5 Tips Sederhana Untuk Memulai Hari Yang Penuh Semangat.

Mudah dan GampangDilakukan

Bagi banyak orang bangun pagi sehabis libur di hari senin sangat menyiksa. Mata mereka sudah terbuka, tapi badan rasanya berat untuk di gerakkan. Akibatnya kita menyia-nyiakan banyak waktu untuk berbaring bermalas malasan di atas tempat tidur. Jika hari di mulai dengan perasaan malas-malasan, bisa di tebak, seharian saat melakukan aktivitas kerja pun kita akan malas malasan. Hasil akhirnya, produktivitas kerja pun akan menurun.

5 Tips Sederhana Untuk Memulai Hari Yang Penuh Semangat.
5 Tips Sederhana Untuk Memulai Hari Yang Penuh Semangat. image [source]

Kondisi malas malasan ketika bangun di bagi hari tersebut tentu saja kurang bagus bagi diri kita. seharusnya setelah tidur semalaman, tubuh kita sudah segar kembali dan siap melakukan setumpuk kegiatan yang telah di jadwalkan.Seharusnya setelah istirahat di malam hari kita bangun dalam keadaan bersemangat sehingga kita akan produktif dan menularkan semangat juga kepada orang orang yang berada di sekitar kita. jika kita beraktivitas dalam keadaan malas-malasan, maka orang yang berada di sekeliling kita pun bisa jadi akan kehilangan semangat. Karena memulai pagi dengan penuh semangat dampaknya sangat baik bagi keseluruhan hasil kerja kita seharian, maka kita perlu mengupayakan untuk memulai hari dengan penuh semangat. Berikut ini 5 langkah sederhana yang bisa mengubah pagi malasmu menjadi awal yang penuh semangat.

1. Lakukan Berbagai Persiapan Yang Menguras Tenaga Di Malam Hari Sebelum Tidur.

Ketika kita bangun di pagi hari dan mau berangkat kerja, biasanya ada beberapa hal yang perlu di lakukan. Beberapa hal yang perlu disiapkan di pagi hari tersebut terkadang membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Beberapa persiapan tersebut antara lain: memasak sarapan, mencuci pakaian, menyetrika atau menyiapkan peralatan. Persiapan-persiapan yang banyak menguras tenaga dan waktu tersebutlah yang kadang membuat kita tidak bersemangat untuk bangun di pagi hari. Habis enak-enak tidur, begitu membuka mata kok harus melakukan hal-hal berat. Tentu saja kita menjadi malas-malasan.

 Lakukan Berbagai Persiapan Yang Menguras Tenaga Di Malam Hari Sebelum Tidur.
Lakukan Berbagai Persiapan Yang Menguras Tenaga Di Malam Hari Sebelum Tidur. image [source]

Untuk menghindari malas bangun di pagi hari akibat banyaknya hal berat yang harus dilakukan ini ada trik sederhana. Trik sederhana tersebut adalah dengan melakukan semua persiapan sesaat sebelum kita tidur di malam sebelumnya. Sebelum tidur usahakan kita telah menyiapkan semua keperluan yang akan dibawa ketika berangkat kerja di pagi hari. Berkas berkas, buku serta peralatan lain sudah harus di packing rapi sebelum kita beranjak tidur. Baju-baju handuk serta pakaian lain sudah harus siap pakai begitu kita terbangun di pagi harinya. Aktivitas mencuci pakaian sebaiknya juga dilakukan di malam hari sebelum tidur. Jika semua aktivitas berat menguras tenaga ini kita lakukan sebelum tidur, maka begitu bangun kita tinggal mandi dan semuanya sudah siap tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra. Dengan cara ini kita tidak lagi merasa malas untuk bangun dan memulai aktivitas sehari-hari.

2. Minum Secangkir Kopi Dan Sedikit Teh Hijau Untuk Pagi Yang Berenergi Dan Penuh ketenangan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi mencegah kantuk. Kopi mengandung kafein yang efeknya kita menjadi fokus dan penuh energi. Namun efek lain dari kafein ini adalah, kadangkala kita menjadi agak gelisah. Nah untuk memperbaiki fungsi kafein yang kita konsumsi dai pagi hari ini kita bisa menambahkan sedikit L-theamin. L-theamin ini merupakan sebuah senyawa yang terkandung dalam teh hijau. L-theamin meningkatkan kineja dari hormon serotonin, dopamin serta Gaba yang memicu otak kita merasa rileks.

Minum Secangkir Kopi Dan Sedikit Teh Hijau Untuk Pagi Yang Berenergi Dan Penuh ketenangan.
Minum Secangkir Kopi Dan Sedikit Teh Hijau Untuk Pagi Yang Berenergi Dan Penuh ketenangan. image [source]

Dengan mengkonsumsi kafein serta L-theanin secara bersamaan maka kafeinnya akan membuat kita merasa penuh energi dan fokus. Sementara efek gelisahnya dapat dihilangkan oleh pengaruh L-theamin yang membuat kita merasa santai. Penuh energi, fokus namun tetap merasa rilek, dengan kondisi seperti ini kita pun akan siap menghadapi tugas seberat apapun. Selain efektif dalam mengoptimalkan kerja hormon serotonon dan dophamin, L-theanin ini juga aman. Merupakan zat neutropik alami yang tidak menyebabkan kecanduan. Teh hijau juga dapat kita beli dengan mudah di berbagai supermarket dekat rumah.

3. Memulai Hari Dengan Berolah Raga.

Ketika kita baru bangun tidur aliran darah kita cenderung lambat. Penyebabnya adalah karena saat tidur kita melakukan sedikit aktivitas fisik. Melakukan sedikit aktivitas fisik berarti tubuh kita hanya sedikit membutuhkan energi. Oleh karena itu peredaran darah kita pun menjadi lambat. Begitu kita memulai aktivitas fisik, maka peredaran darah pun akan semakin cepat untuk mengimbango=i kebutuhan energi oleh tubuh ini. selain mengangkut oksigen dan makanan, darah yang mengalir tersebut juga membawa andrenalin. Ketika andrenalin mengalir ke dalam tubuh kita, maka kita akan merasa bersemangat dan penuh tenaga.

Memulai Hari Dengan Berolah Raga.
Memulai Hari Dengan Berolah Raga. image [source]

Selain menyebabkan semakin banyaknya hormon andrenalin, ternyata aktifitas fisik juga memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon serotonin. Ini merupakan mekanisme alami tubuh ketika tubuh kita merasa stress dibebani dengan aktivitas fisik yang berat. Efek lain dari serotonin ini adalah akan timbul perasaan euforia dan perasaan senang. Kombinasi hormon andrenalin dan serotonin ini akan membuat kita bersikap positif, bersemangat dan menikmati semua tantangan yang muncul dalam kegiatan sehari hari. Semakin sering berolah-raga kita semakin menjadi orang yang mempunyai sikap positif.

4. Minum Cukup Air Sebelum Tidur.

Ketika kita tidur, kita terus menerus kehilangan air lewat keringat dan nafas. Kehilangan banyak air ketika tidur tanpa ada sedikitpun yang masuk bisa membuat kita mengalami dehidrasi ringan. Saat mengalami dehidrasi ini kita akan cenderung merasa lemas dan tidak bertenaga. Oleh karena itu dengan minum banyak air sebelum tidur kita akan mengurangi resiko terkena dehidrasi. Pastikan jumlah air yang kamu minum cukup untuk memenuhi kebutuhan air selama 7 jam.

Minum Cukup Air Sebelum Tidur.
Minum Cukup Air Sebelum Tidur. image [source]

Selain bisa mengatasi dehidrasi ketika tidur, meminum banyak air juga punya keuntungan lain. akibat minum banyak air, biasanya begitu bangun kita akan kebelet pipis. Dorongan untuk pipis ini akan mengalahkan rasa malas kita. semalas apapun seseorang, jika kebelet pipis maka ia akan terpaksa bangun dan segera berlari ke kamar mandi. Sesudah terlanjur bangun maka satu masalah sudah teratasi. Kita tinggal melanjutkan melakukan aktivitas-aktivitas yang perlu dilakukan. Minum banyak air sebelum tidur mempunyai fungsi ganda.

5. Gunakan Music Sebagai Pengatur Waktu Dalam Semua Aktivitas Pagimu.

Karena masih kurang bertenaga kadang kita berlambat-lambat ria dalam melakukan aktivitas di pagi hari. Seperti mandi misalnya, karena setengah kantuk, kadang kita terbengong-bengong di tengah-tengah aktivitas mandi. Akibatnya kita menghabiskan waktu lama hanya untuk mandi. Begitu juga saat makan. Seringkali di tengah aktivitas pagi tersebut kita terbengong membayangkan hal yang bermacam-macam akibat pikiran belum fokus. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan musik sebagai timer setiap aktivitas di pagi hari.

Gunakan Music Sebagai Pengatur Waktu Dalam Semua Aktivitas Pagimu.
Gunakan Music Sebagai Pengatur Waktu Dalam Semua Aktivitas Pagimu. image [source]

Cara menggunakan musik sebagai timer di pagi hari ini adalah, pertama, kita perlu memilih lagu yang menjadi favorit kita. langkah selanjutnya kita ketahui dulu durasi lagu favorit tersebut dan kemudian kita sesuaikan dengan lama waktu kita melakukan suatu aktivitas. Jika kita mandi selama 4 menit, maka kita pilih untuk memutar lagu yang durasinya 4 menit juga. Dengan begitu ketika lagu mau berakhir kita jadi tahu bahwa seharusnya kita juga harus sudah selesai mandi. Dengan sadar waktu dalam setiap aktivitas pagi ini, maka kita tidak akan banyak bengong. Waktu kita bisa efektif terpakai di pagi hari. Selain efektif dalam pemakaian waktu terbukti bahwa musik dapat meningkatkan mood seseorang.

Nah itulah 5 tips sederhana untuk mendapatkan pagi hari yang penuh semangat. Banyak orang sukses menerapkan tips sederhana ini, karena itu tidak ada salahnya jika kamu juga mencobanya. Toh untuk mencoba tips sederhana ini tidak diperlukan banyak biaya. Jika berhasil maka tak ada lagi bangun pagi dalam kondisi malas. Dengan begitu pagimu pun akan produktif berlanjut hingga di waktu kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *