Sedang memuat Hati Hati, Obat-Obat Ini Legal Dan Efeknya Lebih Buruk Dari Marijuana Bisa Disalah Gunakan.

Hati Hati, Obat-Obat Ini Legal Dan Efeknya Lebih Buruk Dari Marijuana Bisa Disalah Gunakan.

Obat-Obatan Legal Ternyata Bahaya Juga Ya.

Ketika sakit orang butuh obat. Berbagai macam obat-obatan tersedia di dunia kedokteran. Masing masing mempunyai khasiat dan efek samping yang berbeda-beda. Obat yang satu bisa jadi manjur ketika di pakai oleh satu orang namun belum tentu cocok dipakai oleh orang lain. kondisi kesehatan tubuh juga menentukan apakah seseorang boleh memakai obat-obat tertentu atau tidak. Dokterlah yang biasanya mengetahui mana obat-obatan yang boleh kita pakai dan mana yang tidak. Untuk itu ketika kita sakit kita perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh resep obat yang tepat.

Hati Hati, Obat-Obat Ini Legal Dan Efeknya Lebih Buruk Dari Marijuana Bisa Disalah Gunakan.
Hati Hati, Obat-Obat Ini Legal Dan Efeknya Lebih Buruk Dari Marijuana Bisa Disalah Gunakan. image [source]

Berbicara mengenai bahayanya penggunaan obat, orang-orang biasanya hanya fokus pada obat ilegal, obat yang peredaranya dilarang. Obat-obat terlarang tersebut misalnya narkotika, ganja, pil koplo dan berbagai jenis obat lainnya yang bersifat ilegal. Orang-orang pada umumnya tak terlalu percaya dan menganggap bahwa semua obat yang legal itu aman. Faktanya banyak jenis obat-obatan yang legal, yang peredaranya diperbolehkan, namun efeknya justru lebuh berbahaya dari narkoba dan marijuana jika disalahgunakan. Beberapa obat legal tersebut jika di pakai tanpa petunjuk yang benar dari dokter malah justru bisa menyebabkan kerusakan syaraf, kecanduan parah dan berbagai efek mengerikan lainya. Mau tahu jenis obat-obat legal apa saja yang efeknya lebih mengerikan daripada marijuana tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Penyalahgunaan Diethyl Ether

Senyawa ini merupakan senyawa organik yang susunan partikelnya berupa 4 atom karbon, 10 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Ether ini masih satu keluarga dengan Alkohol. Efek dari Ether jika disalah gunakan juga hampir mirip dengan efek pemakaian alkohol namun harga Ether ini lebih murah. Ether ini dulunya dipakai sebagai obat anestesi di dunia kedokteran, namun karena zat ini mudah terbakar pemakaiannya sebagai obat bius mulai di tinggalkan. Fakta bahwa obat ini pernah dipakai sebagai obat bius berarti obat ini mampu mempengaruhi saraf manusia. Pada jaman dahulu Ether ini memang lazim di pakai orang-orang untuk nge-fly. Ether sebagai obat Nge-fly ini banyak di pakai di Irlandia, Rusia, Perancis, Norwegia dan amerika Serikat. Ether menjadi barang favorit untuk mabuk-mabukan karena harganya jauh lebih murah dari alkohol. Karena murah inilah orang-orang yang tidak punya uang tapi ingin mabuk-mabukan dan Nge-fly memilih Ether sebagai sarananya.

Penyalahgunaan Diethyl Ether
Penyalahgunaan Diethyl Ether. image [source]

Selain mempunyai efek mengasikan bisa fly, Ether ini ternyata punya efek berbahaya bagi tubuh manusia. Jika terhirup dalam jumlah banyak, saraf serta organ-organ pernafasan bisa rusak. Awalnya hidung dan tenggorokan akan mengalami iritasi sesaat setelah menghirup Ether ini. kemudian kita mulai muntah-muntah, pusing dan kemudian tidak sadarkan diri. Ether ini juga dapat mengiritasi kulit dan mata. Jika terekspose Ether dalam jangka waktu yang lama kita akan mengalami gangguan Psikis karena Ether ini bersifat merusak kerja sistem saraf.

2. Penyalahgunaan Dextromethophan (Robitussin).

ini sebenarnya merupakan bahan baku pembuatan obat batuk. Namun bentuk murninya seringkali di salah gunakan oleh para remaja. Sebutan populer untuk Dextromerhopan ini adalah DXM. Efek dari penyalah gunaan DXM ini antara lain merasa senang berlebihan, mood membaik, hidup seperti setengah mimpi dan meningkatkan kewaspadaan. Remaja-remaja yang depresi karena punya banyak masalah akan menjadi rilek setelah mengkonsumsi DXM ini. namun jika di pakai dalam jangka panjang dan dosis yang berlebihan. Akibatnya bisa bahaya.

Penyalahgunaan Dextromethophan (Robitussin).
Penyalahgunaan Dextromethophan (Robitussin). image [source]

Jika memakai DXM dalam wujud murni dan dosis tinggi, maka pengaruh dari obat ini bisa membuat sistem saraf pusat kita non aktif. Jika dikonsumsi dalam bentuk obat batuk pun, DXM ini masih punya efek mematikan kalau jumlahnya banyak. seperti kita tahu dalam obat batuk selain terkandung DXM juga terkandung zat-zat lain seperti anti histamin, supresan, decongestan serta pembunuh rasa sakit. Ketika bereaksi dengan DXM, obat-obat ini dapat mengakibatkan pemakainya terkena serangan jantung, stroke, kerusakan hati dan paling fatal kematian.

3. Penyalahgunaan Doxylamine

Doxylamine atau dikenal dengan Unisom pada dasarnya merupakan obat untuk antihistamin. Obat ini biasanya digunakan pada orang-orang yang mengalami susah tidur atau insomnia. Selain itu Doxylamine juga dipakai sebagai obat anti alergi. Terkadang obat ini dicampur dengan obar lain untuk difungsikan sebagai penekan rasa sakit. Karena obat ini merupakan obat legal, maka remaja-remaja bisa dengan mudah mendapatkannya. Harganya pun tidak terlalu mahal untuk ukuran remaja. Maka para remaja pun banyak menyalah gunakan obat ini sebagai obat penenang.

Penyalahgunaan Doxylamine
Penyalahgunaan Doxylamine. image [source]

Obat ini banyak disalahgunakan oleh remaja karena mempunyai efek halusinasi. Remaja yang memakai obat ini akan mengalami halusinasi sehingga membuat mereka bisa melupakan masalah. Namun selain memberikan efek halusinasi, Doxylamine ini juga membuat pemakainya selalu merasa gelisah dan bingung. Pemakaian dalam jangka waktu lama dan dengan dosis tinggi akan menyebabkan orang tersebut menderita gangguan kecemasan, pusing dan bisa berakhir dengan koma.

4. Penyalahgunaan Tramadol.

Ketika orang menjalani operasi maka perlu waktu beberapa hari untuk pemulihan. Saat operasi dilakukan, tak ada rasa sakit yang diderita si pasien. Penyebabnya adalah karena saat operasi tersebut tubuh pasien masih terpengaruh obat bius.namun begitu pengaruh obat bius habis. Rasa sakit yang diakibatkan luka operasi pun akan kembali muncul. Jika dibiarkan, rasa sakit d bekas operasi ini bisa memunculkan peradangan. Untuk menekan rasa sakit akibat operasi ini dipakai obat pereda rasa sakit yang dinamakan Tramadol. Cara kerja dari Tramadol ini adalah dengan mempengaruhi sistem saraf pusat sehingga tidak mampu merasakan sakit.

Penyalahgunaan Tramadol
Penyalahgunaan Tramadol. image [source]

Karena mempengaruhi saraf pusat para remaja sering menyalah gunakan obat ini sebagai pengganti opium atau morfin. Efeknya yang menekan saraf pusat akan membuat si pemakai berada dalam kondisi fly mirip ketika mereka mengkonsumsi heroin. Bedanya obat yang satu ini merupakan obat yang legal dengan resep dokter. Pamakian dalam jangka waktu yang lama tentu saja bisa menyebabkan kerusakan otak dan ketergantungan. Orang yang sakit habis operasi saja penggunaan Tramadolnya dibatasi, jika sampai dikonsumsi terus menerus oleh orang sehat bisa dibayangkan bagaimana kerusakan otak yang akan terjadi. Selain kerusakan otak jangka panjang, efek samping daro Tramadol ini adalah pusing, merasa kantuk, gangguan pencernaan, susah buang air kecil dan mulut terasa kering.

5. Penyalahgunaan Kava

Orang-orang di kepulauan pasifik punya sejenis tanaman yang biasa mereka pakai sebagai ramuan herbal. Obat herbal tersebut dibuat dari tanaman yang bernama Kava. Mereka akan mengambil daun ari tanaman Kava menyeduhnya dengan air panas dan meminumnya mirip teh. Teh dari tanaman Kava ini mempunyai efek membuat peminumnya merasa rilek. Karena hanya berupa teh, Kava ini bebas diperjualbelikan di amerika sana.

Penyalahgunaan Kava
Penyalahgunaan Kava. image [source]

Penggunaan Kava di kalangan anak muda juga semakin populer di amerika sana. Pasalnya, selain memberikan efek relaksasi, meminum Kava dalam dosis tertentu juga mampu membuat peminumnya mengalami sensasi gembira berlebihan. Bahkan dalam dosis yang tinggi, si peminum akan mengalami halusinasi mirip ketika mereka memakai narkotika. Mempunyai efek seperti narkotika, mudah di dapat dan dianggap tidak melanggar hukum, itulah yang membuat Kava semakin popiler di dunia barat.

6. Penyalahgunaan Kratom.

Berasal dari tanaman asli Thailand. Nama ilmiah dari Kratom ini adalah Mitragyna speciosa. Merupakan tanaman yang masih satu kerabat dengan kopi, kratom ini banyak dipakai dalam pengobatan herbal sebagai penghilang rasa sakit. Karena dianggap sebagai obat herbal, peredaran dari Kratom ini belum di larang. Untuk membelinya pun remaja-remaja di amerika serikat tidak merasa kesulitan. Kratom dapat dibeli di toko-toko herbal.

Penyalahgunaan Kratom.
Penyalahgunaan Kratom. image [source]

Karena masih belum dilarang beredar dan mudah didapat ini para remaja di amerika serikat banyak menyalahgunakannya. Cara pakai dari kratom onopin bisa bermacam-macam cara. Ada yang mencampur kratom dalam minuman seperti teh, ada juga yang membakarnya sepeti rokok dan ada yang mengkonsmsi serbuknya langsung lewat mulut. Memakan serbuk kratom beberapa gram saja lewat mulut si pemakai dapat merasakan sensasi fly selama 3 jam. Bisa dibayangkan kan bagaimana ngerinya jika obat-dengan nama kratom ini dibawa berkeliaran kemana-mana. Korbanya akan menjadi banyak dan polisis tidak bisa berbua apa-apa kaena memang keberadaanya belum diatur. Selain bisa membuat fly kratom ini juga bisa memicu kecanduan.

Sungguh mengerikan ya keberadaan obat-obat legal yang efeknya mirip marijuana ini. jangan sampai obat ini tergeletak secara bebas di lingkungan rumah kita. jika sampai dimainkan oleh anak-anak dan tertelan secara tidak sengaja, efeknya bisa fatal. Lebih gawat lagi jika obat-obat tersebut dikonsumsi secara sengaja oleh remaja-remaja di lingkungan rumah kita. kerusakan otak dan mental remaja siap menanti jika kita sampai lengah dalam melakukan pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *