Sedang memuat 7 Peristiwa Ini Terekam Dan Menjadi Memori Terhebat Manusia Di Bumi

7 Peristiwa Ini Terekam Dan Menjadi Memori Terhebat Manusia Di Bumi

Bumi kita sudah ada sejak ribuan bahkan mungkin jutaan tahun yang lalu. Karenanya sudah pasti ada banyak hal yang terjadi di bumi ini. Dari yang paling bikin kita ketawa sampai yang bikin sedih bahkan trauma seumur hidup.

Namun, ada peristiwa-peristiwa besar yang pernah terjadi di muka bumi ini dan menjadi momen paling menggetarkan dalam abad ini. Tujuh peristiwa berikut begitu lekat diingatan manusia yang mengalaminya. Bahkan hingga detik ini, peristiwa-peristiwa ini masih jelas dalam ingatan.

1. Letusan Dahsyat Gunung Krakatau

Puluhan tahun berselang setelah letusan dahsyat Gunung Tambora di Sumbawa pada 1815, tepatnya sekitar 26-27 Agustus 1883, alam kembali didera bencana dahsyat. Gunung Krakatau di perairan Sunda meletus hingga menghilangkan beberapa bagian dari pulau Sumatera dan Jawa.

Krakatoa_eruption_lithograph
Letusan Dahsyat Gunung Krakatau [ Image Source ]

Hampir sama dengan Gunung Tambora, letusan gunung Krakatau juga berdampak panjang. Letaknya yang di tengah laut menyebabkan tsunami besar yang menyapu beberapa daerah di Sumatera dan Jawa. Tak hanya itu, langit di dunia tertutup abu vulkanik selama beberapa hari. Bencana ini menewaskan tak kurang dari 36.000 jiwa.

2. Tenggelamnya Kapal Titanic

Inggris tengah bergejolak dengan revolusi industrinya kala bencana ini terjadi. Adalah Titanic, nama kapal terbesar yang diciptakan oleh Inggris dan menjadi yang terbesar di dunia. Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju pada masa itu, bahkan disebut-sebut jika kapal uap raksasa ini tak mungkin tenggelam.

the-garden-of-eaden-titanic-pictures
Tenggelamnya Kapal Titanic [ Image Source ]

Pada pelayaran perdananya pada 10 April 1912, Titanic berlayar dari Southampton, Inggris ke New York City, Amerika dengan membawa lebih dari 2000 orang penumpang yang terdiri dari 3 kelas. Hingga pada Rabu, 10 April 1912 Titanic menabrak gunung ES yang membuat lambuung kapal sobek. Pada Minggu, 14 April 1912 hingga Senin dini hari kapal pesiar raksasa ini pun tenggelam dan menewaskan lebih dari 1500 jiwa. Peristiwa Titanic adalah tragedi terburuk sepanjang sejarah kelautan dunia. Dan kisahnya termasuk hingga kini. Sampai saat ini, bangkai Titanic masih ada di dasar laut Samudera Atlantik.

3. Jatuhnya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki

Sejarah Perang Dunia I dan II tak akan pernah lekang oleh waktu. Salah satu yang paling fenomenal adalah dijatuhkannya bom atom atau bom nuklir ke 2 kota di Jepang pada 6 dan 9 Agustus 1945 oleh Amerika Serikat.

DETIK-DETIK BOM ATOM DIJATUHKAN DI HIROSHIMA DAN NAGASAKI DENGAN KODE LITTLE BOY DAN FAT MAN (6)
Jatuhnya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki [ Image Source ]

Peristiwa ini terjadi sebagai balasan atas tindakan Jepang yang telah membombardir pangkalan laut Amerika, Perl Harbour di Hawai. Amerika yang tidak ingin terlibat perang, akhirnya harus ikut untuk membalasnya. Peristiwa memilukan itu pun terjadi. Pada 6 Agustus 1945 bom “Little Boy” dijatuhkan di kota Hiroshima, dan pada 9 Agustus 1945 bom “Fat Man” dijatuhkan di kota Nagasaki. Kedua peristiwa ini menewaskan banyak sekali warga Jepang, dan membuat Jepang menyerah pada Sekutu. Hingga kini radiasi nuklir masih ada di sekitar Hiroshima dan Nagasaki.

4. Tewasnya Adolf Hitler dan Jatuhnya Nazi

Perang Dunia memang melibatkan banyak pihak dari seluruh dunia. Banyak tokoh-tokoh dunia yang terlibat dalam perang ini. Salah satunya adalah pelopor Nazi Jerman, Adolf Hitler. Sosok ini begitu dibenci karena kebengisannya, tapi di masa kini, kepemimpinan dan karakternya adalah salah satu yang sangat diidolakan.

923038-adolf-hitler
Tewasnya Adolf Hitler [ Image Source ]

Di tangannya banyak nyawa melayang. Tercatat sekitar 50 juta orang tewas, termasuk 6 juta kaum Yahudi yang dibencinya. Selama Perang Dunia II berlangsung, Hitler telah memimpin Nazi dan Jerman dengan otoriter. Ia juga dengan tega melakukan genosida pada kaum Yahudi dari beberapa daerah jajahannya, seperti Polandia dan Perancis.

Tak heran masyarakat di dunia begitu senang mendengar Nazi telah jatuh dan Adolf Hitler ditemukan tewas pada 30April 1945. Diduga, Hitler melakukan aksi bunuh diri dengan menembakkan pistolnya ke kepalanya. Di dekat jasadnya ditemukan pula jasad sang istri, Eva Braun.

5. Tragedi Gedung WTC

Tanggal 11 September, mungkin menjadi tanggal keramat bagi warga Amerika. Pasalnya di tanggal ini, 15 tahun yang lalu, dua menara World Trade Center (WTC) runtuh ditabrak dua pesawat. Diduga pelaku serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris Al Qaeda.

tragedi-wtc
Tragedi Gedung WTC [ Image Source ]
Serangan dilakukan dengan menabrakkan pesawat komersil ke gedung. Satu pesawat menabrak satu gedung. Sertelah diselidiki, pesawat-pesawat yang digunakan didapatkan kelompok teroris ini dengan membajaknya. Dalam peristiwa ini banyak orang tewas, ada pula yang luka-luka. Peristiwa ini menjadi perhatian dunia dan PBB.

6. Tsunami Pulang Kampung ke Jepang

Pada 11 Maret 2011, Jepang ditimpa bencana tsunami hebat. Banyak yang bilang, jika tsunami kali ini sedang pulang kampung. Pasalnya, nama tsunami berasal dari bahasa Jepang itu sendiri yang artinya adalah bergulung-gulung.

gelombang_besar_tsunami_jepang_11_maret_2011
Tsunami Pulang Kampung ke Jepang [ Image Source ]

Dalam peristiwa tsunami dengan tinggi gelombang 10 meter ini, sedikitnya 15.269 jiwa tewas dan 8526 lainnya hilang. Tsunami pada 2011 ini menerjang pantai Semenanjung Oshika dan pantai timur Tohoko serta beberapa lokasi lain di Jepang pada pukul 5:46 atau 14:46 waktu setempat.

7. Bencana Tsunami Samudera Hindia. Menimpa Aceh Indonesia

Indonesia juga pernah diterjang tsunami dari Samudera Hindia. Tepatnya di Aceh, 26 Desember 2004. Tsunami Samudera Hindia ini adalah bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah. Pusat gempa yang berada di lepas pantai sbelah barat Sumatera, membuat Indonesia mengalami dampak yang paling besar selain India, Sri Lanka, dan Thailand.

tsunami-aceh
Bencana Tsunami Samudera Hindia. Menimpa Aceh Indonesia [ Image Source ]

Sebelum tsunami datang, Aceh dan Sumatera Utara didera gempa berskala tinggi. Gempa ini dikenal dengan gempa Sumatera-Andaman. Dalam peristiwa ini lebih dari 230.000 orang dari 14 negara tewas dan ada yang hilang.

Itulah 7 peristiwa besar yang terjadi di dunia. Konon orang bijak pernah berkata bahwa di muka bumi ini, beberapa hal buruk memang sudah digariskan dan harus terjadi, demi keseimbangan kehidupan manusia.  Semoga ke depannya, dunia kian membaik. Tak ada lagi perang, tak ada saling serang, tak ada lagi pembantaian, dan alam bisa lebih bersahabat dengan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *