Sedang memuat Ini Proyek Futuristik Yang Akan Dilakukan NASA Dalam Menjelajahi Luar Angkasa Beberapa Tahun Ke Depan.

Ini Proyek Futuristik Yang Akan Dilakukan NASA Dalam Menjelajahi Luar Angkasa Beberapa Tahun Ke Depan.

Misi Nasa Dalam Mempelajari Ruang Angkasa

NASA merupakan badan antariksa milik amerika serikat yang didirikan pada tahun 1958. NASA didirikan untuk mengungguli Uni sovyet yang juga gencar dalam mengeksplorasi ruang angkasa. Jadi ceritanya, amerika serikat tidak mau kalah Uni Sovyet. Maklum, waktu itu amerika memang sedang saingan ingin menjadi yang terkuat pengaruhnya bagi negara negara lain di dunia.

Ini Poyek Futuristik Yang Akan Dilakukan NASA Dalam Menjelajahi Luar Angkasa Beberapa Tahun Kedepan.
Ini Poyek Futuristik Yang Akan Dilakukan NASA Dalam Menjelajahi Luar Angkasa Beberapa Tahun Kedepan.image [source]

Akhirnya amerika dengan NASA nya menang dalam perang kecanggihan teknologi tersebut. NASA berhasil mengirimkan astronotnya untuk mendarat ke bulan. Sementara Uni sovyet bekum berhasil. Untuk menang bersaing dengan Uni Sovyet tersebut, jutaan dolat telah digelontorkan. Dari pertama berdiri tahun 1958 tersebut NASA telah meluncurkan 200 lebih proyek luar angkasa. Salam satu yang paling terkenal misalnya mendaratkan robot curiousity ke planet mars. Ternyata keberhasilanmendaratkan robot penjelajah ke mars bukanlah puncak dari proyek proyek NASA. Berikut ini ada beberapa proyek futuristik NASA yang akan di realisakikan dalam beberapa tahun kedepan.apa saja proyek canggih NASA dalam menjelajahi luar angkasa tersebut? ini info lengkapnya

1. Peluncuran PARKER, Pesawat Penjelajah Matahari.

 Peluncuran PARKER, Pesawat Penjelajah Matahari.
Peluncuran PARKER, Pesawat Penjelajah Matahari. image [source]

Matahari tentu saja terlalu panas untuk di datangi. Namun NASA tetap nekat berencana meluncurkan pesawwat penjelajah untuk mempelajari matahari. Bagaimana struktur matahari serta bagaimana mekanisme pembentukan panas matahari akan di pelajari oleh pesawat ini. berangkat dari bumi pada tahun 2018 mendatang dan di perkirakan akan sampai di tujuan pada tahu 2025. Bayangkan jauhnya jarak yang harus di lewati si parker ini padahal ia sudah bergerak dengan kecepatan 690 ribu kilometer perjam.

2. EUROPA CLIPPER, Misi Menjelajahi Salah Satu Bulan Milik Jupiter.

EUROPA CLIPPER, Misi Menjelajahi Salah Satu Bulan Milik Jupiter.
EUROPA CLIPPER, Misi Menjelajahi Salah Satu Bulan Milik Jupiter. image [source]

Planet terbesar di tata surya kita ini adalah jupiter. Jupiter punya banyak bulan dan salah datunya bernama Europa. Europa ini diketahui memiliki lautan sama seperti yang ada di bumi. Sebuah misi dengan nama europa clipper akan menjelajahi permukaan salah satu bulan di kupiter ini guna menemukan air, zat zat kimia tertentu serta sumber energi yang mampu mendukung bentuk kehidupan lain. akankah europa clipper ini menemukan allien? Kita tunggu bersama.

3. JUICY, Misi Penjelajahan 3 Bulan Milik Jupiter

JUICY, Misi Penjelajahan 3 Bulan Milik Jupiter
JUICY, Misi Penjelajahan 3 Bulan Milik Jupiter image [source]

Hampir mirip dengan misi Europa clipper diatas, juici ini juga bertujuan mempelajari 3 bulan di jupiter yang bernama europa,calisto dan ganymede. Kondisi lingkungan struktur bulan bulan, serta evolusi bulan di jupiter akan di pelajari secara seksama. Misi ini juga akan mencari tahu apakah ketiga bulan tersebut dapat di tinggali. Mulai di berangkatkan pada tahun 2022 mendatang pesawat penjelajah juici akan sampai di target lokasi dalam 7 tahunan.

4. ARM, Misi Menghalau Asteroid Agar Tidak Menabrak Bumi.

ARM, Misi Menghalau Asteroid Agar Tidak Menabrak Bumi.
ARM, Misi Menghalau Asteroid Agar Tidak Menabrak Bumi.image [source]

Trauma dengan kepunahan dinosaurus akibat kejatuhan meteor pada jutaan tahun yang lalu rupaya membuat NASA berjaga jaga. Mereka berencana meluncurkan pesawat ruang angkasa berukuran rasasa. Pesawat tersebut punya lengan dari besi untuk mencengkeram asteroid yang berukuran besar. Ketika ada asteroid yang mendekati bumi, pama pesawat ARM akan menangkap asteroid dengan lengannya dan kemudian membawanya terbang ke arah lain sehingga tidak menabrak bumi. Wah kaya film armageddon dong. Tapi sayang dana dari proyek ini baru saja di porong oleh presiden Trump.

5. EUCLID, Misi Yang Dilakukan NASA Dalam Mencari Info Tentang Materi Gelap.

EUCLID, Misi Yang Dilakukan NASA Dalam Mencari Info Tentang Materi Gelap.
EUCLID, Misi Yang Dilakukan NASA Dalam Mencari Info Tentang Materi Gelap. image [source]

Pada umumnya, partikel penyusun zat terdiri atas proton, neutron dan elektron. Namun ada satu zat yang belum di mengerti oleh para ilmuwan. Za tersebut adalah materi gelap. Menyusun hampir 27 persen dari alam semesta, materi gelap ini seringkali membuat bingung para ilmuwan saat menghitung hitung jarak dan masa bintang tertentu. Dengan dikirimnya pesawat penjelajag dalam misi Euclid ini diharapkan para astronom jadi puny alebih banyak info terkait materi gelap.

6. MAIA, Proyek Melacak Pergerakan Semua Angin Tornado Di Seluruh Dunia.

MAIA, Proyek Melacak Pergerakan Semua Angin Tornado Di Seluruh Dunia.
MAIA, Proyek Melacak Pergerakan Semua Angin Tornado Di Seluruh Dunia. image [source]

Negara negara subtropis, seringkali di porak porandakan oleh angin tornado. NASA berinisiatif meluncurkan sebuah proyek untuk melacak dan memberikan peringatan dini terhadap ancaman serangan tornado ini. selain melacak pergerakan tornada misi NASA nalam Maia ini juga memetakan polusi udara di berbagai tempat di dunia. wah mulia sekali ya si NASA ini.

Waduh, canggih canggih ya proyek NASA ini. saat kita sibuk saling bulli di sosial media, mereka sudah jauh merencanakan misi untuk beberapa tahun kedepan. Kapan ya indonesia menyusul dengan misi misi penjelajahan luar angkasanya?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *