Kenapa Ya Aku Susah Tidur? Jawabannya Ada Di Bawah Ini.

Kebiasaan tidur Ternyata Berkaitan Dengan Kesehatan

Tidur merupakan aktivitas yang penting bagi tubuh kita. Sebelum tahun 1950 orang orang berpendapat bahwa tidur itu merupakan aktivitas pasif, istirahat total. Namun kemudian di ketahui saat tidur otak kita sangat aktif. Meskipun kelihatan tidak produktif, ternyata tidur itu penting dan mempengaruhi kelancaran fungsi fungsi tubuh kita.

Fakta Tentang Tidur
Fakta Tentang Tidur. image [source]

Tidur juga menentukan kesehatan mental dan fisik kita. Banyak ahli telah mempelajari aktivitas tidur manusia. Aktivitas gelombang otak juga sudah direkam saat orang tidur. Dari berbagai penelitian serta rekaman aktivitas otak ketika tidur tersebut berikut 8 fakta mengenai tidur yang penting untuk kamu ketahui.

1. Semakin Tinggi Tempat, Semakin Susah Tidur.

Kualitas tidur ternyata dipengaruhi ketinggian tempat. Umumnya, semakin tinggi tempat semakin susah pula orang untuk tidur. Gangguan tidur akibat ketinggian tempat ini terkait dengan kadar oksigen yang rendah di udara. Rendahnya kadar oksigen di tempat tempat tinggi ini menyebabkan pernafasan tidak stabil. Efek dari kadar oksigen yang rendah tersebut. orang akan cenderung sering terbangun dan merasa sesak kekurangan udara.

Semakin tua, kita semakin susah untuk tidur
Semakin tua, kita semakin susah untuk tidur.image [source]

Orang yang berada di ketinggian akan mengalami waktu tidur yang berkurang, kualitas tidur yang semakin buruk, mood menjadi tidak baik dan ketika bangun pagi merasa lemas. Ternyata efek ketinggian ini berpengaruh lebih banyak pada pria dibandingkan pada wanita.

2. Olahraga Memperbaiki Kualitas Kidur.

Pengaruh olahraga dalam memperbaiki kualitas tidur ini telah diteliti oleh banyak ahli. Ternyata pada orang yang mengalami gangguan tidur, olahraga ringan (misalnya jalan kaki) selama 30 menit dapat mempercepat datangnya kantuk. Semakin teratur olahraga yang dilakukan, kualitas tidur semakin baik. Pada penelitian ini, setelah melakukan olahraga teratur selama 4 hingga 24 minggu orang yang mengalami insomnia tertidur lebih cepat, tidur lebih nyenyak dan lebih lama.

Olahraga memperbaiki kualitas tidur
Olahraga memperbaiki kualitas tidur.image [source]

Bagaimana olahraga bisa mempengaruhi kualitas tidur ini? Para ahli menduga, bahwa olahraga menimbulkan efek peningkatan suhu tubuh. Setelah orang istirahat dari olahraga, suhu tubuh kemudian akan menurun dan kembali normal. Penurunan suhu tubuh inilah yang memberikan efek mengantuk pada orang yang habis berolahraga. Di perkirakan juga, olah raga ini meningkatkan gairah dan mengurai kecemasan pada orang insomnia sehingga lebih mudah tidur. Namun jika olahraga dilakukan secara tidak teratur, atau bahkan dilakukan sesaat sebelum tidur, efeknya justru mempersulit tidur.

3. Hidup Sendiri Tanpa Pasangan Lebih Beresiko Mengalami Sulit Tidur.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa hidup sendiri tanpa pasangan menyebabkan banyak orang mengalami susah tidur. Orang yang hidup sendiri, kesepian umumnya tidur 30 menit lebih sedikit dari pada orang yang mempunyai pasangan. Para peneliti menduga bahwa kesepian memicu rasa depresi ringan. Rasa depresi, cemas tidak punya pasangan dan kesepian inilah yang memicu orang single menjadi susah tidur. Untuk mengatasinya, orang yang hidup tanpa pasangan perlu memperbanyak aktivitas fisik.

3.Hidup sendiri tanpa pasangan lebih beresiko mengalami sulit tidur
Hidup sendiri tanpa pasangan lebih beresiko mengalami sulit tidur. image [source]

Beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan orang single untuk mengurangi gejala sulit tidur ini antara lain: lari lari pagi, jalan, bersepeda atau pergi ke Gym. Sering sering keluar bersama rekan kantor atau teman kuliah juga membantu mengurangi rasa kesepian mereka. Semakin banyak aktifitas di siang hari, tubuh akan semakin capek sehingga mudah tidur di malam hari.

4. Lama Tidur Yang Dibutuhkan Orang Berbeda Beda.

Rata rata orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam untuk tidur. Tapi ada juga yang cukup istirahat hanya dengan tidur 5 jam di malam hari. Ada juga yang badannya tidak bisa fit jika tidak tidur selama 10 jam. Sebenarnya berapa jam orang dewasa perlu tidur? Jawabannya bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Perbedaan ini tergantung aktifitas, kondisi tubuh, berat badan serta minuman/makanan yang dikonsumsi.

Lama Tidur Yang Dibutuhkan Orang Berbeda Beda
Lama Tidur Yang Dibutuhkan Orang Berbeda Beda. image [source]

Anda perlu melakukan percobaan sendiri berapa waktu tidur yang paling baik bagi tubuh anda supaya bisa optimal fungsi tubuhnya. Cobalah tidur lima jam dalam semalam. Jika ternyata anda masih kantuk, hari berikutnya coba tidur 7 jam selama semalam. Jika masih kurang juga anda perlu mencoba untuk tidur 9 jam dalam semalam. Namun jika tidur 9 jam belum membuat tubuh anda fit sepenuhnya, mungkin anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Jangan jangan ada gangguan kesehatan yang tidak anda sadari.

5. Ternyata Tubuh Kita Tidak Dipersiapkan Untuk Bekerja Shift Malam Hari.

Pernahkan, anda tidak tidur semalaman, kemudian siangnya tidur sehari penuh untuk mengganti jam tidur yang hilang di malam hari. Meskipun sudah tidur penuh di siang harinya, ketika bangun anda tetap merasa lelah. Itu menunjukan bahwa malam hari adalah waktu istirahat yang paling tepat. Tidak tidur 5 jam di malam hari tidak bisa diganti dengan tidur 5 jam disiang hari. Tubuh kita memang sudah di persiapkan untuk bekerja di siang hari dan istirahat di malam hari. Orang yang berkerja di malam hari beresiko terserang penyakit terkait jantung dan saluran pencernaan. Selain kedua penyakit tersebut, pekerja malam juga beresiko terserang penyakit kegemukan dan diabetes.

Ternyata Tubuh Kita Tidak Dipersiapkan Untuk Bekerja Shift Malam Hari
Ternyata Tubuh Kita Tidak Dipersiapkan Untuk Bekerja Shift Malam Hari. image [source]

Bagaimana perubahan pola tidur bagi para pekerja malam ini bisa mempengaruhi kesehatan? Pertama, para pekerja malam ini mengalami depresi akibat mereka tidak bisa berinteraksi dengan orang orang yang mereka cintai karena perbedaan jadwal tidur. Ketika anggota keluarga lain terbangun di siang hari, mereka baru tidur. Mereka jarang berinteraksi dengan orang orang yang mereka cintai. Bisa juga disiang hari mereka menyisihkan beberapa jam waktu tidurnya untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga waktu tidur mereka berkurang. Bekerja pada malam hari juga bertentangan dengan jam biologis tubuh kita yang di kendalikan oleh terang gelap cahaya matahari. Ritme harian terang gelap sinar matahari ini mempengaruhi kerja jantung, sistem pencernaan dan metabolisme tubuh kita. Melawan ritme biologis terang gelap ini tentu saja menggangggu fungsi fungsi organ tubuh kita sehingga para pekerja malam rentan sakit.

6. Ngorok Merupakan Gangguan Tidur.

Ngorok ini menyebabkan sesekali nafas terhenti saat tidur (apnea). Tidur ngorok ini lebih banyak terjadi pada pria dan orang yang gemuk. Resiko ngorok ini juga meningkat seiring bertambahnya usia. Ngorok ini penyebabnya bisa bermacam macam. Biasanya karena saat tidur otot kerongkongan kita mengendor, sehingga lidah tertarik ke belakang dan menutup saluran pernafasan. Akibatnya , udara pernafasan di hirup masuk, timbul suara yang berisik.

Ngorok Merupakan Gangguan Tidur
Ngorok Merupakan Gangguan Tidur .image [source]

Akibat tidur mendengkur ini, udara yang masuk ke saluran pernafasan menjadi berkurang, pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang dan resiko strok membesar. Oleh karena itu jika anda mengalami gangguan ngorok yang parah sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kemungkinan gangguan kesehatan yang tidak anda sadari.

7. Susah Tidur Menyebabkan Resiko Kegemukan.

Ketika kita terjaga di malam hari, maga kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Hormon kortisol ini menyebabkan kita selalu merasa lapar. Akibat dari tingginya hormon kortisol ketika susah tidur di malam hari ini, maka kita akan cenderung ngemil.

Susah Tidur Menyebabkan Resiko Kegemukan
Susah Tidur Menyebabkan Resiko Kegemukan. image [source]

Makan ini makan itu tidak kenyang kenyang. Jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka kita akan mengalami kegemukan. Oleh karena itu jika sedang diet, sebaiknya anda tidur tepat waktu.

8. Semakin Tua, Kita Semakin Susah Untuk Tidur.

Pada banyak orang ketika mereka bertambah tua, mereka terbangun lebih pagi, tidur lebih telat akibatnya mengantuk di siang hari. Kenapa semakin tua kita semakin susah tidur. Penyebabnya mungkin banyak hal. Penyebab pertama mungkin terkait dengan kondisi kesehatan kita. Seperti kita tahu, semakin tua tubuh kita semakin lambat dalam beregenerasi. Panyak penyakit penyakit gangguan kesehatan muncul. Gangguan gangguan kesehatan seperti pegal pegal di kaki, atritis, apnea dan beberapa masalah lain menyebabkan orang tua susah tidur. Di samping itu depresi akibat pos power syndrom, depresi akibat pensiun dan beberapa masalah keuangan lain juga bisa membuat kita susah tidur.

Semakin Tua, Kita Semakin Susah Untuk Tidur
Semakin Tua, Kita Semakin Susah Untuk Tidur. image [source]

Untuk mengatasi susah tidur akibat bertambah tua ini beberapa hal berikut bisa meringankan: pertama anda harus punya jadwal tidur dan disiplin mengikutinya. Anda memerlukan waktu 7-9 jam tidur dalam semalam. Jadi kalau waktu tidur sudah tiba, segeralah tidur. Jangan tunda tunda lagi. Langkah yang kedua, matikan lampu, televisi dan gatget jika sudah waktunya tidur. Barang barang di atas seringkali menjadi penyebab gangguan tidur. Langkah yang ketiga, jadikan tempat tidur anda benar benar hanya untuk tidur. Jika anda sudah 20 menit berada di tempat tidur namun belum ngantuk ngantuk juga segera pindah dan kembali setelah ngantuk. Jangan sekali kali melakukan aktifitas lain di tempar tidur selain tidur. Tips yang ke empat, hindari tidur siang. Tidur siang membuat anda susah tidur di malam hari. Jika anda ingin tidur nyenyak di malam hari, siangnya jangan tidur. Tips yang kelima, mandilah dengan air hangat. Setelah anda mandi dengan air hangat, penurunan suhu sehabis mandi dapat memicu anda untuk merasa ngantuk.

Demikianlah fakta fakta mengenai tidur yang perlu anda ketahui. Semoga membuat kualitas tidur anda lebih baik di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *