Ini Fitur Konsole Game Terbaru Nintendo Switch Rilis Maret 2017 Mendatang

Yang di Tunggu Fans Berat Nintendo

Yang hobi game pasti sudah berbulan bulan penasaran dengan konsole game terbaru yang akan dibuat oleh pabrikan game asal Jepang Nintedo. Selama beberapa bulan sebelumnya para pengemar berat game Nintendo dibuat penasaran tiada akhir setelah adanya rumor bahwa perusahaan pembuat game asal Jepang tersebut akan merilis console game terbaru. Mereka hanya tau bahwa konsole game terbaru tersebut diberi kode Nintendo Nx. Selama beberapa bulan tersebut tidak ada yang pernah tahu bagaimana wujud fisiknya, berapa ukurannya, sehebat apa spesifikasi teknisnya, serta game apa saja yang bisa dimainkan di dalamya.

Nintendo Switch, Konsole Game Terbaru
Nintendo Switch, Konsole Game Terbaru.image [source]

Di forum-forum online, di website-website gaming, topik tentang konsole terbaru dari Nintendo tersebut tak henti-hentinya di bicarakan. Banyak juga yang berulang kali meramalkan bahwa minggu depan adalah waktu yang akan di pakai oleh Nintendo untuk merilis konfirmasi keluarnya konsole terbaru dari Nintendo tersebut. Namun hari berganti hari, minggu berganti minggu dan bulan berganti bulan. Kepastian akan rilisnya konsole game terbaru dari nintendi tersebut tidak kunjung tiba. Akhirnya pada 20 oktober 2016 kemarin, penantian para pecandu game Nintendo tersebut terbayar lunas. Nintindo secara resmi merilis video terkait akan dipasarkannya konsole game terbaru mereka yang sebelumnya diberi kode Nintendo Nx. Ternyata Nintendo Nx tersebut nama resminya adalah Nintendio Switch.

1. Bisa Dimainkan Dengan 5 Cara Yang Berbeda.

Nintendo berambisi membuat konsole game yang bisa dimainkan oleh semua orang pada semua kesempatan. Nintendo Switch juga didesain untuk memenuhi tujuan ini. Konsole game terbaru Nintendo Switch ini bisa dimainkan sendiri ketika di angkutan umun. Cara penggunaanya tidak jauh berbeda dengan main game menggunakan tablet pada umumnya. Bedaya pada perangkat Nintendo Switch ini ada kontroler fisik yang menempel di kedua sisi layarnya. Jika kamu lagi males memegang layar yang berukuran lumayan besar saat main game, layar dari Nintendo Switch tersebut bisa kamu taruh di meja memakai docking nya. Kemudian kedua kontroler dilepas dan masing masing di pegang oleh tangan kiri dan tangan kamu seperti ketika kamu main PS

Bisa Dimainkan Dengan 5 Cara Yang Berbeda.
Bisa Dimainkan Dengan 5 Cara Yang Berbeda. image [source]

Kurang puas bermain game di layar seukuran tablet? Kamu bisa menyambungkan Nintendo Switch dengan televisi berlayar besar di ruang tamumu dan kemudian menggunakan kontroler yang ada pada konsole Nintendo Switch sebagai stick untuk bermain game. Lagi main game, tiba-tiba temanmu datang? Tidak usah bingung. Ajak saja dia sekalian main di konsole Nintendo Switch mu. Cukup lepas kontroler dan kamu sama temanmu masing masing memegang 1 kontroler untuk bermain game multiplayer yang ada di konsole game terbaru Nintendo tersebut. Jika ternyata temanmu yang datang tersebut membawa Nintendo Switch sendiri, tantang saja dia berduel dalam game multiplayer dan masing masing bermain lewat konsole game nya sendiri-sendiri. Seru kan!

2. Mengunakan Kontroler Yang Bisa Di Lepas-Pasang (Joy-Con)

Konsole game Nintendo yang terbaru ini mengunakan desain moduler yang telah di patenkan. Artinya bagian-bagian dari konsole game Nintendo Switch tersebut bisa di bongkar pasang. Pihak Nintendo menyebut kontroler yang bisa di lepas-pasang ini dengan nama Joy-con. Joy-con ini dalam kondisi default menempel di layar utama konsole Nintendo Switch. Ketika Joy-con menempel di layar, kita memainkan Nintendo Switch seperti kalau kita main game di tablet. Joy-con tersebut juga bisa di lepas, layarnya di taruh di atas meja dan memakai Joy-con seperti stick game pada PS.

Mengunakan Kontroler Yang Bisa Di Lepas-Pasang (Joy-Con)
Mengunakan Kontroler Yang Bisa Di Lepas-Pasang (Joy-Con). image [source]

Selain menggunakan kontroler game Joy-con ini Nintendo juga menyediakan kontroler Nintendo Switch pro. Bentuk dari Nintendo Switch kontroler pro ini mirip stick-stick game konvensional lainnya, namun ia kompatibel dengan konsole Nintendo Switch. Joy-con sendiri terdiri atas 1 kontroler analog dan 4 tombol bulat. Joy-con ini bisa dimainkan pisah-pisah, bisa disatukan dengan layar atau bisa juga disatukan dalam slot pegangan Joy-con tersendiri.

3. Penyimpananya Menggunakan Cardtridge Bukan Optical Disk

Seperti konsole game-game Nintendo pada jaman dahulu, media penyimpanan yang akan digunakan dalam Nintendo Switch ini adalah memori yang menggunakan cardtridge dan bukan penyimpanan berbasis optical. Jadi dalam video yang dirilis resmi oleh Nintendo tersebut, Nintendo Switch akan menggunakan gamecard untuk menyimpan semua program game nya seperti yang dulu digunakan di Nintendo 3Dsnya.

Penyimpananya Menggunakan Cardtridge Bukan Optical Disk
Penyimpananya Menggunakan Cardtridge Bukan Optical Disk.image [source]

Nintendo sudah sejak lama menggunakan teknologi penyimpanan berbasis cardtridge ini. Beberapa konsole game yang menggunakan cardtridge gamecard antara lain: gameboy, Nintendo ds dan Nintendo 3Ds. Alasan kenapa jenis penyimpanan ini yang dipakai adalah karena selain harga produksinya lebih murah, penyimpanan data dalam cardtridge ini juga lebih cepat di muat untuk menjalankan program. Selain data cepat dibuat, penyimpanan jenis ini juga tidak berisik dan lebih tahan lama.

4. Didukung Oleh 40 Perusahaan Pengembang Game Pihak Ke Tiga

Pada konsole game terbarunya ini, Nintendo akan menggandeng banyak sekali developer game pihak ke 3. Pada beberapa konsole game keluaran Nintendo yang sudah-sudah, dukungan dari pengembang game pihak ketiga sangat minim. Penyebabnya adalah para pengembang pihak ketiga tersebut kesulitan menyesuaikan game-game mereka dengan spesifikasi konsole buatan Nintendo. Akibatnya beberapa game populer produksi AAA seperti call of duty, Madden dan lainnya tidak ada di sana.

Didukung Oleh 40 Perusahaan Pengembang Game Pihak Ke Tiga
Didukung Oleh 40 Perusahaan Pengembang Game Pihak Ke Tiga. image [source]

Dalam rangka rilis konsole game Nintendo Switch ini, Nintendo telah menggandeng sekitar 40 perusahaan pengembang game. Beberapa pengembang game yang akan masuk di konsole nintndo Switch ini antara lain: Capcom Dengan Residen evilnya, Konami dengan Pro Evolution Soccernya, Sega, Ea sport, Ubisoft serta masih banyak lagi. Dengan banyaknya game pihak ketika yang bisa di mainkan di Nintendo Switch ini tentu peminat nya akan semakin banyak. bisa dibayangkan kesuksesan yang akan di dapat oleh Nintendo Switch ini.

5. Beberapa Feature Yang Dihilangkan

Selain beberapa penambahan feature dan jenis game dalam Nintendo Switch, beberapa featur dari konsole Nintendo lama malah dihilangkan. Beberapa feature yang akan dihilangkan dalam nintenso Switch ini salah satunya adalah feature touch and kontrol seperti yang ada pada Nintendo wii dan Nintendo ds. Dugaan akan dihilangkannya kontrol touch di game Nintendo Switch ini dari tidak adanya penampakan penggunaan kontrol touch di video thriller yang di rilis resmi oleh Nintendo pada 20 oktober yang lalu. Selain itu fitur streaming dari Netflix, yulu dan Amazon juga tidak di tampilkan di video thriller berdurasi 4 menit tersebut. Karena video thriller hanya fokus pada pengalaman game saja, kemungkinan fitur streaming video ini juga akan dihilangkan di konsole Nintendo Switch.

Beberapa Feature Yang Dihilangkan
Beberapa Feature Yang Dihilangkan. image [source]

Masih dari video thriller yang dirilis oleh pihak Nintendo tersebut, kebanyakan orang orang yang ditampilkan bermain di Nintendo Switch adalah remaja dan orang dewasa. Tak ada anak-anak yang tampak main game di Nintendo Switch. Karena itu kemungkinan besar, game untuk anak-anak tidak akan di pasang di konsole Nintendo terbaru ini. Nintendo Switch dikhususkan untuk mentarget segmen pasar remaja dan dewasa. Ini tidak seperti konsole-konsole game Nintendo sebelumnya yang masih memberi ruang bagi anak-anak untuk memainkan game di konsole besutan Nintendo.

6. Ada Seri Game Mario Terbaru

Dalam thriller pengenalan konsole game Nintendo Switch, terdapat bagian yang menunjukkan di mainkannya ga Mario. Dan dari penampakan selama 5 detik, diketahui bahwa game Mario yang dimainkan di Nintendo Switch merupakan game Mario yang berbeda dari yang ada di konsole Nintendo sebelum-sebelunya.

 Ada Seri Game Mario Terbaru
Ada Seri Game Mario Terbaru. image [source]

Beberapa perbedaan game Mario yang dimainkan di Nintendo Switch dengan game Mario di konsole Nintendo lama antara lain sebagai berikut. Pertama Mario di Nintendo Switch bisa melompat tiga kali berturut-turut. Kemampuan ini tidak tampak pada game Mario di Nintendo 3Ds. Kedua Mario sepertinya berpetualang di kota baru. Pada game Mario di Nintendo Switch ini nuansa kota meksiko sangat kental. Misalnya saja rumah-rumah warna warni dan beberapa atribut topi sombrero yang nampak di game. Selain itu muncul juga orang yang memainkan alat musik maraka di game Mario Nintendo Switch. Ada juga fitur hati yang bisa memulihkan kesehatan Mario di game terbaru ini. Yang paling seru, game Mario di Nintendo Switch bisa dimainkan secara multiplayer. Wah para penggemar berat Nintendo pasti tidak sabar kan ingin mencoba Nintendo Switch ini.

Itulah beberapa fakta yang bisa kita ketahui dari video tentang rilis Nintendo Switch yang dibuat secara resmi ikeh Nintendo. Jika kamu berniat untuk membelinya, tunggu sampai maret 2017 ya, karena konsole game tarbaru Nintendo Switch ini baru akan dirilis maret 2017 mendatang. Siap-siap juga jika kamu harus antri panjang karena pengemar fanatik Nintendo relatif banyak. mereka pasti akan berlomba-lomba menjadi orang pertama yang memiliki Nintendo Switch ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *