Sedang memuat 8 Tindakan Dasar Penyelamatan Ini Perlu Kamu Kuasai, Siapa Tahu Suatu Saat Bisa Menolong Nyawa Orang Terdekatmu.

8 Tindakan Dasar Penyelamatan Ini Perlu Kamu Kuasai, Siapa Tahu Suatu Saat Bisa Menolong Nyawa Orang Terdekatmu.

Tindakan Sederhana Yang Menyelamatkan Nyawa

Rejeki, nyawa dan jodoh ada di tangan tuhan. Kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan. Bisa jadi, kita tertawa-tawa sekarang, dan semenit kemudian sebuah truck nyelonong menabrak warung makan saat kita sedang minum segelas teh didalamnya. Bisa juga, saat sedang berjemur di pantai, tiba-tiba ombak tinggi menyeret dan menenggelamkan kita di perairan dalam. Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja. Terkadang berbagai situasi darurat tersebut membuat orang tidak sadarkan diri. Karena suatu kondisi tertentu kadang denyut jantung serta nafas seseorang bisa terhenti. Jika orang yang terhenti denyut jantung serta nafasnya tersebut adalah orang yang sangat kita sayangi, tentu kita akan panik.

8 Tindakan Dasar Penyelamatan Ini Perlu Kamu Kuasai, Siapa Tahu Suatu Saat Bisa Menolong Nyawa Orang Terdekatmu.
8 Tindakan Dasar Penyelamatan Ini Perlu Kamu Kuasai, Siapa Tahu Suatu Saat Bisa Menolong Nyawa Orang Terdekatmu. image [source]

Ketika menemui orang yang pingsan tidak sadarkan diri akibat suatu kecelakaan, maka tindakan kita saat itu bisa membuat perbedaan besar. Jika kita melakukan tindakan penyelamatan yang tepat orang yang kita sayangi tersebut punya peluang lebih besar untuk selamat. Apalagi jika kondisi gawat darurat tersebut terjadi di lokasi yang susah dijangkau oleh para medis. Ketika kita adalah satu satunya orang disana maka mau tidak mau, siap tidak siap kita harus melakukan tindakan penyelamatan itu. Berikut ini tindakan penyelamatan dasar yang perlu dikuasai oleh semua orang. Kita tidak akan pernah tahu kondisi gawat darurat apa yang akan dialami oleh orang terdekat kita.

1. Tindakan Untuk Mereka Yang Nafas Serta Detak Jantungnya Terhenti.

Kecelakaan entah karena tengelam, terjatuh atau pun tabrakan seringkali membuat korbannya tak sadarkan diri. Sering juga terjadi kegagalan fungsi jantung dan paru paru. Akibat kedua organ vital ini tidak bekerja, aliran darah serta pasokan oksigen ke seluruh tubuh bisa terhenti. Otak merupakan organ yang rentan mengalami kerusakan ketika pasokan oksigen terhenti. Kekurangan oksigen selama beberapa detik saja, fungsi otak bisa rusak ketika sadar kembali. Oleh karena itu, ketika ada orang pingsan dengan kegagalan fungsi jantung dan paru paru tersebut, penting bagi kita untuk memastikan otak si korban tetap mendapatkan suplai oksigen. Cara nya adalah dengan melakukan CPR.

Tindakan Untuk Mereka Yang Nafas Serta Detak Jantungnya Terhenti.
Tindakan Untuk Mereka Yang Nafas Serta Detak Jantungnya Terhenti. image [source]

CPR sendiri merupakan singkatan dari cardiopulmonary resuscitation yang artinya tindakan pemberian tekanan pada dada serta nafas buatan pada orang yang jantung serta paru parunya berhenti berdetak. Ada beberapa teknik CPR yang dilakukan oleh paramedis seperti memberikan tekanan pada dada dan memberikan nafas buatan lewat saluran pernafasan penderita. Namun bagi orang awam seperti kita, CPR dengan cara memberikan tekanan pada dada saja sudah cukup. Teknik CPR dengan cara memberikan tekanan pada daa ini disebut dengan compression only CPR. Cara memberikan pertolongan dengan CPR kompresi dada ini cukup mudah. Langkah pertama, berlututlah disamping leher dan bahu korban. Kemudian letakkan satu telapak tangganmu di bagian tengah dada, tepatnya diantara ke dua puting susu. Langkah ke dua, letakkan telapak tangan satunya di atas telapak tangan yang pertama tadi. Dengan posisi lengan lurus tekan dada si korban sedalam kira-kira 5 senti dan kemudian lepaskan. Lakukan proses tersebut berulang ulang dengan tempo 100 tekanan tiap menit. Langkah ketiga, cek apakah si korban sudah bisa bernafas sendiri atau belum. Jika belum lanjutkan tindakan tersebut sampai paramedis datang menolong.

2. Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Terkena Serangan Jantung.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang umum terjadi. Penyakit ini juga bisa dikatakan sebagai penyakit yang mematikan. 1 diantara tujuh kematian di amerika serikat disebabkan oleh serangan jantung ini. Gejala serangan jantung ada beberapa macam. Biasanya si penderita akan mengalami nyeri di dada. Nyeri dada tersebut terjadi di bagian tengah atau kiri. Jika tidak hilang selama 5 menit lebih kamu patut waspada. Orang yang mengalami serangan jantung biasanya juga mengalami sulit bernafas, nafas menjadi pendek pendek, muncul keringat dingin dan merasa lemah secara tiba tiba. Gejala paling parah, orang tersebut pingsan dan detak jantung nya terhenti.

Pertolonga Pertama Pada Orang Yang Terkena Serangan Jantung.
Pertolonga Pertama Pada Orang Yang Terkena Serangan Jantung. image [source]

Ketika menghadapi orang yang terkena serangan jantung, mengenali gejala serangannya adalah bagian paling penting. Setelah kita tahu bahwa orang tersebut terkena serangan jantung, langkah pertama adalah menghubungi nomor darurat di 118 atau 119. Sambil menunggu paramedis datang, dudukkan si penderita sehingga dia tidak perlu menopang beban tubuhnya. Kendorkan semua pakaian agar ia bisa bernafas dengan lega, setelah itu ajak bicara supaya tetap sadar. Tanyakan apakah ia membawa obat darurat pemberian dokter. Orang dengan riwayat penyakit jantung biasanya membawa obat obatan kemanapun dia pergi. Obat tersebut biasanya berupa aspirin kunyah untuk meringankan gejala serangan jantung darurat. Jangan sekali kali memberikan obat pada si penderita tanpa tahu riwayat kesehatannya. Obat yang dibetikan secara serampangan justru bisa memperburuk serangan jantung tersebut. Jika penderita mulai tidak sadar dan denyut jantungnya terhenti, lakukan langkah CPR kompresi dada seperti yang sudah dijeaskan pada point pertama.

3. Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Tersedak.

ada makanan atau benda kecil meyumpat saluran pernafasan, orang tersebut menjadi susah bernafas dan sulit berbicara. Kondisi ini dinamakan dengan tersedak. Setiap orang pasti pernah tersedak. Meskipun terdengar sepela, namun efeknya bisa fatal. Tersedak membuat oksigen tidak sampai ke otak. Jika tersedak terjadi selama 4 menit, maka otak bisa mengalami kerusakan. Keadaan menjadi gawat jika orang yang tersedak tersebut sampai tidak mampu bernafas, berbicara dan terbatuk. Gejala yang bisa diamati pada orang yang tersedak biasanya adalah memegangi leher dengan mulut terbuka. Ketika melihat orang dengan tanda-tanda tersedak ini, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan.

Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Tersedak.
Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Tersedak. image [source]

Palang merah internasional baru baru ini telah memperbaharui cara pemberian pertolongan pertama pada orang yang tersedak. Ada dua tindakan yang bisa diberikan. Tindakan pertama disebut dengan  back blow. Sedangkan tindakan kedua disebut dengan abdominal trust. Gerakan blow back ini pada dasarnya adalah memberikan tepukan dengan pangkal telapak tangan di bagian tengah punggung. Gerakan back blow ini bisa dilakukan pada bayi berumur 1 tahun hingga orang dewasa. Lakukan gerakan back blow selama 5 kali. Jika orang tersebut masih juga tersedak, lakukan gerakan ke dua yang disebut dengan abdominal trust. Orang yang tersedan tersebut diminta berdiri tegak, kemudian kamu memeluk dari belakang dengan tanganmu dikebalkan dan di taruh di depan pusar. Penderita kemudian diminta membungkuk. Dan dengan gerakan seolah mengangkat orang tersebut, kamu menekan perut si penderita dengan ke dua tangan. Lakukan gerakan abdominal trust ini selama 5 kali juga. Jika masih tersedak juga,lakukan ke dua gerakan di atas bergantian sambil menunggu paramedis datang.

4. Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Mengalami Pendarahan.

Darah merupakan komponen penting dalam tubuh kita. Fungsi darah ini adalah mengedarkan makanan serta oksigen keseluruh tubuh. Jika darah dalam tubuh kita berkurang, maka suplai oksigen akan terganggu. Akibat kekurangan oksigen tersebut, tubuh akan terasa lemah dan pingsan. Setiap hari kita hidup di dunia yang keras. Benturam dengan bebagai jenis benda terkadang membuat tubuh kita mengalami pendarahan. Pendarahan juga bisa terjadi karena tubuh tertusuk benda benda tertentu. Ada kalanya darah cuma merembes, namun tak jarang darah sampai mengalir deras. Jika pendarahan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, nyawa si penderita bisa melayang. Oleh karena itu orang yang mengalami pendarahan harus segera di tolong.

Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Mengalami Pendarahan.
Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Mengalami Pendarahan. image [source]

Untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami pendarahan ini, pertama pastikan tanganmu bersih. Kemudian bersihkan luka dari beberapa kotoran. Jika pendarahan disebabkan karena masuknya benda benda tertentu jangan cabut benda tersebut untuk menhndari pendarahan yang lebih parah. Langkah berikutnya dengan kain kasa atau perban steril, tekan daerah luka tersebut selama 20 menit. Tidak perlu di lihat dulu apakah pendarahan sudah berhenti atau belum. Cukup terus menerus tekan saja. Jika setelah 20 menit masih terjadi pendarahan, lakukan penekanan pada nadi yang melewati daerah luka tersebut. Jika luka di bagian tangan, maka nadi utama letaknya di lengan bagian ketiak. Jika luka di kaki, maka tekan nadi yang ada di pangkal paha. Setelah pendarahan berhenti. Pastikan tidak ada patah tulang dan posisikan bagian yang luka lebih tinggi dibandingkan bagian tubuh lainnya. Kunci bagian tersebut supaya tidak banyak bergerak. Kemudian hubungi petugas paramedis.

Cukup sederhana bukan tindakan tindakan penyelamatan di atas. Jangan hanya karena todak pernah belajar di dunia kedokteran, kamu membiarkan orang terdekatmu kehilangan nyawa. Pelajarilah cara cara sederhana tersebut sehingga suatu saat ketika menghadapi orang yang butuh pertolongan, kamu siap kapan saja.langkah utama memang menghubungi paramedis ketika kondisi gawat darurat tersebut terjadi. Namun sebelum mereka datang tindakan tindakan kecil tersebut sangat berpengaruh besar terhadap keselamatan orang yang kamu sayangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *