Sedang memuat Selain Membunuhi Bayi Laki Laki, Kelakuan Beberapa Firaun Itu Aneh Aneh.

Selain Membunuhi Bayi Laki Laki, Kelakuan Beberapa Firaun Itu Aneh Aneh.

Berikut Beberapa Raja Mesir Kuno Yang Perilakunya Aneh Tersebut

Nama firaun pasti sudah sangat familier di telinga kita. firaun merupakan nama untuk menyebut raja penguasa mesir pada jaman dahulu. Kisahnya dapat dibaca di kitab suci kita masing masing. Disana diceritakan bahwa firaun ini sangat takut kekuasaannya akan direbut. Maka setiap bayi laki laki yang lahir di bunuh atas perintah firaun ini. terdengar sangat kejam bukan. si firaun ini juga mengaku sebagai tuhan dan meminta rakyatnya untuk mengakui dan menyembahnya.

Selain membunuhi Bayi Laki Laki, Kelakuan Beberapa Firaun Itu Aneh Aneh.
Selain membunuhi Bayi Laki Laki, Kelakuan Beberapa Firaun Itu Aneh Aneh. image [source]

Selain firaun yang dikisahkan di kitab suci, ternyata raja raja mesir kuno memang banyak yang aneh aneh. Entah karena kekuasaannya yang terlalu besar atau memang karena sudah watak mereka namun kelakuan mereka bisa jadi membuat orang yang mendengarnya geeng geleng kepala. Mulai raja yang dilantik sangat muda hingga raja yang hobi membuat patung kemaluan, perilaku aneh mereka sangat beragam. Sebagian dari perilaku mereka lucu, sebagian lagi aneh dan yang lainnya terkesan kejam. Mau tahu beberapa firaun kerajaan mesir kuno yang perilakunya aneh aneh tersebut? berikut ini infonya.

1. Pepi II, Raja Yang Terobsesi Pada Penari Kerdil.

Pepi II merupakan Raja mesir yang dilantik dalam usia sangat muda. Ia menjadi raja mesir ketika umurnya baru 6 tahun. Bisa dibayangkan bagaimana manjanya anak berusia 7 tahun ini. salah satu keinginannya pertama kali setelah diangkat menjadi raja adalah minta dicarikan penari kerdil. Di masa mesir kuno orang kerdil memang mendapatkan tempat yang istimewa. Ia menyuruh para pegawai kerajaan untuk mengambil penari kerdil terbaik di seluruh negri.

Pepi II, Raja Yang Terobsesi Pada Penari Kerdil.
Pepi II, Raja Yang Terobsesi Pada Penari Kerdil. image [source]

Setelah penari kerdil di dapat, maka Pepi II pun terobsesi dengan penari tersebut. Ia tak membiarkan sesuatu terjadi padanya. Ketika naik perahu, ada 2 prajurit khusus yang menjaga penari ini supaya tidak tenggelam. Demikian juga saat tidur, penari kerdil tersebut di jaga agar tidak jatuh dari tempat tidur. Bisa dibayangkan bagaimana kacaunya kerajaan mesir karena di pimpin oleh raja yang terobsesi dengan penari kerdil ini.

2. Sesostris, Raja Mesir Yang Gemar Membuat Monumenpatung Kemaluan.

Jika ada raja mesir yang patut dijuluki sebagai sang penakhluk, maka sesostris inilah orangnya. Ia telah mengirimkan pasukan nya ke berbagai wilayah. Kerajaan mesir di bawah kekuasaanya menjadi sangat luas. Banyak kerajaan lain yang ia takhlukkan. Yang aneh, pada setiap wilayah yang ia takhlukkan, ia mendirikan monumen berupa patung kemaluan.

Sesostris, Raja Mesir Yang Gemar Membuat Monumenpatung Kemaluan.
Sesostris, Raja Mesir Yang Gemar Membuat Monumenpatung Kemaluan. image [source]

Monumen itu sebenarnya berisi pahatan pahatan yang menggambarkan betapa hebatnya sosok sesostis sang penakluk ini. juga berisi keterangan secara rinci bagaimana ia mengalahkan musuh musuhnya di tempat tersebut. namun selain itu ia juga memerintahkan dibangun sebuah tugu yang menyerupai bentuk kemaluan raksasa. Jika wilayah tersebut susah dikalahkan, maka tugu yang dibangun adalah tugu kemaluan laki laki. Kalau wilayah tersebut mudah ditakhlukkan, yang dibangun adalah tugu kemaluan wanita. karena wilayah yang ia takhlukkan luas, monumen kemaluan raksasa itu tersebar di berbagai tempat di dunia.

3. Hatshepsut, Raja Mesir Wanita Yang Menyamar Sebagai Lelaki.

Wanita dianggap lebih rendah dari pada pria? Hal yang sama juga terjadi di mesir pada jaman dahulu. Itulah sebabnya wanita yang pernah menjadi raja mesir, jumlahnya hanya sedikit. Salah satunya adalah Hatshepsut ini. meskipun wanita si Hapshetsut ini punya rencana besar untuk mesir. Ia berencana membangun sesuatu yang megah sehingga dikenang sebagai salah satu daya tarik di eranya. Namun sayang ditengan tengah rencana besarnya tersebut, banyak yang menentang setiap keputusannya hanya karena ia adalah perempuan. Untuk mendapat dukungan, ia pun menyembunyikan keperempuannya itu.

 Hatshepsut, Raja Mesir Wanita Yang Menyamar Sebagai Lelaki.
Hatshepsut, Raja Mesir Wanita Yang Menyamar Sebagai Lelaki. image [source]

Seperti kita tahu, raja raja mesir banyak diabadikan dalam bentuk relief di bangunan bangunan peninggalan mereka. Si Hatshepsut ini pun kemudian memerintahkan kepada para senimannya agar setiap kali menggambarkan dirinya dibuat mirip seperti lelaki.Benar saja, di setiap relief yang dibuat, Hatshepsut ini digambarkan sebagai raja dengan otot besar. Di dalam kehidupan sehari hari raja wanita ini juga menyamar dengan menggunakan kumis serta jenggot palsu. Untuk melengkapi identitas laki lakinya, ia hanya mengaku sebagai putra Ra, ketika memperkenalkan diri dengan orang asing. banyak prestasi yang ia capai selama menjadi raja. Namun sayang, anaknya sendiri malu kalau mesir pernah di pimpin oleh seorang wanita. jejak jejak kekuasaan Hatshepsut pun di hapus dari sejarah.

4. Actisanes, Raja Mesir Yang Menciptakan Kota Tanpa Hidung Untuk Para Kriminal.

Cara menghukum penjahat tiap tempat berbeda beda. Pada zaman kekuasaan raja actisanes, mesit memiliki cara menghukum penjahat yang lumayan aneh. Setiap penjahat yang tertangkap, maka akan diberi hukuman berupa potong cuping hidung. Setelah hitung di potong, si penjahat kemudian dikirim ke kota khusus dimana mereka berkumpul dengan penjahat penjahat lain.

Actisanes, Raja Mesir Yang Menciptakan Kota Tanpa Hidung Untuk Para Kriminal.
Actisanes, Raja Mesir Yang Menciptakan Kota Tanpa Hidung Untuk Para Kriminal. image [source]

Kota untuk menampung penjahat penjahat tanpa hidung tersebut dinamai kota Rhinocolura. Secara harfiah arti dari Rhinicilura ini adalah hidung yang terpotong. Penjahat penjahat dengan hidung terpotong tersebut dipaksa mempertahankan kota mereka sendiri. kota tersebut berada di lingkungan yang paling kering di negri mesir. Bahkan sumber airnya pun sudah terkontaminasi. Mereka hidup bertahan dengan memakan hewan hewan yang ada di sekitar nya. Meskipun pada jaman sekarang potong hidung terdengar kejam, pada masa itu, inilah bentuk hukuman paling bijaksana. Kebijaksanaan raja Actisanes inipun terkenal hingga ke romawi

5. Ramses II, Raja Mesir Yang Ngak Mati Mati Dan Punya 100 Anak

Mesir merupakan kerajaan yang besar. Siapa saja mengiginkan menjadi raja mesir tersebut. tak keran banyak raja mesir yang berkuasa hanya selama beberapa tahun saja akibat menjadi korban pembunuhan. Namun si raja ramses II ini berkuasa cukup lama. Saking lamanya sampai sampai banyak orang yang khawatir bahwa raja ramses II tidak bisa mati. ia memang berkuasa hingga umurnya mencapai 99 tahun. Raja terlama di kerajaan mesir kuno.

 Ramses II, Raja Mesir Yang Ngak Mati Mati Dan Punya 100 Anak
Ramses II, Raja Mesir Yang Ngak Mati Mati Dan Punya 100 Anak image [source]

Selain berumur panjang, rasa Ramses ini juga sangat suka dengan wanita. ia menikahi banyak wanita sehingga total jumlah anaknya mencapai 100 lebih. Tiap kali ia menyerang suatu daerah, ia hanya akan menghentikan peperangan jika anak paling cantik dari penguasa wilayah tersebut menikah dengannya. Bahkan ada kabar bahwa saudara perempuan ramses sendiri dinikahi oleh si ramses II ini. karena hidup lama, ramses II ini juga membangun monumen dengan jumlah terbanyak dibandingkan raja mesir lain. ngak kebayang ya bagaimana capeknya anak anak pewaris mahkota raja ramses ini. mereka harus menunggu dalam jangka waktu yang lama sebelum akhirnya raja ramses meninggal dan kemudian dilantik menjadi raja.
Itulah 5 raja mesir kuno dengan perilaku paling aneh. Untung saja, sekarang ini kekuasaan mutlak yang dimiliki oleh raja sudah banyak dihilangkan dari dunia. jika masih mungkin akan ada raja yang bertindak sewenang wenang seperti yang dilakukan oleh raja mesir di atas. Bersyukurlah kita kita yang hidup di jaman modern ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *