Sedang memuat Dari Yang Berukuran Jumbo, Berlari Cepat, Bekerja Sama Hingga Bisa Berhitung. Ini Lho Sperma Sperma Super Itu!

Dari Yang Berukuran Jumbo, Berlari Cepat, Bekerja Sama Hingga Bisa Berhitung. Ini Lho Sperma Sperma Super Itu!

Bayangkan Jika semua Sifat Super Ini Ada Pada Sperma Manusia

Sperma merupakan salah satu hal yang penting bagi kelangsungan hidup manusia dan banyak hewan lain. kecuali kamu bisa membelah diri, memunculkan tunas ataupun memproduksi spora, maka sperma inilah satu satunya penunjang kelangsungan hidup hewan dan manusia. Meskipun beberapa hewan memiliki Termasuk manusia, sama sama memiliki sperma namun sperma hewan yang satu berbeda lho karakteristiknya dengan sperma hewan yang lain.

Dari Yang Berukuran Jumbo, Berlari Cepat, Bekerja Sama Hingga Bisa Berhitung. Ini Lho Sperma Sperma Super Itu!
Dari Yang Berukuran Jumbo, Berlari Cepat, Bekerja Sama Hingga Bisa Berhitung. Ini Lho Sperma Sperma Super Itu! image [source]

Perbedaan itu bisa dilihat dari bentuk, ukuran, perilaku serta cara bergeraknya. Berdasarkan kriteria kriteria tersebut ada sperma sperma yang superior dibandingkan sperma milik hewan lain. ada yang ukurannya lebih besar, ada yang geraknya lebih lincah bahkan ada juga sperma yang bisa jadi senjata untuk memusnahkan spesies hewan lain. penasarankan dengan sperma sperma dengan kemampuan super serta unik dibandingkan dengan yang lain tersebut? simak informasinya di bawah ini.

1. Sperma Berukuran Raksasa.

Di dunia perspermaan, ada pola aneh yang diamati para ahli. Semakin besar ukuran tubuh suatu makhluk hidup ternyata ukuran spermanya justru semakin kecil. Manusia misalnya, spermanya hanya mempunyai panjang sekitar 0.1 mm atau 50 mikrometer. Kira kira sepanjang 1 cm yang di potong potong menjadi seratus. Sperma paus, ukurannya lebih kecil lagi. Kira kira 3/5 nya ukuran sperma manusia. Dari pola ini binatang yang ukuran tubuhnya kecil, ternyata justru punya sperma yang berukuran raksasa.

 Sperma Berukuran Raksasa.
Sperma Berukuran Raksasa. image [source]

Mamalia paling kecil yang bernama possum justru punya sperma dengan ukuran 350 micrometer atau 7 kali lipatnya ukuran sperma manusia. Namun sperma terbesar justru dimiliki oleh lalat buah. Itu lho lalat kecil kecil yang warnanya agak kemerahan dan sering merubung buah yang mau busuk. Lalat bertubuh kecil tersebut justru memiliki sperma dengan panjang 6 sentimeter. Panjang sperma lalat drosopila ini mencapai 20 kali panjang tubuhnya sendiri. wah apa tidak kesusahan ya saat membuahi sel telur di tubuh betinanya? Penyebabnya karena saluran reprodusksi lalat betina itu sangat panjang berkelok kelok dan banyak rintangan. Dengan ekor sperma yang panjang ini, kepala sperma punya cukup cadangan energi untuk mengarungi saluran reproduksi yang super panjang tersebut.

2. Sperma Yang Saling Bekerja Sama Dan Bukan Bersaing.

Banyak yang bilang bahwa masing masing dari kita adalah pemenang. Itu karena kita semua yang terlahir di dunia ini adalah sperma paling unggul yang berhasil membuahi sel telur pertama kali. Artinya sejak awal sperma bersaing dengan sperma lain. tapi pada semut gurun perilaku sperma ini berbeda dari sperma manusia dan hewan hewan lain pada umumnya. Bukannya bersaing mereka justru bekerja sama dengan sperma sperma lain.

Sperma Yang Saling Bekerja Sama Dan Bukan Bersaing.
Sperma Yang Saling Bekerja Sama Dan Bukan Bersaing. image [source]

Semun gurun jantan mampu hidup selama 20 tahun. Dalam organ reproduksi betina ini ada kantung yang bisa menyimpan sperma. Maklum di gurun ketemu semut jantan itu gampang gampang susah. Jadi begitu ketemu si betina ini akan melakukan perkawinan dan sperma si jantan disimpan dulu di kantung sperma sampai dibutuhkan untuk membuahi. Karena sperma yang masuk ke tubuh betina itu tidak langsung membuahi, maka sperma tak perlu terburu buru. Mereka bukannya bersaing saling duluan sampai ke sel telur. Sel sel sperma ini akan melekatkan kepala mereka satu sama lain dan kemudian berenang bersama sama. Ketika berenang bersama, kecepatan mereka 50 kali lebih cepat dari pada saat berenang sendiri sendiri. baru setelah sampai di penampungan mereka akan memisah dan antri untuk membuahi. Masih jadi sperma saja mampu bekerja sama, ngak heran bagaimana kompaknya semut semut tersebut saat mengusung makanan berukuran besar.

3. Sperma Yang Bisa Berhitung.

Manusia adalah makhluk paling cerdas di dunia ini. tapi siapa sangka kalau sperma hewan justru sudah bisa berhitung jauh jauh hari sebelum mereka menjadi hewan. Sperma yang bisa berhitung ini adalah spermanya tikus. Seperti pada sperma semut gurun di atas, sperma tikus juga berenang bersama satu dengan lainya. Mereka membentuk kelompok.

Sperma Yang Bisa Berhitung.
Sperma Yang Bisa Berhitung. image [source]

Berbeda dengan sperma semut gurun yang asal ngumpul jadi satu, sperma tikus ini cukup cerdas. Mereka tidak sembarangan dalam membentuk kelompok. Tiap kelompok sperma tersebut hanya tersusun oleh 7 sperma. Mungkin 7 tersebut merupakan jumlah yang optimal sehingga mereka bisa berenang cepat. Yang mengagumkan, bagaimana mungkin sperma yang tidak berotak mampu menghitung anggota kelompoknya hanya tujuh. Bayi manusia saja mana mungkin bisa.

4. Sperma Yang Jadi Senjata Untuk Memusnahkan Spesies Lain.

Biasanya suatu spesies hewan hanya akan kawin dengan spesies yang sama. Jika sampai terjadi perkawinan dengan spesies lain, maka tak akan menghasilkan keturunan atau keturunanya mandul. Umumnya pula suatu hewan melakukan perkawinan untuk menghasilkan keturunan. Namun tidak demikian halnya dengan cacing caenorhabdtis Nigoni. Mereka melakukan perkawinan kadang untuk memusnahkan spesies cacing kerabatnya yang bernama caenorhabdtis briggsae.

Sperma Yang Jadi Senjata Untuk Memusnahkan Spesies Lain.
Sperma Yang Jadi Senjata Untuk Memusnahkan Spesies Lain. image [source]

Tak hanya kawin dengan betina dari spesies sejenis Nigoni jantan kadang juga kawin dengan Briggsae betina jika ketemu. Tapi perkawinan mereka bukan atas dasar cinta ataupun untuk melanjutkan keturunan. Si Nigoni ini kawin untuk membunuh spesies cacing Brigsae betina. Begitu sperma cacing nigoni masuk ke tubuh betina Briggsae, sperma cacing nigoni ini akan beringas, bergerak dengan cepat sehingga menghancurkan organ dalam tubuh cacing Briggsae berina. Mulai dari perut hingga kepala, semua organ dalam cacing betina tersebut hancur. Cacingnya pun lama kelamaan akan mati. jahat sekali kan pejantan dari Nigoni ini.

5. Sperma Yang Bisa Jadi Zat Pelet Bagi Betina.

Masalah perebutan pasangan sepertinya tidak dialami oleh manusia saja. Hewan juga mengalaminya. Pejantan berlomba lomba untuk merebut hati betina sehingga dia bisa memiliki keturunan yang mewarisi sifat genetiknya. Pada lalat buah, betinanya sering berpasangan dengan banyak pejantan.
Nah agar tidak di tinggalkan oleh betinanya ini, si lalat jantan punya senjata ampuh. Kalau pada manusia bisa disetarakan dengan sejenis pelet atau guna guna. Pejantan ini menggunakan sperma sebagai peletnya. Begitu sperma si jantan ini masuk ke tubuh betina, maka perilaku betina jadi berubah. Si betina tidak lagi bisa tertarik dengan pejantan lain selain yang sudah mengawininya. Hal ini karena di cairan sperma pejantannya ada semacam hormon tertentu yang mempengaruhi perilaku betinanya. Sepertinya hal yang seperti ini juga berlaku pada manusia lho. Sperma yang masuk ke tubuh perempuan selain memicu kehamilan juga mengubah perilaku si perempuan. Eits yang jomblo hangan ngeres duluan ya. Fokus saja mencari pacar.

Sperma Yang Bisa Jadi Zat Pelet Bagi Betina.
Sperma Yang Bisa Jadi Zat Pelet Bagi Betina. image [source]

Itulah sperma dar berbagai hewan yang memiliki keunggulan dan keunikan dibandingkan sperma dari hewan lain. ternyata dari mempelajari hewan para ahli semakin banyak tahu hal hal yang mendetail. Bukan tidak mungkin pengetahuan yang didapat dari hewan tersebut ada manfaatnya juga bagi manusia. Maka itu jangan pernah meremehkan hewan apapun ya. Dia diciptakan di dunia ini pasti ada tujuannya. Pasti ada gunanya. Kalau sampai sekarang belum diketahui manfaatnya, mungkin di masa depan hewan tersebut mempunyai peran penting bagi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *