Sedang memuat Metode Cek Kesehatan Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri Di Rumah.

Metode Cek Kesehatan Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri Di Rumah.

Yakin kamu sehat?

Kesehatan itu paling penting dan tidak dapat dinilai dengan uang. Ketika kita sudah sakit barulah kita tahu berapa banyaknya uang yang harus kita keluarkan untuk berobat. Meskipun banyak tapi tentu saja kita tetap rela membayar biaya berobat tersebut karena jika tidak, kehilangan nyawa adalah ancaman terberatnya. Ada yang bilang bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Karena kalau mencegah kita belum merasakan sakit. sedangkan jika sudah sakit, pasti kita sudah tahu bagaimana susahnya.

Metode Cek Kesehatan Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri Di Rumah.
Metode Cek Kesehatan Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri Di Rumah. image [source]

Lagi pula jika sudah terlanjur, ada kemungkinan penyakit tersebut sudah tidak dapat disembuhkan karena terlanjur parah. Banyak yang mengira bahwa untuk mencegah penyakit itu kita harus rutin pergi ke dokter. Kita harus cek darah lengkap dengan biaya mahal di laboratorium serta mendatangi klinik klinik berbiaya mahal. Soalnya jika kita dalam keadaan sehat terus datang ke puskesmas dan bilang mau cek kesehatan kok rasanya agak aneh. Banyak orang yang mengira bahwa untuk mengecek status kesehatan, kita harus keluar duit banyak. faktanya ada beberapa cara cek kesehatan yang praktis, mudah dan bisa kita lakukan sendiri dirumah. Cara cek kesehatan ini bisa mendeteksi berbagai jenis penyakit. Jika ingin tahu informasinya silahkan baca cara caranya di bawah ini.

1. Cek Gejala Sederhana Penyakit Astma

Salah satu penyakit yang menelan banyak korban tiap tahunnya adalah Astma. Penyakit ini menyerang saluran pernafasan. Tiap tahunnya di Amerika ada 1.8 juta orang yang ke dokter karena keluhan penyakit astma. 4000 orang meninggal tiap tahun akibat penyakit astma ini. 10 persen dari penderita astma tidak menyadari bahwa diri mereka menderita astma.

Cek Gejala Sederhana Penyakit Astma
Cek Gejala Sederhana Penyakit Astma. image [source]

Orang yang menderita astma biasanya akan kesulitan ketika berolahraga. Melakukan aktivitas sehari hari saja terasa sulit. Untuk mendeteksi apakah kamu menderita gejala astma atau tidak, ada tes kesehatan sederhana yang dapat kamu lakukan. Kamu hanya perlu menjawab 2 pertanyaan. Pertanyaan pertama, apakah nafasmu pernah berbunyi ngik ngik? Dan yang kedua, apakah kamu sering kehabisan nafas ketika melakukan aktivitas sehari hari. Jika jawabannya iya, kemungkinan kamu menderita gejala penyakit astma.

2. Membaca Telapak Tanganmu Untuk Melihat Kecukupan Zat Besi.

Membaca telapak tangan, kaya dukun saja ya. Tapi ini bukan terkait ramalan nasib lho. Telapak tanganmu bisa menggambarkan kadar zat besi dalam darah. Zat besi itu adalah unsur kimia yang penting bagi tubuh. Ia membentuk hemoglobin dalam sel darah merah yang mampu megikat oksigen. Jika zat besi kurang, maka hemoglobin pun akan berkurang. Darah menjadi tidak bisa mengikat oksigen dalam jumlah cukup untuk seluruh tubuh. Akibatnya metabolisme sel tidak optimal. Orang yang kurang zat besi disebut juga mengalami anemia. Orang menjadi mudah pingsan dan lemas tubuhnya.

Membaca Telapak Tanganmu Untuk Melihat Kecukupan Zat Besi.
Membaca Telapak Tanganmu Untuk Melihat Kecukupan Zat Besi. image [source]

Untuk mengetahui cukup atau tidaknya kadar zat besi dalam tubuhmu, coba kamu lihat telapak tanganmu. Telapak tangan normal akan memiliki rona merah di permukaannya. Sebabnya di bawah lapisan kulit tersebut ada banyak pembuluh darah kecil kecil. Warna darah da;am pembuluh inilah yang membuat telapak tangan terlihat merah. Jika kamu mengamati telapak tanganmu dan warnanya pucat parah, maka kemungkinan kamu kekurangan zat besi. Warna pucat pada telapak tangan tersebut disebabkan karena kurangnya sel darah merah. Jika tidak ada zat besi yang cukup bagaimana mungkin tubuh bisa membuat sel darah merah? Jika terlihat sangat pucat, cepat cepat temui dokter ya biar mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Menari Sesuai Irama Jantungmu.

Salah satu indikator kesehatan jantung adalah iramanya yang teratur.aman jantung yang tidak teratur menandakan bahwa ada gangguan di sistem peredaran darah. Penyebabnya bisa terjadi karena terjad penggumpalan darah atau pengerasan di pembuluh darah. Irama jantung yang tidak teratur ini juga mempunyai risiko tinggi menjadi pemicu serangan stroke. Ketika irama detak jantung tidak teratur, berarti jantung tidak memompa dengan baik. akibat berikutnya, akan ada darah yang mengumpal di daerah jantung akibat sirkulasi yang tidak lancar tersebut. jika gumpalan kecil kecil tersebut sampai ke otak dan menyumbat pembuluh darah di otak, maka seseorang bisa terkena stroke.

Menari Sesuai Irama Jantungmu.
Menari Sesuai Irama Jantungmu. image [source]

Stroke terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah akibat jantung terus menerus memompa sementara jalannya tersumbat. Untuk mengetahui kesehatan sistem peredaran darah ini, coba tekan nadi di tangan, dengarkan. Jika iramanya teratur sehingga kamu bisa berjoget-menghentak hentakkan kaki mengikuti irama tersebut, maka jantung mu sehat. Jika tidak maka kamu perlu menemui dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.

4. Gerakan Cium Lutut Untuk Mengecek Kelenturan Pembuluh Darahmu.

Pembuluh darah itu idealnya lentur seperti balon. Ukuran besar kecilnya bisa berubah ubah sesuai kebutuhan. Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah bisa mengalami penebalan oleh kapur. ketika permukaan pembuluh darah yang lentur tersebut dilapisi kapur di permukaanya, maka pembuluh darah tidak lagi lentur. Ia menjadi rapuh seperti ban sepeda tua. Mudah pecah. Jika pecah, akibatnya tentu saja penyakit stroke dan gagal jantung.

 Gerakan Cium Lutut Untuk Mengecek Kelenturan Pembuluh Darahmu.
Gerakan Cium Lutut Untuk Mengecek Kelenturan Pembuluh Darahmu. image [source]

Tes kelenturan pembuluh darah ini di laboratorium memerlukan peralatan yang canggih. Biayanya cukup mahal. Tapi jangan khawatir, ada cara sederhana untuk bisa dijadikan indikator apakah ada pengerasan pada pembuluh darah atau tidak. Caranya. Lakukan gerakan cium lutut seperti kalau kita olahraga di jaman SD dahulu. Duduk di lantai, kaki diluruskan dengan jempol kaki lurus ke atas. Setelah itu, bengkokkan punggung mu dan tangan lurus ke depan berusaha meraih jempol jika kamu berhasil meraih jempol, maka kamu sehat, namun jika gagal, urat urat seperti di tarik, sakit, kemungkinan ada penggumpalan kapur di pembuluh darahmu. Lagi lagi kamu harus konsultasi dengan dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Mudah dilakukan dan cepat. Ternyata cek kesehatan tak perlu mahal mahal kan. Jika 4 cara diatas, kamu lakukan, beberapa penyakit mematikan pasti dapat terdeteksi sejak dini. Jadi kamu tak perlu menunggu hingga stadium 2,3 atau 4 sebelum pergi kedokter. Semakin dini terdeteksi, peluang penyembuhan semakin besar. Maka itu jangan tunda sampai sakit parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *