Keindahan Tersembunyi Serta Sejarah Yang Mulai Terlupakan Di Tempat Wisata Kota Bengkulu.

Pernah Kesana Belum?

bengkuu merupakan sebuah profinsi di sumatra. ibukotanya ya sama seperti nama propinsi yaitu kota bengkulu. kota ini terletak di pesisir barat pantai pulau sumatra. di dalam buku buku sejarah kota bengkulu ini sering disinggung singgung. disinilah dulu presiden pertama kita sekaligus sang proklamator pernah di asingkan.

Keindahan Tersembunyi Serta Sejarah Yang Mulai Terlupakan Di Tempat Wisata Kota Bengkulu.
Keindahan Tersembunyi Serta Sejarah Yang Mulai Terlupakan Di Tempat Wisata Kota Bengkulu. image [source]

kota ini beberapa tahun yang lalu pernah luluh lantak oleh hempa dahsyat. namun sekarang bengkulu sudah berbenah. bejas bejas kejancuran akibat gema sudah tidak nampak lagi. daerah ini memang raawn gempa karena terletak di pataham sumatra. dimasa lalu bengkulu ini terkenal dengan ladanya. karena lada ini pulalah para penjajag dari inggris berdatangan hingga sempat membuat benteng marlborough di tepi pantai tapak paderi. nama bengkulu sendiri diberi pleh orang inggris. asal karanya adalah cut land, bencoolen, coolen yang artinya tanah patahan. Meskipun kurang terkenal, kota bengkulu ini punya daya tarik wisata lho. Disana ada wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah yang unik unik. Mau tau seperti apa onjek wisata di kota bengkulu yang unik unik tersebut? yuk ikuti jalan jalan kesana lewat pikiran dengan baca info di bawah ini.

1. Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu

Baru tiba di bandara fatmawati dan tak tau harus menuju kemana setelah melakukan perjalanan dari kota asalmu? Jangan binggung. Kamu bisa pilih pilih hotel penginapan di sekitar pantai panjang. Pantai panjang ini jaraknya tidak terlalu jauh kok dari kota bengkulu. Cukup perjalanan 15 menit dengan mobil sewaan, kamu akan sampai di lokasi. Dari namanya, kamu pasti sudah punya bayangan kan tentang pantai panjang ini.

Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu
Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu. image [source]

Dinamakan pantai panjang karena, garis pantainya memang panjang. Panti ini memanjang sepanjang 7 kilometer. Selain panjang, panti ini juga terkenal luas. Daerah pasang surut air laut di pantai panjang bengkulu mencapai 500 meteran. Penyebabnya karena di pantai panjang ini tidak ada karang. Karena tidak ada karang, pasang air laut bisa masuk jauh ke daratan. Seberapa jauh? Ya 500 meter itu tadi. Berwisata di pantai panjang bengkulu asyiknya kalau pas lagi surut. Pantai dengan hamparan pasir putihnya hadi terlihat luas. Pantai panjang ini juga cukup unik karena di penuhi dengan pohon pinus dan pohon cemara yang membuatnya jadi rindang. Kalau suka dengan air laut kamu juga bisa surfing dipantai panjang ini karena ombaknya cukup besar. Kalau takut air, kamu bisa menikmati pantai panjang dengan sejedar lari lari di jogging track yang sudah disediakan. Asyik sekakli kan?

2. Spot Selfie Pondok Sandal Jodoh Di Pantai Tapak Paderi Bengkulu.

Pernah dengar kan spot selfie gembok cinta yang ada di paris dan korsel? Di bengkulu juga ada lho fenomena yang mirip mirip dengan gembok cinta tersebut. bedanya yang di centelkan untuk membuat cinta langgeng bukanlah gembok, melainkan sandal. Sebut saja namanya pondok sandal jodoh. Seperti jembatan gembok cinta, pondok sandal jodoh ini juga di pakai banyak orang untul background selvie. Jika kamu ingin selvie bersama pasangan dengan latar sandal kusam ini kamu bisa pergi ke tempat wisata pantai tapak paderi.

 Spot Selfie Pondok Sandal Jodoh Di Pantai Tapak Paderi Bengkulu.
Spot Selfie Pondok Sandal Jodoh Di Pantai Tapak Paderi Bengkulu. image [source]

Lokasi pantai ini tak jauh kok dari spot pantai panjang. Dulunya pantai tapak paderi ini tidak seramai sekarang. Banyak sampah sampah berserakan disana sini. Atas inisiatif warga sekitar, sampah sampah tersebut pun di bersihkan secara rutin. Sandal sandal bekas yang hanyut dari sungai di kumpulkan dan di pajang. Di gantungkan satu satu sehingga membentuk tembok sebuah pondok. Maka jadih pondok sandal cinta. Tujuan awalnya sih untuk mengkritik pemerintah kenapa pantai dibiarkan kotor, namun siapa sangka justru jadi obyek selfie baru. Ngak hanya selfie, kamu juga bisa ikut andil menyumpangkan sandal untuk digantung di tembok pondok sandal cinta ini. cukup berinama sandal tersebut dengan nama kamu dan pasangan, kemudian gantung kan di sana. Semoga saaja cintamu awet seawet sandal jepit yang tidak pernah di pakai. Selain ada spot selfie nya, pantai tapak paderi ini digemari banyak orang karena dekat dengan obhek wisata sejarah benteng marlborough serta kampung cina.

3. Wisata Sejarah Benteng Marlbororough

Selain wisata alam berupa pantai, di bengkulu juga ada obhek wisata sejarah. Onbhek wisata sejarah tersebut berwujud sebuah benteng yang bernama benteng Marlborough. Benteng yang satu ini merupakan peninggalan inggis. Lokasinya dekat dengan pantai tapak paderi dan dikenal sebagai benteng paling luas se asia tenggara.

Wisata Sejarah Benteng Marlbororough
Wisata Sejarah Benteng Marlbororough. image [source]

Benteng ini oleh masyarakat lokal lebih dikenal dengan malabero. Dulunya benteng ini di pakai sebagai pusat pertahanan ingriss dari serangan pihak lain. namun seiring perkembangannya, benteng malebero menjadi pusat perdagangan juga. Benteng ini cukup unik karena bentuknya masih asli tanpa mengalami pemugaran besar. Di benteng malebero ini ada ruang tahanannya yang terkenal angker. Dulunya mungkin di pakai oleh tentara inggris untuk menyiksa orang orang kita ya. Selain ruang tahanan ada juga gudang mesiu. Ada juga meriam yang berjumlah 4 untuk menyerang balik tentara lawan yang berusaha merebut benteng.

4. Objek Wisata Sejarah Rumah Pengasingan Bung Karno Di Bengkulu.

Dibengkulu ada sebuah bangunan yang menjadi saksi bisu kerasnya perjuangan presiden pertama sekaligus bapak proklamator kita soekarno. Karena aktif memperjuangkan mekerdekaan indonesia, soekarno sempat diasingkan beberapa kali, salah satunya ke bengkulu. Di bengkulu ini soekarno menempati rumah bekas milik pedagang tionghoa yang disewa oleh pemerintahan belanda pada waktu itu. Datang ke kota asing sendirian dan kemudian batu disusul oleh Ingit Ganarsih beberapa pekan kemudian, soekarno menempati rumah tersebut.

Objek Wisata Sejarah Rumah Pengasingan Bung Karno Di Bengkulu.
Objek Wisata Sejarah Rumah Pengasingan Bung Karno Di Bengkulu. image [source]

Selain menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan indonesia, rumah ini juga menjadi saksi bertemunya soekarno dengan ibu fatmawati. Ya di rumah inilah soekarno bertemu dengan istri keduanya yang kelak melahirkan guntur, guruh, megawatim rachmawati dan fatmawari. Kini setelah bangsa indonesia lamamerdeka, rumah pengasingan bung karno do begkulu tersebut pun menjadi objek wisata. Toap akhir pekan, pengunjung selalu memadati rumah bersejarah terseut. Disana kita bisa melihat barang barang pribadi yang sempat di pakai oleh siekarno seperti ranjang, sepeda tua, buku buku serta seragam grub tonil monte carlo yang ada di bawah asuhan soekarno. Berkunjung ke bengkulu tak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi rumah pengasingan bung karno ini.

Nah itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika jalan jalan di kota bengkulu. Terhibur dengan pemandangan wisata alam dan sedikit melek sejarah dengan wisata benteng marlborouh serta rumah pengasingan bungkarnonya. Semoga saja dengan berkunjung ke beberapa daerah lain di indonesia, rasa memiliki terhadap bangsa ini semakin besar. Dengan begitu bangsa kita tak lagi sibuk cakar cakaran dengan saudara sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *