Tanpa Kita Sadari, Tanaman Beracun Ini Berada Di Sekitar Kita.

Hati-Hati Dengan Tanaman Yang Belum Kamu Kenal

Liburan mudik ke rumah kakek atau nenek yang ada di wilayah pedesaan? Tentu sangat menyenangkan kan?. Lingkungan pedesaan biasanya masih asri. Penduduknya ramah-ramah dan banyak pepohonan di berbagai tempat yang membuat kita betah berjalan-jalan . sekedar berkeliaran di kebun sekitar rumah saja sudah membuat kita senang apalagi melihat serta menyentuh dedaunan dari tanaman yang jarang kita temui di wilayah perkotaan.

Tanpa Kita Sadari, Tanaman Beracun Ini Berada Di Sekitar Kita.
Tanpa Kita Sadari, Tanaman Beracun Ini Berada Di Sekitar Kita. image [source]

Meskipun berlibur di wilayah pedesaan yang masih hijau, banyak pepohonan adalah pengalaman yang menyenangkan, kamu perlu hati hati. Penyebabnya adalah diantara tanaman tanaman semak belukar yang tampak segar serta indah tersebut tersimpan bahaya yang mengancam nyawa. Beberapa tanaman semak yang memiliki daun hijau dan bunga indah ternyata memiliki racun yang sangat mematikan. Sekali getahnya masuk ke dalam sistem pencernaan, maka ada akibat buruk yang ditimbulkan. Akibat buruk akibat memakan sebagian tubuh tumbuhan tersebut bisa berupa pusing-pusing, mual, muntah hingga kehilangan kesadaran. Anak anak menjadi pihak yang paling rentan terkena racun dari tanaman-tanaman berbahaya tersebut. Agar terhindar dari bahaya tanaman beracun, sebaiknya kamu kenali dulu daftar tanamanya di bawah ini.

1. Tanaman Conium Atau Cemara Beracun.

Tanaman Conium ini dikenal juga dengan tanaman Hemlock. Tanaman cemara beracun ini merupakan tanaman beracun paling terkenal di dalam sejarah. Berkat racun yang terkandung dalam tanaman inilah filsuf yunani socrates menemui ajalnya. Racun yang terdapat dalam tanaman Conium ini adalah coniine. Racun coniine ini mengganggu kerja sistem saraf tepi. Jika sampai tertelan maka organ-organ tubuh yang dikendalikan oleh sel saraf tepi akan mengalami kelumpuhan. Secara sederhana jika sampai tertelan organ pernafasan kita akan lumpuh sehingga tidak bisa menghirup udara.

Tanaman Conium Atau Cemara Beracun
Tanaman Conium Atau Cemara Beracun. image [source]

Dikategorikan sebagai tanaman dengan racun paling kuat karena dengan memakan 0.1 gram saja tubuh orang yang makan akan segera lumpuh. Selain berbahaya bagi manusia tanaman cemara beracun ini juga seringkali membunuh binatang peliharaan manusia. Selain mengandung coniine yang melumpuhkan sel saraf tepi tanaman Conium juga mengandung 4 jenis racun lain yang sangat mematikan. Jika kamu mengajak anak kecil berkeliaran dikebun dan anak kecil tersebut memakan 6 daun berukuran kecil dari tanaman Conium ini kemungkinan besar nyawa si anak kecil tidak bisa terselamatkan.

2. Tanaman Cicuta / Adas Air

Tanaman ini masih satu keluarga dengan tanaman cemara beracun di atas. Bedanya Cicuta hidup di air. Bagian yang paling beracun dari tanaman Cicuta ini adalah akarnya. Di jawa, tanaman yang mirip Cicuta ini di pakai sebagai bahan jamu tradisional yang disebut adas. Berbeda dengan tanaman adas yang di pakai untuk bahan jamu tradisional tanaman Cicuta ini mengandung racun yang dinamakan cicutoxin.

Tanaman Cicuta / Adas Air
Tanaman Cicuta / Adas Air. image [source]

Ketika sedang bermain di areal persawahan, kemungkinan besar kamu akan menemui tanaman ini. bentuknya menarik berbeda dari beberapa semak belukar yang hidup di darat. Ketika dicabut, maka pada akarnya akan menempel umbi yang mirip dengan ubi jalar. Jika benda mirip ubi jalar tersebut dikira enak dan dimakan oleh anak-anak, maka akibatnya bisa fatal. Ketika racun cicutosin bekerja, maka sistem saraf pusat si pemakan akan mendapatkan rangsangan yang terus menerus dan berlebihan. Akibatnya orang tersebut akan merasa pusing, sakit perut, sesak nafas, gagal ginjal, jantung berdebar-debar, gemetar dan paling parah meninggal. Racun saraf yang ada pada tanaman ini dapat menyebabkan kematian pada binatang ternak yang memakannya dalam waktu kurang dari 15 menit.

3. Nerium Oleander Atau Dikenal Juga Dengan Kembang Jepun.

Tanaman Nerium Oleander ini termasuk tanaman yang cukup populer. Bunganya berwarna putih keunguan. Selain digunakan sebagai tanaman hias, Nerium Oleander ini juga banyak dipakai pada berbagai macam dekorasi. Dikategorikan berbahaya karena selain beracun, tanaman nerium ini juga sering berada di tempat-tempat dimana anak-anak biasanya beraktifitas.

Nerium Oleander Atau Dikenal Juga Dengan Kembang Jepun.
Nerium Oleander Atau Dikenal Juga Dengan Kembang Jepun. image [source]

Sekolah sekolah, taman, hingga lokasi pernikahan seseorang biasanya memasang tanaman ini sebagai hiasan. Meskipun tampak indah mengunyah beberapa bagian tanaman seperti daun, batang, ranting dan bunga bisa menyebabkan pelakunya celaka. Racun yang terkandung alam tanaman berbunga menawan ini adalah Cardiac Glycosida. Racun ini terdiri dari senyawa gula. Meskipun sejenis gula namun racun ini akan mengganggu kerja dari otot jantungmu. Ketika termakan, maka racun dari nerium in akan diserap darah kemudian masuk ke pumbuluh darah hingga sampai di jantung. Ketika sampai di jantung racun akan memicu itit jantung untuk terus menerus berkontraksi sehingga detak jantung terganggu. Dalam jangka waktu yang lama, orang yang keracunan akan mengalami kematian akibat darah gagal diedarkan ke seluruh tubuh.

4. Tanaman Aconitum

Tanaman Aconitum ini sudah sejak lama digunakan untuk membuat racun yang kemudian dioleskan ke dalam ujung anak panah. Tempat tumbuh tanaman Aconitum biasanya di pegunungan yang tanahnya lembab oleh kabut. Warna bunga dari tanaman Aconitum ini adalah ungu cerah. Di beberapa daerah tanaman Aconitum dikenal dengan nama lain seperti Monkshood. Wolfbane atau decil Helmet. Disebut Monkshood karena bentuknya mirip jubah serta tutup kepala yang dipakai oleh para biara.

Tanaman Aconitum
Tanaman Aconitum. image [source]

Tanaman yang tumbuh liar di pegunungan ini mengandung racun aconitin. Racun aconitin ini bekerja merusak saraf serta menganggu kerja jantung. Ketika tertelan secara tidak sengaja, maka efek yang ditimbulkan adalah gangguan pencernaan, otot menjadi lemas, serta otot jantung dan paru paru yang mengalami kelumpuhan.

5. Ageratine Altisima.

Merupakan tanaman semak yang hidup sepanjang tahun. Biasanya tumbuh di tanah-tanah pekarangan yang tidak pernah dicabuti rumput liarnya. Daun dari tanaman Ageratine ini bergerigi di bagian pinggirnya. Sementara itu jika berbunga, maka bunganya berbentuk kecil-kecil dan bergerombol. Warna dari bunga Ageratine ini adalah putih.

Ageratine Altisima
Ageratine Altisima. image [source]

Racun yang terkandung dalam tanaman ageratine ini adalah trimetol. Tanaman ini memang tidak bisa dimakan, namaun pada abad 18 an, banyak korban yang meninggal akibat keracunan tremetol ini. ketika tanaman ageratine ini dimakan oleh hewan, maka daging serta susu dari hewan tersebut menjadi terkontaminasi oleh racun tremetol tersebut. Pada awal abad 19 beberapa imigrant dari eropa timur menetap di Midwest amerika serikat. Mereka menetap di lahan yang banyak terdapat semak Ageratine ini. karena mereka tidak pernah bertemu dengan tanaman tersebut di tempat asalnya, ratusan orang mati karena terkena racun dari tremetol ini. diduga ibu dari presiden amerika Abraham Lincoln Juga terbunuh gara-gara keracunan tanaman yang satu ini.

6. Brugmansia Atau Dikenal Juga Dengan Kecubung.

Kecubung di indonesia banyak di jumpai tumbuh secara liat. Selain sering digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional untuk mengobati penyakit asma, reumatik, sakit gigi dan nyeri haid, kecubug ini juga mengandung racun. Kecubung mengandung senyawa alkaloid yang ketika masuk ketubuh manusia efeknya bisa berbahaya. Beberapa efek yang umum di timbulkan akibat keracunan kecubung antara lain: mual, muntah, sesak nafas, gelisah, kulit wajah menjadi merah, pusing, mulut kaku, halusinasi hingga kematian.

Brugmansia Atau Dikenal Juga Dengan Kecubung
Brugmansia Atau Dikenal Juga Dengan Kecubung. image [source]

Racun yang ada pada tanaman Brugmansia atau kecubung ini adalah Scopolamine dan atropine. Meskipun fatal efeknya ketika menjadi racun, 2 macam alkaloid dalam kecubung tersebut ada dalam pengobatan modern lho. Kedua jenis senyawa ini seringkali dipakai dalam teknik pembiusan. Scolotamine efeknya sama seperti obat penenang. Jika diberikan pada pasien, sering kali si pasien mengalami amnesia temporer. Jadi si pasien tersebut tidak mampu mengingat semua yang terjadi ketika mereka masih di bawah pengaruh zat yang ada di dalam kecubung ini. efek lainnya kedia zat tersebut akan membuat suhu tubuh pasien mengalami peningkatan, akibat proses pengeluaran keringat dihambat. Kedua zat ini jika masuk dalam tubuh tanpa ukuran dosis yang tepat akan merusak sistem saraf pusat yang berefek pada kematian.

Ternyata banyak ya tanaman perdu yang mengandung racun berbahaya. Oleh karena banyak yang belum familier dengan tanaman beracun tersebut, sebaiknya kamu tidak memakan sembarang tanaman yang belum kamu kenal. Jika mengajak anak-anak ketempat-tempat yang banyak tanamannya usahakan mereka tidak menelan bagian tertentu dari tumbuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *