Sedang memuat 5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah, Penting!

5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah, Penting!

Makin hari jumlah lowongan pekerjaan yang ada di Indonesia makin sedikit. Banyak sekali perusahaan yang memilih untuk mengurangi perekrutan dan mempertahankan karyawan lamanya. Selain itu, datangnya pelamar dari luar negeri juga menjadi alasan para pelamar dalam negeri tersenggol.

Lantas bagaimana dengan kamu yang bakal lulus kuliah dan akan mencari kerja? Tak perlu khawatir banyak sekali tips mudah dan cepat mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Bahkan tips tersebut dapat kamu mulai hari ini juga. Apa aja?

1. Habiskan Masa Libur Kuliahmu Untuk Magang Kerja

Waktu liburan kuliah menjadi salah satu waktu paling menyenangkan bagi banyak mahasiswa. Bagaimana tidak, mereka yang selama ini hanya bergulat dengan mata kuliah akhirnya dapat merasakan liburan bersama dengan teman-temannya. Apalagi bagi mereka yang merupakan mahasiswa rantau, moment liburan bisa menjadi waktu untuk melepas rindu dengan orang rumah.

Magang Kerja
Habiskan Masa Libur Kuliahmu Untuk Magang Kerja [ Image Source ]

Tapi, jika kamu mementingkan masa depan yang cerah. Gunakan waktu liburan dengan sangat-sangat bijak. Sebaiknya gunakan waktumu tersebut untuk magang kerja di perusahaan. Hal ini bukan hanya membuat pengalamanmu bertambah tapi juga menghasilkan uang yang lebih sebelum kamu lulus.

2. Rajin Datang ke Seminar-seminar dan Worksop

Tips lain yang bisa kamu lakukan saat ini agar dapat cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus adalah dengan mengikuti seminar. Belakangan ini banyak sekali seminar-seminar berkualitas yang bisa dijadikan materi untuk perkuliahanmu. Tentu di kampusmu sendiri sudah banyak sekali seminar-seminar macam ini.

Ikuti Seminar
Rajin Datang ke Seminar-seminar dan Worksop [ Image Source ]

Nah, jangan hanya berpatok pada kampus saja, jauh lebih baik jika kamu juga mencari informasi seminar di luar kampus. Selain mendapatkan ilmu baru, kamu juga bakal dapat sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja. Ets, jangan hanya seminar, jika ada workshop itu lebih baik.

3. Perbanyak Koneksi dan Informasi Pekerjaan

Belakangan ini koneksi sangat menentukan pekerjaan banyak orang. Bahkan tanpa ada koneksi mereka bakalan susah mendapatkan pekerjaan, meskipun merupakan seorang pakar loh. Nah, bagaimana juga dengan kamu yang fresh graduate dan minim sekali pengalaman. Hal tersebutlah yang membuat koneksi itu sangat penting.

Perbanyak Koneksi dan Informasi Pekerjaan
Perbanyak Koneksi dan Informasi Pekerjaan [ Image Souce ]

Sebelum kamu lulus dari kuliahmu, mending perbanyak koneksi. Tak perlu takut atau pun malu, cukup kenalan dengan kakak-kakak alumni dan teman-teman di seminar sudah bisa menyelamatkan kamu dari pengangguran. Jangan lupa, mintalah informasi-informasi yang mungkin bisa jadi kesempatan kamu memperoleh pekerjaan baru.

4. Sering Kumpul Bareng Dengan Teman Lama

Ibarat jodoh, pekerjaan juga bisa datang dari mana saja. Bisa jadi teman lamamu bakal memberikan informasi pekerjaan loh. Atau bahkan mereka yang sudah sukses bisa memberikan kamu pekerjaan. Nah, begitulah pentingnya berkumpul dengan teman lama.

Sering Kumpul Bareng Dengan Teman Lama
Sering Kumpul Bareng Dengan Teman Lama [ Image Source ]

Meskipun tak berkumpul dan tatap muka dengan mereka, saling berhubungan baik lewat media sosial juga bisa memberikan peluang untukmu mendapatkan pekerjaan lebih cepat. Yuk, kumpulkan teman-temanmu dan cari informasi dari mereka mulai sekarang.

5. Buat Akun Di Berbagai Media Sosial Pencari Lowongan Kerja

Makin tahun, kondisi teknologi kita makin canggih. Jika dulu orang-orang melihat lowongan pekerjaan di koran, kini lewat jejaring sosial sudah banyak sekali jenis lowongan yang dibutuhkan. Dan itulah yang menjadi peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah dan tak perlu ribet.

Buat Akun Di Berbagai Media Sosial Pencari Lowongan Kerja
Buat Akun Di Berbagai Media Sosial Pencari Lowongan Kerja [ Image Source ]

Tapi, jangan hanya andalkan kedatangan lowongan saja, kamu juga perlu menawarkan diri kepada para pencari karyawan di sosial media. Caranya sangat muda dengan membuat akun pada situs-situs resmi penyedia lowongan pekerjaan. Belakangan ini situs tersebut makin menjamur dan banyak yang menggunakan.

Sepertinya masih banyak sekali tips mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Tapi, tips di atas kurasa sudah cukup untuk dapat dimanfaatkan dengan baik. Well, tinggal kamu saja bisa memanfaatkannya dengan baik dan meraih kesuksesan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *