Fakta Fakta Berikut Mengungkapkan Betapa Dahsyatnya Dampak Dari Kecanduan Handphone.

Efek Negatif Penggunaan Handphone, Manusia Jadi Zombie

Teknologi bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi teknologi memberikan banyak kemudahan namun di sisi yang lain berbagai macam kerusakan siap menyergap jika pemanfaatannya tida bijak. Jika di pakai dengan cara yang benar, teknologi seperti handphone mampu memudahkan kita dalam melakukan beberapa tugas. Misalnya saja setelah kehadiran handphone, berkirim kabar dapat dilakukan secara realtime. Begitu juga, dengan internet kita mampu mengakses informasi terkini, tanpa perlu lagi menunggu tukang loper koran mengantar surat kabar ke rumah kita. Selain beberapa keuntungan dan kemudahan yang telah dihadirkan oleh handphone, banyak juga berbagai kerugian yang banyak dikeluhkan akibat pemakaian gadged ini. yang paling sederhana misalnya, para orang tua mengeluhkan anak anak mereka menjadi kurang belajar, kurang bersosialisasi dan menghabiskan banyak waktu untuk nge game.

Fakta Fakta Berikut Mengungkapkan Betapa Dahsyatnya Dampak Dari Kecanduan Handphone.
Fakta Fakta Berikut Mengungkapkan Betapa Dahsyatnya Dampak Dari Kecanduan Handphone. image [source]

Efek negatif lain, materi materi pornografi yang seharusnya dibatasi untuk kalangan dewasa, kini dapat dengan mudah diakses oleh anak anak kecil di bawah umur. Semenjak ada gadget yang terhubung di internet, banyak terjadi kasus kasus penculikan terhadap anak. Anak anak abg yang pengen ngeksis kemudian menjadi target kejahatan om om hidung belang. Para abg ini didekati, dirayu kemudian diekploitasi lewat media sosial. Efek negatif dari penggunaan handphone ini tidak Berhenti sampai di situ saja. Di beberapa negara efeknya bahkan sudah sangat parah. Banyak kecelakaan terjadi dan banyak norma norma sosial dilanggar akibat kecanduan handphone ini. efek negatif yang semakin parah dari penggunaan handphone tersebut memaksa pemerintah setempat ikut campur dalam membuat aturan. Berikut ini fakta fakta tentang efek negatif dari penggunaan handphone, perubahan apa saja yang terjadi sebagai akibat darinya, dan bagaimana pemerintahan setempat mengatasi masalah tersebut. Simak informasinya di bawah ini.

1. Efek Smartphone Zombie Yang Muncul Di Jerman Pada November 2015.

Pada bulan November 2015 jerman memasukkan istilah baru ke dalam kamus bahasa mereka. Istilah tersebut adalah Smombie, yang merupakan singkatan dari Smartphone zombie. Kala itu efek negatif dari penggunaan smartphone di jerman sudah sangat parah. Orang orang memakai handphone bahkan di jalan jalan umum. Sembari mengemudi, sambil menyebarang jalan dan berjalan di atas trotoar. Orang orang yang telah terlanjur diperbudak oleh smarphone ini berjalan di ruang publik, namun perhatian mereka terfokus ke layar hap. Mereka tidak waspada terhadap keadaan sekitar.

Efek Smartphone Zombie Yang Muncul Di Jerman Pada November 2015.
Efek Smartphone Zombie Yang Muncul Di Jerman Pada November 2015. image [source]

Banyak kecelakaan terjadi di jalanan. Para pengemudi mobil serta motor seringkali harus berhenti mendadak ketika ada penyebrang jalan yang tiba tiba nyelonong dengan mata memandang fulltime ke arah layar handphone. Kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki di trotoar juga sering terjadi. Seperti kita tahu, di trotoar seringkali ditemui pot pot bunga atau lubang lain yang tidak rata. Banyak pejalan kaki yang karena fokus pada layar handphone, tanpa sengaja mereka terpeleset atau menabrak pot tersebut. Untuk mengatasi masalah tingginya kecelakaan akibat para zombie smartphone ini, pemerintah Augsburg memasang rambu rambu lalulintas yang tingginya hanya beberapa senti dari permukaan tanah. Mereka menyebut rambu rambu lalulintas bertiang pendek ini dengan Bompeln. Dengan Bompeln ini, orang orang yang berjalan sambil menunduk fokus ke layar hap bisa melihat rambu rambu tersebut. Ada juga rambu lalu lintas yang mampu berkomunikasi dengan handphone yang ada disekitar mereka. Rambu rambu tersebut akan mengirim notifikasi “awas”, jika seseorang berada beberapa meter di dekatnya. Tentunya handphone kita harus terinstall aplikasinya terlebih dahulu sebelum bisa menerima peringatan dari rambu rambu ini.

2. Melihat Layar Hp 6 Menit Sekali, 150 Kali Dalam Sehari Dan Tak Pernah Off.

Seberapa parah sih kecanduan kita terhadap smartphone itu?. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang psikoterapi bernama Nancy Coller mengungkapkan hal tersebut. Ia adalah seorang peneliti yang tinggal di Newyork, oleh karena itu penelitiaanya yang berjudul “ The Power Of Off” juga melibatkan responden yang berasal dari kota Newyork. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nancy Coller tersebut mengungkapkan fakta yang mencengangkan. Ternyata, rata rata manusia dewasa melihat handphone setiap 6 menit sekali bahkan kurang. 6 menit jika dihitung selama sehari, berarti rata rata orang melihat handphone sebanyak 150 kali. Ini berlaku juga pada mereka mereka yang sedang berada di tempat kerja. setiap hari manusia manusia tersebut juga mengirim 140 pesan setiap hari. 46 persen dari para sukarelawan tersebut menuliskan bahwa mereka tak bisa hidup tanpa gadget.

Melihat Layar Hp 6 Menit Sekali, 150 Kali Dalam Sehari Dan Tak Pernah Off.
Melihat Layar Hp 6 Menit Sekali, 150 Kali Dalam Sehari Dan Tak Pernah Off. image [source]

Penelitian lain namun dengan topik hampir sama juga dilakukan di universitas Maryland. Hasilnya sebagian perserta tes akan merasa stress jika mereka belum mencharge handphone selama 24 jam terakhir. Beberapa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manusia manusia modern jaman sekarang tak pernah berhenti menggunakan smartphone nya. Efek dari pengunaan handphone tanpa henti ini adalah, sistem saraf kita tidak pernah mendapatkan waktu istirahat. Computer saja perlu rutin di reboot secara berkala agar kinerjanya optimal. Bisa kita bayangkan, bagaimana kondisinya sistem saraf kita akibat tidak pernah diistirahatkan tersebut. Tentu saja zat zat sisa metabolisme akan menumpuk. Sistem saraf mengalami kelelahan. Jika berlangsung dalam jangka waktu yang panjang akibatnya bisa fatal.

3. Nenek Nenek Berumur 60 Tahun Terkena Headshot Akibat Bermain Pokemon Go.

Masih ingat tidak wabah pokemon go yang menjangkiti seluruh penduduk dunia pada tahun 2016 lalu. Waktu itu perusahaan Niantic yang telah diakuisisi Google sukses memperkenalkan teknologi augmented reality mereka kepada dunia. Begitu game pokemon go dirilis, euforia orang orang pun tersulut. Mereka ingin menjadi bagian dari gegap gempita yang melanda dunia dalam waktu sekejap tersebut. Mereka ingin menjadi salah satu trainer pokemon go. Dengan teknologi augmented reality berbasis GPS ini, dunia digital pokemon disatukan dunia nyata. Orang orang diharuskan bergerak, berjalan bahkan kalau perlu berlari mengejar pokemon pokemon mereka di dunia nyata.

Nenek Nenek Berumur 60 Tahun Terkena Headshot Akibat Bermain Pokemon Go.
Nenek Nenek Berumur 60 Tahun Terkena Headshot Akibat Bermain Pokemon Go. image [source]

Hasilnya, jalanan dipenuhi dengan zombie zombie yang memegang handphone kemanapun mereka pergi. Ketika baik motor, ketika sedang menyetir mobil, ketika berjalan di trotoar, mata mereka terpusat ke layar handphone. Tempat tempat nongkrong populer, seperti masjid, halte-halte, pinggir jalan, di penuhi orang orang yang sedang berburu pokemon. Jalanan menjadi kacau. Orang orang yang berhenti mendadak ketika sedang naik motor bukanlah yang yang asing lagi. Hal hal tersebut terjadi di kota kota besar di seluruh dunia seperti: Sidney, Newyork, Praha, serta Paris. Salah satu kasus paling parah, Jiansheng Chen bermain pokemon go dari dalam mobil minivan nya. Karena asyik mengejar pikachu yang terdetek di radar handphone, ia tanpa sengaja mendekati kawasan perumahan elit dengan penjagaan ketat di Virginia. Tak bisa berbahasa Inggris dan tidak memberikan respon ketika di tanya oleh petugas keamanan, 5 buah peluru pun diarahkan ke mobil yang ia tumpangi. Chen pun akhirnya meninggal.

4. Dibuatnya Jalur Khusus Untuk Pejalan Pengguna Smartphone Di Chongqing Cina.

Yang kacanduan akut terhadap handphone pasti pernah mengalaminya. Berjalan sambil terus menerus memperhatikan handphone, tiba tiba tanpa sadar nubruk tiang lampu penerangan jalan atau nubruk pejalan lain. rasanya sangat memalukan bukan jika hal tersebut terjadi di keramaian dan dilihat banyak orang. untuk saja yang di tubruk tersebut pengertian sehingga tidak ada efek lain yang lebih parah. Namun pernahkah kamu membayangkan jika yang kamu tubruk saat asyik dengan handphone tersebut adalah truk atau kendaran besar lain? tentu efeknya bisa kematian seketika.

Dibuatnya Jalur Khusus Untuk Pejalan Pengguna Smartphone Di Chongqing Cina.
Dibuatnya Jalur Khusus Untuk Pejalan Pengguna Smartphone Di Chongqing Cina. image [source]

Karena kebiasaan buruk para pengguna handphone yang tidak memperhatikan kondisi sekitar tersebut, pemerintahan di kota Chongqing Cina, membuat kebijakan yang unik. Bukannya memberikan sangsi, para zombie smartphone ini dibuatkan jalur khusus untuk berjalan. Jalur khusus tersebut di batasi dengan cat putih bergambar ikon berbagai aplikasi handphone populer. Tak hanya di cina saja, ternyata jalur khusus untuk pengguna smartphone ini juga pernah dibuat di Washington oleh National Geographic. Di Philadelphia ada juga E-lanes yang dikhususkan bagi pejalan kaki pengguna smartphone. Di indonesia, boro boro dibuatkan jalur khusus untuk pengguna smarphone. Trotoar untuk pejalan kaki biasa saja, diserobot oleh pedagang kaki lima, tukang parkir serta pengguna motor.

5. Notifikasi Hantu Yang Dialami Oleh Para Pecandu Smartphone.

Pernah tidak kamu merasa handphone mu bergetar, namun ketika kamu cek, tidak ada sms , notifikasi facebook, whatsapp atau pesan lain masuk. Jika iya dan hal itu sering terjadi maka kamu sedang mengalami apa yang disebut dengan Phantom Phone alert. Dalam bahasa indonesia kita sebut saja dengan notifikasi hantu. Daniel Krugar, seorang peneliti dari universitas Michigan melakukan penelitian. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang orang yang mengalami kecanduan smartphone sering mengalami notifikasi hantu ini. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa jika kita kecanduan berlebihan terhadap smartphone, maka seluruh indra kita akan menjadi hipersensitif terhadap notifikasi handphone. Sedikit rangsangan seperti hembusan angin saja, terkadang kita artikan sebagai handphone yang bergetar.

Notifikasi Hantu Yang Dialami Oleh Para Pecandu Smartphone.
Notifikasi Hantu Yang Dialami Oleh Para Pecandu Smartphone. image [source]

Handphone bergetar, tapi ketika di cek ternyata zong. Kebiasaan seperti ini tentu saja merepotkan. Apalagi jika kita sedang berkendara di jalanan. Jika sedikit sedikit membuka handphone akibat notifikasi hantu ini, bisa bisa resiko mengalami kecelakaan akan tinggi. Untuk mengatasi terjadinya notifikasi hantu ini, tentu saja kita harus mengurangi penggunaan handphone yang berlebihan. Jika dilakukan terus menerus pasti kecanduannya lama lama akan hilang dan notifikasi hantu pun tidak lagi kita alami.

Banyaknya kecelakaan akibat penggunaan smartphone di swedia, seoul korea serta belanda menambah panjang efek negatif dari sindrom smartphone zombie ini. buat keputusan tegas, kendalikan kecanduanmu terhadap penggunaan handphone dan efek negatif tersebut dapat kita hindari. Smartphone hanyalah alat, jangan sampai hidup kota di perbudak olehnya ya. Jika tidak, siap siap saja menyesal di kemudian hari. Masih ada waktu untuk mengubahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *