Sempat Dikira Sebagai Barang Rongsokan, Pemiliknya Pun Dibuat Kaget Bahwa Ternyata Benda Ini Harganya Mencapai Milyaran

Mungkin sebagian orang yang melihat rumahnya penuh dengan barang-barang yang tidak terpakai akan menjadi risih lantaran tempat akan menjadi terlihat lebih sumpek. Nah tentunya langkah yang di lakukan adalah tidak lain dengan menguranginya dengan cara membuang atau menjual barang yang sudah tidak begitu diperlukan lagi untuk kepentingan sehari-hari. Jika dibuang tentu barang yang dianggap rongsokan atau sampah tersebut akan menjadi pundi-pundi rejeki bagi para pemulung. Namun bagi yang berniat menjualnya ke tempat pengepul barang bekas, maka barang yang sudah dianggap tidak terpakai tersebut akan berubah menjadi pundi-pundi uang.

barang rongsokan yang harganya mahal
barang rongsokan yang harganya mahal [ image source ]

Ngomongin soal barang rongsokan, ternyata ada loh cerita mengenai barang yang sempat dianggap sebagai barang rongsokan namun ternyata adalah merupakan barang berharga. Saking berharganya kabarnya barang-barang tersebut memiliki nilai jual yang begitu fantastis hingga mencapai milyaran. Nah penasaran kan tentang apa saja barang-barang tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Lukisan Karya Jackson Pollock

tidak ada yang mengetahui jika seorang wanita yang bernama Teri Horton justru akan menjadi milyader karena membeli lukisan yang ada di toko loak. Lukisan yang di beli oleh Teri hanya seharga 5 dollar saja, tapi ternyata lukisan tersebut bukan sembarang lukisan karena sejatinya itu adalah lukisan hasil karya dari Jackson Pollock. Awalnya Teri sendiri tidak mengetahui bahwa lukisan itu karya dari seniman terkenal. Bahkan ia sempat akan mengembalikan lukisan tersebut ke toko loak dimana ia beli karena tidak muat ketika akan dimasukkan kedalam mobil trailer milik temannya.

Lukisan Karya Jackson Pollock
Lukisan Karya Jackson Pollock [ image source ]

Beruntung sebelum ia menuju ke toko loak ada seorang guru seni yang menawarkan memeriksa keontentikan lukisan tersebut pada pakar seni lukis. Setelah di cek secara menyeluruh, lukisan tersebut ternyata adalah hasil karya seniman lukis terkenal dari Amerika Jackson Pollock. Lukisan tersebut sempat ditawar 9 juta dollar oleh pembeli yang berasal dari Timur Tengah, namun Teri sendiri tidak melepaskannya karena ia hanya akan menjualnya pada nominal angka 50 juta dollar.

2. Mangkuk Tua Peninggalan Dinasti Song Utara

Memiliki kisah yang hampir tidak berbeda jauh dengan kisah lukisan yang di beli hanya dengan harga 5 dollar. Mangkuk tua yang ternyata merupakan peninggalan dari Dinasti Song Utara ini ternyata dijual hanya seharga 3 dollar di sebuah bursa barang bekas di daerah New York. Pembelinya pun hanya mengira bahwa mangkuk ini adalah mangkuk biasa saja, bahkan pembelinya sempat menaruh begitu saja di ruang tamu sebagai hiasan. Setelah pada akhirnya ada seorang tamu yang berkunjung lalu mengatakan bahwa mangkuk ini terlihat unik, maka pemilik mangkok tersebut mulai tersadar bahwa mangkuk itu bukan sembarang mangkuk biasa.

Mangkuk Tua Peninggalan Dinasti Song Utara
Mangkuk Tua Peninggalan Dinasti Song Utara [ image source ]

Setelah ditelisik, mangkuk tersebut ternyata adalah merupakan mangkuk peninggalan dari Dinasti Song Utara yang diberi nama mangkuk ding. Mangkuk tersebut akhirnya laku terjual dengan harga 2.25 juta dollar disebuah acara perlelangan. Keberadaan mangkuk ding tersebut ternyata hanya tinggal ada dua di dunia, dimana salah satu mengkuk itu berada di British Museum London.

3. Peti Kuno Mazarin

Salah satu peti kuno Mazarin diketahui dimiliki oleh seorang insinyur asal Prancis, yang dibeli dengan harga murah di toko loak. Awal mulanya sang insinyur tersebut tidak mengetahui bahwa peti yang bercat emas tersebut adalah peti kuno Mazarin. Oleh karenanya peti tersebut selama belasan tahun hanya digunakan sebagai meja untuk menaruh TV miliknya. Insinyur tersebut baru mengetahui bahwa peti tersebut adalah peti langka adalah ketika ia mulai memilih untuk pindah kerumah barunya karena telah pensiun dari pekerjaannya.

Peti Kuno Mazarin
Peti Kuno Mazarin [ image source ]

Alih-alih tidak mau repot membawa banyak barang, akhirnya insinyur tersebut mengundang para spesialis Rouillac untuk menaksir harga rumah serta seluruh barang didalamnya jika di jual. Orang spesialis tersebut menyadari bahwa peti yang dimiliki insinyur tersebut adalah merupakan peti langka Mazarin, yang kemudian memberitahukan kepada pemiliknya. Alhasil peti langka tersebut kemudian laku terjual dengan harga mencapai 7.3 juta Euro dalam acara lelang barang antik.

4. Vas Antik Peninggalan Bangsa Ming

Tidak ada yang mengira jika sebuah vas yang sehari-harinya digunaakan sebagai pengganjal pintu di salah satu rumah kediaman keluarga Brimingham Inggris ternyata adalah vas antik yang diburu oleh banyak kolektor. Vas pengganjal pintu tersebut ternyata adalah sebuah artefak antik yang masuk kedalam daftar peninggalan kuno dinasti Ming yang paling langka. Vas yang tadinya difungsikan untuk mengganjal pintu tersebut akhirnya diketahui sebagai barang langka setelah ingin menjualnya kesalah seorang pelelang barang antik di rumah Hansons.

Vas Antik Peninggalan Bangsa Ming
Vas Antik Peninggalan Bangsa Ming [ image source ]

Namun betapa terkejutnya pemiliki vas tersebut setelah mengetahui bahwa ternyata vas tersebut adalah vas antik yang berasal dari abad 18. Menurut direktur rumah lelang Charles Hansons, vas tersebut adalah vas kuno dari dinasti Ming karena terdapat segel asli milik Kaisar Qianlong. Vas dinasti Ming tersebut akhirnya laku terjual mencapai nominal 650 ribu puondterling atau sekitar 11 milyar rupiah.

5. Negatif Foto Tua Karya Ansel Adams

Klise atau salah satu benda yang berfungsi untuk menyimpan hasil jepretan foto mungkin keberadaannya sudah tidak begitu populer di zaman yang serba canggih seperti sekarang. Namun siapa sangka jika hasil dari klise atau sering disebut dengan negatif foto yang berasal dari zaman lalu memiliki nilai jual yang sangat fantastis. Negatif foto tersebut adalah negatif foto yang dibeli oleh Rick Norsigian salah seorang yang memiliki hobi membeli barang loak.

Negatif Foto Tua Karya Ansel Adams
Negatif Foto Tua Karya Ansel Adams [ image source ]

Sungguh diluar dugaan jika ternyata kotak yang berisi satu set negatif foto yang ia beli ternyata adalah merupakan negatif foto hasil karya dari bapak foto grafi Amerika yaitu Ansel Adam. Dalam negatif foto tersebut terdapat 6 karya seni dari Ansel Adam yang diduga saat ia sedang mulai meniti karirnya di dunia fotografi. Menurut para ahli harga negatif foto karya dari Ansel Adam tersebut laku di jual hingga kisaran 200 juta dollar, padahal waktu itu Rick hanya membelinya seharga 45 dollar.

6. Sketsa Wajah Rudy Valle Saat Masih Kecil

barang terakhir yang di anggap barang rongsokan tapi harganya milyaran adalah berupa sketsa wajah seseorang yang bernama Rudy Valle semasa kecilnya. Bukan sembarang sketsa, karena sketsa wajah ini dibuat oleh pelukis ternama dari Amerika yang bernama AndyWahol. Sketsa wajah ini ini ternyata adalah merupakan sketsa yang ditemukan bersamaan dengan dibelinya lukisan tua oleh seseorang bernama Andy dengan harga 5 dollar disebuah garage sale kota Las Vegas.

Sketsa Wajah Rudy Valle
Sketsa Wajah Rudy Valle [ image source ]

Merasa melihat beberapa lukisan yang kurang menarik, maka Andy berniat untuk mencoba mengganti pigura lukisan tersebut. Namun hal mengejutkan terjadi dikala Andy justru menemukan keberadaan gambar lain yang berupa sketsa dari wajah anak kecil yang ternyata adalah hasil karya dari Andy Wahol. Setelah kabar penemuan sketsa tersebut akhirnya banyak orang yang ingin berniat memilikinya. Pada akhirnya sketsa Andy Wahol tersebut laku terjual senilai kisaran 26 milyar rupiah.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa benda yang dianggap sebagai barang yang kurang berharga namun justru memiliki harga yang sangat tinggi hingga mencapai milyaran. Nah sudah tahu kan hampir semua dari barang-barang diatas di peroleh dari toko loak atau toko-toko barang antik. Maka dari itu jangan sungkan untuk datang ke toko loak atau toko barang antik, siapa tahu kamu juga akan mendapatkan keberuntungan seperti orang-orang diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *