Dari Materi Gelap Hingga Ribuan Robot, Ini 5 Penemuan Ilmiah Paling Penting Dalam 10 Tahun Terakhir Yang Bisa Mengubah Gaya Hidup Manusia.

Jadi Oenemu Atau Jadi Pihak Yang di Perbudak Teknologi

Antara manusia dan hewan, ada perbedaan yang mencolok. Gaya hidup manusia itu selalu berubah ubah, sementara hewan, cara hidupnya tetap itu itu saja dari tahun ke tahun. Misalnya saja semut, 10 tahun yang lalu, semut hidup dengan membuat lubang di tanah. Mereka mencari makan dengan berburu serangga kecil atau memakan sisa sisa makanan manusia. Semut saat ini pun masih sama seperti itu cara hidupnya.

Dari Materi Gelap Hingga Ribuan Robot, Ini 5 Penemuan Ilmiah Paling Penting Dalam 10 Tahun Terakhir Yang Bisa Mengubah Gaya Hidup Manusia.
Dari Materi Gelap Hingga Ribuan Robot, Ini 5 Penemuan Ilmiah Paling Penting Dalam 10 Tahun Terakhir Yang Bisa Mengubah Gaya Hidup Manusia. image [source]

Berbeda dengan semut dan binatang lainnya, kehidupan manusia cepat berubah. Lihat saja, dulu manusia ketika mengambil air pasti banyak yang masih pakai timba atau langsung dari sungai. Namun sekarang, rata rata orang sudah memakai pompa listrik. Begitu juga jika 10 tahun yang lalu orang orang masih memakai surat menyurat untuk berkomunikasi, membaca koran cetak tiap pagi, sekarang ini semua kebutuhan tersebut sudah bisa di penuhi dalam 1 Gadget. Jika anak anak jaman dahulu mainannya layang layang, maka anak anak sekarang sudah berganti jadi drone atau helicopter yang di lengkapi remot. Gaya hidup manusia cepat berubah akibat adanya sains dan teknologi. Selama 10 tahun terakhir ini ada beberapa penemuan sains yang berpotensi mengubah gaya hidup manusia secara drastis. apa saja jenis penemuan sains yang penting tersebut? berikut ini infonya.

1. Kemampuan Program Ulang Dari Sel Batang Manusia.

Setiap orang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan itu berkaitan dengan ukuran tubuh sedangkan perkembangan itu terkait dengan pertambahan kemampuan. Manusia berkembang dari bayi dan menjadi dokter, guru , perawat, petani dan berbagai jenis profesi lainnya. sel juga begitu. Di dalam tubuh manusia sel berawal dari sel batang. Tergantung lokasinya berada di mana, sel batang ini kemudian akan berubah menjadi sel darah, sel tulang, sel otot, sel saraf dan jenis jenis lainnya. pengetahuan tentang sel batang ini sudah di ketahui sejak tahu 1980 an.

Kemampuan Program Ulang Dari Sel Batang Manusia.
Kemampuan Program Ulang Dari Sel Batang Manusia. image [source]

Namun baru 10 tahun belakangan ini lah di ketahui bahwa sembarang sel dari tubuh manusia itu bisa di program ulang dan menjadi sel batang lagi. Perumpamaannya, jika pada manusia, mereka yang sudah tumbuh dewasa menjadi dokter tua, bisa di program ulang dan menjadi bayi lagi. Pada tahun 2006, seorang ilmuwan dari jepang yang bernama Shinya Yamanaka melakukan penelitian dan berhasil membuat sel batang dari jaringan kulit manusia. Penemuan ini sangat besar artinya bagi dunia medis. Jika sel batang bisa di buat dari sel sel manusia biasa yang sudah dewasa, maka regenerasi organ organ yang rusak akibat penyakit bisa dimungkinkan di masa depan. Jika berhasil maka manusia bisa seperti bunglon. Putus ekornya dan bisa d tumbuhkan lagi.

2. Ditemukannya Superkomputer Yang Mirip Otak Manusia.

Otak manusia itu tersusun oleh ratusan juta sel saraf yang saling terhubung dan bekerja sama untuk mengolah infotmasi. Informasi yang diolah oleh otak manusia ini berasal dari dunia luar, maupun dari dalam tubuh manusia itu sendiri. rangsang panas, rangsang cahaya dan rangsang sentuhan merupakan contoh informasi yang di kumpulkan oleh otak melalui indra. Sedangkan informasi dari dalam tubuh berupa kadar gula, ada tidaknya penyakit yang menyerang, kadar zat kimia tertentu dan masih banyak lagi. Komputer yang paling canggih pun jika di bandingkan dengan otak manusia, tidak ada apa apanya. Bayangkan saja, kita bisa menghafal beta jalan dari jakarta sampai jogja tanpa repot. Kita juga dapat menyimpan nama serta citra wajah ribuan orang di otak tanpa kehabisan memori. Jika semua info tersebut disimpan di komputer, habis berapa terabyte ya?

Di Temukannya Superkomputer Yang Mirip Otak Manusia.
Di Temukannya Superkomputer Yang Mirip Otak Manusia. image [source]

Karena kecanggihan otak tersebut, sulit bagi para ahli untuk membuat tiruannya. Mengejutkan, IBM salah satu produsen komputer dekstop papan atas berhasil membuat superkomputer. Superkomputer yang dibuat oleh ibm ini dinamakan synap. Mirip jaringan struktur sel saraf yang bergandeng gandeng di dalam otak manusia. Superkomputer yang dibuat oleh Ibm ini terdiri atas 5,5 trilyun kapasitor. Jadi trilyunan kapasitor ini membentuk jaringan yang mirip dengan jaringan saraf manusia di otak. Konsumsi energi yang di pakai superkomputer milik ibm ini juga jaug lebih kecil di bandingkan komputer biasa. jangan heran ya jika komputer komputer di masa depan akan berubah drastis.

3. Ditemukannya Kilobots, Ribuan Robot Kecil Yang Mampu Saling Bekerja Sama.

Robot canggih yang bisa menari nari gemulai mirip manusia sih sudah lama di temukan. Salah satunya adalah robot asimo milik Honda. Namun robot yang mampu bekerja sama satu dengan yang lainnya, baru tahun 2014 kemarin teknologi ini di temukan. Para peneliti di harvard membuat ribuan robot kecil kecil yang disebut dengan kilobots. Meskipun kecil, kemampuan kilobots ini luar biasa. bisa dibilang mereka adalah robot sosial.

Ditemukannya Kilobots, Ribuan Robot Kecil Yang Mampu Saling Bekerja Sama.
Ditemukannya Kilobots, Ribuan Robot Kecil Yang Mampu Saling Bekerja Sama.image [source]

Para peneliti mengintruksikan ribuan robot tersebut untuk membentuk formasi bintang. Robot robot terebut hanya di beri tahu bentuk bintang itu seperti apa dan kemudian di biarkan berusaha sendiri saling bekerja sama membentuk formasi bintang. Ribuan robot tersebut memang sempat saling bertumbukan, namun masing masing bisa membantu robot lain yang mengalami kesulitan. Akhirnya, formasi bintang sempurna berhasil di bentuk oleh ribuan kilobots tersebut. dengan di temukannya kilobot yang mampu bekerja sama ini, di masa depan mereka bisa di buat lebih kecil dan dikirim ke dalam tubuh manusia untuk memerangi kanker. Bisa juga dibuat lebih besar untuk mengatasi masalah masalah di lokasi yang berbahaya jika di jangkau manusia.

4. Ditemukannya Roket Luar Angkasa Yang Bisa Di Pakai Kembali.

Eksplorasi terhadap ruang angkasa menjadi penting akhir akhir ini. berbagai negara berlomba lomba mendanai proyek eksplorasi ruang angkasa agar tidak dibilang ketinggalan dengan negara lain. bahkan perusahaan swasta juga tak mau kalah dalam kompetisi menjelajah ruang angkasa ini. malah ada satu perusahaan swasta yang menjadi pioner ditemukannya roket ruang angkasa dengan teknologi baru. Roket tersebut adalah roket yang bisa mendarat kembali dengan selamat setelah di pakai. Roket roket pada jaman dahulu kan habis pakai langsung di buang ke laut karena sudah rusak. Perusahaan swasta yang mampu membuat roket berkali kali pakai tersebut adalah SpaceX.

Ditemukannya Roket Luar Angkasa Yang Bisa Di Pakai Kembali.
Ditemukannya Roket Luar Angkasa Yang Bisa Di Pakai Kembali. image [source]

Pendiri dari SpaceX ini adalah Elon Musk. Selain mendirikan SpaaceX, si elon ini sebelumnya juga sukses dalam membidani perusahaan Paypal, serta produsen mobil listrik Tesla Motor. Spacex ini berhasil mendaratkan roket sehabis menyelesaikan misi mengantarkan kargo ke stasiun luar angkasa. Dengan berhasil didaratkannya lagi roket sehabis di pakai ini, maka proyek peluncuran ruang angkasa bisa di lakukan dengan biaya yang lebih hemat. Roket yang habis di pakai tinggal diisi bahan bakar lagi, di perbaiki sedikit dan siap di pakai lagi. Dengan teknologi roket milik spacex ini, penerbangan ke mars punya peluang yang lebih besar.

5. Ditemukannya Materi Gelap.

Sudah sejak lama para ilmuwan dibuat bingung oleh hasil pengamatan mereka terhadap ruang angkasa. Para ilmuwan ini telah memiliki cara untuk menghitung masa dan memprediksi kecepatan gerak dari masing masing benda langit termasuk galaksi. Mereka sering mengamati galaksi tertentu. Menghitung bintang bintang dan menjumlahkan masa penyusunnya. Setelah dijumlah dan dibandingkan dengan kecepatan gerak planet planet, hasilnya tak sebanding. Planet planet tersebut bergerak lebih lamban dari yang seharusnya. Penjelasan yang paling masuk akal, pasti ada materi gelap diantara planet planet tersebut. materi gelap tersebut menambah masa planet tapi tidak teramati oleh teleskop canggih sang peneliti.

Di Temukannya Materi Gelap.
Di Temukannya Materi Gelap.image [source]

Pada tahun 2009, dalam upaya membuktikan keberadaan materi gelap ini, peneliti melakukan pengeboran di dalam tanah dengan kedalaman tertentu. Dalam pengeboran tersebut di temukan 2 partikel yang kriterianya cocok dengan ciri ciri materi gelap yang menyelubungi seluruh alam semesta ini. sampai saat ini para ilmuwan masih berusaha untuk membuktikan bahwa materi yang di temukan tersebut adalah partikel dari materi gelap. Jika materi gelap dapat di buktikan secara signifikan, mungkin ada beberapa teori fisika yang akan berubah. Karena fisika itu mendasari banyak temuan teknologi, bisa bisa teknologi manusia juga banyak berubah setelah diketemukan materi gelap ini.

Apa yang kita anggap canggih hari ini, bisa jadi berubah jadi kuno beberapa tahun lagi. Itu karena teknologi cepat berubah. Kalau kita belum bisa jadi penemu, minimal kita jangan jadi budak teknologi ya. Jangan sampai karena teknologi berubah terus, lalu kita fokus gonta ganti gadget baru. Lebih baik pilih teknologi yang benar benar kita butuhkan dan tak usah terpaku untuk memiliki yang terbaru. Dari ke lima terobosan teknologi yang ditemukan dalam 1 dekade terakhir tersebut, mana yang menurutmu paling besar pengaruhnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *