Suka Baca Tapi Ilmunya Ngak Nyantel Nyantel? Ini Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Ingat Isi Tulisan Yang Kamu Baca.

Banyak Baca, Banyak Pula Ilmunya.

Tuntutlah ilmu sampai kenegeri cina. Karena ilmu penting maka sejauh apapun jarak yang harus kita tempuh demi menuntut ilmu ini, tetap harus kita lakukan. Namun dengan kehadiran teknologi kemunikasi yang serba canggih seperti saat ini, sepertinya untuk menuntut ilmu kita tidak perlu jauh jauh hingga harus pergi ke negri cina. Kunci dari menuntut ilmu di era sekarang ini bukan lagi pada pergi jauhnya, namun pada kemauan untuk membaca. Meskipun sudah banyak beredar ilmu dalam bentuk video dan rekaman suara, membaca masih menjadi cara utama untuk memperoleh pengetahuan. Alasannya karena, jika harus belajar dari video, kuota internet yang di perlukan besar, demikian juga kalau belajar dengan cara mendengarkan. Namun jika belajar dilakukan dengan cara membaca, kita hanya perlu mengakses data dalam bentuk teks yang ukurannya kecil tapi muatan materinya banyak.

Suka Baca Tapi Ilmunya Ngak Nyantel Nyantel? Ini Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Ingat Isi Tulisan Yang Kamu Baca.
Suka Baca Tapi Ilmunya Ngak Nyantel Nyantel? Ini Tips Sederhana Agar Kamu Selalu Ingat Isi Tulisan Yang Kamu Baca. image [source]

Yang menjadi masalah banyak orang yang sudah membaca, namun tak kunjung memperoleh ilmu baru. Penyebabnya, ia mengalami kesulitan alam memahami tulisan tersebut. bisa juga disebabkan karena, pengetahuan yang diperoleh dari membaca itu cepat hilang dari ingatan. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar ketika kita mudah lupa ilmu pengetahuan yang hanya diperoleh dengan membaca. Penyebabnya, ketika membaca, maka pengalaman mental yang diperoleh itu lebih sedikit dari pada pengalaman mental ketika kita melihat, menyentuh dan mempraktekan ilmu secara langsung. Meskipun begitu kamu tak perlu khawatir jika baru bisa menggunakan cara membaca dalam mempelajari ilmu pengetahuan. Di bawah ini ada 4 tips supaya kamu dapat dengan mudah mengingat apa yang kamu baca. 4 tips berikut ini akan membantumu mempermudah memperoleh ilmu hanya dengan membaca. Apa saja tips supaya apa yang kita baca tidak langsung hilang dari ingatan tersebut? berikut ini 4 cara sederhananya.

1. Buat Daftar Pertanyaan Yang Kamu Ingin Cari Jawabannya Di Tulisan Yang Kamu Ingin Baca.

Membaca itu bisa diibaratkan seperti melakukan perjalanan. Ketika kita melakukan perjalanan tanpa tujuan kita mudah tersesat, mudah lupa jalan mana saja yang telah kita lewati tadi. Begitupun dengan membaca. Jika kita membaca tanpa tujuan maka kita akan tersesat oleh belantara kata kata dan lupa isi halaman halaman sebelumnya yang telah kita baca. Rugi kan sudah capek capek membaca 10 halaman buku namun tidak ada pengetahuan yang nyantol diingatan.

Buat Daftar Pertanyaan Yang Kamu Ingin Cari Jawabannya Di Tulisan Yang Kamu Ingin Baca.
Buat Daftar Pertanyaan Yang Kamu Ingin Cari Jawabannya Di Tulisan Yang Kamu Ingin Baca. image [source]

Agar kegiatan membaca kita punya tujuan, maka sebelum membaca kita perlu membuat daftar pertanyaan yang jawabannya berusaha kita temukan di bahan yang akan kita baca tersebut. misalnya saja jika sedang ingin membaca buku tentang resep masakan. Agar mudah ingat, maka kamu perlu bertanya: resep masakan apa saja yang ada di dalamnya, masakan apa yang paling enak, ada tidak ya masakan yang bahan bahannya murah dan mudah di dapat di buku ini. dengan menyusun berbagai pertanyaan tersebut sebelum membaca sebuah tulisan, otomatis kamu sudah membuat tujuan dari aktivitas membacamu. Dengan begitu sedikit sedikit pasti ada yang diingat setelah kegiatan membaca selesai. Cara paling mudah untuk membuat daftar pertanyaan ini adalah dengan melihat daftar isi sebuah buku.

2. Membuat Catatan Kecil Kecil Di Pinggir.

Jika dirasa membaca berulang-ulang saja tidak cukup untuk membuatmu mengingat isi bacaannya, maka ada langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingatmu terhadap tulisan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat rangkuman kecil kecil di pinggir tulisan dengan kata katamu sendiri. tulisan kecil kecil berisi rangkuman dengan kata kata sendiri ini mudah dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa, namun susah bagi mereka yang baru pertama mencoba.

Membuat Catatan Kecil Kecil Di Pinggir.
Membuat Catatan Kecil Kecil Di Pinggir. image [source]

Untuk bisa membuat tulisan kecil kecil berupa rangkuman dengan kata kata sendiri, kamu perlu memahami isi tulusannya. Untuk memahami ini, kamu melibatkan proses berpikir yang lebih dalam dari pada sekedar membaca. Jadi sebenarnya kemampuan untuk memahami sebuah tulisan ini adalah kunci utama untuk bisa mengingat apa yang sudah kamu baca. Membuat tulisan kecil kecil berupa rangkuman dengan kata kata sendiri hanyalah cara untuk memastikan bahwa kamu telah paham dengan isi tulisan. Kalau bahan bacaan berupa buku elektronik bagaimana ? kalau bacaan berupa buku elektronik tentu saja kamu tidak bisa membuat catatan kecil kecil di pinggir. Kamu hanya perlu menceritakan kembali isi tulisan dengan kata kata sendiri.

3. Fokus Saat Membaca.

Agar kita tidak mudah lupa pada apa yang kita baca, maka kita perlu fokus. Kalau kamu matamu membaca namun pikiranmu melayang jauh memikirkan kain jemuran yang mau kehujanan, maka aktivitas membacamu itu sia sia. Kamu hanya akan menghabiskan waktu.

Fokus Saat Membaca.
Fokus Saat Membaca. image [source]

Yang perlu diingat, kemampuan kita untuk fokus ini memiliki waktu yang terbatas. Rata rata orang hanya akan mampu berkonsentrasi selama 15 menit saja. Setelah membaca lebih dari 15 menit, biasanya konsentrasinya jadi buyar. Karena pikiran sudah tidak fokus lagi terhadap materi yang kita baca, maka yang kita baca tersebut tidak bisa masuk kedalam ingatan. Dengan fakta ini, maka jika ingin membaca dengan efektif, kita harus menyelesaikan membaca satu topik selama 15 menit. Jadi setiap 15 menit, sebaiknya kamu istirahat dari aktivitas membaca tersebut.

4. Menerapkan Ilmu Yang Diperoleh Didalam Kehidupan Sehari Hari.

Basanya, barang barang yang tidak dipakai akan awet. Sedangkan yang sering di pakai akan cepat habis. Namun tidak demikian dengan ilmu pengetahuan. Kalau hanya disimpan saja tanpa pernah dipakai, ilmu pengetahuan yang kita miliki malah akan hilang sedikit demi sedikit. Itu karena pengetahuan kita tersimpan di otak. Hukum yang berlaku pada tubuh kita itu, seseuatu yang sering di pakai akan berkembang, sedangkan yang jarang dipakai akan menyusut.

Menerapkan Ilmu Yang Diperoleh Didalam Kehidupan Sehari Hari.
Menerapkan Ilmu Yang Diperoleh Didalam Kehidupan Sehari Hari. image [source]

Contoh sederhananya saja, otot manusia. Jika sering dipakai untuk bekerja, maka otot akan kelihatan besar. Tapi jika kerjaannya tiduran saja maka otot seseorang akan meyusut dan digantikan oleh lemak. Sama seperti otot tersebut, jika pengetahuan sering kita terapkan dalam kehidupan sehari hari, maka pengetahuan tersebut akan sering dipanggil ulang dari tempat penyimpananya di memori otak. Karena sering keluar masuk dari memori otak ini, maka ilmu kita akan selalu terikat kuat diotak. Bahkan jika di pakai terus dalam kehidupan sehari hari, pengetahuan tersebut akan bertambah seiring dengan bertambahnya pengalaman seseorang. Jadi pengetahuan jangan hanya disimpan saja ya. Terapkan dalam kehidupan atau minimal ajarkan kepada orang lain.

bagaimana? cukup sederhana bukan tips untuk mengingat semua yang kamu baca. Dengan cara ini aktivitas membacamu pasti makin asyik dan makin efektif. mempelajari hal hal yang baru pun bukan lagi hal yang menakutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *