Mengerikan, Ini Beberapa Upaya Bunuh Diri Yang Terekam Fitur Siaran Langsung Di Sosial Media Populer.

Aneh Aneh Saja Ya Trend Remaja Zaman Sekarang

Sejak berdirinya situs jejaring sosial Facebook, penggunaan sosial media kian marak. Tak hanya berbagi status berupa tulisan, gambar serta video, kini sosial media seperti Facebook juga menyediakan fitur siaran langsung. Dengan fitur siaran langsung ini, video yang terekam melalui kamera handphone pengguna akan di streaming ke semua teman dan pengikutnya yang saat itu online. Fitur live streaming atau siaran langsung di berbagai media sosial populer ini tentu saja merupakan fenomena baru dan sudah dimanfaatkan oleh beberapa pihak.

Mengerikan, Ini Beberapa Upaya Bunuh Diri Yang Terekam Fitur Siaran Langsung Di Sosial Media Populer.
Mengerikan, Ini Beberapa Upaya Bunuh Diri Yang Terekam Fitur Siaran Langsung Di Sosial Media Populer. image [source]

Yang pernah populer dalam pengunaan fitur siaran langsung atau live streaming ini adalah saat seorang pria mereview acara razia kendaraan bermotor oleh polisi. Karena langsung di sebarkan secara live kepada pemirsanya, maka aksi perekaman razia polisi tersebut pun tidak bisa dihentikan secara semena mena. Beda dengan aksi memotret ketika terjadi razia. Jika polisi yang dipoto tidak berkenan, polisi kadang meminta agar foto tersebut dihapus. Artis artis sosial media juga sering memanfaatkan fasilitas live streaming atau siaran langsung ini untuk merekam aktivitas mereka dan berinteraksi dengan para folowernya lewat kolom komentar. Dengan adanya fitur siaran langsung ini komunikasi antara seseorang dengan pengikutnya menjadi lebih interaktif. Selain dimanfaatkan untuk hal hal positif, fitur siaran langsung atau live streaming pada sosial media ini ternyata dimanfaatkan untuk hal hal negatif juga. Sekarang ini muncul tren aksi upaya bunuh diri yang dilakukan oleh pengguna media sosial. Karena direkam dengan fitur live streaming atau siaran langsung, aksi bunuh diri tersebutpun dilihat oleh ratusan bahkan ribuan orang. beberapa upaya bunuh diri yang terekam secara live streaming tersebut berhasil dan ada beberapa juga yang gagal berkat aksi tanggap saksi yang melihatnya. Khusus untuk mereka yang mati dalam aksi bunuh diri secara live, tentu membuat banyak orang sedih. Mereka melihat kematian di depan mata mereka sendiri dan tidak bisa berbuat apa apa akibat terpisah jarak. Siapa saja ya orang orang yang melakukan upaya bunuh diri di fitur live streaming atau siaran langsung sosial media tersebut? Berhasil diselamatkan atau matikah mereka? Berikut ini detail infonya.

1.Gadis Dari Keluarga Broken Home Yang Bunuh Diri Di Rumah Orangtua Asuhnya.

Nama gadis tersebut adalah Nakia Varant. Ia berkulit hitam dan tergolong gadis remaja yang banyak masalah. Sejak umur 7 tahun ia sudah kabur dari rumah, membolos sekolah dan terlibat pergaulan nakal dengan anak anak yang salah. Oleh karena kenakalannya tersebut, pengadilan memutuskan bahwa orang tua biologis Nakia ini tidak bisa mendidik sang anak. Ke dua orang tua Nakia pun kehilangan hak asuh terhadap anak gadis mereka. Agar Nakia mendapatkan pendidikan secara baik, ia harus tinggal bersama orang tua asuh yang ditunjuk oleh pemerintah. Di amerika serikat orang tua yang menampung sementara anak anak akibat orang tua biologis tidak mampu mengasuh disebut dengan foster parent. Nakia sudah sejak beberapa tahun tinggal bersama foster parent nya.

Gadis Dari Keluarga Broken Home Yang Bunuh Diri Di Rumah Orangtua Asuhnya.
Gadis Dari Keluarga Broken Home Yang Bunuh Diri Di Rumah Orangtua Asuhnya. image [source]

Perilaku sulit diatur Nakia Varant mulai terlihat ketika umurnya menginjak 7 tahun. Dulunya ia adalah anak baik seperti anak anak perempuan pada umumnya. Namun nasib buruk menimpanya. Suatu hari ia dilecehkan secara seksual oleh anak laki laki yang berumur 14 tahun. Entah karena orang tua tidak mampu menenangkan si Nakia sejak depresi akibat pelecehan tersebut, Nakia mulai menunjukkan perilaku buruk. Tinggal bersama orang tua asuh rupanya belum mampu memperbaiki masalah psikologis yang dimiliki Nakia akibat pelecehan. Ternyata ia masih depresi. Puncaknya, pada pukul 2.30 dini hari ia mengaktifkan fitur siaran langsung di akun Facebooknya. Dengan kamera menyala ia menyatakan berniat untuk bunuh diri akibat sudah tidak tahan dengan masalah hidup yang ia hadapi. Di depan kamera Facebook live, dengan disaksikan oleh banyak orang Nakia Varant ini mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. media sosial di amerika pun dibuat heboh dengan kejadian ini. orang tua biologis Nakia Varan yang bernama Gina Alexis pun kemudian memutuskan untuk menyewa pengacara dan menuntut orang tua asuh.

2. Wanita Bunuh Diri Di Facebook Live Yang Berhasil Diselamatkan.

Seorang wanita yang pernah tinggal di Alameda, Idaho, Amerika Serikat berusaha bunuh diri dan merekam prosesnya secara life di fitur siaran langsung Facebook. Sebelumnya ia pernah berbicara lewat telpon dengan petugas layanan darurat di Alameda Idaho. Ketika aksi bunuh diri dari si wanita tersebut ia siarkan secara langsung lewat jejering sosial, salah satu teman yang mendapatkan notifokasi pun langsung menghubungi petugas layanan darurat. Sang petugas pun kemudian menghubungi polisi untuk meminta pertolongan. Setelah dilakukan pelacakan tehadap tempat pelaku bunuh diri diketahui bahwa ia berada di kota lain yaitu New york. Sang petugas bersama kepolisian setempat pun kemudian melacak keberadaan wanita ini dari beberapa data sinyal handphone yang dimiliki oleh operator seluler.

Wanita Bunuh Diri Di Facebook Live Yang Berhasil Diselamatkan.
Wanita Bunuh Diri Di Facebook Live Yang Berhasil Diselamatkan. image [source]

Berbekal data ping nomor handphone si pelaku bubuh diri mereka pun kemudian mendapatkan fakta bahwa wanita tersebut berada di Rocville center, Newyork. Petugas kepolisian Newyork pun di hubungi dan diminta untuk melihat video siaran langsung di akun sosial media si wanita. dengan mencocokkan gambar sekitar lokasi bunuh diri, para petugas kepolisian Newyork segera menemukan lokasi pesis dari upaya bunuh diri tersebut. Ternyata si wanita melakukan upaya bunuh diri dan menyiarkan secara live dari dalam mobil. Ketika polisi tiba di lokasi, urat nadi tangan si wanita telah terpotong. Wanita tersebut ditemukan dalam keadaan pingsan tidak sadarkan diri. polisi kemudian membawanya ke rumah sakit terdekat. Berkat kerja sama yang sigap dari berbagai departemen tersebut nyawa si wanita akhirnya berhasil diselamatkan.

3. Pria Turki Yang Bunuh Diri Dengan Shotgun Di Facebook Live.

Cinta memang bisa membuat orang bahagia. Namun jika seseorang mengalami putus cinta, maka rasa sakit yang menyerang susah untuk di tahan. Seorang pria yang tinggal di Turki merasakan sendiri betapa sakitnya akibat putus dengan pacar. Pria tersebut bernama Erdogan Ceren. Ia baru berusia 29 tahun. Pada akhir Desember 2016, di suatu pagi, ia mengaktifkan fitur Facebook live dari kamera handphone nya. Dengan bertelanjang dada dan satu tanggannya memegang shotgun ia mengoceh panjang lebar di depan webcamnya. Ia bercerita tentang kisah cintanya yang sedang diterpa badai. Ia baru saja putus dari kekasihnya

Pria Turki Yang Bunuh Diri Dengan Shotgun Di Facebook Live.
Pria Turki Yang Bunuh Diri Dengan Shotgun Di Facebook Live. image [source]

Beberapa minggu sebelum ia melakukan siaran langsung di akun Facebook tersebut ia sudah menulis banyak status patah hati. Kemungkinan ia masih berharap dengan status status galau tersebut kekasihnya akan mau kembali. Sayangnya tidak. Apapun yang ia katakan sudah tidak berarti bagi sang kekasih. Dan ia pun mulai melakukan hal hal di luar logika. Pagi itu tekadnya sudah bulat. Ia memutuskan tidak bila lagi melanjutkan hidup tanpa kekasihnya. Lewat siaran langsung di akun media sosialnya tersebut ia berkata bahwa tidak ada seorang pun yang percaya bahwa aku akan bunuh diri. dan ia pun menyuruh orang orang melihat aksi bunuh dirinya dengan shotgun tersebut. Pada percobaan pertama ia arahkan moncong shotgun ke bagian tengah dada. Ketika pelatuk di tarik, shotgun tersebut gagal meledak. Pelurunya macet. Kemudian ia memperbaiki sebentar senjatanya tersebut dan memulai upaya bunuh diri ke dua. Di percobaan yang ke dua tersebut shotgun pun meledak, peluru menembus tepat di tengah dadanya. Ia pun tersungkur. Aksi bunuh diri secara live tersebut mendapatkan 12 ribu komentar dan dishare oleh 4000 pengguna media sosial. Namun sayang nyawanya tidak tertolong.

4. Gadis Remaja Yang Menenggak Racun Ketika Ditonton Secara Libe Oleh 18 Ribu Orang Lebih.

Seorang gadis remaja yang tinggal di st paul mencoba melakukan bunuh diri di suatu pagi. Ia berusaha mengakhiri hidupnya dengan meminum racun. Nama sang gadis dirahasiakan untuk menjaga privasi dari si gadis. Belum di ketahui penyebab pasti dari percobaan bunuh diri namun diduga karena masalah percintaan. Tekanan yang dihadapi remaja remaja masa kini memang besar. Selain beban pelajaran sekolah yang berat, gaya hidup yang harus dijalani sejak maraknya penggunaan sosial media pun semakin banyak. anak remaja dituntut untuk melakukan ini itu agar tidak terlihat ketinggalan zaman diantara teman teman lainnya. Diduga karena masalah percintaan dan beban hidup tersebut akhirnya sang remaja pun memilih untuk bunuh diri.

Gadis Remaja Yang Menenggak Racun Ketika Ditonton Secara Libe Oleh 18 Ribu Orang Lebih.
Gadis Remaja Yang Menenggak Racun Ketika Ditonton Secara Libe Oleh 18 Ribu Orang Lebih. image [source]

Ketika ia mengaktifkan Facebook live, tangan kirinya memegang cairan beracun. Di depan kamera ia menyatakan ingin mati saja karena tidak tahan dengan masalah yang ia hadapi.18 ribu lebih orang memantau video siaran langsungnya. Sebagian kecil kenal secara pribadi dengan si gadis, namun sebagian besar lagi tidak kenal. Meskipun tidak kenal, para penonton tersebut berusaha menggagalkan aksi bunuh diri lewat komentar komentar yang memotivasi. Ketika semua komentar dirasa gagal dan si gadis tetap melanjutkan aksinya, ratusan orang pun mulai menelpon petugas polisi tersekat. Polisi pin akhirnya bergerak melacak rumah kediaman si gadis. Setelah ketemu mereka pun membawa si gadis ke rumah sakit. si gadis pun akhirnya diperiksa untuk memastikan racun yang telah diminum dapat di Netralisir.

Ngeri ngeri bukan kelakuan yang tampakkan oleh para remaja zaman sekarang ini. mental mereka tidak tahan banting. Kena masalah sedikit saja langsung update status galau. Berkat penambahan live streaming atau siaran langsung di berbagai sosial media. Aksi galau upaya bunuh diri pun kini dilakukan di akun media sosial mereka. Meskipun terdengar seperti efek negatif dari penggunaan sosial media. Trend ini ada sisi positifnya lni. Minimal jika usaha bunuh diri tersebut dilakukan secara live di facebook serta jejaring socmed lainnyta, teman teman si pelaku akan mendapatkan notifokasi sehingga bisa memberikan pertolongan secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *