Sedang memuat 5 Penjara Besar Di Tiongkok Ini Sudah Mirip Kota Dengan Banyak Penduduk

5 Penjara Besar Di Tiongkok Ini Sudah Mirip Kota Dengan Banyak Penduduk

Tiongkok memiliki penduduk sebanyak 1,4 miliar jiwa. Jumlah sebanyak ini membuat Tiongkok menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Banyaknya penduduk juga membuat Tiongkok mengalami pembengkakan jumlah kejahatan. Narapidana di negeri ini jumlahnya ada puluhan juta dan tersebar di hampir semua provinsi.

Banyaknya jumlah narapidana ini membuat Tiongkok harus membuat penjara yang sangat besar. Bahkan besarnya nyaris menyamai sebuah kota kecil. Inilah penjara besar di Tiongkok yang nyaris menyerupai kota dengan narapidana adalah penduduknya.

1. Penjara Kota Senyang

Penjara Kota Senyang yang terletak di Provinsi Liaoning adalah terbesar di Tiongkok. Luasnya mencapai 139 hektare dan dibangun pertama kali pada tahun 2003 silam. Untuk membangun penjara besar ini Pemerintah Tiongkok harus merogoh koceknya dalam-dalam hingga 1 miliar yuan. Penjara ini menjadi penjara terbaik dengan penjagaan paling ketat di seluruh dataran Tiongkok.

3
Penjara Kota Senyang [image source]

Penjara ini memiliki lima kompleks bangunan utama, pertama adalah untuk tahanan yang baru datang, selanjutnya ada First Senyang Prison, Second Senyang Prison, Senyang Women’s Prison, dan the Provinsonal Prison general Hospital. Penjara ini dikenal sebagai penjara paling mengerikan dan banyak memenjarakan orang penting yang berseberangan dengan pemerintah Tiongkok.

2. Penjara Yancheng

Penjara Yancheng dikenal sebagai salah satu penjara paling mewah di Tiongkok. Bangunannya mirip sekali dengan Gedung Putih yang ada di Amerika. Penjara ini biasanya digunakan untuk memenjarakan orang-orang penting yang berasal dari partai atau pun orang-orang yang merupakan pengusaha kaya raya dan sangat berpengaruh di Tiongkok.

2
Penjara Yancheng [image source]

Fasilitas yang dimiliki oleh penjara dengan luas 44 hektare sangatlah luar biasa. Kamar setiap tahanan sudah dilengkapi dengan AC. Ada fasilitas internet dan makanan setiap hari seperti di restoran. Parahnya lagi di sini terdapat bar yang menyediakan minuman keras. Hidup di penjara ini sama halnya hidup di hotel berbintang. Saat ini pemerintah Tiongkok sedang mengurangi jumlah orang di Yancheng. Pasalnya di sini sudah ada 1.600 orang yang rata-rata orang kaya.

3. Penjara Provinsi Shandong

Penjara Shandong dibangun pertama kali pada tahun 1962. Selama puluhan tahun penjara ini terus berbenah dan meluaskan wilayahnya hingga mencapai 35 hektare. Saat ini penjara Shandong banyak menerima narapidana yang merupakan mata-mata atau orang yang bekerja dalam bidang intelijen. Mereka yang dituduh membocorkan kepentingan Tiongkok ke negara lain akan diadili di tempat ini.

2006-3-11-sdjianyu-05
Penjara Provinsi Shandong [image source]

Penjara Shandong dikenal sebagai penjara yang sangat mengerikan. Di tempat ini banyak sekali narapidana yang dihajar dengan babak belur. Bahkan ada yang sampai mengalami cacat pada tubuh. Selain kekerasan secara fisik, banyak tahanan juga yang disiksa secara psikologi hingga membuat mereka mengalami gangguan jiwa.

4. Penjara Regional Baoanzhao

Penjara Regional Baoanzhao terletak di Jalaid Banner, Mongolia. Penjara ini telah dibangun oleh Tiongkok sejak tahun 1954. Penjara ini memiliki luas sekitar 32 hektare dan menampung ribuan narapidana yang berasal dari orang-orang Mongolia yang membangkang ke Tiongkok. Menurut penuturan dari orang-orang yang pernah dipenjara di sini, banyak sipir penjara yang berlaku sangat kasar kepada para tahanan.

1
Penjara regional Baoanzhao [image source]

Penjara ini memiliki 8 kompleks yang memiliki fungsi masing-masing. Kompleks itu meliputi penjara Baoanzhao, penjara Wutan, penjara Wulan, penjara wanita, kompleks administrasi, zona penanganan penyakit, zona penanganan air dan listrik serta zona agrikultur dan perdagangan.

5. Penjara Heilongjiang Nehe

Penjara Heilongjiang pertama kali dibangun pada tahun 1955 saat Mao Zhedong masih berkuasa. Penjara ini digunakan untuk narapidana yang saat itu sangat menentang keinginan dari pemimpin berdarah dingin ini. Pada tahun 2004 penjara yang memiliki luas 18.300 hektare ini berganti nama menjadi penjara Nehe dan diperlebar agar menampung banyak sekali narapidana.

86962704-676x450
penjara Heilongjiang [image source]

Penjara ini kerap sekali membunuh para tahanannya. Bahkan warga sekitar pun kerap terkena dampaknya. Saking mengerikan perlakuan para sipirnya ke pada narapidana membuat banyak narapidana bunuh diri. Bahkan sepanjang 2008-2014 saja sudah ada 8 kasus bunuh diri hingga penjara ini sering disebut sebagai penjara bunuh diri.

Inilah lima penjara terbesar di Tiongkok yang besarnya sudah menyerupai sebuah kota. Di tempat ini jutaan narapidana dari Tiongkok hidup seperti di dalam kota. Sayangnya perlakuan sipir penjara membuat mereka seperti berada di neraka. Oh ya, penjara di Indonesia ada yang selebar ini enggak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *