Inilah Perbandingan Militer Indonesia Vs Militer Israel, Menurutmu Mana Yang Lebih Kuat

Negara bisa di artikan luas sebagai rumah atau tempat bagi para penduduknya dengan segala ketentuannya yang berlaku. Sama halnya seperti dengan rumah, tentunya negara harus memiliki perlindungan atau proteksi keamanan dari ancaman-ancaman pihak asing. Biasanya negara telah menyiapkan pasukan militer untuk mengatasi hal tersebut, termasuk dengan negara Indonesia yang kini memiliki banyak sekali pasukan militer yang telah di siapkan untuk mengatasi ancaman dari negara lain. Bahkan bisa dibilang militer Indonesia tidak hanya bertugas dalam pertahanan dalam negeri saja, melainkan juga sering ikut andil dalam keamanan dunia.

pasukan militer indonesia
pasukan militer indonesia [ image source ]

Ngomongin soal kemiliteran, bagaimana posisi kekuatan militer Indonesia jika di bandingkan dengan militer negara lain misalnya dengan negara Israel. Bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika sejatinya negara Israel memiliki pasukan militer yang juga lumayan tangguh, karena Israel merupakan negara yang sponsori oleh negara Amerika. Hal tersebut tentunya sangat menunjang kekuatan militer Israel dari segi apapun itu, dan salah satu contohnya adalah berhasilnya merebut paksa wilayah-wilayah negara Palestina. Dilihat secara sepintas sepertinya militer Israel itu terlihat tangguh, tapi bagaimana jika di bandingkan dengan negara kita Indonesia, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Predikat Militer Indonesia Lebih Unggul Dari Militer Israel

peringkat militer Indonesia jauh di atas Israel
peringkat militer Indonesia jauh di atas Israel [ image source ]

Dalam sebuah rilis data yang di keluarkan oleh Global Fire Power dari total militer seluruh dunia yang berjumlah hampir 126 negara menyatakan bahwa Indonesia memiliki peringkat militer yang mengungguli militer Israel. Dalam data peringkat yang di terbitkan, posisi militer negara Indonesia berada di urutan 14 unggul 2 peringkat ketimbang negara Israel. Rangking ini menandakan kemajuan penigkatas dari rangking sebelumnya dari sebelumnya militer Indonesia masih di bawah militer Israel. Semoga dengan adannya peningkatan prestasi ini, kini militer Indonesia semakin memperbaiki kekurangannya sehingga kelak militer Indonesia naik ketingkat yang lebih tinggi dan bersaing dengan negara-negara lainnya.

2. Meski Rangkingnya Dibawah Indonesia Faktanya Tank Israel Lebih Banyak Jumlahnya

Israel unggul dalam kendaraan tempur tank
Israel unggul dalam kendaraan tempur tank [ image source ]

Ngomongin soal peringkat mungkin Indonesia sedikit di atas Israel, tapi untuk alat tempur seperti tank, ternyata militer Israel lebih banyak memilikinya ketimbang dengan militer Indonesia. menurut data, Militer Indonesia hanya memiliki kendaraan tempur tank berjumlah kurang dari 1000, namun militer Israel telah memiliki tank sebanyak 4170. Tentunya dari jumlah tersebut, peringkat Israel dalam memiliki kendaraan termpur tank lebih diatas dari militer Indonesia. Kini militer Israel berada di peringkat 8 dalam kepemilikan kendaraan tempur tank, sedangkan Indonesia di catat masih berada jauh di bawah militer Israel yaitu rangking ke 36. Namun jangan khawatir, untuk mengejar ketertinggalannya dalam jumlah tank, militer Indonesia sudah memesan banyak kendaraan tank buatan luar maupun dalam negeri.

3. Tidak Hanya Tank, Urusan Udara Israel Juga Lebih Unggul Dari Indonesia

israel juga unggul dalam jumlah pesawat tempur
israel juga unggul dalam jumlah pesawat tempur [ image source ]

Masalah jumlah kepemilikan kendaraan tempur tank militer Israel berada di peringkat 8 dari seluruh militer yang ada di dunia. Sekarang beralih ke usuran uadara, ternyata militer Israel tetap masih unggul ketimbang militer Indonesia karena jumlah kendaraan tempur udaranya lebih banyak. Kalau di total, militer Israel memiliki kendaraan tempur udara berjumlah sekitar 681 yang kebanyakan berjenis pesawat tempur. Jumlahnya memang tidak terpaut jauh dari militer Israel, tapi tetap saja militer Israel lebih unggul karena militer Indonesia hanya memiliki pesawat tempur sebanyak 420 buah. Untuk mengejar ketertinggalannya dalam segi kendaraan tempur udara, pemerintah beserta militer Indonesia sedang berupaya menambah jumlah satuan unit pesawat tempurnya. Semoga tahun kedepan Indonesia memiliki rangking yang jauh di atas militer Israel.

4. Kalah Kendaraan Tempur, Indonesia Masih Jauh Unggul Dalam Jumlah Pasukan

jumlah tentara Indonesia lebhih banyak dari Israel
jumlah tentara Indonesia lebih banyak dari Israel [ image source ]

Masalah alutista darat dan udara Indoensia memang masih tertinggal jauh dari militer Israel, namun dari segi jumlah tentara di pasukan militernya ternyata Indonesia jauh memiliki lebih banyak ketimbang militer Israel. Jika di total, jumlah pasukan militer Indonesia menang telak ketimbang militer Israel yang hanya memiliki 160 ribu pasukan. Sedangkan militer Indonesia kini tercatat memiliki total pasukan yang hampir mencapai 500 ribu pasukan aktif. Tentunya ini merupakan hal yang membanggakan karena dalam jumlah pasukan militer Indonesia memiliki peringkat ke 10 dari 126 militer lainnya di dunia. Sedangkan militer Israel kalau di lihat dari jumlah pasukannya, militer Israel hanya menduduki peringkat ke 35 jauh di bawas Indonesia.

Nah sahabat iyakan.com, itulah hasil perbandingan antara militer Indonesia dengan militer Israel yang bisa menambah pengetahuanmu tentang ketahanan negara. Mungkin jika dilihat dari peringkat kepemilikan alutistanya Indonesia masih di bawah militer Israel, ya tentunya karena Israel memiliki sponsor dari negara Amerika. Namun untuk masalah kekuatan pasukan, Indonesia jauh mengungguli dari jumlah pasukan militer Israel, tidak hanya itu kini keberadaan pasukan elite tentara Indonesia telah banyak mencuri banyak perhatian khusus dari militer dunia karena ketangguhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *