Peraturan Lalu-lintas Aneh Dari Seluruh Dunia.

Setiap hari dalam aktivitasnya orang selalu bersinggungan dengan Lalu-lintas. Mau pergi berkerja, pulang kerja, belanja, piknik atau sekedar nongkrong bersama teman pasti harus lewat jalan dengan segala permasalahannya. Permasalahan umum yang sering di temui saat berada di tengah-tengah Lalu-lintas jalan raya antara lain kemacetan, sifat terburu buru, tidak sabaran serta kecelakaan akibat kurang waspada.

peraturan lalulintas yang aneh
Peraturan Lalu-lintas Yang Aneh. image [source]

Di berbagai belahan dunia, berbagai masalah Lalu-lintas tersebut juga ada. Untuk mengatasi masalah masalah yang timbul di jalan raya tersebut dibuatlah berbagai peraturan lalu lintas. Peraturan Lalu-lintas antara negara satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Bagi pendatang terkadang peraturan lalu lintas yang berlaku tersebut terasa aneh, ganjil, bahkan lucu. Berikut ini beberapa peraturan Lalu-lintas dari berbagai negara yang terlihat aneh dan lucu tersebut.

1. Hook Turn di Merbourne Australia.

Pada umumnya, jika ingin berbelok ke kiri maka kita sebaiknya mepet ke kiri juga untuk bersiap siap sambil menyalakan lampu sign. Namun di Melbourne, jika ingin berbelok ke kiri maka kita malah harus mepet kanan, memberi tanda dengan lampu sign dan berbelok lewat pinggir perempatan jalan. Bagian tengan perempatan jalan dibuat kosong dari para penyeberang yang mau belok tersebut.

hook turn melbourne
Hook Turn Melbourne. image [source]

Tujuan dari diberlakukannya hook turn ini adalah supaya bagian tengah perempatan bersih dari keruwetan para penyebrang tersebut. Dengan kosongnya area tengan jalan dari para penyebrang tersebut jalur trem yang melayani tranformasi publik di Melbourne dapat berjalan lancar. Jila melanggar siap-siap kena denda 75 dolar amerika serikat ya.

2. Harus Menempel Stiker Lolos uji Emisi di Jendela Atau Pintu Mobil.

Aturan harus adanya stiker lolos uji emisi ini berlaku di Munich dan ratusan kota di jerman lainnya. Semenjak ada aturan ketat tentang emisi kendaraan bermotot, tidak peduli kendaraan pendatang atau milik penduduk asli, yang tidak ada stiker lolos uji emisi akan terkena denda. Besaran dendanya cukup lumayan besar yaitu mencapai $600.

stiker mobil zona emisi rendah
Stiker Mobil Zona Emisi Rendah. image [source]
Jika kamu kebetulan jalan-jalan dari negara lain dengan mobil sewaan, maka cepat cepatlah membeli stiker lolos uji emisi tersebut. Harganya lumayan murah berkisar antara 7 hingga 30 dolar. Cara mendaparkan stiker tersebut pun ada panduanya di situs resmi pariwisata berlin. Memang agak repot ya, tapi daripada di denda 600 dolar lebih baik beli stikernya bukan.

3. Cewek Tidak Boleh Mengemudi di Arab.

Di arab saudi wanita di larang untuk mengemudikan kendaraan sendiri. Tujuan diberlakukan aturan tersebut adalah untuk mencegah wanita bepergian sendiri tanpa didampingi suami atau keluarga yang merupakan mahramnya. Tidak hanya isapan jempol belaka, pada bulan oktober tahun lalau 16 wanita telah ditahan dan dijatuhi hukuman denda sebesar 300 riyal karena kedapatan meyetir sendiri.

Wanita Dilarang Mengemudi Di Arab
Wanita Dilarang Mengemudi Di Arab. image [source]

Alasan lainnya kenapa tidak boleh menyetir sendiri adalah, wanita rentan melepas cadar ketika diberi kewenangan menyetir sendiri. Diberlakukannya aturan tersebut juga di harapkan bercampurnya wanita dan lelaki yang bukan muhrim di Arab saudi bisa di kurangi. Meskipun mendapat tentangan dari beberapa aktivis perempuan, larangan tersebut masih berlaku sampai saat ini. Selain denda, hukuman lainnya adalah deportasi bagi warga asing.

4. Harus Membawa Rambu Segitiga Merah, Pemadam Kebakaran Serta P3K

Jika menyewa mobil di Turki, pastikan di dalam bagasi ada rambu segitiga merah, pemadam api dan P3K. Jika kedapatan mengemudi mobil tanpa perlengkapan tersebut maka kita akan terkena denda. Besaran denda karena tidak membawa ke tiga kelengkapan tersebut saat mengemudi adalah sebesar $30. Jika dirupiahkan kurang lebih 300 ribuan rupiah. Lumayan besar bukan jika dibandingkan besaran denda di negara kita yang masih di bawah 100 ribu.

Pemadam Api Di Mobil Turki
Pemadam Api Di Mobil Turki. image [source]

Rupanya peraturan seperti ini tidak hanya berlaku di Turki saja. Beberapa negara Eropa lainnya juga memberlakukan aturan ini. Tujuannya kemungkinan untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan atau mobil konsleting dan terbakar di jalan. Ikuti saja ya aturannya, dari pada repot kena tilang.

5. Di Larang Mengemudi Melewati Zona Bersejarah.

Zona Bersejarah? Apa pula itu. Sebagai pendatang tentu kita belum hafal wilayah yang kita datangi. Di Itali, ada aturan Lalu-lintas yang melarang mengemudi melintasi zona-zona bersejarah. Di kota Florence, Italy ada beberapa zona sejarah yang terhubung satu dengan yang lainnya. Salah belok sedikit saja, kamu bisa masuk zona bersejarah tersebut. Jika sampai masuk, kamera pengintai akan merekam tanpa sepengetahuanmu. Dari data rekaman plat kendaraan yang kamu naiki tersebut, pihak yang berwenang kemudian mengirimkan surat tilang lewat email atau surat.

Rute Zona Bersejarah Yang Dibatasi lalulintasnya
Rute Zona Bersejarah Yang Dibatasi Lalu-lintasnya. image [source]

Terancam kena denda tanpa tahu kapan kesalahan tersebut kita lakukan, cukup ngeri bukan. bisa-bisa tidak hanya 1 atau 2 pelangaran saja yang kita lakukan karena ketidak-tahuan telah memasuki zona sejarah itu. Besaran denda untuk pelangaran masuk ke zona bersejarah ini cukup besar. Per 1 pelangaran, dendanya berkisar antara 70-120 dolar. Jika tanpa sengaja kita melakukan 4 pelanggaran, jatah uang makan sebulan bisa ludes untuk bayar denda,

6. Memberi Kesempatan Lewat Pada Penggembala Ternak.

Di Afrika selatan posisi pengembala ternak cukup dihargai. Mengabaikan aba-aba pengembala yang meminta untuk menyeberang bisa mengakibatkan terkena denda sebesar $535. Jika dirupiahkan mencapai lebih dari 5 juta rupiah. denda 5 juta hanya karena menyela binatang ternak yang sedang menyeberang? Peraturan yang cukup aneh bukan. bandingkan di negara kita, ada ibu-ibu mengendong anak, mau menyeberang saja kadang diserobot sama penendara yang ugal-ugalan.

Pengembala Ternak Di Afrika Selatab
Pengembala Ternak Di Afrika Selatan. image [source]

Jadi dengan adanya aturan tersebut, jika suatu saat kamu berkunjung ke Afrika selatan tengok kanan-kiri ya di setiap persimpangan jalan. Jika ada pengembala itik sedang menggiring ratusan itiknya baris satu-satu untuk menyeberang jalan, lebih baik bersabar. Lumayankan bisa menghindari denda sebesar 5 juta.

7. Peraturan Parkir Yang Cukup Membuat Pening di London.

Di kota london, persoalan parkir mobil bukanlah hal yang sederhana. Ada 32 badan lokal yang mengatur perparkiran di London ini. Celakanya lagi aturan parkir masing-masing badan lokal tersebut tidak selalu selaras dengan peraturan di distrik lain. ancaman denda jika melakukan kesalahan saat parkir pun cukup besar, yaitu $130-$195.

Denda Melanggar Aturan Parkir di London
Denda Melanggar Aturan Parkir di London. image [source]

Perbedaan aturan parkir antara ke 32 badan lokal ersebut bisa mencakup jam-jam kapan boleh parkir, di sisi sebelah mana boleh parkir dan peraturan parkir waktu liburan. Disatu daerah misalnya, pengendara di sisi kiri jalan boleh parkir dan pengendara di sisi kanan jalan tidak boleh. Di daerah lain, aturan yang berlaku bisa kebalikannya. Perbedaan peraturan parkir yang berbeda-beda inilah yang membuat kita harus lebih berhati-hati untuk sekedar memarkir kendaraan.

Ada pepatah yang mengatakan dimana bumi kita pijak, disitu langit kita junjung. Artinya dimanapun kita berada, sebisa mungkin taati semua peraturannya ya. Jika tidak mengikuti aturan bisa bisa kita sendiri yang mendapat kesulitan. Jika kita mendapat masalah Lalu-lintas saat di rumah sendiri, mungkin bisa menelpon kakak atau keluarga lain. namun jika berada di luar negri, mau menelpon siapa? Maka itu sekali lagi hati hati dan pelajari peraturan setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *