Penasaran Apa Jadinya Jika Kecanggihan Smartphone Digabungkan Dengan Sistem Keamanan Rumah? Berikut Ini Bentuknya.

Semuanya Terkoneksi Dengan Hanphone

Keamanan menjadi salah satu hal penting saat ini. penyebabnya karena modus kejahatan sangat banyak. perampokan penipuan, penggelapan dan pencurian sering terjadi. Jika maling maling pada jaman dahulu takut ketika dilihat oleh pemilik barang, maka penjahat zaman sekarang justru nekat jika kepergok pemiliknya. Pernah dengar kan perampok yang dengan sadis melukai atau bahkan membunuh korban korbannya. Seperti itu lah sangarnya penjahat penjahat zaman sekarang.

Penasaran Apa Jadinya Jika Kecanggihan Smartphone
Penasaran Apa Jadinya Jika Kecanggihan Smartphone. image [source]

Beberapa waktu yang lalu di perumahan elit Pulomas 11 orang disekap di dalam kamar mandi sempit tanpa ventilasi. 6 korban penyekapan pun tewas karena kehabisan oksigen. Penyekapan dilakukan oleh kawanan perampok. Yang mengejutkan lagi kawanan perampok tersebut menyatroni rumah ketika masih ada penghuninya di dalam rumah. Jika rumah yang masih ada pemiliknya saja disatroni perampok, bisa dibayangkan besarnya resiko yang harus ditanggung oleh rumah rumah yang ditinggal pergi si empunya rumah. Untuk mengamankan rumah dari incaran para penjahat, sistem keamanan pun dipercanggih. Kini setelah hadirnya gadget pintar, teknologi yang ada pada handpon pun diterapkan dalam sistem keamanan rumah. Penasaran bagaimana bentuk integrasi antara gadget pintar dengan sistem keamanan rumah? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Kunci Dan Buka Pintu Dengan Bluetooth.

Teknologi bluetooth memungkinkan handphone yang satu terhubung dengan handphone atau perangkat lain. penerapan bluetoorh dalam menghubungkan beberapa perangkat ini antara lain di pakai untuk menghubungkan handphone seseorang dengan jam tangan pintar. melalui bluetooth tersebut jam tangan mempunyai fungsi tambahan. Fungsi fungsi tambahan tersebut antara lain: menerima panggilan yang masuk ke handphone kita, membaca pesan serta mengaktifkan kamera yang ada di handphone. Teknologi smart watch ini sudah banyak di pakai oleh masyarakat kita. dari anak anak hingga kalangan, dari kelas ekonomi mengah sampai kelas atas, semuanya dapat dengan mudah memiliki smart watch. Ini karena harganya sudah terjangkau.

Kunci Dan Buka Pintu Dengan Bluetooth.
Kunci Dan Buka Pintu Dengan Bluetooth. image [source]

Selain di pakai di smart watch, bluetooth ternyata bisa juga dipakai di alat alat lain. sebuah perusahaan keamanan di amerika serikat mampu membuat sistem kunci pintu yang dapat di aktifkan lewat blue tooth. Pintu dengan pengaman berpengendali bluetooth tersebut akan mendetaksi keberadaan gadget yang sudah di sinkronkan lewat bluetooth. Jarak pancaran sinyal bluetooh relatif pendek. Oleh karena itu bluetooth ini efektif untuk digunakan sebagai indikator keberadaan seseorang. Jika sensor bluetooth mendeteksi keberadaan handphone si pemilik rumah, pintu terseut akan otomatis terbuka dengan sendirinya. Begitu juga jika sensor bluetooth gagal mendeteksi keberadaan hp si pemilik, maka pintu akan terkunci rapat. Cukup nyaman kan, jadi pergi kemana-mana, kita tidak perlu menenteng kunci.

2. Rumah Yang Seluruh Alat Elektroniknya Dikendalikan Dengan Handphone.

Kedepannya selain kunci pintu, blue tooth juga akan diterapkan untuk mengendalikan alat alat rumah tangga lain seperti ac, kipas angin televisi serta penghangat ruangan. Sensor bluetooth di pasang di berbagai barang rumah tanga tersebut. Ketika pemilik rumah dengan hpnya terdeteksi, maka alat alat elektronik rumah tangga tersebut akan menyala otomatis. Sebaliknya jika handphone si pemilik tidak terdeteksi alat alat tersebut akan mati dengan sendirinya.

Rumah Yang Seluruh Alat Elektroniknya Dikendalikan Dengan Handphone.
Rumah Yang Seluruh Alat Elektroniknya Dikendalikan Dengan Handphone. image [source]

Selain sensor bluetooth, alat alat elektronik rumah tangga tersebut bisa juga di akses melalui sensor lain. salah satu sensor yang mungkin di pakai dalam handphone android adalah sensor suara dan sensor gerak. Sensor suara in mulai banyak di pakai ketika raksasa internet google mengiklankan aplikasi google now. Dengan google now tersebut user hanya perlu mengucapkan “ok google”, untuk memerintahkan google mendengar perintah yang akan kita berikan lewat suara. Mengakses info tempat makan, mengakses lokasi hotel atau mengakses rute ke daerah wisata pun bisa dilakukan tanpa banyak mengetik ini itu.

3. Garasi Yang Mekanisme Buka Tutupnya Dikontrol Lewat Handphone Dan Dibekali Sidik Jari.

Garasi mungkin adalah bagian penting yang ingin dilindungi oleh para pemilik rumah. Apalagi jika si pemilik tersebut hobi otak atik mobil atau kolektor. Jika seseorang adalah otak atik mobil, maka tentu ia tidak ingin orang lain memasuki garasi dan membuat kekacauan pada koleksi mobil mobilnya. Mobilnya disentuh orang lain saja bisa membuatnya was was, apalagi jika sampai disatroni maling. Untuk memastikan bahwa tak ada orang lain yang masuk ke garasi mobilnya tersebut pintunya bisa dilengkapi dengan sistem keamanan berjaringan internet. Pintu tersebut terhubung dengan kabel dan router jaringan internet. Karena memiliki akses internet, maka pintu garasi hanya bisa dibuka dan ditutup lewat aplikasi yang ada di handphone nya. Sistem keamanan pintu garasi tersebut juga bisa dilengkapi dengan kamera keamanan. Si pemilik garasi bisa mengecek kondisi garasi kapan dan darimana saja.

Garasi Yang Mekanisme Buka Tutupnya Dikontrol Lewat Handphone Dan Dibekali Sidik Jari.

Untuk menjamin keamanan, sistem buka dan tutup garasi bisa dilengkapi dengan sensor sidik jari. Jika ingin membuka pintu garasi maka si pemilik tersebut harus menempelkan jarinya ke sensor. Jika dilengkapi teknologi ini, maka si pencuri pasti tidak bisa berkutik lagi. Ia akan pergi dan mengincar garasi lain yang sistem keamanannya lebih lemah. Teknologi sidik jari pada pintu garasi ini sangat mungkin dan sudah ada perusahaan yang melayani pemasanganya. Meskipun terdengar canggih sidik jari ini cukup terjangkau lo harganya. Terbukti kantor kantor sekarang rata rata sudah memakai mesin absensi berbasis sidik jari. Handphone buatan cina yang harganya murah saja ada sensor sidik jarinya, masa sih, demi keamanan mobil yang harganya puluhan bahkan ratusan juta kita pelit menganggarkan dananya.

4. Kamera CCTV Dengan Konektivitas Lewat Wifi.

Aksi kejahatan terjadi biasanya ketika kita sedang lelah. Tempat tempat yang di luar pengawasan menjadi spot favorit bagi para penjahat untuk beraksi. Untuk mencegahnya, beberapa orang memasang kamera CCTV. Kamera CCTV biasa membutuhkan teknik khusus untuk pemasangannya. Mamasang kabel di sana sini serta harus menyediakan penyimpan datanya. Tidak semua orang bisa mensetting kamera CCTV biasa dengan mudah. Syukurlah saat ini ada kamera CCTV yang berbasis wifi. Dengan adanya wifi CCTV ini kita dapat dengan mudah memasang kamera pengawas di titik titik yang tidak terjangkau oleh pengawasan manusia.

Kamera CCTV Dengan Konektivitas Lewat Wifi.
Kamera CCTV Dengan Konektivitas Lewat Wifi. image [source]

Karena kamera CCTV tersebut bisa menerima sinyal wifi, tentu saja kita bisa mengkonekannya dengan handphone. Tinggal menginstall aplikasi tertentu maka kita bisa melihat sekitar rumah kita melalui kamera. Mau di tinggal pergi sejauh apapun, asal internet dan sinyal wifi di rumah jalan, kita dapat dengan mudah membuka aplikasi di handphone kita kemudian mengawasi keadaan keamanan di rumah. Kalau pun kita sedang berada di jarak yang jauh dari rumah, dan rumah kemalingan, kita akan punya bukti rekaman video aksi kejahatan dari maling tersebut. Dengan adanya kamera CCTV berbasis wifi ini, peluang tertangkapnya pelaku kejahatan akan semakin besar. Karena tiap melakukan kejahatan tertangkap, maka si maling pun akan jera. Rumah kitapun menjadi aman dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Pasti seru ya jika teknologi automatisasi rumah seperti diatas sudah terwujud. Namun perlu di perhatikan juga, jaringan internet merupakan jaringan yang bisa diakses dari manapun. Meskipun memakai pasword, meskipun dengan tingkat keamanan berlapis, seseorang di luar sana bisa menjebol pasword keamanan kita dan memanfaatkan berbagai akses jarak jauh untuk keuntungan mereka. Ngak mau kan, karena pasang kamera di mana mana orang lain justru bisa memata-matai kita 24 jam. untuk mencegah terjadinya akses ilegal terhadap sistem keamanan dirumah kita tersebut, sebaiknya kita selalu waspada. Jangan sampai sistem keamanan yang kita pasang justru menjadi bumerang bagi kita dan dimanfaatkan oleh orang jahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *