Sedang memuat Awas! Main-Main Dengan 5 Tanaman Ini Akan Membuatmu Mati Dalam Hitungan Menit

Awas! Main-Main Dengan 5 Tanaman Ini Akan Membuatmu Mati Dalam Hitungan Menit

Tanaman adalah hal fundamental yang harus ada di dunia. Alasannya, merekalah produsen oksigen yang berguna untuk menyokong kehidupan. Di samping itu, mereka juga berguna akan nilai nutrisinya yang penting bagi manusia. Belum lagi eksotisme wujudnya yang bikin mata segar, plus nilai ekonomisnya yang tinggi untuk beberapa jenisnya.

Tapi, tanaman kadang tidak sebaik ini terhadap kita. Ya, beberapa jenis diciptakan Tuhan dengan memiliki semacam racun yang mematikan. Jangankan dikonsumsi, memegangnya saja mungkin akan berakibat fatal.

Seperti lima tanaman ini. Mereka tercipta dengan memiliki racun yang luar biasa mematikan. Konon, racunnya bisa membunuh kita dalam hitungan menit.

1. Nerium Oleander, Si Cantik Paling Mematikan

Tanaman satu ini cantiknya luar biasa, terutama bagian bunganya yang berwarna pink menyala serta bentuk kelopak bunganya yang sempurna. Sayangnya, jangan pernah berpikir menanam ini di rumah. Pasalnya, jika nekat melakukannya, mungkin ini akan jadi tanaman terakhir kita sebelum tewas mengenaskan.

Nerium_oleander_flowers_leaves
Nerium Oleander [ Image Source ]

Nerium Oleander dikenal cantik memang, tapi beracun luar biasa. Ia memiliki semacam zat bernama Cardiac Glycosides yang bisa membunuh manusia dalam hitungan menit. Racun ini mampu melemahkan sistem pencernaan korbannya dengan fatal sehingga akan mati dalam sekejab. Uniknya, racun pada tanaman ini sama sekali tidak bekerja kepada burung dan beberapa hewan lainnya. Jangan-jangan, bunga ini kutukan bagi manusia?

2. Dieffenbachia, Tanaman Beracun Paling Dekat Dengan Manusia

Jangan bilang kamu belum pernah melihat Dieffenbachia. Ya, tanaman satu ini hampir bisa ditemukan di banyak tempat. Mulai teras rumah sampai pojokan ruang-ruang kantor. Warna hijaunya yang segar memang membuat suasana menjadi lebih hidup. Sayangnya, tak banyak orang tahu kalau Dieffenbachia sangatlah beracun.

Colpfl29
Dieffenbachia [ Image Source ]

Tidak diketahui jenis racun apa yang dimiliki. Namun, Dieffenbachia sangat dilarang untuk dikonsumsi. Jika tertelan, konon akan membuat korbannya tak bernyawa dalam hitungan menit. Tanaman ini sangat dianjurkan agar dijauhkan dari anak-anak.

3. Acokanthera Spectabilis, Tanaman Obat Tapi Beracun

Tanaman satu ini populer dipakai sebagai obat mujarab banyak penyakit. Namun, harus benar-benar seorang ahli yang memprosesnya. Salah sedikit saja, tanaman obat ini bisa jadi racun mematikan.

Acokanthera_spectabilis_kz3
Acokanthera Spectabilis [ Image Source ]

Kandungan penyembuhnya tinggi, begitu pula dengan racunnya. Para ahli menyarankan bagi kita untuk tidak mengambil risiko dengan tanaman satu ini, meskipun kandungan pengobatannya juga besar. Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki buah bulat yang manis. Entah, buahnya turut beracun atau tidak. Tapi, jangan pernah mencobanya.

4. Ageratina Altissima, Tumbuhan Liar yang Bisa Membunuh Banyak Orang

Tumbuhan satu ini cukup banyak ditemui di sisi-sisi jalan penanjakan ketika kita akan menaiki gunung. Cirinya adalah daun hijau dengan bentuk gerigi di bagian tepi, serta bunga putihnya yang kecil. Ageratina Altissima sangat berbahaya, bahkan ia mampu mencelakakan banyak orang sekaligus.

Ageratina_altissima_003
Ageratina Altissima [ Image Source ]

Pernah ada kisah menyeramkan tentang tumbuhan satu ini. Dulu, di abad 19, ada seorang pengembala di sebuah negara di Eropa tak sengaja memberikan sapi mereka dengan rumput yang tercampur tanaman ini. Si sapi memang tidak mengapa, namun susu yang dihasilkannya ternyata membuat banyak orang sakit dan akhirnya meninggal. Sejak saat itu, tumbuhan ini begitu diwanti-wanti agar tidak sampai termakan oleh hewan ternak.

5. Menispermum Canadense, Saudara Dekat Anggur yang Tak Manis Sama Sekali

Banyak orang yang salah membedakan Menispermum Canadense dengan anggur biasa. Memang sangat susah karena penampakannya benar-benar sama. Namun, ada beberapa ciri khas yang membedakannya, dan hanya ahli wine dan botanis saja yang paham.

ndsc_9138
Menispermum Canadense [ Image Source ]

Menispermum Canadense memiliki racun yang sangat mematikan jika sampai tertelan. Racunnya akan memengaruhi sistem pencernaan korbannya hingga pada akhirnya akan berbuah kematian. Hampir semua bagian tumbuhan ini beracun, entah itu daun atau akarnya sekalipun.

Beberapa jenis tanaman ini diduga juga ada di Indonesia. Jadi, sangat berhati-hatilah jika menemukan salah satunya. Jangan penasaran atau nyawa yang jadi taruhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *