Sedang memuat Sisi Negatif Dari Kehidupan Jaman Mesir Kuno Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Sisi Negatif Dari Kehidupan Jaman Mesir Kuno Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Ternyata orang-orang Mesir kuno berbeda dari apa yang kita bayangkan selama ini

Mesir merupakan salah satu peradapan paling kuno di dunia. Bahkan di jaman dahulu mesir telah memiliki peradapan yang cukup maju. Ini bisa dilihat dari peninggalan sejarah mereka saat ini berupa piramid-piramid berukuran besar. Piramid piramid tersebut jika dibangun pada zaman ini pun masih tergolong sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Bagaimana orang pada jaman dahulu bisa membangun struktur sehebat itu.

bangsa Mesir kuno
bangsa Mesir kuno. image [source]

Dibalik bayangan-banyangan positif tentang kehidupan di jaman mesir kuno tersebut, ternyata banyak juga lo sisi-sisi negatif dari kehidupan zaman mesir kuno. Beberapa sisi negatif tersebut selama ini jarang diketahui oleh orang-orang lewat pelajaran sejarah. Beberapa sisi negatif kehidupan mesir kuno itu antara lain: fakta bahwa raja mesir zaman dahulu ternyata tidak segagah seperti yang dibanyangkan, bahwa kebanyakan kepala orang mesir itu botak, bahwa banyak di temui lelaki cabul di jaman mesir kuno dan sisi negatif lainnya. Penasaran dengan sisi negatif apa saja yang ada di dalam kehidupan jaman mesir kuno? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Sebagian Besar Botak Karena Serangan Kutu Amat Parah.

Banyak yang bilang bahwa rambut merupakan mahkota kepala. Rambut merupakan perhiasan utama kepala yang tak ternilai harganya. Sebabnya kebanyakan orang akan terlihat jelek tanpa rambut. Namun kenapa ya kebanyakan orang mesir pada jaman dahulu rambutnya botak? Apa karena pada jaman dahulu botak itu sedang ngehits.

Sebagian Besar Botak Karena Serangan Kutu Amat Parah.
Sebagian Besar Botak Karena Serangan Kutu Amat Parah. image [source]

Ternyata jawabannya adalah serangan kutu kepala pada jaman itu sangat merajalela. Ini diketahui dari ditemukannya banyak sisa-sisa tubuh kutu di peti mati penguasa mesir pada jaman dahulu. Serangan kutu rambut sepertinya sangat parah sehingga sampai ikut masuk ke dalam peti mati. Apa pada jaman dahulu belum ada cara untuk menangani serangan kutu rambut ya? Entahlah, meskipun ada, kemungkinan cara yang mereka pakai kurang efektif. Oleh karena itulah baik cewek maupun cowok yang hidup di jaman mesir kuno mencukur habis semua rambutnya. Para wanita kemudian lebih suka memakai rambut palsu. Ketika rambut palsu tersebut kembali diserang kutu, mereka hanya perlu membuangnya.

2. Sebagian Besar Lelaki Yang Hidup Di Jaman Mesir Kuno Itu Cabul.

Ternyata aksi sekelompok pria yang suka bersiul-siul dan berbicara cabul ketika ada cewek cantik lewat di depan mereka tersebut sudah ada sejak jaman mesir kuno. Hal ini diketahui dari catatan herodotus, seorang filsuf dari yunani yang pernah melakukan perjalanan ke mesir. Dalam catatan nya di hari-hari tertentu rakyat mesir kuna akan melakukan perjalanan ke kota Bubastis bersama keluarga mereka menggunakan perahu. Tujuan mereka ke Bubastis tersebut adalah untuk melakukan ritual upacara yang dianggap suci.

Sebagian Besar Lelaki Yang Hidup Di Jaman Mesir Kuno Itu Cabul.
Sebagian Besar Lelaki Yang Hidup Di Jaman Mesir Kuno Itu Cabul. image [source]

Di sepanjang perjalanan menyusuri sungai dengan perahu tersebut, jika melewati wanita, para pria akan meneriakkan kata-kata cabul dan kadang memamerkan alat kelamin mereka. Ya ampun, parah banget ya. Mau melakukan upacara suci keagamaan saja masih sempat berbuat hal-hal cabul. Kemungkinan besar itu terjadi sebelum Nabi Musa datang dan memperbaiki perilaku mereka. Jika terjadi di jaman sekarang, tentu lelaki yang bertindak cabul tersebut sudah di buat babak belur ya oleh banyak orang. jadi wanita wanita jaman sekarang jauh lebih beruntung dibandingkan wanita-wanita jamab mesir kuno dulu. Soalnya, selain harus botak, lelakinya pada cabul semua.

3. Mumi Raja Tutakanmen Berada i Posisi Sedang Ereksi

Bangsa mesir kuno sudah mengenal teknik pengawetan orang mati. Teknik ini mengubah jasad orang mati menjadi mumi sehingga bisa bertahan ratusan tahun tanpa mengalami pembusukan. Mumi-mumi dari jaman mesir kuno tersebut banyak yang ditemukan oleh arkeolog-arkeolog pada jaman ini. salah satu arkeolog yang berhasil menemukan mumi raja mesir kuno adalah Howard Carter. Ketika Howard carter menemukan kuburan Raja Tutakhanmen yang belum pernah terjamah oleh orang lain, tim yang ia pimpin sangat bersemangat. Kuburan tersebut kemudian dibuka untuk melihat isi yang ada di dalamnya.

Mumi Raja Tutakanmen Berada Di Posisi Sedang Ereksi
Mumi Raja Tutakanmen Berada Di Posisi Sedang Ereksi. image [source]

Setelah dibuka semua barang temuan termasuk perhiasan berharga, barang-barang pribadi milik sang raja hingga kondisi mumi semua dicatat. Keadaan mumi waktu ditemukan didokumentasikan semuanya untuk keperluan ilmu pengetahuan. Namun ada satu fakta yang yang tidak pernah dipublikasikan adalah mumi raja Tutakhanmen tersebut berada pada posisi ereksi. Para arkeolog belum mengetahui alasan di balik penemuan ini. dari banyak penemuan mumi raja-raja mesir, mumi milik raja Tutakhanmen inilah satu-satunya yang mempunyai posisi aneh. Ada banyak dugaan mengenai penemuan ini, namun yang paling masuk akal adalah posisi tersebut dibuat supaya sang raja terlihat gagah. Aneh aneh saja ya keinginan sang penguasa mesir kuno ini.

4. Bangsa Mesir Kuno Memiliki Alat Kontrasepsi Yang Mengerikan

Ternyata konsep keluarga berencana tidak hanya dikenal di keluarga modern saja. Di jaman mesir kuno, pengendalian angka kelahiran ini juga sudah ada. Namun berbeda dengan alat pengendali kelahiran yang dipunyai orang orang pada jaman modern kini, alat kontrasepsi yang dimiliki orang-orang pada jaman mesir kuno, amat mengerikan. Wanita pada jaman mesir kuno, jika tidak ingin tersiksa oleh kehamilan selama 9 bulan akan menggunakan kotoran buaya dicampur dengan dedaunan tertentu. Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam organ tubuh mereka yang paling berharga itu. Wah, apa tidak takut terkena infeksi bakteri ya wanita-wanita mesir kuno ini.

Bangsa Mesir Kuno Memiliki Alat Kontrasepsi Yang Mengerikan
Bangsa Mesir Kuno Memiliki Alat Kontrasepsi Yang Mengerikan. image [source]

Alat kontrasepsi pada pria pun tidak kalah mengerikan. Si pria harus mengoleskan gerusan bawang di kulup alat kelamin mereka. Belum diketahui secara pasti berapa persen penduduk mesir kuno yang menerapkan teknik pengendalian kelahiran ini. tapi yang jelas mereka sudah ada kesadaran untuk membentuk keluarga berencana.

5. Para Wanita Cantik di Jaman Mesir Kuno Diproses Menjadi Mumi Setelah Membusuk Selama Beberapa Hari.

Seperti apa sih kecantikan wanita-wanita mesir kuno? Kalau ingin tahu, bayangkan saja ratu Cleopatra. Kesatria Yunani saja jauh jauh ke mesir demi wanita yang di cintainya tersebut. Saking cantik nya wanita mesir kuno ini, raja-raja mesir kuno pada jaman dahulu tidak akan membiarkan ratu-ratunya diproses menjadi mumi ketika mereka masih kelihatan cantik. Wanita-wanita milik raja mesir kuno tersebut baru akan diubah menjadi mumi ketika badan mereka sudah membusuk selama beberapa hari. Alasannya raja-raja ini takut, petugas yang akan mengubah ratu mereka menjadi mumi terpesona dengan kecantikan sang ratu dan melakukan hal-hal yang tidak senonoh terhadap mayat. Seperti kita tahu pada jaman sekarang ini ada juga lo orang orang yang jatuh cinta pada mayat. Mereka ini disebut dengan Nekrophilia.

Para Wanita Cantik Di Jaman Mesir Kuno Diproses Menjadi Mumi Setelah Membusuk Selama Beberapa Hari.
Para Wanita Cantik Di Jaman Mesir Kuno Diproses Menjadi Mumi Setelah Membusuk Selama Beberapa Hari. image [source]

Ternyata riwayat Nekrophilia tersebut ada sejak jaman Mesir kuno. Ketakutan para raja mesir ini beralasan. Suatu hari ada salah seorang ratu yang meninggal. Raja kemudian meminta petugas khusus yang menangani mayat untuk segera mengubah sang ratu menjadi mumi. Setelah diberi kepercayaan merawat mayat sang ratu tersebut, ternyata sang raja memergoki si petugas menyalah gunakan kepercayaanya. Sejak saat itulah ratu-ratu Mesir dibuat mumi ketika sudah jelek wujudnya.

6. Para Raja Mesir Itu Ternyata Gemuk-Gemuk.

Jika kamu berpendapat bahwa raja-raja mesir kuno itu atletis, berotot dan langsing, maka kamu telah ditipu oleh arca-arca dan ukuran di piramida mesir yang telah disebarkan oleh buku-buku sejarah. Bertentangan dengan bayangan umum, ternyata raja-raja mesir itu gemuk-gemuk. Menu makanan raja-raja mesir kuno sangat tidak sehat. Setiap harinya mereka memerintah kan para budak untuk menyiapkan makanan yang mengandung bir, irisan daging, roti gandum, dan makanan-makanan penuh lemak lainnya. Mereka makan menu tersebut tiga kali dalam sehari.

Para Raja Mesir Itu Ternyata Gemuk-Gemuk.
Para Raja Mesir Itu Ternyata Gemuk-Gemuk. image [source]

Fakta ini terungkap dari kondisi mumi yang banyak ditemukan. Mumi-mumi tersebut, saat ditemukan memiliki pembuluh darah yang tersumbat oleh kolesterol berlebih. Di dalam tubuh mumi juga didapati banyak sekali lipatan-lipatan lemak. Ancaman kegemukan memang sudah umum dialami oleh raja-raja mesir ini. Bahkan sudah ditemukan tulisan dari tahun 1500 sm tentang bahayanya efek kegemukan ini. minimal dari fakta ini, kita tahu bahwa kondisi negeri Mesir kuno sangat makmur saat itu hingga kegemukan merupakan masalah kesehatan terbesar yang harus dihadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *