Sulit Dipercaya Tapi Kasusnya Banyak Yang sudah Terjadi, Tubuh Manusia Terbakar Secara Spontan

Penjelasan Ilmiahnya Bagaimana Ya?

Tubuh manusia itu sangat canggih. Buktinya sampai sekarang belum ada satu teknologi pun yang mampu membuat tiruan manusia dengan sempurna. Baik itu robot atau produk rekayasa genetik. Meskipun ilmu pengetahuan telah mempelajari tubuh manusia dalam waktu yang cukup lama, namun masih banyak misteri yang belum terjawab. Contoh misteri misalnya, bagaimana tubuh seseorang bisa menarik barang barang dari besi seperti magnet. Ada juga tubuh manusia yang mengandung listrik sehingga mampu menyalakan lampu. Misteri lainnya adalah adanya beberapa orang yang punya kemampuan fisik diatas rata rata seperti mampu bertahan di suhu yang sangat dingin hingga mampu menarik kendaraan berukuran besar. Berbagai fenomena terkait tubuh manusia tersebut terkadang memicu kehebohan di dunia maya.

Sulit Dipercaya Tapi Kasusnya Banyak Yang sudah Terjadi, Tubuh Manusia Terbakar Secara Spontan
Sulit Dipercaya Tapi Kasusnya Banyak Yang sudah Terjadi, Tubuh Manusia Terbakar Secara Spontan image [source]

Salah satu misteri terkait tubuh manusia yang pernah membuat heboh adalah peristiwa terbakarnya tubuh manusia secara spontan. Tubuh manusia terdiri atas berbagai senyawa kimia. Ketika tubuh sedang melakukan metabolisme, beberapa reaksi kimia terjadi. Seperti pemecahan lemak, pemecahan protein hingga pemecahan zat organik lain untuk mendapatkan energi. Beberapa reaksi kimia tersebut seringkali menghasilkan panas. Pada keadaan normal tentu saja suhu yang ditimbulkan dari reaksi metabolisme masih berada dalam taraf wajar. Di dalam tubuh manusia juga ada lemak. Zat berwarna putih yang ada pada lilin itu juga lemak. Jadi kalau ada sedikit saja percikan api yang di picu oleh sesuatu hal, sebenarnya tubuh kita itu mirip lilin yang bisa menyala dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa contoh peristiwa terbakarnya tubuh manusia secara spontan yang sempat menjadi kehebohan di dunia.

1. Michael Faherty, Pensiunan asal Irlandia berusia 76 tahun.

Dilansir dari The Telegraph, 23 September 2011, Micael Faherly ini adalah seorang pensiunan asal irlandia yang berusia 76 tahun. Ia di temukan tewas dengan tubuhnya hangus terbakar. Ia hidup di apartemen sendirian. Dari catatan kedokteran, Michael Faherly ini menderita diabetes dan tekanan darah tinggi.

Michael Faherty, Pensiunan asal Irlandia berusia 76 tahun.
Michael Faherty, Pensiunan asal Irlandia berusia 76 tahun. image [source]

Ahli forensik yang memeriksa TKP menjelaskan bahwa di tempat tersebut memang ada perapian untuk menghangatkan ruangan. Namun dapat dipastikan bahwa pengapian tersebut tidak sedang dalam keadaan menyala saat tubuh Michael Faherly terbakar. Perapian bukanlah penyebabnya. Di ruangan tersebut tak ada barang barang lain yang terbakar kecuali tubuh korban, langit langit di atas tubuh korban serta lantai di mana korban di temukan terbakar. Seperti kasus kasus tubuh manusia terbakar secara spontan yang lainnya, penyebab dari kebakaran ini masih menjadi misteri.

2. Polonus vorstius, Ksatria yang hidup di tahun 1468-1503.

Cerita tentang peristiwa terbakarnya tubuh manusia secara spontan ternyata sudah cukup tua. Kasus yang menimpa Polonus Vorstius ini tercatat dengan rapi oleh Thomas Bartholin ahli matematika serta fisika asal denmark. Berdasarkan catatannya tersebut, awalnya si Polonus ini minum 2 gelas bir. Kemudian ketika ia bersin, keluar api dari hidung dan menyambar seluruh tubuhnya.

Polonus vorstius, Ksatria yang hidup di tahun 1468-1503.
Polonus vorstius, Ksatria yang hidup di tahun 1468-1503. image [source]

Bir merupakan minuman yang mengandung alkohol dan mudah terbakar, ketika ada percikan api sedikit saja, maka bir ini akan cepat memicu kebakaran. Kemungkinan reaksi kimia dalam tubuh polonus tersebut memunculkan panas sehingga alkohol yang tersisa di saluran pencernaannya terbakar. Api tersebut kemudian membakar seluruh tubuhnya.

3. Countess Cornelia Di Bandi.

Ia adalah seorang wanita kaya, yang hidup di italia pada tahun 1731. Ia berperawakan gemuk. Karena kesehatan sudah tidak fit lagi, maka ia menghabiskan waktunya sebagian besar di dalam kamar. Suatu pagi, pembantu wanita ini heran karena majikannya belum juga bangun meskipun matahari sudah terbt lama. Karena penasaran, sang pembentuk pun masuk ke dalam kamar. Namun nahas, Countess Cornelia sudah di kegemukan dalam keadaan meninggal dan tubuhnya terbakar.

Countess Cornelia Di Bandi.
Countess Cornelia Di Bandi. image [source]

Sang pembentuk tersebut yakin bahwa tidak ada orang lain yang masuk.di dalamnya, ternyata tubuh Cornelia sudah terbakar hangus. Abu tubuhnya di temukan beberapa meter dari tempat tidur. Yang tersisa dari tubuhnya hanyalah beberapa potong jari, tulang tengkorak serta beberapa tulang kali yang terserak dalam lingkaran yang kecil. Itu artinya tubuh cornelia ini terbakar pada posisi berdiri. Proses pembakarannya pun berlangsung dengan cepat. Di dalam ruangan cornelia semuanya terbungkus oleh jelaga yang agak berminyak. Kasur serta sprei di dalam kamar tersebut pun terbungkus jelaga. Namun tak ada barang barang lain yang terbakar. Lilin di ruangan juga meleleh. Ada yang mengira bahwa tubuh cornelia ini tersambar petir ketika ia bangun dari tidur. Namun saat itu tak ada terdengar petir sama sekali. Kematian cornelia pun masih menjadi misteri.

4. Mary Hardy Resser,

Tahun 1951, amerika dihebohkan dengan adanya kasus seorang wanita yang meninggal di dalam kamar kontrakannya. Wanita tersebut bernama Mary Hardy Reser. Wanita ini merupakan seorang janda berusia 68 tahun yang tinggal di apartemennya sendirian. Suatu pagi pemilik apartemen curiga karena Mary ini tidak juga keluar rumah. Ketika ia mengetuk pintu, dari dalam tidak ada jawaban. Ketika pegangan pintu di sentuh, suhunya terasa panas. Karena tak kunjung mendapatkan jawaban, pemilik apartemen pun memanggil pihak berwajib.

Mary Hardy Resser,
Mary Hardy Resser, image [source]

Ketika pintu di dobrak ternyata tubuh Mary Resser sudah habis terbakar. Yang tersisa dari tubuhnya hanyalah kaki yang masih utuh memakai sandal. Terbakarnya tubuh Mary Resser secara spontan ini pun tak luput dari penyelidikan FBI. Dalam laporannyaFBI menulis bahwa lemak tubuh dari Mary lah yang memicu kebakaran. Lemak tersebut seperti minyak yang membuat percikan api bertambah besar dan terus menerus membakar tubuhnya. Jika FBI yang sudah profesional dalam menyelidiki pembunuhan saja berkesimpulan seperti itu, orang awam bisa apa? kematian Mary pun tetap menjadi misteri dan kasus penyelidikannya masih belum di tutup hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *