anak hilang tersebut. Penasaran dengan kasus anak hilang yang membuat heboh khalayak ramai tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Kisah Hilangnya Beaumont Bersaudara Di Australi.

3 bocah perempuan bersaudara pamit main ke pantai yang lokasinya dekat dengan rumah mereka. Ketiga anak gadis tersebut bernama Jane Beaumont ( 9 tahun), Arnna Kathleen Beaumont (7 tahun) dan Greant Ellos Beaumont (4 tahun). Oleh karena dianggap cukup dewasa, orang tua mereka mengijinkan dan memberi uang saku yang hanya cukup untuk naik bus dan jajan makanan kecil. Sebelumnya mereka juga pernah pergi ke pantai yang jaraknya hanya 5 menit naik bus dari rumahnya tersebut. Berangkat pukul 10 pagi, dan seharusnya mereka tiba di rumah pada pukul 2 siang.

Kisah Hilangnya Beaumont Bersaudara Di Australi.
Kisah Hilangnya Beaumont Bersaudara Di Australi. image [source]

Ketika waktu sudah menunjukkan lebih dari jam 2 siang dan anak anak tersebut belum kembali, orang tua mereka pun panik dan langsung menghubungi polisi. Polisi pun segera melakukan penyelidikan dan menanyai saksi-saksi. Diketahui bahwa ternyata ketika anak tersebut asik bermain dengan seorang laki-laki bertubuh tinggi berambut pirang. Saksi yang mengenal ketiga anak tersebut dengan baik menjelaskan bahwa tampaknya ketika anak tersebut sangat menikmati bermain bersama lelaki asing tersebut. Salah satu saksi lainnya juga memberi keterangan bahwa Jane, si anak terbesar membeli roti daging di tokonya dengan lembaran uang besar. Fakta tersebut aneh mengingat orang tua ke tiga bocah hanya memberi uang saku uang koin untuk jajan makanan ringan dan ongkos bis. Disimpulkan bahwa uang tersebut pemberian orang asing. Meskipun pencarian tak kenal lelah telah dilakukan, anak-anak tersebut tidak pernah ditemukan. Kasus hilangnya ke 3 anak ini merupakan kasus kriminal yang paling banyak mendapatkan perhatian di Australia.

2. Kisah Hilangnya Daniel Marcombe.

Masih di Australia. Berniat untuk potong rambut dan membeli bunga untuk hadiah natal bagi keluarganya, Daniel Marcombe dilaporkan tak pernah kembali ke rumah. Ketika dilakukan penyelidikan, diperoleh keterangan bahwa, Daniel Marcombe ini terlihat sedang menunggu bis di tempat pemberhentian bis tak resmi di jalan Kiel Mountain Distrik kota Sunshine Coast Australia. Saat itu ia menunggu bis yang dijadwalkan datang pada jam 01.30 siang. Malangnya, bus yang ia tunggu tersebut mengalami pecah ban. Bus pengganti yang dikirim memutuskan untuk tidak berhenti ketika dicegat oleh Daniel Marcombe, bocah yang berusia 13 tahun ini. si supir memutuskan untuk tidak berhenti karena ia diburu waktu dan Daniel mencegat di halte bus tidak resmi. Sang sopir pun kemudian menelpon supir bus di belakang nya bahwa ada penumpang yang menunggu di halte yang ia lewati. Ketika bus kedua datang si daniel marcombe sudah tidak ada di tempat. Seorang saksi mengatakan bahwa sebelumnya daniel menunggu di halte tersebut bersama seorang pria.

Kisah Hilangnya Daniel Marcombe
Kisah Hilangnya Daniel Marcombe. image [source]

Ditunggu orang tuanya selama berjam-jam, Daniel Marcombe tidak pernah kembali pulang. Pencarian besar besaran pun dilakukan. Kasus hilangnya Daniel Marcombe ini terjadi pada tahun 2003. Pemerintah australi sampai rela menyediakan hadiah sebesar 1 juta dolar bagi siapapun yang bisa menemukan keberadaan Daniel Marcombe tersebut. Hadiah tersebut berasal dari pemerintah dan donasi sukarelawan. Saat itu dicurigai seorang yang bernama Douglas Jackwey sebagai tersangka atas hilangnya Daniel Marcombe ini. ia adalah seorang pedofil yang bebas pada tahun 2003 beberapa saat sebelum Marcombe dilaporkan hilang. Namun tidak ada cukup bukti untuk menjerat si Jackway ini.lima tahu berselang kasus hilangnya Marcombe tak juga terungkap. Baru pada tahun 2011 ditangkaplah Bret Peter Cowan. Ia telah mengaku menculik dan melakukan pelecehan seksual pada daniel marcombe. Di ketahul si Brett Cowan ini memang seorang pedofil kambuhan. Lahir pada tahun 1969, ia pernah nenerapa kali di hukum karena melakukan pelecehan seksual pada anak anak hingga pemerkosaan. Sisa-sisa tubuh Marcombe pun di temukan berupa sepatu, celana dalam dan tulang tulang yang berserakan di sebuah lahan di dekat danau. Sang pelaku pun kemudian di vonis bersalah dan dipenjara seumur hidup. Marcombe sendiri baru dimakamkan pada tahun 2012 setelah 9 tahun dinyatakan menghilang. Pemakaman tersebut dihadiri oleh lebih dari 2000 orang.

3. Adam Walsh, Diculik Ketika Main video Game

Pada 27 Juli 1981, Adam bersama ibunya pergi ke pusat perbelanjaan. Ketika si ibu harus pergi ke bagian yang menjual lampu, Adam memutuskan untuk berjalan-jalan di bagian video game. Ia terlihat main game dengan beberapa bocah lain namun diusir keluar oleh petugas karena terlibat keributan. Ketika ditanya apakah kamu datang bersama orang tua, si adam menjawab tidak. Adam pun terlihat pergi ke toilet.

Hilangnya Adam Walsh.
Hilangnya Adam Walsh. image [source]

Sejak saat itu, Adam Walsh menghilang dan tidak pernah ditemukan lagi. Dia bulan kemudian 2 orang pemancing menemukan potongan kepala Adam yang dalam keadaan rusak. Ketika dilaporkan ke polisi di ketahui bahwa kepala tersebut merupakan kepala adam. Meskipun ditemukan tanpoa tubuh, para ahli forensik menyimpulkan bahwa adam meninggal karena kehabisan nafas. Seorang pembunuh berantai bernama Otis Toole di curigai sebagai tersangka. Namun karena minimnya bukti dan tidak adanya undang-undang perlindungan anak yang mampu menjerat Otis, lelaki ini pun gagal di vonis bersalah. Publik pun geram namun tidak bisa berbuat apa-apa. Otis kemudian meninggal akibat gagal ginjal yang dideritanya. Akibat peristiwa penculikan dan pembunuhan Adam Walsh yang gagal di selesaikan secara hukum ini, di amerika disusun undang-undang perlindungan anak yang dinamai sesuai nama Adam ini. Kisah hilangnya Adam pun di buat menjadi film dengan judul Adam pada tahun 1986.

4. Diculiknya Charles Lindbergh Jr.

Punya anak yang umurnya 1 hingga 2 tahun memang menggemaskan. Saat umur umur tersebut banyak tingkah lucu anak yang di tampakkan. Terbayang kan bagaimana sedihnya jika anak dengan umur segitu diambil dari dekapan kita? inilah yang terjadi pada pasangan Charles Lindbergh dan Anna Marrow Lindbergh. Charles Lindbergh ini adalah seorang penerbang. Ketika ia sedang bekerja di kamar dan sang istri sedang mandi, anak pertama mereka di asuh oleh seorang perawat bayi. Oleh sang perawat, Charles kecil ditidurkan di boks bayinya. Agar tidak jatuh terguling ketika tidur, charles kecil diikat dengan helaian kain yang menempel di kedua sisi boks bayi. Setelah memastikan si anak tidur sang perawat bekerja membereskan pekerjaan lain di kamar sebelah.

Diculiknya Charles Lindbergh Jr. Dari Tempat Tidurnya Sendiri.
Diculiknya Charles Lindbergh Jr. Dari Tempat Tidurnya Sendiri. image [source]

Si perawat sempat mendengar suara berisik dari kamar si bayi. Namun sang perawat mengabaikan karena sudah yakin telah mengamankan posisi tidur si bayi. Ia berpikir, kalau terjadi apa apa, pasti si bayi akan menangis. Maka itu selama si bayi tidak menangis si perawat mengabaikan suara gaduh. Ketika si perawat bayi kembali ke kamar charles, bayi berusia 20 bulan tersebut sudah tidak ada di tempat tidurnya. Bingung sang perawat pun kemudian menanyai sang ayah dan ibunya yang ada di lantai bawah. Charles Lindbergh dewasa pun kemudian melakukan mendatangi kamar anaknya dan mendapati sebuah amplop di jendela. Ketika di buka amplop tersebut berisi tulisan yang mengatakan bahwa anaknya telah di culik dan ia diminta untuk menyediakan sejumlah uang tebusan. Karena Charles Lindberg merupakan orang penting beberapa pejabat polisi, militer hingga FBI pun ikut terlibat dalam penyelidikan hilangnya Charles Linbergh junior ini. namun sang penculik meminta agar uang tebusan di serahkan tanpa melibatkan pihak lain. uang tebusan yang diminta pun diserahkan, tanpa pengawalan polisi, namun si anak tidak pernah dikembalikan. Uang tebusan yang sudah di catat nomor serinya tersebut pun kemudian di lacak dan mengarah kepada seorang penjahat kambuhan yang bernama Bruno Richard Hauptmann. Ia pun di jatuhi hukuman mati di kursi listrik.

5. Menghilangnya Etan Patz.

Tinggal di perumahan Soho Manhattan, dia dinyatakan hilang pada 25 Mei 1979 ketika berumur 6 tahun. Peristiwa hilangnya Etan ini terjadi ketika presiden Ronald Reagant perkuasa di Amerika Serikat. Karena peristiwa ini pulalah, hari nasional anak hilang dicetuskan di Amerika. Selain itu diamerika juga muncul gerakan anak hilang yang salah satu idenya adalah memuat foto anak hilang dalam kardus susu. Pada pagi itu Etan berangkat sekolah sendiri untuk pertama kali. Ia hanya perlu berjalan 2 blok dari rumahnya untuk mencapai bus sekolah. Namun sepertinya Etanz tidak pernah sampai ke tempat pemberhentian bus sekolah. Ketidak=hadiran Etan di sekolah diketahui oleh guru kelasnya namun sayang sekali sang guru tidak melaporkannya ke kepala sekolah. Ketika si etan tidak kembali ke rumah, sang ibu panik lalu melapor kepada polisi setempat. tak kurang dari 100 personil polisi dan anjing pelacak di kerahkan. Namun etan tidak juga di ketemukan. Ayah Etan yang berprofesi sebagai seorang fotografer sempat dicurigai sebagai pelaku penculikan, namun tuduhan tersebut kemudian dibatalkan karena tidak adanya bukti.

Menghilangnya Etan Patz.
Menghilangnya Etan Patz. image [source]

Seminggu pencarian tidak membuahkan hasil meskipun kota Manhattan sudah dipenuhi foto dari etan ini. foto sang anak hilang juga sudah di cetak di kardus susu yang dijual di lingkungan sekitar. Polisi kemudian mencurigai Jose Ramos, seorang pelaku pelecehan seksual pada anak yang punya hubungan pertemanan dengan mantan pengasuh Etan. Kecurigaan polisi didukung dengan pernyataan beberapa anak yang sering dipancing-pancing leh Jose Ramos untuk datang ke rumahnya. Si Ramos ini bahkan pernah menggambar peta jalur yang dilewati oleh bus sekolah etan. Tubuh etans sendiri tidak pernah ditemukan. Jose ramos di penjara namun bukan atas kasus pembunuhan dan penculikan Etan. Ia hanya di penjara selama 20 tahun karena kasus pelecehan terhadap anak lain. meskipun tidak pernah ditemukan lagi, hilangnya etan ini memicu gerakan yang mewaspadai hilangnya anak anak. Tiga langkah yang diterapkan dalam mencegah kasus penculikan anak ini antara lain: para orang tua mulai waspada dan menghindari membiarkan anaknya berangkat sendiri ke sekolah, foto anak hilang di cetak dalam kasdus susu dan menganggap bahwa semua orang dewasa yang tidak di kenal menyimpan potensi bahaya bagi keselamatan anak.

Konon para pelaku penculikan ini masih berkeliaran disekitar kita dengan motif yang berbeda beda. Untuk mencegah terulangnya banyak kasus hilangnya anak tersebut kewaspadaan orang tua memang di perlukan. Ya seperti saran yang dicetuskan oleh gerakan anak hilang diatas, bahwa setiap orang asing menyimpan potensi bahaya bagi anak kita. kita hidup di jaman dimana anak-anak harus di dampingi ketika keluar rumah. Minimal, kalau tidak bisa mendampingi sepanjang waktu, kita perlu memeriksa keadaan mereka secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *