Sedang memuat Aksi Konyol Penjahat Yang Tertangkap Akibat Status Medsos

Aksi Konyol Penjahat Yang Tertangkap Akibat Status Medsos

Perilaku Konyol Penjahat

Media sosial kini seolah tidak bisa lepas dari kehidupan kita. berbagai aktivitas sehari-hari seringkali direkam dan di unggah lewat facebook. Dari aktivitas sederhana, seperti sarapan, hingga aktivitas langka seperti piknik ke luar negeri, banyak yang di abadikan difoto dan diunggah secara realtime. Dengan berbagai status di media sosial tersebut teman-teman mereka dapat memantau dan menanggapi setiap aktivitas yang dilakukan. Dengan adanya media sosial tersebut, orang-orang yang terpisah jarak bisa saling berkomunikasi dan selalu mendapatkan kabar terupdate dari teman dan keluarganya.

Aksi Konyol Penjahat Yang Tertangkap Akibat Status Medsos
Aksi Konyol Penjahat Yang Tertangkap Akibat Status Medsos. image [source]

Selain membawa membawa efek positif, ternyata penggunaan media sosial juga bisa merugikan diri sendiri lo. Dengan rutin mengupdate status, mengupload informasi-informasi yang bersifat pribadi, orang-orang yang berniat jahat bisa memanfaatkan info tersebut. Masih ingat kan kasus penjualan bayi online yang mencomot foto balita anak artis? Terdapat juga berbagai penipuan akibat terpublikasikanya info-info probadi ke lewat media sosial. Di bawah ini ada contoh-contoh kasus di mana penggunaan media sosial membuat pemilik akun mengalami kesialan akibat di tangkap oleh polisi. Para pemilik medsos yang namanya tercantum di bawah ini semuanya adalah pelaku kriminal. Bodohnya, mereka memposting foto saat dirinya sedang melakukan kejahatan. Akibat posting di medsos terkait aksi kejahatan sendiri tersebutlah polisi berhasil mengetahui identitas, menangkap dan menjebloskan mereka ke penjara. Berhubung para korban status medsos ini adalah penjahat semua, kita anggap saja ini sebagai efek positif dari penggunaan medsos dalam mengurangi penjahat.

1. Cek In Di Lokasi Persembunyian Ketika Sedang Lari Dari Kepolisian.

Penjahat yang satu ini bernama Chriss Crego. Ia berasal dari New York Amerika Serikat. Ia terlibat perampokan dan penyerangan bersenjata setelah terjadi perkelahian di bar pada tahun 2009. Saat mau di tangkap dan disidangkan si Crego ini sudah melarikan diri ke negara bagian lain. polisi pun akhirnya memasukkan penjahat ini ke daftar pencarian orang dan memasang pengumuman di media cetak lokal.

Cek In Di Lokasi Persembunyian Ketika Sedang Lari Dari Kepolisian.
Cek In Di Lokasi Persembunyian Ketika Sedang Lari Dari Kepolisian. image [source]

Gembira karena sudah bisa lolos dari kejaran polisi, si penjahat pun memposting rasa bangganya ke media sosial facebook. Tak cukup dengan kata-kata, Chriss Crego ini melampirkan juga foto iklan tentang pencariannya di surat kabar yang dipasang oleh polisi. Selain foto dam kata-kata, Crego ini juga mengaktifkan fitur lokasi ketika ia membuat status facebook tersebut. Polisi yang sudah sejak awal melacak data pribadi Crego lewat Google pun sudah mengantongi akun myspace dan facebook si penjahat. Akhirnya ia pun di ciduk di persembuyian barunya tersebut. Crego di tangkap di Terre Hut, Indiana, Amerika Serikat dan di bawa kembali ke New York.

2.Ditangkap Setelah Upload Foto Saat Mencuri Bensin Dari Mobil Polisi.

Kelakuan anak muda yang sedang mencari jati diri memang kadang-kadang aneh. Selain aneh perilaku tersebut juga kadang membuat mereka berurusan dengan pihak berwajib. Salah sati contohnya adalah apa yang dilakukan oleh Michael Baker, pemuda berumur 20 tahun yang berasal dari Kentucky Amerika Serikat. Bersama pacarnya ia iseng mencuri bensin dari mobil polisi lokal yang sedangdi parkir. Ia mencuri bensin dari mobil polisi tersebut dengan menggunakan selang dan derigen. Baker menyedot bensin dari tangki mobil polisi tersebut, sedangkan pacarnya bertugas mengambil foto.

Ditangkap Setelah Upload Foto Saat Mencuri Bensin Dari Mobil Polisi
Ditangkap Setelah Upload Foto Saat Mencuri Bensin Dari Mobil Polisi. image [source]

Setelah melakukan aksinya, Baker pun mengunggah foto tersebut ke facebook. Begitu diunggah, tak kurang dari 2000 share diterima foto milik Baker tersebut. Polisi pun kemudian menangkap Baker dengan dakwaan pencurian. Setelah di sidangkan Baker pun mendekam di penjara selaka 1 hari 1 malam. Rupanya hukuman penjara yang diterima Baker tersebut tidak membuat pemuda yang satu ini jera. Ia kembali bercanda di facebuk tentang hukuman yang baru saja ia terima. “ baru keluar dari penjara”, ungkapnya, “lol, aku di penjara akibat status facebook”. Jika semua penjahat seperti Baker maka polisi pasti tidak akan kesulitan menangkap penjahat.

3. Sepasang Pemuda Ditangkap Karena Memasang Jebakan Maut Ala zaman Pertengahan.

Tanggal 23 April 2012, seorang polisi hutan yang sedang berpatroli menemukan seutas kawat yang melintang di jalur tracking wisata Lembah Provo, Utah, Amerika Serikat. Setelah diikuti alutnya, ternyata kawat tersebut terhubung dengan sebuah batu yang diikat tali dan digantungkan. Di sekeliling batu tersebut di beri kayu yang kedua ujungnya diruncingkan. Jika ada orang lewat tapa sengaja menyenggol kawat, maka kayu runcing yang dibebani batu tersebut akan terayun tebat menusuk si pejalan kaki yang tak sadar

Sepasang Pemuda Ditangkap Karena Memasang Jebakan Maut Ala zaman Pertengahan
Sepasang Pemuda Ditangkap Karena Memasang Jebakan Maut Ala zaman Pertengahan. image [source]

Selang beberapa meter, ditemukan lagi jebakan yang sama, namun setinganya, jika kabel terinjak, maka orang yang menyenggol akan jatuh di lubang yang dasarnya diberi kayu-kayu dengan ujung runcing. Polisi mengatakan bahwa jebakan tersebut akan dapat membunuh orang dengan sangat mudah. Polisi pun melakukan pelacakan di media sosial. Di sebuah grup facebook ditemukan sebuah diskusi tentang jebakan ala abad pertengahan tersebut. Di grup diskusi tersebut juga ditemukan foto seting jebakan yang sama persis dengan yang ditemukan oleh polisi. Akhirnya, si pengunggah foto yang terlibat diskusi pun di ciduk polisi. Dalam introgasi si pelaku mengaku bahwa ia menyeting jebakan tersebut bersama temannya.

4. Pencuri Tertangkap Setelah Foto Selfie Dan Mengupload Ke Akun Facebook Si Pemilik Laptop.

Pencurian terbodoh ini terjadi pada Desember 2010 lalu. Rumah seorang reporter the wasington pos di bobol orang ketika pemilik beserta keluarga sedang pergi berlibur. Pencuri tersebut bernama Rodney Knight Jr, yang baru berusia 19 tahun. Ia mengambil jaket baru, segepok uang dan laptop milik anak reporter tersebut. Melalui laptop curian tersebut, Rodney berselfie ria memakai jaket curian dan juga menggenggam uang curian. Setelah selesai berselfie, ia upload foto tersebut ke akun facebook yang ada di laptop.

Pencuri Tertangkap Setelah Foto Selfie Dan Mengupload Ke Akun Facebook Si Pemilik Laptop
Pencuri Tertangkap Setelah Foto Selfie Dan Mengupload Ke Akun Facebook Si Pemilik Laptop. image [source]

Akun tersebut tempat si Rodney memajang foto selfie merupakan akun milik anak si reporter yang menjadi korban pencurian. Begitu foto diupload ke 400 teman facebook sang reporter pun serta merta dapat melihat. Dengan data foto yang ada di akun facebook anak korban tersebut polisi pun dengan mudah melacak identitas pelaku. Selang satu bulan si pencuri pun ditangkap saat tengah berjalan di sebuah jalan raya kota New York. Polisi yang menangkapnya pun menyatakan bahwa aksi pencurian yang dilakukan oleh Rodney merupakan aksi pencurian terbodoh yang pernah mereka tangani.

5. Penipu Tertangkap Setelah Upload Foto Liburan Dan Berteman Dengan Mantan Polisi.

Pada umumnya orang yang melakukan penipuan dan sedang diburu polisi akan bersembunyi, menyamar, atau berganti identitas baru. Namun rupanya hal tersebut tidak dilakukan oleh Maxi Sopo. Lelaki berumur 26 tahun yang lahir di Meksiko ini pindah ke Amerika Serikat pada tahun 2003. di negara yang baru tersebut, ia bekerja sebagai penjual bunga. Sampai ia bertemu dengan seseorang yang bernama Edward Asaatorian. Bersama teman barunya tersebut, ia melakukan skema penipuan yang melibatkan banyak rekening bank milik korban.

Penipu Tertangkap Setelah Upload Foto Liburan Dan Berteman Dengan Mantan Polisi
Penipu Tertangkap Setelah Upload Foto Liburan Dan Berteman Dengan Mantan Polisi. image [source]

Setelah menyadari bahwa polisi sudah mengendus modus penipuanya, Maxi Sopo pun kabur mengendarai mobil pribadi ke Meksiko. Di Meksiko, Maxi Sopo bekerja sebagai karyawan hotel untuk menghidupi dirinya. Di malam hari ia senang berpesta di pantai-pantai yang ramai pengunjung. Senang dengan keberhasilannya menghindari penjara dan memiliki kehidupan bahagia di Meksiko, sopo pun sering menggunggah status facebooknya. Ia tidak menyadari bahwa polisi dari negara seberang tengan melacak akun media sosial miliknya. Sopo tak menyadari bahwa teman facebook barunya yang ia dapatkan ketika berhura-hura di pantai meksiko adalah seorang pensiunan polisi. Melalui teman baru Sopo yang pensiunan polisi tersebut, pihak yang berwenang kemudian mengorek informasi lewat akun facebook sopo yang sudah di privat. Lewat pensiunan polisi itulah akhirnya sopo berhasil diciduk dan di ektradisi kembali ke Amerika Dari Meksiko. Yah sudah jauh-jauh kabur ke negara lain, ketangkap juga oleh polisi akibat status facebook.

Dari beberapa kasus diatas dapat disimpulkan bahwa jika kita tidak hati-hati dalam membuat status di media sosial, maka status tersebut bisa membahayakan diri kita. jika penjahat saja bisa celaka gara-gara akun facebook, orang baik perlu hati hati dong dalam bersosial media. Dengan kehati-hatian tersebut, minimal kita mencegah orang yang tidak bertanggung jawab menyalah gunakan akun facebook kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *