Sedang memuat Suka Dikerubuti Nyamuk Saat Nongkrong Di Teras Rumah? Kamu Butuh Tanaman Ini

Suka Dikerubuti Nyamuk Saat Nongkrong Di Teras Rumah? Kamu Butuh Tanaman Ini

Tanaman Pengusir Nyamuk Dan Serangga Lainnya

Ketika musim hujan datang, maka serangga serangga terutama nyamuk dan lalat akan semakin besar populasinya. Jika dibiarkan di sekitar rumah maka akibatnya bisa fatal. Nyamuk merupakan salah satu agen yang membawa penyakit demam berdarah. Jumlah kasus demam berdarah di tahun 2015 kemarin mencapai lebih dari 99.499 kasus. Telat penanganan sedikit saja penyakit demam berdarah ini bisa menyebabkan kematian. Selain itu kini nyamuk juga menyebarkan virus zika. Virus ini gejalanya mirip demam berdarah. Jika menyerang ibu hamil, vitus zika ini akan tertular ke janin sehingga menyebabkan kelainan yang disebut mikrosefalus. Selain nyamuk, lalat juga merupakan serangga yang berbahaya, karena sering hinggap di sampah, di kaki lalat menempel berbagai macam mikro organisme penyebab penyakit. Penyakit penyakit yang disebabkan oleh lalat antara lain: desentri, kolera, diare, thiphoid, dan berbagai penyakit lainya.

Serangan Nyamuk
Serangan Nyamuk. image [source]

Mengusir serangga penyebab penyakit yang berkeliaran di rumah tersebut gampang gampang susah. Kita terbiasa menggunakan obat pengusir serangga yang disemprot, dibakar atau obat serangga elektrik. Masalahnya ada kekhawatiran obat obat pengusir serangga tersebut selain membunuh serangga juga berbahaya bagi kita. Zat kimia dalam obat serangga tersebut jika terkumpul dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya keracunan atau munculnya kanker. Maka alternatif pengusir serangga alami perlu di cari, berikut ini jenis jenis tanaman yang mampu mengusir serangga secara alami.

1. Tanaman Zodia.

Tanaman zodia ini merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman zodia masih tergolong satu suku dengan tanaman jeruk jerukan. Tanaman ini berbentuk perdu dengan ketinggian antara 50 sampai 200 sentimeter. Tinggi rata ratanya adalah sekitar 75 cm. Daun pohon zodia ini pipih memanjang, lentur dengan panjang 2-30 cm. Tanaman zodia sudah sejak lama dimanfaatkan orang orang pedalaman Papua untuk mengusir nyamuk ketika berburu. Cara penggunaanya cukup daun dari tanaman zodia ini diremas remas kemudian dioleskan ke permukaan tubuh. Nyamuk tidak akan berani menggigit tubuh yang sudah diolesi dengan daun zodia ini.

Tanaman Zodia
Tanaman Zodia. image [source]

Jika ingin menanam di rumah, caranya tidak sulit. Biji yang jatuh ke tanah biasanya akan tumbuh menjadi tanaman zodia yang baru tanpa perlakuan khusus. Selain itu tanaman zodia ini juga dapat diperbanyak dengan stek ranting. Tanaman zodia ini mampu mengeluarkan aroma khas yang ditakuti nyamuk dan serangga lainnya ketika bergesekan. Jadi dengan menanam tanaman zodia ini dalam pot dan menaruhnya di sudut ruangan sepertinya sudah cukup untuk mencegah nyamuk masuk. Zat pengusir nyamuk yang terkandumg dalam daun zodia ini adalah linalool.

2. Tanaman Rosemarry Atau Lidah Cicak.

Tanaman rosemarry atau ada yang menyebutnya lidah cicak mampu mengeluarkan aroma yang mirip minyak kayu putih. Aroma dari tanaman ini mampu mengusir nyamuk dan serangga. Tanaman rosemarry ini memiliki daun kecil kecil seperti jarum. Dengan daun seperti ini tanaman rosemarry mampu hidup sepanjang tahun dan tahan terhadap kekurangan air. Meskipun biasanya kecil kecil, tanaman rosemarry ini jika dibiarkan mampu tumbuh hingga 1.5 meter tingginya.

Tanaman Rosemarry Atau Lidah Cicak
Tanaman Rosemarry Atau Lidah Cicak. image [source]

Selain bisa untuk mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa di pakai sebagai penambah aroma pada makanan. Cara menanam tanaman rosemarry ini pun cukup mudah. Cukup potong sebagian batangnya dan tancapkan langsung ketanah. Tanaman tersebut kemudian akan tumbuh. Mau mencoba untuk menanam tanaman ini? Oerhatikan bentuk daunnya ya, takutnya kelitu dengan tanaman lain.

3. Lavender

Tanaman lavender ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat pengusir nyamuk. Biasanya bentuknya berupa lotion. Tanaman lavender mengandung minyak lavender. Minyak lavender ini juga berfungsi sebagai antiseptik dan anti peradangan. Namun karena minyak lavender ini juga mempunyai aroma khas yang ditakuti nyamuk, maka tanaman ini juga digunakan sebgai bahan untuk membuat lotion anti nyamuk. Selain mempunyai khasiat pengusir nyamuk, tanaman lavender ini juga mempunyai warna yang menarik. Penampilan yang menarik ini menyebabkan tanaman lavender juga banyak di gunakan sebagai tanaman hias di rumah rumah.

Lavender
Lavender. image [source]

Selain sebagai pengusir nyamuk, ternyata aroma dari minyak lavender ini juga mampu menekan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur. Minyak lavender ini sudah digunakan di rumah sakit rumah sakit untuk mencegah infeksi pada luka ketika perang dunia 1 dan perang dunia 2.

4.Tanaman Serai.

Tanaman yang satu ini pasti sudah sering kamu temui bukan? Ya tanaman ini banyak dipakai pada masakan masakan baik makanan restoran maupun rumahan. Jika dimasukkan ke dalam masakan serai ini menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Selain berguna sebagai bumbu masakan, serai ini juga dipakai sebagai pengusir nyamuk. Aroma yang dikeluarkan dari tanaman serai ini membuat nyamuk tidak mendekat ke ruangan. Cara mengusir nyamuk dengan serai ini tidaklah sulit.

Tanaman Serai
Tanaman Serai. image [source]

Beberapa batang serai dipotong potong lalu di tumbuk hingga hancur, dan di masukkan dalam air. Rendaman serai dalam air ini kemudian dipanaskan sehingga uap dari minyak serai akan tersebar merata keruangan. Cara memanaskan air rendaman serai ini bisa dengan api tungku bisa juga dengan alat pemanas listrik. Mirip obat nyamuk elektrik yang sering kamu pakai bukan. Bedanya serai ini merupakan bahan alami tidak mengandung bahan kimia. Untuk menanam serai ini pun tidak sulit. Ambil bonggol sebatang serai kemudian taruh dalam pot. Nanti tanaman serai akan tumbuh dan memperbanyak dirinya sendiri dengan tunas.

5.Bunga Marigold.

Bunga yang serimg di pakai sebagai tanaman hias ini ternyata juga mampu mengusir nyamuk dan lalat. Bunga Marigold ini memiliki ciri ciri warna mahkota kuning panjang panjang tersusun rapat membentuk lingkaran. Di bagian tengah, putik dan benang sari nya berwarna coklat melingkar. Bunga marigold ini memiliki aroma yang cukup khas sehingga ditakuti oleh nyamuk. Senyawa yang terkamdumg dalam bunga marigol ini adalah pyrenium. Pyrenium ini juga banyak digunakan pada obat obat pengusir nyamuk buatan pabrik.

Bunga Marigold
Bunga Marigold. image [source]

Untuk menanam bunga marigold tidaklah terlalu sulit. Kita bisa menanamnya dari biji. Harga biji bunga marigold ini pun tidak terlalu mahal. Keuntungan lainnya, marigold ini merupakan tanaman yang tahan tahunan. Selain itu untuk pagar tanaman, bunga marigold ini juga bagus..

6.Bawang Putih.

Tanaman bawang putih terkenal sejak jaman dahulu berguna sebagai bahan antibakteri. Maka itu banyak makanan yang dimasak dengan memakai bumbu bawang putih. Di beberapa tempat bawang putih ini juga di pakai sebagai bahan aroma terapi. Seperti kita tahu bawang putih mempunyai aroma yang khas dan bagi sebagian orang mampu memicu relaksasi. Selain dipakai sebagai bumbu, aroma terapi dan anti bakteri, ternyata bawang putih ini aromanya juga tidak disukai nyamuk. Secara alamai nyamuk nyamuk serta serangga lain akan pergi menjauhi tempat yang tercium aroma bawang putih ini.

Bawang Putih
Bawang Putih. image [source]

Untuk menanam bawang putih inipun tidaklah terlalu sulit. Tinggal ambil 1 siung bawang putih, tanam di dalam pot dan tunggu selama 3 harian. Bawang putih akan tumbuh daun dan kemudian menghasilkan umbi yang lebih banyak. Selain mengusir nyamuk, siapa tahu kelak bawang putih ini bisa dipanen.

7.Tanaman Catnip.

Tanaman obat yang satu ini sangat disukai kucing. Kemungkinan kucing punya naluri alami untuk menyembuhkan penyakit ditubuhnya dengan memakan tanaman catnip ini. Minyak yang terkandunng dalam tanaman catnip ternyata mempunyai kekuatan mengusir nyamuk 10 kali lipat dari obat pengusir nyamuk pabrikan. Tanaman ini bisa ditaruh di teras atau halaman depan. Dijamin tidak akan ada serangga dan nyamuk yang mengganggu ketika kamu duduk duduk santai di sana. Kumpulan serangga dan nyamuk akan mati oleh obat alamai ini. Keuntungan lainnya, tanaman ini akan memancing kucing untuk datang berkunjung. Jadi bersiap siaplah menyambut kucing di halaman depan mu.

Tanaman Catnip
Tanaman Catnip. image [source]

Tanaman carnip ini dikenal sebagai ganja bagi kucing. Ketika berada di sekitar tanaman ini dan mencium cium daunnya, kucing akan fly dan bertingkah laku aneh. Meskipun bukan tanaman asli indonesia, jika ingin menanamnya anda bisa membeli biji secara online dan menumbuhkannya sendiri. Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *