Sedang memuat Rasanya Sayang Banget Kalau Di Buang, Ketahui 6 Manfaat Minyak Jelantah Yuk!!

Rasanya Sayang Banget Kalau Di Buang, Ketahui 6 Manfaat Minyak Jelantah Yuk!!

Minyak goreng sejatinya memiliki banyak jenisnya, di mulai dari minyak kelapa sawit hingga bermunulan jenis minyak goreng non kolesterol. Minyak goreng adalah salah satu bahan yang paling sering di gunakan untuk urusan masak-memasak di dapur. Tidak hanya di gunakan dalam skala rumahan saja, minyak goreng juga di gunakan banyak dalam skala produksi yang besar dalam sebuah bisnis makanan.

minyak jelantah
minyak jelantah [ image source ]

Bagi sebagian orang, mungkin sisa dari minyak penggorengan atau sering di sebut dengan jelantah itu setelah tidak di pakai maka harus segera di buang. Namun beberapa di antaranya ternyata banyak yang masih menggunakan jelantah untuk berbagai keperluan lainnya. Mungkin jelantah adalah merupakan limbah bagi sebagian orang, tapi sebetulnya jelantah masih bisa kok di manfaatkan untuk hal-hal lainnya. sebelum kamu terburu-buru membuang jelantah yanga kamu miliki, yuk simak saja ulasan berikut ini agar kamu bisa ngerti kalau jelantah itu masih punya manfaat.

1. Minyak Jelantah Bisa Jadi Pupuk

minyak jelantah bisa jadi pupuk
minyak jelantah bisa jadi pupuk [ image source ]

Bagi kamu yang suka dengan berkebun atau bercocok tanam, tahu tidak kalau ternyata minyak jelantah itu bisa di gunakan untuk memupuk tanaman. Mungkin minyak jelantah ini sering di anggap sebagai limbah rumahan yang di pandang sebelah mata, tapi kini anggapan itu akan segera sirna karena bisa menyuburkan tanaman. Pupuk dari limbah jelantah ini di khususkan untuk menyuburkan pohon buah dan sayuran, yang nantinya sebelum menjadi pupuk minyak jelantah harus di proses terlibih dahulu untuk menjadi pupuk karbon. Pupuk ini awal mulanya di temukan oleh pakan holtikultura dari Australia yang bernama Chris Nathaniel. Selama kurang lebih 10 tahun Chris telah menghabiskan waktu untuk meneliti dan mencip[takan pupuk karbon dari minyak jelantah ini. Cara pemakaiannya adalah dengan menyemprotkan pupuk karbon dari jelantah ini di bagian daunnya.

2. Minyak Jelantah Bisa Jadi Aroma Terapi

minyak jelantah bisa jadi aroma terapi
minyak jelantah bisa jadi aroma terapi [ image source ]

Nah bagi kamu yang yang suka dengan minyak aroma terapi, kini telah ada minyak aromaterapi yang terbuat dari minyak jelantah. Produk ini di jual dengan nama Mijel Natural Relaxants dan di buat oleh seorang mahasiswa fakultas perikanan dan ilmu kelautan FPIK dari Universitas Brawijaya Malang. Awal mula dari proses pembuatan minyak aromaterapi dari jelantah ini adalah dengan membuat jelantah menjadi jernih terlebih dahulu dengan menggunakan ampas tebu. Untuk tahap berikutnya minyak jelantah yang sudah jernih kemudian di campur dengan jeli dari aroma yang berbeda-beda. Banyak varian yang aroma terapi yang bisa di nikmati dari mulai yang berbau cokelat, kopi dan vanila. Penemuan ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan lingkungan dari limbah rumah tangga yang kurang di perhatikan. Selain itu minyak aroma terapi juga dapat bermanfaat untuk membantu merilekskan pikiranmu yang lagi stres.

3. Minyak Jelantah Bisa Untuk Bahan Bakar Biodiesel

minyak jelantah bisa jdai biodiesel
minyak jelantah bisa jdai biodiesel [ image source ]

Mungkin suatu saat penemuan ini akan membantu mengurangi masalah tentang kelangkaan BBM yang sekarang sudah semakin sedikit di dunia. Ternyata minyak jelantah bisa di gunakan untuk membuat bahan bakar biodiesel yang memiliki kualitas tinggi. Metode pembuatan bahan bakar dari minyak jelantah ini di temukan oleh para mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia ( UII ) Yogyakarta. Salah satu langkah prosesnya yaitu dengan cara mengaliri aliran listrik kedalam cairan minyak jelantah dalam jangka waktu tertentu. Sebelum alat yang digunakan untuk mengaliri listrik ke dalam cairan jelantah di fungsikan, terlebih dahulu harus di lumuri dengan larutan khusus yang disebut dengan kitosan gel. Nantinya dari proses ini akan memunculkan dua lapisan dari minyak jelantah, yaitu untuk yang berwarna coklat merupakan bentuk dari gliserol sedangkan untuk lapisan yang berwarna kunig keruh merupakan bentuk dari lapisan biodiesel.

4. Minyak Jelantah Bisa Digunakan Untuk Bahan Bakar Lampu Penerangan

penrangan dengan limbah minyak goreng
penrangan dengan limbah minyak goreng [ image source ]

Untuk wilayahmu yang sering di landa mati listrik akibat gangguan ataupun akibat jatah perbaikan dari instasi PLN, kini tidak perlu khawatir lagi kebingungan membuat penerangan. Jika memang di rumahmu tidak ada penerangan cadangan seperti senter atau lampu emergency, tidak ada salahnya kamu mencoba membuat penerangan dengan menggunakan limbah minyak jelantah yang ada di dapur. Caranya adalah dengan mencari tempat yang benar-benar tidak bocor dan anti bakar seperti kaleng biskuit sebagai tempat untuk menaruh minyak jelantah. kemudian selanjutnya ambil segumpal kapas lalu masukkan kedalam larutan minyak jelantah tadi dengan buat sedikit bagian kapas menonjol seperti sumbu agar dapat di nyalakan. Setelah semuanya siap, langkah selanjutnya bisa kamu bakar sumbu kapas tersebut agar penerangan dengan minyak jelantah bisa kamu gunakan di setiap sudut rumahmu.

5. Minyak Jelantah Bisa Dibuat Menjadi Sabun Cair

sabun cair dari minyak jelantah
sabun cair dari minyak jelantah [ image source ]

Perlu di ketahui bahwa sejatinya bahan dasar dari pembuatan sabun itu di buat dengan bahan lemak yang di reaksikan dengan bahan kimia lainnya, sehingga nantinya bisa memberikan reaksi yang akan keluar yang di sebut dengan busa. Ngomongin soal sabun, ternyata minyak limbah rumah tangga yang berupa minyak jelantah ini juga bisa loh di buat menjadi sabun cair. Salah satu percobaan tentang pembuatan sabun cair berbahan minyak jelantah ini telah di coba oleh mahasiswa jurusan teknik kimia dari Universitas Diponegoro yang bernama Gregorius Rionugroho. Supaya minyak jelantah bisa di fungsikan menjadi sabun cair, maka prosesnya adalah dengan mencampurnya dengan kalium hidroksida yang di panaskan hingga mencapai suhu 110 derajat selama satu jam. Proses tersebut adalah merupakan prosesn untuk saponifikasi yang bakal menghasilkan sabun cair dan gliserol. Setelah semu proses tersebut selesai, selanjutnya sabun cair dari minyak jelantah sipa untuk di gunakan.

6. Minyak Jelantah Bisa Dibuat Menjadi Cairan Pembersih Lantai

karbol dari minyak jelantah
karbol dari minyak jelantah [ image source ]

Manfaat lainnya dari sisa limbah minyak jelantah ternyata selain bisa di jadikan sabun cair, jelantah bisa di jadikan sebuah cairan lainnya yang pastinya juga bermanfaat yaitu sebagai cairan pembersih lantai. Penemuan ini pernah di coba oleh tim program kerativitas kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta yang akhirnya menamai eksperimen ini dengan karbol milan. Minyak jelantah yang akan di jadikan sebagai cairan pembersih lantai sebelumnya harus melalui tiga proses tahapan. Langkah pertamanya minyak jelantah ini harus di jernihkan terlebih dahulu, yang kedua yaitu lalu di proses dengan bbeberapa tahapan sehingga menjadi cairan pembersih lantai, dan proses yang terakhir cairan yang sudah jadi kemudian siap di jual ke pasaran. Tidak berbeda dengan cairan pembersih lantai lainnya, produk dari hasil eksperimen ini juga memiliki banyak varian aroma seperti jeruk nipi, apel dan yang lainnya.

Salah satu penyebab terjadinya polusi air adalah di sebabkan oleh pembuangan minyak limbah seperti minyak jelantah. Karena sifatnya yang tidak larut dengan air, maka sejatinya membuang sisa limbah minyak jelantah adalah sama saja membuat lingkungan menjadi tercemar. Namun sejak adanya penemuan-penemuan diatas, semoga masalah pencemaran dari minyak jelantah besok bisa berkurang. Nah itulah tadi sahabat iyakan.com beberapa manfaat yang bisa di dapat dari limbah rumah tangga seperti minyak jelantah, semoga informasi tersebut bisa membuatmu tergerak untuk menemukan manfaat lainnya yang bisa di perlohe dari mengolah limbah yang bisa merusak lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *