Perbedaan Sosok Ayah Dan Ibu Dalam Mengasuh Anak

Jauh jauh hari sebelum kita lahir, didunia ini sudah ada 2 Orang yang menunggu kedatangan kita. Mereka adalah ayah dan ibu. Beberapa bulan sebelum kita lahir mereka berdua telah menyiapkan nama, perlengkapan yang bakal kita butuhkan. Bahkan tak jarang sebuah kamar pun disiapkan khusus untuk menyambut kedatangan kita di dunia.

Perbedaan sosok ibu dan ayah dalam pengasuhan
Perbedaan sosok ibu dan ayah dalam pengasuhan.  image [source

Beruntung lah kita yang ketika hadir didunia didampingi oleh kedua sosok ayah dan ibu tersebut. Merekalah Yang sepanjang waktu ada untuk kita, terjaga di sepanjang malam hanya untuk memastikan kita aman dan mengganti popok kita ketika kita bab atau bak. Namun tahukah kamu bahwa meskipun sosok ayah dan ibu tersebut kompak bahu membahu dalam membesarkan kita, terdapat perbedaan yang mencolok pada gaya mereka mengasuh kita? Mungkin kamu tidak pernah menyadari perbedaan cara asuh antara ibu dan ayah tersebut. Penasaran? Inilah daftarnya.

1. Perbedaan antara ayah dan ibu dalam hal menyuapi kita.

Ibu biasanya merupakan sosok yang lebih sabar dan lebih telaten. Ketika menyuapi si bayi, ibu akan menggunakan sendok yang memang di pakai untuk menyuapi bayi. Makanan akan disiapkan sedikit demi sedikit untuk memastikan si bayi tidak tersedak. Meskipun sedikit demi sedikit disuapkan, biasanya makanan tersebut habis.

Perbedaan sosok ayah dan ibu saat memberi makan anak
Perbedaan sosok ayah dan ibu saat memberi makan anak.  image [source

Sosok ayah biasanya dikenal dengan sosok yang kurang telaten dan terkesan serampangan dalam menyuapi anak. Boro boro sempat memikirkan sendok khusus untuk menyuapi bayi, mereka biasanya menggunakan sendok yang pertama kali mereka temui. Bahkan jika tidak menemukan sendok, bisa bisa centong nasi pun dipakai untuk menyuapi bayi. Jika si ibu menyuapi bayi sedikit demi sedikit, maka si ayah ini akan cenderung menjejalkan sebanyak mungkin makanan ke mulut bayi dalam sekali waktu. Yang penting bagi para ayah ini adalah, makanan cepat habis. Ketika si anak menolak makanan dalam upaya pertama menyuapi, si ayah biasanya akan langsung berkesimpulan bahwa anaknya tidak mau makan. Berbeda dengan si ibu, ketika anaknya menolak untuk makan, ia akan berusaha sekuat tenaga untuk membuat si anak mau makan. Meskipun harus dengan berbohong ada pesawat yang pura-pura akan mendarat di mulut kita.

2. Perbedaan ayah dan ibu dalam memberi ijin.

Ibu merupakan sosok yang lebih hati hati. Terhadap semua aktivitas anak anaknya, dia akan berusaha keras untuk mengetahui detail dan memastikan si anak aman. Sebagai contoh, ketika kita meminta ijin untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah teman, si ibu akan menanyakan serentetan pertanyaan. Berangkat jam berapa? pergi sama siapa? mengerjakan di rumah siapa? pulang jam berapa? Dan masih banyak pertanyaan lagi. Ketika kita sudah menjawab pertanyaan yang banyak tersebut biasanya kita juga disuruh minta ijin lagi kepada ayah kita.

Perbedaan tanggapan ayah dan ibu saat kita meminta ijin
Perbedaan  ayah dan ibu saat kita meminta ijin.  image [source

Lain halnya ketika kita meminta ijin untuk mengerjakan tugas kelompok kepada ayah. Si ayah biasanya tak ambil pusing dengan serentetan detail seperti yang ditanyakan oleh si ibu. Mereka cenderung percaya bahwa kita aman, bahwa kita sudah cukup besar untuk menjaga diri. Ketika dimintai ijin, dengan segera biasanya sang ayah akan menjawab ya tanpa perlu penjelasan lebih lanjut. Jujur saja ketika minta ijin, pasti kamu lebih memilih bicara dengan ayah kan daripada bicara dengan ibu.

3.perbedaan ayah dan ibu ketika mengajak kita kebun binatang

Seperti yang sudah di singgung di poin pertama tadi, sosok ibu sangat mementingkan keselamatan kita,. Sedangkan si ayah, lebih sering mengambil resiko untuk mendapatkan kesenangan yang lebih besar. Misalnya saja saat mengunjungi kebun binatang. Jika sang anak ingin menyentuh binatang, si ibu akan mendekap erat erat anaknya, memperhitungkan jarak yang aman dan kemudian membungkuk dikit untuk membiarkan si kecil meraih bagian tubuh binatang yang sekiranya tidak berbahaya. Si ibu secara sesama memperhitungkan jarak dan resiko bahaya yang mungkin di tanggung oleh anaknya jika terlalu dekat.

Perbedaan sosok ayah dan ibu ketika mengajak bermain di kebun binatang
Perbedaan sosok ayah dan ibu ketika mengajak bermain di kebun binatang.  image [source

Berbeda dengan si ibu, si ayah bisa saja hanya memegang ujung kaki si anak, sehingga anak dalam posisi tergantung junkir balik dan memasukkan si anak ke dalam kandang kura kura sambil berkata, “cepat cepat, sentuh punggung kura kura itu, ayah pegangi kakimu kuat – kuat.” si ayah tidak takut resiko sang anak akan terkilir ataupun di gigit kura kura. Mereka fokus pada kesenangan serta petualangan yang didapatkan.

4. Perbedaan ayah dan ibu ketika kamu mainan baru.

Ketika kamu mendapatkan mainan baru, entah dari kakek, dari nenek ataupun orang lainnya, ayah dan ibu mempunyai cara yang berbeda dalam menyikapi. Sang ibu biasanya akan membaca dengan tuntas petunjuk pemakaian serta prosedur keamanan dari mainan baru tersebut. Sang ibu akan mengajarimu bermain sesuai petunjuk yang ada dan mewanti wanti supaya kamu tidak begini begitu ketika bermain dengan mainan barumu tersebut. Tujuannya supaya kamu tetap aman ketika bermain.

Perbedaan sosok ayah dan ibu ketika anak mendapat mainan baru
Perbedaan sosok ayah dan ibu ketika anak mendapat mainan baru.  image [source

Hal yang berbeda terjadi ketika mainan barumu tersebut dipegang oleh sang ayah. Si ayah akan segera membuka kardus dan mengabaikan petunjuk keamanan cara pakai mainan baru tersebut. Si ayah akan mengajari mu bermain dengan mainan barumu tersebut tanpa mengikuti petunjuk ya. Namun sebelum membiarkan mu bermain dengan mainan baru, biasanya si ayah lah yang duluan bermain. Mereka bermain dengan cara mereka sendiri. Setelah si ayah puas bermain dan mencoba coba mainan barumu tersebut, barulah ia akan membiarkan menyentuh nya. Ketika si ibu membelikan mu mainan maka ibu tersebut memang ingin kamu memiliki mainan yang ia belikan. Namun ketika ayah membelikan mu mainan kadang alasannya adalah karena si ayah inilah yang ingin bermain dengan mainan tersebut dan memanfaatkan mu sebagai alasan.

5. Perbedaan ayah dan ibu ketika mengajakmu jalan jalan.

Ketika ibumu mengajak mu jalan jalan, biasanya ia akan menempatkan mu di stroller, mengunci pengaman dengan erat dan memastikan keselamatan. Saat mereka mengajakmu jalan jalan, berarti mereka ingin menikmati suasana bersama kamu di tempat tempat yang di tuju tersebut. Di sepanjang perjalanan si ibu akan fokus supaya kamu mendapatkan pemandangan pemandangan yang menyenangkan.

Perbedaan sosok ayah dan ibu ketika mengajak kita jalan jalan
Perbedaan sosok ayah dan ibu ketika mengajak kita jalan jalan.  image [source

Ketika si ayah mengajakmu jalan jalan, seringkali sosok ayah tersebutlah yang sebenarnya ingin menikmati pemandangan. Lagi lagi ayah hanya memakai kamu sebagai alasan supaya ia bisa pergi ketempat ketempat dimana tidak bisa ia datangi sendiri tanpamu. Misalnya saja mendatangi toko mainan. Jiwa ingin bermain pada laki laki tak pernah hilang. Karena mereka sudah tua mereka malu mendatangi tempat tempat tertentu seperti game center atau toko mainan. Namun setelah ada kamu, sosok ayah ini punya alasan untuk pergi kemana pun di tempat anak anak bisa bersenang senang.

6. Perbedaan yang dipikirkan sosok ayah dan ibu ketika teringat moment moment bersamamu.

Si ibu akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak anaknya. Namun sang ayah akan berusaha menjadi ayah terbaik di dunia. Sehabis seharian piknik bersama mu di acara sekolah, malam harinya si ibu akan bertanya tanya dalam hati. Pertanyaan tersebut antara lain apakah aku sudah menjadi ibu yang baik tadi siang? Apakah aku sudah memberikan yang terbaik bagi anakku tadi siang? , apa anakku bahagia ketika menghabiskan waktu bersamaku tadi siang dan pertanyaan pertanyaan yang bersifat introspeksi diri lainnya.

Perbedaan ayah dan ibu ketika mengingat moment bersama seharian tadi
Perbedaan ayah dan ibu ketika mengingat moment bersama seharian tadi.image [source

Berbeda dengan si ibu, ketika habis seharian bertamasya bersama mu, yang terlintas di pikirannya ketika mau tidur di malam hari adalah, ” ah tadi siang aku pasti sosok ayah yang paling keren diantara ayah ayah lainnya”. Si ayah di malam itu bahkan sama sekali tidak memikirkan apakah kamu bahagia atau tidak ketika piknik bersamamu di siang harinya.

7. Perbedaan sosok ayah dan ibu dalam hal Cara memberikan hukuman.

Sosok ibu cenderung lebih memperhatikan detail dibanding sosok ayah. Itulah sebabnya ibu biasanya memberikan hukuman juga terhadap kesalahan kesalahan kecil yang dilakukan oleh anaknya. Karena ibu sangat memperhatikan detail, maka hukuman yang di berikan si ibu pun biasanya juga mendesain. Misal jika si anak tidak mau tidur padahal menurut aturan yang ia buat anak tersebut harus tidur, si ibu akan memberikan hukuman: tidak boleh makan permen, tidak boleh nonton tivi selama 5 jam, dan tidak diajak jalan jalan. Jika yang mengawasi jam tidur tersebut tiba giliran si ayah, maka ketika anak tidak mau tidur, hukuman yang diberikan kesehatan ada anak bisa berbeda beda.

Perbedaan sosok ayah dan ibu dalam memberikan hukuman
Perbedaan sosok ayah dan ibu dalam memberikan hukuman.  image [source

Hukuman yang diberikan berbeda tergantung si ibu sedang ada dirumah atau tidak. Ketika ibu sedang ada dirumah, si ayah akan pura pura memberikan hukuman yang tegas kepada anaknya yang melanggar jam tidur tersebut. Namun ketika si ibu tidak ada dirumah, sebetulnya si ayah tidak terlalu mempersalahkan apakah anaknya mau tidur atau tidak. Karena si ayah ini terkadang lebih suka anaknya dalam keadaan terjaga sehingga bisa ia ajak bermain.

Meskipun cara asuh ayah dan ibu berbeda, namun susah juga jika disuruh menentukan siapa sosok pengasuh yang lebih unggul. Penyebabnya adalah karena keberadaan keduanya saling melengkapi. Keduanya penting bagi perkembangan anak di masa pertumbuhannya. Terimakasih ayah. Terimakasih ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *