Sst, Ini Tempat-Tempat Syuting Film AADC 2 Di Yogyakarta

Film ada apa dengan cinta. Pastinya kamu tahu kan film fenomenal yang satu ini. Setelah kesuksesannya di tahun 2001 lalu film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini kembali menuai kehebohan saat dibuat sekuelnya. Ya, sabtu 23 april 2016 kemarin, sekuel film tersebut yang berjudul AADC 2 dirilis di Yogyakarta. Yang sudah nonton pasti akrab dengan salah satu kutipan berikut:

ada apa dengan cinta aadc 2
Cover Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2)

“Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu…jahat.”ucap Cinta salah satu tokoh utama dalam film AADC 2 yang di perankan oleh Dian Sastro Wardoyo. Selain terngiang-ngiang dengan kutipan tersebut, para penggemar film AADC 2 pasti penasaran dengan seting berbagai tempat yang dipakai dalam shooting film ini. Hampir 75 persen syuting film AADC 2 ternyata dilakukan di Yogyakarta. Nampaknya kota pelajar sekaligus kota budaya ini memiliki daya tarik yang besar untuk filem percintaan bergenre romantis. Lalu mana saja tempat tempat yang di pakai dalam setting tempat film AADC 2 tersebut? Berikut informasinya.

1. Gumuk-Gumuk pasir

Di Yogyakarta ada bentukan geologi yang unik berupa gumuk gumuk pasir. Letaknya ada di pantai Parangkusumo. Unik karena gumuk gumuk pasir ini jarang ada di tempat tempat lain dan hanya ada 1 di asia. Gumuk-gumuk pasir yang ada di pantai Parangkusumo ini memang sudah terkenal. Banyak orang yang memakainya sebagai latar pembuatan foto-foto preweding. Karena nuansa romantisnya tersebut gumuk-gumuk pasir ini di pakai juga sebagai lokasi shooting film AADC 2.

gumuk pasir tempat syuting aadc2
Gumuk Pasir Parangkusumo Tempat Syuting Film AADC 2 – image [source]

Gumuk-gumuk pasir ini lokasinya sering dipakai untuk berolah raga Sandboarding. Pada olahraga ini, orang berseluncur di atas pasir dengan menggunakan papas. Hampir mirip dengan Snowboarding di luar negeri. Pelaku Sandbording ini juga akan mendapatkan sensasi jantung berdegup kencang ketika meluncur dari atas menuruni gumuk pasir. Meskipun terlihat ekstreem, olahraga ini aman bagi anak muda maupun orang tua.  Untuk berseluncur di atas pasir ini kamu akan dikenakan tarif Rp 125.000. Biaya tersebut sudah termasuk helm, hand protektor, knee protektor dan pelatihnya.

Pemandangan matahari tenggelam juga salah satu pesona yang diburu para wisatawan di gumuk-gumuk pasir Parang Kusumo ini. Perubahan gradasi warna langit dari terang ke gelap menyajikan pengalaman yang tidak mudah dilupakan terutama bagi mereka yang sedang bersama orang yang dicintai.

2. Pojok Beteng.

Pojok Beteng menjadi salah satu lokasi yang dipilih dalam syuting film AADC 2 ini. Nuansanya yang mirip zaman kerajaan di masa lalu menghadirkan suasa tersendiri. Sebelum film AADC 2 ini ada juga film  Indonesia lain yang mengambil latar tempat di Pojok Beteng ini. Judul filmnya adalah Java Heat. Sudah pernah nonton filmnya belum?

pojok beteng tempat syuting aadc2
Pojok Beteng Yogyakarta-Tempat syuting Film AADC 2 – Image [source]

Di dalam adegan film AADC 2 tersebut terlihat Rangga yang diperankan oleh Nicholas Saputra menaiki Beteng sembari melihat pemandangan kota Yogyakarta. Tanpa keberanian yang cukup jangan pernah coba-coba ya meniru adegan tersebut. Selain resiko terpeleset bisa-bisa diuber uber petugas penjaga keraton Yogyakarta karena bertindak serampangan. Ingat di keraton tingkah laku kita harus sopan.

3. Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Yang pernah liburan ke Yogyakarta pasti tahu kan Alun-alun selatan Yogyakarta. Di tempat ini ketika malam banyak sekali pasangan muda mudi menghabiskan malam, menikmati suasana yang romantis. Di tempat ini ada sepasang pohon beringin tua. Ukuran keduanya cukup besar. Konon jika bisa melewati tengah-tengan pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, semua permintaanya akan dikabulkan

alun alun selatan tempat syuting aadc2
Alun-alun Selatan Tempat Syuting AADC 2 – Image [source]

Dimalam hari, suasana alun alun selatan akan semakin meriah dengan hadienya kereta hias dengan lampu yang menyala warna warni. Kereta hias tersebut memiliki bentuk yang menyerupai mobil. Pengunjung dapat menyewa dan menaikinya berkeliling alun alun selatan Yogyakarta. Tarifnya 10.000-20.000 saja sampai puas. Pemeran Cinta dalam film AADC 2, Dian Sastro Wardoyo pun mengunggah fotonya saat naik kereta hias di Alun-alun Selatan ke akun sosial medianya.

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan salah satu ikon pasar tradisional terbesar di Yogyakarta. Di pasar ini segala kebutuhan ada. Dari bumbu dapur hingga fashion, semuanya bisa ditemui penjualnya disini. Salah satu keindahan belanja di Pasar Beringharjo ini adalah harganya yang harus ditawar-tawar. Tidak seperti di supermarket yang harganya pas, barang barang di pasar beringharjo masih bisa ditawar sampai penjual dan pembeli menemui kesepakatan harga. Jika kamu pandai menawar, harga yang didapat bisa separuh dari harga yang ditawarkan penjualnya.  Asik bukan?

pasar beringharjo tempat syuting aadc 2
Pasar Beringharjo Yogyakarta – Image [source]

Keasikan belanja di Pasar Beringharjo ini rupanya ingin di tampilkan juga dalam film AADC 2. Terbukti pasar yang masih 1 komplek dengan Malioboro ini di pakai sebagai lokasi syuting. Himpit-himpitan dengan pembeli lain di lorong-lorong pasar kemungkinan menimbulkan nuansa romantis tersendiri. Coba sendiri ya keasikan jalan-jalan di Pasar Beringharjo mengikuti jejak Rangga dalam film AADC 2 ini.

Selain tempat tempat diatas, syuting film AADC 2 juga mengambil tempat di salah satu hotel swasta dan Padepokan seni Bagong Kusudiarjo. Sebuah padepokan yang telah melahirkan seniman-seniman besar seperti Butet Kertaredjasa dan Djaduk Ferianto. Jika kamu penasaran dengan tempat tempat yang di pakai untuk syuting film AADC 2 di Yogyakarta tersebut, silahkan datang dan jelajahi sendiri nuansa romantisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *