Sedang memuat Buncit Karena Perut Kembung, Bisa Terjadi Karena Makanan.

Buncit Karena Perut Kembung, Bisa Terjadi Karena Makanan.

Memiliki perut besar belum tentu menandakan bahwa berat badan anda naik. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah perut anda sedang mengalami kembung. Semua usia bisa mengalami masalah perut seperti kembung. Namun frekuensi kembung yang keseringan tentunya membuat seseorang pasti merasa tidak nyaman dengan keadaannya.

Kembung pada perut terjadi karena terdapatnya banyak udara yang terperangkap di perut. Dr. Ashok Tuteja yang merupakan profesor klinis penyakit dalam mengatakan bahwa, “ Tubuh kita bisa membuat lebih banyak udara dari yang seharusnya dibuat, atau ada masalah atau gangguan melepaskan gas secara teratur”. Pemicu kembung juga bisa terjadi karena kebiasaan merokok, asam refluk, obat-obatan, dan juga bernapas lewat mulut. Menurut Tuteja semua masalah kembung itu dialami sekitar 21 persen orang dewasa.

perut kembung

image [source]

Makanan ternyata juga sangat berpengaruh besar pada perut kembung. “ini karena di dalam terdapat komponen tertentu dari makanan yang kita makan tidak terserap di usus halus sebagaimana mestinya” menurut pemaparan Cr. Alessio Fasano, ahli pencernaan anak. Penyerapan makanan yang tidak sempurna ini biasa disebabkan oleh karena kekurangan enzim usus yang juga menyebabkan laktosa intoleran. Makanan yang tidak sempurna di serap tadi kemudian berpindah ke usus besar yang kemudian dapat mengubahnya menjadi gas.

Terdapatnya mikroorganisme usus yang berlebihan ditengarai sebagai salah satu penyebab yang mengakibatkan terganggunya proses pemecahan makanan di dalam perut. Seperti yang di katakan Fasano bahwa “ perut kembung bisa juga terjadi karena kebanyakan mengkonsumsi makanan yang sulit diproses secara sempurna oleh usus halus, seperti saat makan kacang-kacangan”. Selain itu kembung juga dapat dipicu oleh makanan yang mengandung karbohidrat dengan rantai pendek seperti bawang, legume, buah, jamur, dan beberapa sayuran.

Meski dapat memicu terjadinya kembung, makanan tersebut tidaklah harus serta merta kita hindari dalam mengkonsumsinya. Namun jika frekuensi kembung sering terjadi pada perut, anda bisa menghindari untuk mengkonsumsinya. Salah satu cara gampang mengatasi pada orang dewasa bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jahe, jeruk nipis dan bawang merah. Namun bila terjadi kembung yang tak berkesudahan maka alangkah baiknya segera dibawa ke Dokter untuk di obati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *