Ini Lho Beberapa Posisi Pengunaan Gadget Yang Berbahaya Bagi Kesehatanmu.

Yuk Rubah Kebiasaan Memakai Gadget mu.

Orang orang zaman sekarang sepertinya sangat tergantung dengan gadget. Beberapa gadget wajib yang selalu mendampingi kemana pun mereka pergi antara lain: handphone, tablet, pemutar musik hingga laptop. Kecanduan manusia-manusia modern terhadap sosial media, game serta pekerjaan membuat gadget hadir dalam setiap aktivitas mereka termasuk tidur. Karena keasikan memakai gadget kadang manusia modern tersebut tidak lagi memperhatikan posisi mereka ketika memakai gadget. Karena sudah sangat kecanduan terhadap gadget mereka tidak lagi mendengar sinyal-sinyal dari tubuh yang kelelahan akibat penggunaan gadget dalam durasi yang lama.

Ini Lho Beberapa Posisi Pengunaan Gadget Yang Berbahaya Bagi Kesehatanmu.
Ini Lho Beberapa Posisi Pengunaan Gadget Yang Berbahaya Bagi Kesehatanmu. image [source]

Ternyata hadirnya gadget di setiap kesempatan dalam hidup manusia tersebut membawa ancaman tersendiri bagi kesehatan. Berbagai posisi penggunaan gadget yang meleset dari perhatian kita ternyata bisa mendatangkan efek buruk bagi kesehatan kita. pengen tahu posisi penggunaan gadget yang membahayakan bagi kesehatanmu tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

1.Posisi Leher Membungkuk Ketika Menulis Pesan.

Ketika menggunakan Handphone ada sebagian orang yang memposisikanya sejajar dengan perut dan leher membungkuk. Tujuan dari membungkuknya leher ini adalah agar mata mampu membaca teks dengan lebih jelas. Posisi seperti ini ternyata berbahaya bagi kesehatan. Seorang ahli bedah saraf dari rumah sakit khusus bedah saraf di newyok menyatakan bahwa posisi leher membungkuk tersebut membuat lempengan tulang belakang paling atasmu menerima tekanan seberat 60 poun. 60 pound ini kira-kira setara dengan berat 4 bola bowling.

Posisi Leher Membungkuk Ketika Menulis Pesan
Posisi Leher Membungkuk Ketika Menulis Pesan. image [source]

Berada dalam posisi tersebut dalam jangka waktu yang lama mempercepat proses degenerasi dari saraf tulang belakang. Padahal saraf tulang belakang merupakan bagian penting dari sistem saraf kita. tulang belakang mengatur otot motorik kita. jika saraf tulang belakang mengalami kerusakan kelumpuhan pada berbagai organ anggota gerak bisa terjadi. Saraf tulang belakang juga mengatir kerja otot otot tak sadar yang mengendalikan organ-organ dalam seperti lambung, paru-paru dan jantung. Jika saraf tulang belakang mengalami gangguan, bisa dibayangkan gangguan kesehatan seperti apa yang bakal kita alami. Untuk mencegah timbulnya tekanan pada keping tulang belakang paling atas tersebut usahakan posisi handphone setinggi dada sehingga untuk melihat layar cukup mata saja yang melirik ke bawah. Tidak perlu leher.

2.Duduk Merosot Dengan Laptop Di Perut.

Ketika kita sedang banyak tugas, namun badan terasa lelah untuk tetap duduk di depan meja kerja, biasanya kita akan duduk di sofa yang empuk dengan laptop tertumpu pada perut. Kaki kita posisikan menyilang dan pundak semakin melorot ke bawah dari sandaran. Kamu mungkin berpendapat bahwa posisi tersebut menguntungkan karena selain istirahat kamu bisa sekalian menyelesaikan pekerjaan. Namun faktanya posisi penggunaan laptop yang seperti itu berbahaya bagi tubuh dan mampu memicu gangguan kesehatan.

Duduk Merosot Dengan Laptop Di Perut.
Duduk Merosot Dengan Laptop Di Perut. image [source]

Posisi duduk melorot bersandar di sofa sambil bekerja dengan laptop tersebut membuat leher kita kaku. Posisi tersebut juga membuat ruas tulang belakang paling bawah kita terdorong ke belakang. Jika posisi tersebut diulang-ulang dalam jangka waktu yang lama, kita akan menderita skoliosis, lordosis, ataupun kifosis. Penyakit penyakit tersebut merupakan bentuk tulang belakang yang membengkok ke kanan, ke kiri, ke depan atau ke belakang. Posisi duduk yang paling baik bagi tulang belakang adalah posisi lotus seperti dalam gerakan yoga. Ketika duduk usahakan tulang belakang lurus ke atas. Untuk mencapai posisi lotus ini usahakan memakai meja kecil ketika ingin duduk lesehan sambil bekerja dengan laptop.

3. Duduk Menunduk Dengan Tablet Di Pangkuan.

Tablet mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebih berat dari handphone. Oleh sebab itu kebanyakan orang akan meletakkan tablet ketika memakai. Berbeda dengan handphone yang di pegang. Salah satu favorit para pengguna tablet adalah duduk dengan kaki dilipat ke belakang dan tablet di letakkan di atas pangkuan. Dengan posisi ii ketika melihat layar tablet, leher harus di dorong ke depan membengkok.

Duduk Menunduk Dengan Tablet Di Pangkuan.
Duduk Menunduk Dengan Tablet Di Pangkuan. image [source]

Peneliti dari sekolah kesehatan Harvard mengungkapkan bahwa ketika memakai tablet leher kita lebih sering membungkuk ke depan dibandingkan saat kita memakai laptop atau komputer dekstop. Kondisi ini bisa memicu sakit pada leher bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Menurut peneliti tersebut posisi yang dianjurkan saat memakai tablet sambil beristirahat adalah dengan berbaring miring dan tablet di pegang degan 1 tangan. Kemudian ganti posisi ke sisi tubuh yang satunya tiap beberapa menit. Dengan posisi seperti ini resiko sakit leher bisa diminimalkan.

4. Berbaring Di Sofa Dengan Bertumpu Pada Perut Sambil Baca Tablet Di Lantai.

Lagi lagi sofa yang empuk merupakan tempat paling nyaman untuk istirahat. Beberapa orang kerap berbaring di sofa tengkurap dengan menumpu pada perut. Sementara itu tablet yang sedang ia gunakan di letakkan di lantai. Leher orang tersebut kemudian menjulur keluar dari sofa untuk bisa melihat layar tablet. Posisi seperti ini sangat beresiko memicu gangguan otot dan sendi-sendi leher. Penyebabnya, secara alami gaya gravitasi akan menarik berat lehermu ke bawah. Lehermu akan secara otomatis melawan tarikan ke bawah tersebut dengan kontraksi otot leher. Otot leher yang terus menerus menahan tarikan ini akan beresiko mengalami kelelahan dan terkilir.

Berbaring Di Sofa Dengan Bertumpu Pada Perut Sambil Baca Tablet Di Lantai
Berbaring Di Sofa Dengan Bertumpu Pada Perut Sambil Baca Tablet Di Lantai. image [source]

Jika ingin aman berbaring sambil menggunakan tablet, maka berbaringlah dengan bertumpu pada tulang belakang. Kemudian pegangkan tablet mu di atas kepala dengan kedua tangan. Memang sih dalam hitungan menit tanganmu akan merasa kelelahan dan harus beristirahat. Namun justru itulah keuntunganya. Dengan sebentar-sebentar beristirahat, tidak akan ada otot tubuhmu yang mengalami kelelahan.

5. Tengkurap Sambil Bertumpu Pada Siku.

Satu lagi posisi memakai gadget yang berbahaya. Posisi tersebut adalah berbaring tengkurap dengan bertumpu pada siku sementara telapak tangan memegang hp. Posisi seperti ini berbahaya karena di daerah siku terdapat saraf ulnaris yang mengatur gerak jari tangan serta legan bawah tangan. Ketika siku dijadikan tumpuan dalam jagka waktu yang lama, maka saraf ulnar ini akan terjepit dan mati rasa. Efek yang kamu rasakan, tanganmu jadi kebas, mati rasa dan seperti kesemutan.

Tengkurap Sambil Bertumpu Pada Siku.
Tengkurap Sambil Bertumpu Pada Siku. image [source]

Ketika dalam keadaan terjepit ini tanganmu serasa lemas dan tidak punya tenaga. Untuk menghindari terjepitnya saraf ulnar di sekitar siku ini sebaiknya kamu berada dalam posisi miring. Dengan berbaring miring maka baik tulang belakang maupun sikumu tidak akan banyak mendapatkan tekanan. Sementara itu handphone kamu pegang dengan kedua tangan. Ketika salah satu tangan yang di posisi atas kelelahan, yang perlu kamu lakukan hanyalah berbalik posisi.

Setelah membaca informasi diatas, kebiasaan pakai gadgetmu sudah benar belum posisinya. Jika sudah benar, maka kesehatanmu akan aman. Namun jika ternyata masih salah, cepat-cepat rubah ya kebiasaan buruk tersebut, agar tidak mengakibatkan efek yang merugikan bagi kesehatan tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *