Sedang memuat Telegram Di Blokir, Ini Lho Beberapa Hal Yang Bisa Kamu Lakukan.

Telegram Di Blokir, Ini Lho Beberapa Hal Yang Bisa Kamu Lakukan.

Tidak Perlu Panik, Pasti Ada Jalan Keluar

Setelah smartphone dan internet marak digunakan, komunikasi pun bisa dilakukan cara yang lebih bervariasi. Jika dulu komunikasi umumnya hanya lewat sms dan telpon, sekarang kamu bisa video call, telpon lewat internet, chatting, nonton konten secara streaming hingga ngobrol bareng satu grub dalam grub chat. Beberapa aplikasi yang ada di telepon pintar juga memungkinkan komunikasi berlangsung aman tanpa bisa disadap.

Telegram Di Blokir, Ini Lho Beberapa Hal Yang Bisa Kamu Lakukan.
Telegram Di Blokir, Ini Lho Beberapa Hal Yang Bisa Kamu Lakukan. image [source]

Pesan sebelum dikirim dienskripsi dahulu dan kemudian di decrip di handphone si penerima. Dengan begitu kalaupun disadap, penyadap Cuma dapat pesan yang tidak bisa di baca. Salah satu aplikasi chating yang populer belakangan ini adalah telegram. Populer karena di aplikasi yang satu ini, jenis komunikasi yang ditawarkan lebih beragam. Misalnya saja ada channel, ada group char, ada private messege dan ada secret mesegge. Channel dan secret message inilah rupanya yang disukai oleh para teroris untuk menyebarkan propaganda dan mengatur aksi teror. Pada tanggal 17 juli pun, pemerintah indonesia secara resmi menutup akses telegram ini. karena banyak yang pakai, publik pun syok. Jika kamu adalah salah satu pemakai setia telegram, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan terkait pemblokiran akses telehram di indonesia ini.

1. Tanda Tangani Petisi Online

Tanda Tangani Petisi Online
Tanda Tangani Petisi Online image [source]

Pemerintah memang punya alasan tersendiri untuk memblokir telegram ini. tapi ada yang menilai bahwa pemblokiran telegram tersebut kurang tepat. Menutup telegram dengan alasan banyak digunakan untuk menyebarkan konten terorisme diibaratkan seperti membakar lumbung padi karena ada tikusnya. Seseorang yang bernama Dedi IR membuat petisi online di situs change(dot)org, supaya pemerintah membatalkan pemblokiran ini. sampai tulisan ini dibuat, petisi online pembatalan blokir telegram ini sudah ditandatangani oleh 13 ribu orangh lebih. Jika menurutmu pemblokiran telegram itu salah, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam petisi ini.

2. Menekan Pendiri Telegram Untuk Mengikuti Tuntutan Pemerintah Indonesia.

Menekan Pendiri Telegram Untuk Mengikuti Tuntutan Pemerintah Indonesia.
Menekan Pendiri Telegram Untuk Mengikuti Tuntutan Pemerintah Indonesia. image [source]

Pemerintah beralasan pihak telegram tidak merespon keinginan pemerintah terkait adanya akun akun yang meyebarkan konten radikalisme di telegram. Menurut pemerintah, ada banyak akun yang masuk daftar blokir. Ketika pemerintah meminta pihak telegram untuk menutup akun akun tersebut hanya 50 persen nya saja yang ditutup. Akun akun lain masih bebas menyebar konten radikal. Sebagai pengguna telegram yang jumlahnya banyak, mungkin kamu bisa menekan pendiri telegram untuk menanggapi keinginan pemerintah indonesia ini. sebagai bukti, sesaat setelah telegram di blokir ada pengguna twitter asal indonesia yang mengeluhkan pembokiran telegram ini kepada pavel durov, sang pendiri telegram. Terbukti durov merespon keluhan tersebut. jika banyak dari pengguna telegram asal indonesia yang meminta durov merespon keinginan pemerintah, mungkin telegram akan mengabulkan. Dan blokir bisa dibuka.

3. Pindah Ke Aplikasi Lain.

Pindah Ke Aplikasi Lain.
Pindah Ke Aplikasi Lain. image [source]

Aplikasi untuk berkomunikasi itu jumlahnya sangat banyak. ada yang terkenal dan ada juga yang belum banyak di ketahui publik. Dengan mencoba coba berbagai macam aplikasi di playstore ada kemungkinan kamu akan mendapatkan aplikasi yang sama baiknya dengan telegram. Siapa tahu juga dengan pemblokiran terhadap telegram ini anak anak kreatif indonesia akan terpacu dan membuat aplikasi pengganti telegram.

4. Sabar Dan Tunggu Kesepakatan Antara Pemerintah Dengan Pihak Telegram.

Sabar Dan Tunggu Kesepakatan Antara Pemerintah Dengan Pihak Telegram.
Sabar Dan Tunggu Kesepakatan Antara Pemerintah Dengan Pihak Telegram. image [source]

Dalam hidup, tawar menawar itu hal yang biasa. saat ini, pemerintah mungkin baru menekan pihak telegram yang sebelumnya merasa jumawa dengan tidak merespon laporan penyalah gunaan dari kominfo kita. setelah diblokir, terbukti mereka kelabakan dan baru merespon. Semoga saja terjadi kesepakatan antara ke dua pihak sehingga akses telegram diindonesia di buka lagi. Sebelum kesepakatan itu tercapai, sabar dulu ya, ini ujian.

5. Sssst, Gunakan Vpn Jika Terpaksa.

Sssst, Gunakan Vpn Jika Terpaksa.
Sssst, Gunakan Vpn Jika Terpaksa. image [source]

Telegram memang belum lama populer. Tapi banyak yang sudah memakainya untuk berbagai keperluan penting seperti transaksi jual beli, urusan pekerjaan serta komunikasi dengan teman teman se grup. Jika jika kamu belum sempat mengamankan data kontak, data pelanggan ada data data penting terkait pekerjaan lainnya, kamu bisa memakai layanan vpn. Dengan vpn, lalu lintas datamu akan dialihkan terlebih dahulu ke server vpn. Karena serber vpn ini tidak di blokir oleh provider di indonesia maka tak ada kendala saat mengakses vpn ini. dari server vpn inilah data data pentingmu yang tersimpan di akun telegram bisa diakses. Denga begitu meskipun telegram sudah diblokir, kamu masih sempat mengamankan data datamu. Aplikasi untuk menjalankan vpn ini biasanya sudah ada di fitur bawaan ponsel ponsel pintar. Tinggal pelajari cara settingnya. Tapi ingat, resiko gangguan akibat otak atik setting VPN bukan tanggung jawab penulisya. Yang jelas, aplikasi vpn nya ada hampir di semua hp pintar dan tidak dicekal sampai sekarang. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *